ih.sul
TS
ih.sul
Kenapa Nasi Berwarna Putih?


Halo agan agan pencinta nasi. Nasi merupakan salah satu makanan pokok orang indonesia selain mi instan. Dapat dilihat mayoritas orang indonesia makan nasi setiap harinya.

Nasi banyak jenisnya dan banyak pula cara memasaknya. Nasi mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sehari hari.

Bicara soal jenis nasi tentu berasal dari beras. Ada beras putih, beras merah, beras hitam, beras ketan sampai beras plastik. Tapi yang paling umum kita jumpai adalah beras putih.

Tau nggak kenapa beras itu warnanya putih? Apa karna beras itu mencintaimu apa adanya sehingga hatinya putih seputih cintaku padamu?

Ternyata oh ternyata di dalam beras terdapat suatu zat yang bernama aleuron. Yang dimaksud dengan aleuron adalah benda benda protein berupa butiran putih yang terbentuk karena pengkristalan atau pemadatan protein dalam vakuola sel. Aleuron ini biasanya terdapat pada endosperma biji, padi padian dan terkonsentrasi pada lapisan permukaan sel-sel endodermis.

aleuron inilah yang biasanya memenuhi butiran beras sehingga beras terlihat berwarna bening keputih putihan.

Sekarang pertanyaan berikutnya. Kenapa ada beras yang berwarna merah atau hitam?



Dibandingkan beras putih, beras merah mengandung lebih banyak aleuron sehingga kandungan proteinnya lebih banyak dan kalorinya lebih sedikit sehingga cocok untuk orang yang sedang berdiet. Dengan adanya banyak protein aleuron jadi mengandung gen yang memproduksi antosianinyang merupakan sumber warna merah atau ungu.



Antosianin adalah pigmen larut air yang secara alami terdapat pada berbagai jenis tumbuhan. Pigmen ini memberikan warna pada bunga, buah dan daun dan telah banyak digunakan sebagai pewarna alami.

Jika antosianin bereaksi dengan protein dalam beras maka akan terbentuk endapan yang membuat kita dapat melihat warna merah di beras dengan jelas.

Sekarang kenapa beras bisa berwarna hitam?

Beras hitam merupakan kasus yang sangat langka. Warna hitam disebabkan oleh aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan jumlah dan intensitas yang tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.

Nah, sekarang pertanyaan terakhir. Kenapa ada beras yang terbuat dari plastik?



Well, karna berkurangnya lahan tanam dan adanya kesempatan membuat uang maka banyak pihak pihak yang mencoba meraup keuntungan dengan komoditi yang selalu kita makan setiap harinya.

Dengan menggunakan bahan plastik yang murah mereka dapat memproduksi butiran butiran beras dalam jumlah besar dan menjualnya dengan harga sedikit lebih murah untuk menarik perhatian konsumen yang malang.

***
Nasi memang bagus untuk tubuh karna merupakan sumber tenaga dan cocok dimakan bersama lauk pauk. Bergizi dan mengenyangkan.

Singkatnya nasi itu enak dan mari kita lestarikan agar tidak tergusur oleh mi instan sebagai makanan pokok kita.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.


Spoiler for sumber:
Diubah oleh ih.sul 31-07-2019 04:26
anasabilapakolihakbartien212700
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
10K
228
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.