• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mobil Terbakar di Pom Bensin Karena Main HP, Emang Seberapa Berbahaya Sih?

cumipenjaraAvatar border
TS
cumipenjara
Mobil Terbakar di Pom Bensin Karena Main HP, Emang Seberapa Berbahaya Sih?


Baru-baru ini beredar sebuah video amatir yang memperlihatkan detik-detik terbakarnya mobil yang sedang mengisi bensin di Pom bensin Sambiroto, Semarang.

Kabarnya, penyebab kebakaran dikarenakan anak dari pengemudi mobil tersebut sedang bermain HP di dalam mobil. Informasinya sang anak meninggal dunia di dalam mobil saat kejadian tersebut.

Berikut video dan kutipan narasi yang terdapat dalam unggahan video yang sedang viral tersebut,

"Kebakaran mbl di POM bensin sambiroto, semarang pagi ini. Anaknya mainin hp di dlm mbl, pas bpknya mau ngisi bensin di Pom. Infonya, anaknya meninggal di dlm mobil...jadi mengharapkan kepada teman2 semua jgn mainan hp disaat isi bensin...matikan mesin mobil demi menjaga keselamatan/keamanan diri sendiri"




Lantas seberapa berbahayanya sih bermain HP di dalam mobil saat sedang mengisi bensin?

Melansir dari Liputan6.com, HP memang dapat memicu percikan api yang akan menyebabkan ledakan saat pengisian bahan bakar.

Menurut Pengelola SPBU Pertamina di Lampung, Santo Tarihoran juga mengatakan bahwa, "Handphone itu kan ada sinyal, nah sinyal itu penghantarnya kan udara. Saat mengisi BBM kan ada uap gas, biasanya kalau uap dan sinyal itu berbarengan masuk, sinyal bisa menghantar api, jadi ada percikan," kata Santo saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (22/6/2018).

Pria yang sebelumnya bertanggung jawab mengelola Pertamina di SPBU Joglo, Jakarta Barat, ini menjelaskan bahwa potensi ledakan di pom bensin bisa lebih besar terlebih saat kita mengangkat telpon di area dekat dengan fuel pump.

"Memang sangat dilarang di SPBU penggunaan handphone karena banyak kejadian dimana ada telpon terus kita angkat. Di situ biasanya sinyalnya masuk, dan uap BBM itu masuk ke dalam mobil, ketika bersamaan masuknya, itu akan mengakibatkan percikan lalu meledak," ujarnya.

"Jadi saat mengisi bensin tidak boleh main handphone dan mengangkat telpon," lanjut dia.

Sementara itu, Unit Manager Communication & CSR MOR III, Dian Hapsari Firasati, mengatakan ada beberapa penelitian yang dilakukan terkait pengaruh handphone sebagai sumber ledakan atau kebakaran di pom bensin.

"Dari beberapa jurnal penelitian, disebutkan bahwa handphone tidak tahan ledakan sehingga memungkinkan uap dari BBM yang mudah terbakar, dapat masuk ke dalam handphone, dimana di dalam HP terdapat aliran listrik yang cukup sebagai sumber percikan api," kata wanita yang akrab disapa Sari, melalui pesan singkatnya.

Alasan lain mengapa handphone dilarang ialah karena sinyal handphone yang tidak beraturan dan tidak bisa dikontrol karena ada di udara.

"Ini dapat memicu ion electron yang bisa menghasilkan percikan, sehingga timbul sumber panas. Ketiga, baterai pada HP mampu menimbulkan panas yang cukup untuk menginisiasi api," kata dia.

Namun, menurutnya, semua kondisi tersebut bisa terjadi apabila ada sumber panas, udara dan uap BBM memiliki komposisi pas sehingga timbul percikan api.

Melihat potensi-potensi tersebut, masih berani menganggap main HP saat mengisi bensin adalah hal sepele Gan? emoticon-Smilie

Quote:

Diubah oleh cumipenjara 31-07-2019 09:05
tahubulatgury12
farinamany
gerandrean
gerandrean dan 7 lainnya memberi reputasi
6
12.7K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.