lamberianto.
TS
lamberianto.
[5K] Mainanku Sebelum Mengalami Pubertas


Beberapa waktu yang lalu aku pernah menceritakan tentang Berbagai Macam Meriam Karbit, Mainan Masa Kecilku Dulu . Dalam kesempatan kali ini aku mohon diizinkan lagi untuk bercerita tentang sebagian lagi permainan yang aku mainkan sebelum masa pubertasku datang. Adapun mainan-mainan itu antara lain:

Quote:


K yang perama adalah Kelereng. Sama halnya seperti anak yang lain di seluruh belahan bumi nusantara, sewaktu kecil aku juga pernah memainkan permainan yang satu ini. Kita memang lebih mengenalnya dengan sebutan kelereng. Namun ada di beberapa daerah menyebutnya dengan sebutan gundu, dan ada juga yang menyebutnya neker, sementara di daerah kami (Pontianak) mengenalnya dengan sebutan guli. Kelereng pada umumnya berbentuk bulat dan terbuat dari kaca. Untuk cara memainkan permainan yang satu ini biasanya diadu antara satu dengan yang lain. Butuh skill khusus jika ingin menjadi pemenang dalam permainan kelereng ini.

Quote:

K yang kedua adalah Ketepel. Permainan selanjutnya yang pernah aku mainkan semasa kecil dulu yaitu Ketepel. Ketepel membutuhkan spare part berupa cabang kayu yang kuat, kokoh dan tahan lama. Spare part  lain yang dibutuhkan yaitu karet dan kulit. Untuk pelurunya, aku lebih suka menggunakan kelereng daripada menggunakan batu. Permainan yang satu ini tergolong berbahaya, karena jika tidak mahir menggunakannya bisa-bisa menjadi senjata makan tuan. Artinya, ketepel lebih cenderung kujadikan senjata daripada sebuah mainan. Berhati-hati dalam pengoperasiannya memang sangat disarankan.
Dulu aku menggunakannya hanya untuk menjaga diri. Maklum saja, pada awal tahun 80an, di daerah tempat tinggalku masih banyak binatang yang tergolong buas. Sebenarnya ini ketepel digunakan untuk berburu binatang seperti ikan, burung dan capung, namun aku tidak terlalu suka melakukannya. Oh iya, Film Boneka Si Unyil juga memberi inspirasi dalam permainan ketepel ini.

Quote:

K yang ketiga adalah Kelayang.Banyak yang bilang mainan yang satu ini dengan sebutan layang-layang, sementara di tempat kami dikenal dengan sebutan Kelayang. Ada beberapa jenis kelayang yang bisa dijumpai di daerah kami, antara lain kelayang rambu', kelayang gundul, kelayang kepetek, dan kelayang merak (hias). Yang masih sering dimainkan adalah kelayang rambu' dan kelayang gundul. Untuk kelayang rambu' dimainkan sebagai kelayang aduan, kelayang gundul dimainkan dengan fungsi menyelamatkan atau mendapatkan kelayang rambu yang putus setelah diadu, dan kami menyebutnya sebagai penyauk.

Quote:

K yang keempat adalah Karet Gelang. Mainanku selanjutnya adalah karet gelang. Ada beberapa permainan yang aku mainkan dengan menggunakan karet gelang. Permainan itu antara lain lompat tali, jepretan dan lempar gelang. Untuk lompat tali, mainan ini memang lebih banyak dimainkan oleh anak perempuan, akan tetapi aku juga bisa memainkannya, baik itu yang dimainkan secara diam maupun dengan cara diputar. Mainan ini dianjurkan oleh guru olahragaku sewaktu duduk di bangku sekolah dasar, karena waktu itu aku sering ikut Porseni (Pekan Olahraga dan Seni), hitung-hitung buat latihan.
Karet gelang juga aku gunakan untuk dijadikan jepretan. Fungsinya yaitu untuk berburu cicak atau kecoa yang nantinya aku jual kepada pengepulnya atau kepada peternak ikan arwana. Lumayanlah buat tambahan uang jajan waktu itu.

Quote:

K yang kelima dan terakhir adalah main Kejar-kejaran. Dari kelima jenis permainan yang telah aku utarakan di atas, hanya permainan ini yang secara umum tidak menggunakan alat. Jenis mainan yang satu ini sering sekali aku mainkan pada waktu jam istirahat sekolah. Salah satu jenis permainan kejar-kejaran yang sering aku mainkan saat jam isitirahat sekolah itu  adalah kejar culas. Untuk jenis permainan kejar-kejaran yang lain seperti kejar benteng atau kejar bulan, aku memainkannya di luar jam sekolah.

Demikianlan [5K] Mainanku Sebelum Mengalami Pubertas, masa-masa indah yang tak mungkin terulang. Membaca thread sendiri, atau thread yang serupa yang mas brader dan mbak sistah buat dalam event ini, membuat perasaan menjadi sedih karena sudah pasti akan terkenang suatu masa sebelum pubertas datang dan sulit untuk dilupakan.

sumber gambar : https://bobo.grid.id/
Diubah oleh lamberianto. 31-07-2019 18:42
nona212tien212700zion0561
zion0561 dan 7 lainnya memberi reputasi
6
17.3K
704
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.