izun9
TS
izun9
5 Games Jadul Paling Berkesan di Hidup Ane






JANGAN REPOST TULISAN INI DAN SAYA TIDAK REPOST DISINI.
 







Selamat malam gan, disini ane akan bahas game-game elektronik jadul saja, mulai dari game console NES, sampai game di hp jadul ane, dan tentunya game ini sangat berkesan di dalam hidup ane, karna ane tidak bisa membuat yang seperti ini samapai saat itu.

Langsung saja Gan, cus ke TKP :









1. The Legend of Kage (NES)







Waktu ane berumur 10 tahun, ane tau game ini dari teman yang juga tetangga ane, dia punya console game NES ini. Jaman kecil ane permainan ini cukup populer dikalangan tetangga ane, entah mereka masih ingat atau tidak, yang jelas permainan cukup berkesan di benak ane.



Ane inget betul, dulu ada 6 sampai 8 orang yang saling bergantian untuk memainkan game ini, karna game ini merupakan game solo, jadi harus bergantian untuk memainkannya. Permainan ini bertipe adventure, dengan tokoh utamanya seorang Ninja, yang berusaha untuk menyelamatkan seorang putri yang diculik pada awal permainan.


















2. Duck Hunt (NES)







Masih berlanjut dari cerita sebelumnya, karna tidak pernah puas main di console game tetangga, soalnya ane belum sampai ngerti kontor permainan, dan udah direbut ama anak lainnya, memutuskan ane untuk membelinya sendiri. Uang saku ane dari acara sunat-an ane ternyata dapat cukup banyak, dan ane rasa cukup untuk membeli console game sendiri, namun apa yang ane dapat, ketika ane membelinya, ternyata tidak ada permainan tersebut di game console yang ane beli, ane cukup sedih banget saat itu, mungkin itu console game bajakan kali.




Namun ada permainan lain yang membuat ane cukup bahagia disini, yaitu Duck Hunt, game ini juga cukup seru sih menurut ane, dengan menggunakan kontrol sebuah pistol dengan sensor infra merahnya, cukup interaktif dan keren menurut ane saat itu.








Gameplay permainan ini cukup sederhana, berbekal kontrol sebuah pistol, dengan tugas untuk menangkap atau menembak bebek yang terbang di layar monitor tv ane, dan ini cukup menyenangkan, mungkin ini game bertipe FPS pertama yang ane mainkan.




Namun sebulan kemudian sudah saatnya musim angin datang, yang membuat ane sama temen-temen ane pindah ke luar, dan bermain layangan, wkwkwkwk.











3. Road Rash (EA) 







Dua tahun telah berlalu, mulai berpindah ke sekolah menengah pertama, yang membuat ayah membelikan ane sebuah komputer atau pc berotak Intel Pentium 3, dengan adanya pc dirumah membuat ane mengotak-atiknya setiap hari, hingga mencari tau bagaimana cara menginstall sebuah program atau game di pc sendiri.




Dari penjualnya sendiri, sebenarnya sudah diberikan beberapa aplikasi dan game didalamnya, dan diantara ada nama file yang merujuk ke sebuah game balapan, namanya Road Rash, game ini cukup berutal, tapi serunya pake banget dan lucu abis, yang pada kangen silahkan relife lagi ingatan kita dengan video dibawah ini.








Road Rash sendiri menurut ane cukup berutal, bertemakan balapan liar di jalanan kota Amerika, pembalap juga ada yang dibekali sebuah senjata yang bisa digunakan untuk memukul pembalap lainnya, demi untuk jadi juara pertama di balapan tersebut, sangat seru dan lucu menurut ane, dari pada game balap biasa seperti MotoGP yang monoton.











4. 13 Kerajaan (DivineKids)







Hingga akhirnya anepun bertemu dengan yang namanya internet, bermodalkan sebuah modem flexi, dengan harga yang menurut ane sangat murah saat itu, hanya Rp. 2.500,- unlimited untuk satu hari penuh (24 Jam), namun jangan tanya soal kecepatan internetan, karna sangat suram, wkwkwkwk.




Berselancar di dunia internet, membuat ane tau, bahwa banyak game lain yang tersedia secara gratis, walaupun bisa di bilang bajakan. Namun game 13 Kerajaan ini tipenya open source atau gratis, dan juga dikembangkan oleh salah satu pelopor pembuatan game yang berasal dari Indonesia, cukup bangga disaat itu sudah ada game mirip Age of Empire atau Clash of Clan yang berasal dari negeri sendiri.








Gameplay permainan ini bertipe Turn-Based Strategy (TBS), dapat di mainkan 1 hingga 13 player, dengan satu tujuan yaitu mempersatukan seluruh negeri. Walaupun tampilan dari game ini sangat sederhana, tapi cukup seru untuk dimainkan, hingga ane mengerti bahwa untuk menyerang sebuah negeri tidak perlu dengan selalu menyerang negeri lainnya, ada yang namanya konspirasi, konsiliasi, kolusi, korupsi dll.













5. Fish Tycoon (Last Day of Work)







Hingga akhirnya ane beranjak ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, dan ayah pun mengantarkan ane ke konter hp bekas, membelikan ane sebuah hp dengan bentuk yang sangat aneh yaitu Hape Nokia 3650, keanehan lainya yaitu posisi keypadnya yang melingkar, kan kampret banget, wkwkwkk.




Namun inilah hape pintar pertama ane, dengan system bawaannya yaitu Symbian OS, yang memungkinkan untuk menjalankan berbagai aktifitas bersamaan dan sudah mendukung program java juga. Saat SMK ane dikenalkan game Fish Tycoon ini oleh teman ane, dia kesulitan untuk menyelesaikan game ini, dan membuat ane ingin mencoba game ini.

Gameplay permain ini menurut ane bagus banget, bercerita tentang sebuah laguna bernama Isola, disana terdapat 7 ikan ajaib yang menjaga kesimbangan laguna tersebut, namun hal buruk pun terjadi, dan mengharuskan kamu untuk menemukan 7 ikan ajaib tersebut, dan mengembalikan keseimbangan laguna ini seperti sedia kala.

Disini kamu akan diberi bibit 7 ekor ikan, dan tugasmu untuk mengembangkan 7 ekor ikan untuk menjadi 7 ikan ajaib yang dimaksud. Disini kamu bisa memberi makan ikan, menjaga kesehatan ikan, mengawinkan ikan, hingga menjual ikan, hingga kamu bisa mendapatkan 7 ikan ajaib tersebut, ane dulu tamatin game ini sampai berkali2 karena game bagus kayak ini jarang ada dijaman dulu.




Walaupun game ini tetep berkembang terus, sampai sudah ada di steam, tapi tampilan atau UI terbaiknya menurut ane tetep di hape java, simple, sederhana, dan mudah dimengerti, dan gan sekian dulu dari ane, semoga agan menikmati artikel ane kali ini, dan kalau berminat download aplikasi sticker anime ane klik disinicao.





Cek Thread Ane Buat Nambah Ilmu Tenaga Dalam :


Diubah oleh izun9 08-08-2019 11:19
makiinunFey1985adnanami
adnanami dan 12 lainnya memberi reputasi
13
14.4K
159
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.