Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
261
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3ff3cc0577a978f82ec971/pengamen-dan-pengemis-patutkah-dikasihani
Dear agan-sista yang kerennya kebangetan, hingga hari ini kalian masih sering ketemu ama pengemis dan pengamen gak? apa malah makin banyak? Jujur, apa sih yang kalian pikirkan tentang mereka? Nanti tolong komentar ya, kita diskusi sama-sama di lapak sederhana ini.
Lapor Hansip
30-07-2019 14:37

PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Dilema Pengemis Dhuafa dan Musisi Jalanan 

Quote:
SELAMAT PAGI, SIANG, SORE, MALAM

AGAN DAN SISTA YANG KERENNYA KEBANGETAN


emoticon-Matabelo



Dear agan-sista yang kerennya kebangetan, hingga hari ini kalian masih sering ketemu ama pengemis dan pengamen gak? apa malah makin banyak? Jujur, apa sih yang kalian pikirkan tentang mereka? Nanti tolong komentar ya, kita diskusi sama-sama di lapak sederhana ini.

Untuk membuka diskusi, ane sampaikan dulu nih sedikit opini ane mengenai pengemis dan pengamen. Dear agan-sista yang siapa tau berprofesi 2 ini, ane selaku manusia meminta maaf. Tujuan ane simpel yaitu untuk membuka pikiran (ane sendiri dan atau orang lain yang juga baca dimari).

1. JANGAN KASIH UANG KE PENGEMIS KECUALI KAU TAU BAHWA IA SEORANG DUAFA!

PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
Sumber Foto : Pinterest


Pengemis adalah seseorang yang mengklaim dirinya sebagai seseorang yang tidak mampu dari segi finansial dan kemampuan, namun kondisi tersebut lambat laun dijadikannya sebagai ladang mencari uang (profesi).

Sedangkan Duafa adalah suatu kondisi ketidakmampuan,  kaum ini tidak pernah meminta atau berharap untuk dikasih. Mereka cenderung diposisi tidak punya pilihan. Sejauh yang sering ane temui kaum duafa juga tidak ingin disebut duafa, tidak ingin pula dikasih cuma-cuma seperti pengemis. Mereka jauh lebih mulia, meski sederhana mereka ingin menjual sesuatu atau melakukan suatu jasa agar apa yang mereka terima bukanlah suatu pemberian cuma-cuma.


Pertanyaan Pertama, apa ada duafa yang mengemis? ada, ketika sama sekali tidak punya pilihan daripada mati kelaparan, namun kondisi ini tidak mereka manfaatkan sebagai ladang mencari uang.

Pertanyaan Kedua, kenapa jangan memberi kepada pengemis? karena, setiap kita memberi kepada mereka (menurut ane) itu sama halnya dengan kita mendukung yang bersangkutan untuk meneruskan profesinya sebagai pengemis. Kita membuktikan bahwa mindset mereka (pengemis) bahwa dengan meminta-minta adalah cara mencari uang paling gampang masih berlaku di 2019 ini.

2. JANGAN BERI UANG KE PENGAMEN KECUALI IYA ADALAH MUSISI YANG RENDAH HATI!

PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
Sumber Foto : Google 


Pernah gak sih kalian lagi makan enak-enak atau bahkan lagi romantic dinner ama gebetan tiba-tiba datang sosok ksatria bergitar (kadang sendiri, kadang bersama temannya) dengan tampilan yang jarang rapi dan bersih menyanyi sebuah lagu atau kadang setengah lagu atau tidak jarang seperempat lagu dengan nada yang kalian yakini sengaja dibuat sumbang. Pernah? Kalau belum, bersyukurlah. Karena ane pribadi sering, dan ini yang ane sebut dengan Pengamen.

Sedangkan musisi adalah seseorang dengan instrumental diiringi dengan suara yang indah, atau accoustic-an saja, syahdu. Selera makan jadi meningkat, makan malam semakin romantis dibuatnya. Para musisi ini jarang sekali tidak menyelesaikan sebuah lagu, meskipun sudah mendapatkan banyak 'investasi' dari para penikmat makanan. Tidak jarang mereka bahkan mengapresiasi investasi dan antusias para pendengar dengan melantunkan lagu-lagu tambahan.

Setelah tau bedanya, ane kira agan-sista pasti udah tau alasan kenapa ane tidak menganjurkan memberi uang kepada pengamen. Mirip dengan memberi uang kepada pengemis, dengan demikian kita mendukung mindset mereka untuk meneruskan profesi menganggu tersebut! Beda halnya dengan musisi, ane bahkan akan menyebutnya sebuah investasi atas karya seni. Tak menutup kemungkinan musisi jalanan yang kita temui di warung makan suatu saat akan menjadi penyanyi terkenal yang mungkin akan kita dengarkan karyanya setiap hari.

Agan-sista yang budiman nan dermawan, ayo mulai sekarang kita bersedekah di tempat dan pada orang yang tepat. Begitu banyak pilihan, ada tetangga kelaparan bisa kita belikan makan. Ada orang di sekitar kosan yang tidur dipinggir jalan setiap malam bisa kita kasih sarung baru. Banyak hal, banyak cara. 

Sekian thread ini ane tulis sepenuh hati, semoga bermanfaat. HAVE A NICE DAY!

Kritik, Saran, komentar, opini, diskusi dipersilahkan.emoticon-Shakehand2
Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KaptenNeptunus dan 45 lainnya memberi reputasi
46
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 9 dari 11
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 07:32
Klo dh tua kasih aja... gitu bilang emak ane
0 0
0
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 07:47
Ane lebih menghargai pemulung karena mereka mencari sesuap nasi dengan mengorek sampah dibandingkan dengan pengemis
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 07:51
klo ada rezeki lebih,, kasiih ajaa emoticon-Big Grin
niatin aja sedekah emoticon-Big Grin
0 0
0
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 07:53
Ngga layak
Sayang dakwah majelis yutub ga pernah ngerambah jiwa sosial manusia..taunya fokus politik, syariah, riba
Jarang yg nekankan sesama muslim bersaudara dan wajib saling bantu
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 07:55
Kasih gak ya? emoticon-Salam Kenal
Kasih gak ya? emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
mingming memberi reputasi
1 0
1
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:01
ane sukanya ngasih pengamen yang bisa request lagu dan friendly... daripada yg cuma minta doang
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:02
Sebenernya dua hal ini tuh jadi semacem polemik.
Agama dan kesusilaan sbg negara timur mengutamakan saling membantu sesama. Gotong royong.
Tapi masih ada mental2 malas di negara kita yng menggunakan ini sebagai mata pecaharian mereka.

Oke mereka punya kehidupan yang sulit dan minim materi.
Tapi masih ada jalan lain ke roma malkist.

Andaikan nih andaikan
Pemerintah concern jg ke mereka pasti bisa ada perubahan.
Concern mengangkat kehidupan mereka2. Bukan dengan uang atau tunjangan.
Tapi pendidikan/latihan/workshop/dsb.
Plus modal.
Monitor terus.

Tapi kendalanya emang di danamon.
Program kek gini butuh anggaran aduhai banyak sekali.
Msalahnya, danamon apa yang mau dipake ?
Lha wong danamonnya aja nyaris abis di corrupt sana-sini .....
emoticon-Ngacir


Salam satu goyang
:goyang
Hokya hokyaaaaaaaa
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:02
Di Jogja udah ada larangan ngasih duit ke mereka-mereka ketika di lampu merah.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:04
bener juga sih gan, dahulukan dulu yang terdekat baru yang jauh sedekahnya.
0 0
0
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:11
pengamen sih patutnya dihargai, dia kan nyanyi nggak cuma minta2
0 0
0
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:15
pengemis rata" orang yang mampu gan, kalo di kota besar, punya mobil dan supir pribadi malahan.
pengamen kalo suaranya enak nyayinya bagus ane kasih,
kalo bantu mending Utamakan bantu sodara kita atau orang yg lagi kesusahan di lingkungan kita bray.
0 0
0
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:22
pengamen2 yang nyanyi 2 bait lagu sama2 tepuk2 tangan, ga usah dikasih lah... menghibur kaga, makan pun terganggu
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:29
kl ak niat memberi ya berikan aja gan, gak peduli pengemis ato pengamen.. .
orng kaya pun kl minta makan akan ak traktir (sebatas kemampuan tentunya) emoticon-Ngakak
0 0
0
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:29
jujur ane lebih milih ngasih uang ke pengamen, walopun pengamen tersebut suara nya kurang bagus.
tapi setidak nya dia sudah bekerja untung mencari uang, beda dengan pengemis,yang benar2 mengharap belas kasihan orang lain.
padahal kalo dia mau,masih banyak kerjaan yang menghasilkan uang,misal menjual tisu.

kalo pengamen,beberapa kali ane nemuin,pengamen baru dateng,langsung ane kasih uang,dia gak mau.kata nya belum nyanyi.
alhasil dia nyanyi 1 ato setengah lagu,baru di ambil itu uang.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:34
pengamen? gak akan saya beri mau nyanyi sebagus apapun.
mereka dapet uang terus buat beli rokok.
0 0
0
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:35
Harusnya yang beginian jadi urusan negara sesuai dengan yang tertera di UUD 1945, bukannya sibuk memikirkan peningkatan kesejahteraan dan fasilitas serta cari proyek buat para pejabat
0 0
0
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:37
Kalau ngamen sih, kalau nyanyiin lagu fav ane atau pnya skill biasa ane kasih. Kalau pengemis ane gk prnh ngasih. Cman kedok doang
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:40
Beh setuju gan. Ane kapan hari lalu ada pengamen, ane mau ngasih duit eh keduluan bapak ane ngasih. Katanya bapak ane, tu pengamen anak-anaknya pada kuliah. Bininya kerja jadi TKI. Bapak ane ngasih duit soalnya kenal ma pengamen itu, ternyata rumah pengamen itu tetanggan sama rumah temen bapak. Ane heran kok gak cari pekerjaan lain, seperti buka toko dll tpi malah tetep ngamen. Soal pengemis, pernah pas ane jalan2. Lampu merah, ada ibu2 gitu minta ke mobil samping ane. Ane liatin aja, Ibu2 itu kerundungnya kesingkap, njir kalung emasnya gedhe banget ngalah2in kalungnya emak ane.
Diubah oleh jicho22
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:43
Klo ane sama kyk agan2 diatas.. Mending ke rumah ibadah... Nantinya jg rumah ibadah ngasih ke orang2 yg tepat sasaran
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
PENGAMEN DAN PENGEMIS, PATUTKAH DIKASIHANI?
01-08-2019 08:52
Perlu dikasihani atau nggaknya tergantung situasi dan kondisi nya. gak bisa dipukul rata..emoticon-Traveller
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 9 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia