l13skaAvatar border
TS
l13ska
Laban Yogurt, Pelopor Yogurt di Kota Batu


Kali pertama menyeruput syegernya yogurt ini adalah saat masa kuliah yakni sekitar tahun 2009. Harga kala itu masih Rp. 2500/botol. Sejak itu, Yogurt Laban jadi Jajanan Syeger favorit saya.

Sebenarnya saya tahu adanya produk yogurt ini sejak tahun 2008-an. Saat mama sahabat saya titip untuk dibelikan susu dan yogurt di depot KUD Batu. Awal mula saya tak tertarik mencicipi yogurt ketika ditawari minuman fermentasi ini. Namun, saat berkunjung kesekian kali saya mulai penasaran dengan yogurt ini.


Foto: Cristalia Wirakartika


Setiap kali berkesempatan main ke alun-alun Batu, saya selalu menyempatkan diri beli jajanan syeger satu ini. Terlebih sejak 2015 saya pindah ke rumah kontrakan saya yang ada di dekat jantung kota ini. Jadi tiap kali lagi butuh yang syeger dengan sensasi asam atau sedang ada masalah pencernaan, saya akan langsung meluncur ke TKP. Tak perlu naik motor cukup meluncur pakai mercykilalias jalan kaki ke KUD Batu.


Spoiler for Manfaat Yogurt:


Di kota Batu, tiap harinya depot susu KUD ini banyak dikunjungi pelanggan. Kebanyakan adalah wisatawan dari beberapa daerah di Indonesia. Maklumlah, Kota Wisata Batu merupakan destinasi wisata yang sangat menjanjikan. Jadi tak heran jika para pengunjung yang transit di alun-alun kota berkunjung ke depot ini.

Laban Yogurt ini memiliki berbagai varian rasa yakni strowbery, leci, moka dan lain-lain. Harga yang ditawarkan untuk produk Laban Yogurt adalah Rp. 8.000. Selain yogurt juga ada yogjel yakni minuman yogurt yang dikolaborasi dengan irisan jely. Yogjel dijual dengan harga Rp. 10.000/botol.


Picture: dokumen pribadi


Saya pribadi paling suka beli yogurt rasa leci Agan Sista. Sensasi asam dengan rasa simple leci sudah mampu membuat saya ngiler meski membayangkan saja. Jika kehabisan stok maka lirikan pertama jatuh pada rasa moka. Rasa anggur juga enak Gan Sis. Semua rasa Laban Yogurt enak-enak kug Gan Sis.

Quote:


Kalau Agan Sista sudah pernah mencicipi yogurt satu ini?

Jika belum, produk yogurt ini recomemded banget. Rasa yang unik dengan tekstur kental membuat yogurt satu ini pasti nempel di hati Agan Sista. Tak salah kan jika saya menyebut Laban Yogurt sebagai pelopor yogurt kota Batu. Dijamin brand yogurt internasional Yak***gak ada apa-apanya deh. Tentunya harga jauh lebih bersahabat ya Gan Sis.

Rupanya kemasan yogurt pun sudah berubah. Jika dulu menggunakan botol yang pendek dan sebesar genggaman tangan lelaki dewasa. Sekarang botol kemasan yang digunakan adalah botol yang lebih ramping dan tinggi.



Depot KUD Batu yang sekarang berganti nama menjadi Rumah Susu Ganesha juga menyediakan susu segar dengan brand Nandhi sebagai produk andalan Kota Batu. Selain itu depot ini juga menyediakan aneka madu, cuka apel jajanan pasar dan snack kemasan. Jadi, di depot ini Agan Sista bisa beli yogurt sekalian oleh-oleh buat keluarga tercinta di rumah.



Tenang saja, bagi Agan Sista yang masih malas pulang juga bisa minum di tempat ini. Di dalam depot ini disediakan beberapa meja panjang lengkap dengan kursinya. Meja diletakkan di depan jendela lebar berteralis. Jadi sambil menikmati nikmatnya yogurt atau susu hangat juga bisa menengok pemandangan di luar depot.

{thread_title}


Sayangnya pemandangan luar gak sebagus dulu Gan Sis. Dulu saat memandang jauh kedepan bisa melihat indahnya alun-alun dan beberapa dokar yang parkir menunggu penumpang. Namun, sekarang pemandangan berubah menjadi kumpulan stan pedagang kaki lima.

Hal terakhir yang ingin saya sampaikan di thread kali ini adalah yogurt harus dihabiskan tak kurang dari tiga jam setelah keluar dari frezer. Seperti yang diketahui, pembuatan yogurt ini tanpa menggunakan bahan pengawet. Jadi Agan Sista harus memastikan disimpan kembali kedalam frezer atau habiskan yogurt dalam rentang waktu tiga jam jika sudah dibuka .

Kalau tidak? Yogurt akan basi dan tidak bisa dikonsumsi lagi.

Ciri-ciri yogurt telah basi yakniyogurt berubah layaknya air soda yang bisa memyembur keluar dari botol. Selain itu yogurt berubah menjadi seperti susu yang sudah pecah (ada partikel air dan susu yang tak lagi bersatu). Sebaiknya jika yogurt sudah basi jangan dikonsumsi ya Gan Sis.

{thread_title}


Nah, sekian dulu thread saya kali ini. Semoga bermanfaat.

Suka emoticon-Rate 5 Star

Tidak suka, cukup emoticon-Cendol Gan

Kurang pas emoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganwati

Sekian, Terima Kasih



123lalalolo
bangshishigami
cristaliaagis
cristaliaagis dan 17 lainnya memberi reputasi
18
8.6K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.