News
Batal
KATEGORI
link has been copied
163
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d401a07af7e9339f04d027f/4-unicorn-kebanggaan-jokowi-diklaim-milik-singapura
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sejumlah kesempatan membanggakan Indonesia memiliki 4 unicorn, atau perusahaan rintisan (startup) yang valuasinya mencapai di atas US$ 1 miliar. Unicorn yang dimaksud adalah Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka. Sayangnya, kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, keempat unicorn tersebut oleh Google Temasek diakui
Lapor Hansip
30-07-2019 17:20

4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura

Past Hot Thread
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura

Quote:

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sejumlah kesempatan membanggakan Indonesia memiliki 4 unicorn, atau perusahaan rintisan (startup) yang valuasinya mencapai di atas US$ 1 miliar. Unicorn yang dimaksud adalah Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

Sayangnya, kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong, keempat unicorn tersebut oleh Google Temasek diakui sebagai milik Singapura.

"Kalau kita lihat riset oleh Google dan Temasek yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi digital Asean, malah 4 unicorn kita diklaim sebagai unicorn mereka (Singapura)," kata Lembong dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (30/7/2019).

Di riset tersebut, Indonesia dinyatakan sama sekali tidak memiliki unicorn. Sementara Singapura tercatat memiliki empat unicorn yang selama ini diketahui milik Indonesia.

"Di laporan disebutkan Indonesia ada nol dan Singapura empat (unicorn)," sebutnya.
Dia memaparkan, hal tersebut terkait keberadaan induk keempat unicorn milik Indonesia yang berbasis di Singapura. Ketika unicorn Indonesia mendapat suntikan dana masuknya lewat negara tersebut.

"Dan seringkali masuknya itu bukan dalam bentuk investasi tapi oleh induk unicorn Singapura, langsung bayar ke vendor atau supplier Indonesia," jelasnya. 

detik.com




Kok Berani-beraninya Singapura Klaim 4 Unicorn Kebanggaan Jokowi?

4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura

Quote:

Empat unicorn kebanggaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) diklaim sebagai milik Singapura berdasarkan riset Google dan Temasek. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengungkapkan penyebabnya.

Dia memaparkan, hal tersebut terkait keberadaan induk keempat unicorn milik Indonesia yang berbasis di Singapura. Ketika unicorn Indonesia mendapat suntikan dana, masuknya lewat negara tersebut.

"Faktanya adalah empat unicorn kita, induknya memang di Singapura semua. Uang yang masuk ke empat unicorn kita masuknya lewat Singapura," kata Lembong dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (30/7/2019).

Dia menjelaskan, suntikan modal tersebut terkadang bukan dalam bentuk investasi melainkan langsung dari induk di Singapura melalui prosedur yang lain.

"Sering kali masuknya bukan dalam bentuk investasi, tapi oleh induknya unicorn di Singapura langsung bayar ke perusahaan iklan di Indonesia, atau bayar langsung ke vendor atau supplier di Indonesia dari Singapura," paparnya.

Jadi investasi yang tercatat adalah ke induk di Singapura. Otomatis itu membuatnya tidak tercatat sebagai investasi yang masuk ke empat unicorn yang ada di Indonesia.

"Dari induknya, langsung dibayar ke perusahaan Indonesia seperti vendor, perusahaan iklan, sewa kantor, dan perusahaan leasing, misalnya untuk membantu mitra ojeknya untuk sewa sepeda motor atau mobil," jelasnya.

"Itu sering kali arus modal masuknya berbentuk pembayaran langsung oleh induk unicorn kepada vendor di Indonesia," tambah Lembong. 

detik.com


Itu hal biasa yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan multinasional. Jangan terguncang yaaaaaaa!
emoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tanganemoticon-Tepuk Tangan
Diubah oleh saya.kira
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
10
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:21
meroket
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:21
Baca koment atas berbelit, pinter beneran atau sok pinter. Berati Intinya bukan punya Indonesia ya?
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:24
lama lama nanti milik asing lagi emoticon-Cape d...
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:25
kalo pendapatannya bisa digunakan buat memajukan Indonesia kenapa harus dipertanyakan ... btw Singapore itu udah basisnya teknologi, ane nyewa hosting aja milih yang Singapore, soalnya stabil ... eh malah ngelantur emoticon-Matabelo
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:28
baca komeng aseloley...😀
Diubah oleh peunghung
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:29
yang komeng di pejwan malah pada ribut sendiri emoticon-Leh Uga
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:31
yang pemodalnya siapa, gitu aza sih repot. makanya jgn gampang masukin dana asing.
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:32
Kenapa gak ber-induk di Indonesia ya gan?

dan kenapa Pak Jokowi tidak menerangkan bahwa Ini Perusahaan Multinasional?

begitupun singapura.

kenapa antar pihak saling claim seolah pemilik penuh?
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:35
Klo pusatnya masih di sana ya bener punya singapur...ngeruk duit di mari dan arus keluarnya ke singapur...hahaha emoticon-Big Grin
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:36
Quote:Original Posted By htx
yang komeng di pejwan malah pada ribut sendiri emoticon-Leh Uga

Itu diskusi gan,
emoticon-Leh Uga
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:38
kebanggaan Indonesia, tp maaf bukan produk / hasil kerja pemerintah emoticon-Big Grin
tp hasil kerja keras masyarakat emoticon-Big Grin
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:44
Kagak ngaruh buat GW....
Santai aja Bray...
emoticon-Cool
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:45
Singapura setau ane punya situs jualbeli besar jg namanya Carousell... Masuk unicorn gak nih?
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:48
Quote:Original Posted By revolushit.29
Kepemilikan dan investasi itu beda bogok
emoticon-Wakaka
Kepemilikan tetep aja yg empunya orang indonesia.. investesai bebas dari mana aja lu punya duit mau invest ke situ juga bisa.

Soal basis dimana terserah yg punya mau di taro mana aja lah..
emoticon-Traveller


Setuju sama agan 😂
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:51
Jadi Indonesia punya apa?
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:54
Quote:Original Posted By 4nt1.sup3r
Ya gimana ga berbasis di singapura

Di indo ini kan birokrasinya kacau balau buat investor

Makanya jokowi bilang revolusi mental

Masalahnya birokrasi sekarang diisi sama kaum khilaf AH

Yang penting isep terus duit negara

Negara bangkrut mereka nancepin misinya

emoticon-Najis

Selain itu juga dengan mereka suntik dana di spore

Mereka bisa claim kerugian investasi di negara induknya

Jadi kerugian dari investasi akibat bakar bakar uang bisa masuk ke perhitungan di negara asalnya

Bisa dibilang jadi pengurang penghasilan bruto lah

Ga perlu bayar pajak pph badan karena tertulisnya rugi alias bakar bakar duit

Mana pph badan di kita sama spore bedanya jauh lagi

Jauh lebih tinggi pajak kita

Mana investor mau?

emoticon-Ngakak


Setuju gan. Birokrasi di negara kita memang harus dirubah. Mau investasi saja sering kali dipersulit.
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:56
Quote:Original Posted By revolushit.29
Kepemilikan dan investasi itu beda bogok
emoticon-Wakaka
Kepemilikan tetep aja yg empunya orang indonesia.. investesai bebas dari mana aja lu punya duit mau invest ke situ juga bisa.

Soal basis dimana terserah yg punya mau di taro mana aja lah..
emoticon-Traveller

Bener gan ane jadi ngakak hanya karna bermodal duid terus klaim hak milik ini gk beda jauh sama tukang klaim budaya
emoticon-Ngakakemoticon-Nyepiemoticon-cystg
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 13:59
yah perusahaan aneemoticon-Cape d...
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 14:01
udah biasa tuh, soalnya Singapore itu pusat finansial dan tax haven di Asia Tenggara, kalo perusahaan Amerika dan Eropa biasa larinya ke negara Tax Haven di Karibia dan Eropa macam British Virgin Island, Cayman, Bermuda, Lichtenstein, Swiss dan Luxemburg
0 0
0
4 Unicorn Kebanggaan Jokowi Diklaim Milik Singapura
31-07-2019 14:02
kayaknya butuh @hansiphoax untuk mengatasi ini
0 0
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia