valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Resmikan Bank Infaq, Sandiaga: Biar Emak-Emak Enggak Dikejar Rentenir

Eks Cawapres Sandiaga Uno saat ditemui wartawan di Masjid At-Taqwa. (Suara.com/Ria Rizki).
"Ya banyak sekali ibu-ibu, emak-emak karena ya bahan bahan pokok sering melonjak tinggi, akhir bulan itu harus berutang..."

Suara.com - Eks Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno meresmikan program Bank Infaq yang akan dioperasikan di Masjid At Taqwa, Komplek PIK, Jalan Raya Penggilingan, Jakarta Timur, Jumat (26/7/2019).

Pendirian Bank Infaq itu diharapkan bisa meringankan beban masyarakat dengan memberikan pinjaman tanpa dihantui dengan suku bunga yang tinggi serta rentenir.

Bank Infaq sendiri merupakan program terobosan kerja sama dengan Ok Oce. Penerima pinjaman Bank Infaq sendiri sendiri berasal dari masyarakat kecil menengah yang juga diberikan pelatihan, pendampingan, perizinan hingga mampu membuka usahanya sendiri.

Nantinya Bank Infaq itu akan dikelola oleh majelis taklim ataupun pengelola masjid tanpa ada bunga.

"Ya banyak sekali ibu-ibu, emak-emak karena ya bahan bahan pokok sering melonjak tinggi, akhir bulan itu harus berutang. Dan utang itu kadang - kadang bunganya 1 persen per hari, ya, itu sangat membebani," kata Sandiaga.

Sandiaga berharap kalau Bank Infaq bisa menjadi solusi dari beratnya beban masyarakat terutama emak-emak yang harus mengatur keuangan sehari-hari. Apalagi saat ini sudah ada pinjaman berbasis online yang memberikan pinjaman dengan bunga yang sangat tinggi.

Belum lagi emak-emak harus dihadapkan dengan rentenir apabila belum membayar utang tersebut tepat waktu. Bank Infaq dihadirkan sebagai program inovatif agar nantinya emak-emak yang ingin mengajukan pinjaman bisa tetap tenang tanpa harus memikirkan ancaman dari rentenir.

"Kalau kami sudah enggak bisa bayar dikirim debt collector, sangar, ambil motornya, masuk ke rumah, kirim SMS, intimidasi," ujarnya.

"Bank Infaq ini ada solusi paling tidak berbasis komunitas masjid, perumahan, majelis taklim dengan kemampuan untuk membantu pinjaman saudara-saudara kita yang lagi menghadapi kesulitan pinjaman berbunga, berbiaya tinggi, pinjaman rentenir, pinjaman rentenir online," tandasnya.

SUMBER


Ada yg punya gambaran business plan nih bank ga ?.. yg masuk akal ya ?.. emoticon-Malu (S)

kalo gw sih pas baca ada kata oke oce-nya aja lgs ga bakal percaya nih bank bakal jalan.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
areszzjay
baik.yuk
itkgid
itkgid dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.8K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.