dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Di Negara ini Keju diubah Jadi Listrik


Quote:




Wensleydale Creamery selaku salah satu perusahaan keju terkemuka di Inggris mengambil langkah terbaik untuk ikut serta melestarikan bumi dengan menghasilkan listrik ramah lingkungan lewat hasil sampingan produksi kejunya. Siapa yg menyangka justru kegiatan produksi keju tidak hanya menghasilkan keju yang gurih tetapi juga dapat menghasilkan listrik dengan memanfaatkan hasil sampingannya.

Wensleydale Creamy melakukan mekanisme khusus untuk menjadikan sisa / ampas keju tersebut menjadi listrik yang sekarang ini telah mengaliri listrik untuk 800 rumah di North Yorkshire — England. Perlu suatu tahapan fermentasi khusus yang akan menghasilkan gas, namun gas tersebut tidak diolah lagi menjadi gas rumah tangga melainkan gas yang akan dipakai untuk menggerakkan generator.

Hal itu demikian terjadi karena biaya untuk mengubah gas hasil fermentasi ini menjadi gas yang digunakan untuk kompor rumah tangga (seperti butana) tergolong cukup mahal, menjadikan keputusan menggunakan gas fermentasi ini sebagai penggerak generator listrik merupakan keputusan yang tepat




Mekanisme yang dilakukan yakni menyimpan sisa-sisa produksi keju kemudian diberi bakteri anaerob khusus yang pada akhirnya melakukan proses fermentasi. Gas yang dihasilkan dari fermentasi tersebut kemudian dikumpulkan dan dijadikan energi panas untuk menggerakkan generator listrik. Pada akhirnya diperoleh energi listrik bersih rata-rata sebanyak 10.000 MWh setiap tahunnya.


Spoiler for mekanisme:

Tentu hal ini tidak didapat dengan mudah, sebelumnya Wensleydale Creamy inc. Sempat hampir bangkrut hanya karena mencoba mengembangkan usaha pemanfaatan limbah keju untuk dijadikan listrik. Banyaknya kegagalan-kegagalan yg menghambat usaha Wensleydale ini membuatnya segera belajar dari negara Prancis.



Pegunungan Albertville

Negara prancis sendiri mengetahui dengan baik bagaimana cara mengolah limbah keju dengan baik, sebab di Prancis sendiri ada 50 Perusahaan Keju yang membantu perusahaan negara dalam membuat gas ramah lingkungan. Dan perusahaan negara akhirnya memanfaatkan gas tersebut menjadi listrik yang menyuplai 1,500 rumah di Pegunungan Albertville — Prancis.



Wensleydale Power Plant

Nah untuk perusahaan Wensleydale ini mereka telah mengembangkan lebih lanjut limbah keju ini hingga ke tahap menjadi energi listrik terbarukan secara sendirian. Bersyukur sekali usaha tersebut sudah membuahkan hasil dan pada akhirnya Wensleydale bukan hanya memproduksi Keju tetapi sudah memproduksi listrik untuk kota North Yokshire sebanyak 800 rumah.


—oOo—


Wah hebat ya gan. Dulu ane pikir keju cuman sebatas makanan. Tetapi dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, limbah keju sudah bisa dijadikan bahan-bakar gas dan listrik. Waw ayo dong indonesia jangan mau kalah buat juga listrik dari limbah indomie.


Sumber : Disinidan Disini
Sumber gambar : Google.com
Diubah oleh dompetjadipeci 21-08-2019 00:50
zeeblur
kingoftki
kingoftki dan zeeblur memberi reputasi
2
4.5K
115
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.