• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • GILA!!, Ilmuwan ini Menemukan Sampah di Palung Mariana, Udah nyampe sana!😱

dompetjadipeci
TS
dompetjadipeci
GILA!!, Ilmuwan ini Menemukan Sampah di Palung Mariana, Udah nyampe sana!😱


Duhh saat ini kita dikejutkan dengan penemuan yang bisa menjadi tamparan keras buat kita. Bagaimana tidak? Baru-baru ini ada penemuan sampah plastik di palung mariana (10,928 m) oleh seorang ilmuwan bernama Victor Vescovo. Penemuan ini sontak membuat dunia gempar dan beberapa diantaranya menyalahkan atas Great Garbage Patchyang ada di samudera pasifik. Duhh parah banget ya sudah sampai kesana, padahal ts kira tekanan yang ekstrim disana (15,750 psi) bakal mencegah plastik buat masuk ke sana, tetapi ternyata tidak!




Spoiler for Vescovo:

Victor Vescovo yang saat ini bekerja sebagai ilmuwan peneliti laut dalam melakukan ekspedisi pertamanya ke dalam palung mariana setelah sebelumnya tugasnya diemban oleh James Cameroon yang merupakan pengusaha Virgin Airlines.



Victor kemudian menyelam menggunakan submarine khusus yang tahan terhadap tekanam ekstrem di palung mariana. Ketika sudah sampai di dalamnya Victor menemukan ada organisme baru yang belum sempat di lihat James Cameroon yakni adanya Antropoda yang menyerupai udang, adanya Babi laut dengan antena transparan dan ada benerapa ikan penghuni asli lautan tersebut yakni ikan hantu. Tetapi setelah mencoba lebih dalam lagi tepatnya di kedalaman 10,928 meter, Victor menemukan fenomena yang janggal yaitu ternyata ada plastik yang sudah sampai palung mariana. Berikut potret sampah plastik yang ditemukannya.

Spoiler for plastik 1:


Spoiler for plastik 2:


Spoiler for plastik 3:


Sayang seribu sayang, kapal selam ini tidak dilengkapi aksesori khusus untuk mengangkat sampah plastik ke permukaan sehingga hal ini akan menjadi peningkatan teknologi selanjutnya yang akan dikembangkan perusahaan submarine DSV Limiting Factor. Victor pun kecewa dengan apa yang dilihatnya.

Alih-alih mendapat pemandangan unik pertamanya sekaligus ingin mencari spesies-spesies terbaru yang belum sempat tertangkap kamera, Victor justru mendapat pemandangan tidak menyenangkan ini. “Meskipun sampah yang ditemukan terbilang minor tapi hal ini harusnya meningkatkan awareness bagi seluruh masyarakat dunia” ujar Victor. Victor pun mengharapkan agar pemerintah segera membuat regulasi untuk menyelesaikan permasalahan pembuangan sampah sembarangan di laut.

Beberapa ilmuwan yang tergabung dari ekspedisi selama 3 minggu itu banyak yang menduga bahwa sampah-sampah tersebut berasal dari Great Garbage Patch yang terletak di tengah-tengah samudera pasifik. Great Garbage Patch sendiri adalah sekumpulan sampah-sampah di laut pasifik yang jumlahnya luar biasa, dan hingga kini belum dibersihkan. Ilmuwan berpendapat, dengan dibersihkannya great garbage patch seutuhnya maka kita akan mencegah pencemaran tersebut sampai ke palung mariana lagi.

Spoiler for palung mariana di lingkaran merah:


Spoiler for fenomena great garbage patch:


Namun hingga kini penyelesaian atas great garbage patch masih belum di konferensikan dalam PBB dan belum banyak negara yang mau mengambil andil secara sukarelawan untuk membersihkannya. Banyak yang mengeluhkan mau disimpan dimana jutaan ton sampah tersebut, tak sedikit pula yang mengeluhkan atas besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk sekedar membersihkan areal tersebut.

Edan, sampah plastik rupanya sudah sampai kedalam laut terdalam di dunia. Ini tamparan keras buat kita agar jangan membuang sampah sembarangan dimanapun tempatnya. Agan tahu sendiri bila agan membuang sampah di lingkungan maka sampah bisa masuk ke selokan kemudian mengalir ke kali dan lama kelamaan ke sungai besar lalu akhirnya sampai ke laut. Nah bila dari awal saja agan sudah dapat mencegahnya, maka agan sudah mengambil langkah besar dalam membantu penanganan pencemaran sampah di laut. Gimana kira-kira komentarnya terkait fenomena mengecewakan ini gan?, tuliskan komentar agan dibawah!


Sumber : Disini
Sumber gambar : bing.com
Diubah oleh dompetjadipeci 30-07-2019 08:45
ekatsexemindarprima99wesi
prima99wesi dan 32 lainnya memberi reputasi
33
27.6K
289
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.