red1302
TS
red1302
Bahaya Polusi Cahaya yang Tidak Bisa Dianggap Sepele

Di dunia ini ada banyak sekali jenis-jenis polusi yang dapat kita temui setiap harinya seperti polusi udara, polusi suara, dan masih banyak lagi jenis polusi lainnya. Diantara banyaknya polusi tersebut ada polusi yang jarang dipedulikan oleh orang yaitu polusi cahaya.

Polusi cahaya merupakan polusi yang paling banyak dirasakan oleh manusia hal ini dibuktikan oleh penelitian dari Light Pollution Science and Technology Institute yang mengatakan bahwa 80 persen manusia di bumi hidup berdampingan dengan polusi cahaya.

Lantas apa sih bahaya polusi cahaya ini? Mari kita bahas satu persatu :

1. Berbahaya Bagi Binatang

Akibat polusi cahaya yang berlebihan ada banyak kasus burung mati karena menabrak gedung-gedung tinggi. Hal ini dikarenakan burung menggunakan bintang sebagai navigasi mereka dan mereka menganggap cahaya dari gedung-gedung merupakan bintang sehingga sistem navigasi mereka terganggu.

Hal ini juga berlaku untuk penyu, penyu yang ingin bertelur di pantai akan berjalan mengikuti cahaya bintang dan sering kali penyu salah mengira cahaya lampu sebagai cahaya bintang sehingga mereka berjalan ke jalan raya dan malah mati di jalan raya.

2. Merubah Jam Biologis Manusia

Manusia memiliki jam biologis yang mengatur mereka tentang kapan mereka harus tidur, kapan harus makan, dan lain-lain. Dan polusi cahaya membuat jam biologis didalam tubuh kita menjadi kebingungan karena waktu tidur kita yang harusnya berpatokan pada siang dan malam kini diganggu oleh cahaya buatan sehingga otak kita berpikir belum saatnya tidur karena masih terang.

3. Melihat Hamparan Bintang di Langit? Jangan Harap

Pada saat kita kecil dulu kita dapat dengan mudah melihat hamparan bintang yang ada di langit dan menikmati keindahannya setiap malam. Tapi kenapa sekarang kita sudah tidak bisa melihat hamparan bintang tersebut?

Polusi cahaya yang membuat hal tersebut bisa terjadi. Cahaya yang berlebihan menyebabkan hamparan bintang di langit menjadi tidak terlihat dan akibatnya sekarang kita hanya dapat melihat 1-2 bintang saja.

Itulah beberapa bahaya dari polusi cahaya, mari kita kurangi penggunaan cahaya kita dengan cara mematikan sumber cahaya jika memang tidak diperlukan dan selalu tidur dalam keadaan gelap. Kalau kalian suka dengan thread ini jangan lupa rate 5emoticon-Rate 5 Stardan cendolnya yaemoticon-Toastemoticon-Toast.


Diubah oleh red1302 09-06-2019 06:49
bebeb48kikin24nona212
nona212 dan 31 lainnya memberi reputasi
32
9.8K
102
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.