• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gigit Kuku Memang Gak Menyeretmu ke Neraka, Tapi Banyak Unfaedahnya!

moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
Gigit Kuku Memang Gak Menyeretmu ke Neraka, Tapi Banyak Unfaedahnya!



Waktu masih kanak-kanak mungkin kita pernah kena tegor orangtua karena sering menggigit-gigit kuku. Beralasan sih. Waktu masih usia kanak-kanak kita kan sering main di luar, pegang tanah dan benda-benda kotor lainnya. Kita juga nggak terlalu aware soal kebersihan sampai ada yang mengingatkan. Maklum kalau dimarahin waktu itu. Tapi kebiasaan gigit kuku nggak cuma terjadi pada anak-anak. Orang dewasa pun ada yang masih punya kebiasaan ini.

Onychophagia alias kebiasaan gigit kuku adalah hal yang awam terjadi. Sekitar 20 sampai 30 persen populasi manusia di bumi ini melakukannya. Ada banyak hal yang menyebabkan ini jadi kebiasaan. Bisa jadi  karena perfeksionisme, stres, cemas, OCD, atau karena bosan saja gitu. Memang sih kelihatannya gigit-gigit kuku ini kayak nggak akan menjerumuskanmu ke jalan setan atau menyeretmu ke neraka, tapi gigit kuku bisa sangat berbahaya GanSis. Terutama buat kesehatan, pastinya.

Ketika menggigit kuku, ada banyak bakteri dan jamur penyebab infeksi bisa masuk ke dalam tubuh kamu sampai ke aliran darah. Pada akhirnya ini bisa meningkatkan risiko demam dan flu. Tapi seburuk apa sih kebiasaan ini? Yuk kita bahas dikit-dikit.



Ada banyak kuman di bawah kuku kita

Walaupun kelihatannya seperti kegiatan yang iseng aja, tapi menggigit kuku bisa mendatangkan akibat yang fatal dan jangka panjang. Raman Madan, seorang Assistant Clinical Professor di Zucker School of Medicinemenjelaskan, kebiasaan menggigit kuku bisa membawa kuman-kuman yang ada di bawah kuku itu masuk ke dalam tubuh kita dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Sebuah studi menjelaskan, salah satu bakteri seperti E. Coli yang ada di kuku kita bisa menyebabkan sakit perut dan penyakit lainnya. Mereka yang sering gigit kuku bisa berisiko terkena penyakit tiga kali lebih besar dari mereka yang tidak punya kebiasaan ini. Selain E. Coli, beberapa patogen yang sering nongkrong di bawah kuku kita adalah bakteri Staphylococcus, Strep, dan Coryneform. Ketiga bakteri ini bisa masuk ke dalam tubuh lewat kulit yang tidak sengaja tertelan ketika kamu menggigit kuku.



Kebiasaan gigit kuku membuat kita mudah kena flu dan demam

Menurut CDC, lebih dari 200 virus flu menggentayangi kita setiap harinya. Virus ini memang akan mudah menyerang mereka yang imunnya lemah atau tertular langsung oleh mereka yang kena flu. Tapi kamu bisa mengurangi risiko terkena salah satu dari 200 virus flu ini dengan tidak menggigit kuku. Karena virus flu ini sangat mudah menempel di kulit. Makanya itu kita disarankan rutin mencuci tangan dengan sabut atau menggunakan hand-sanitizer sebelum makan. Buat yang sudah terserang kebiasaan gigit kuku akut disarankan mengunyah permen karet saja Gan. 

Kebiasaan gigit kuku bisa merusak gigi

Kebiasaan buruk kamu menggigit kuku bisa berakibat buruk juga buat gigi dan gusi kamu lho. Sebuah riset yang dilakukan Academy of General Dentistrymenemukan fakta bahwa menggigit kuku bisa merusak gigi bagian depan karena biasanya gigi bagian inilah yang kerap digunakan ketika menggigit kuku. Kebiasaan ini juga bisa memicu kerusakaan gusi karena bisa bikin sariawan misalnya. Jadi kamu harus mulai mengurangi kebiasaan ini karena punya gigi itu penting dan mengidap sariawan itu nggak enak sama sekali.



Kalau jari terluka jadi gampang infeksi

Menggigit-gigit kuku memang enak dan ada sensasinya tersendiri buat mereka yang sudah menjadikan ini sebagai kebiasaan. Tapi kalau keasikan dan tidak hati-hati, bagian ujung jari kamu bisa terluka secara tidak sengaja dan bisa menyebabkan infeksi kronis paronychia. Kalau ketika kamu menggigit kuku kemudian air mata kamu keluar karena ujung jari kamu terluka, itu adalah tanda awal dari infeksi ini.

Ketika ini terjadi, jamur dan bakteri bisa semakin membuat ujung jari kamu sakit luar biasa. Kalau sudah sakit parah, kamu disarankan untuk menemui dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Menggigit kuku terlalu dalam hingga ke jari bisa merusak lapisan tertentu di kuku yang akan menyebabkan kerusakan permanen. Dalam taraf yang parah, kuku kamu nggak akan tumbuh dengan sempurna atau bisa jadi tumbuh ke dalam. Ah serem banget! Ngilu ngebayanginnya!
santaikalus
danQe
bnoorraini
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
3
4.3K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.