delia.adelAvatar border
TS
delia.adel
Pak, Bagaimana Nasib Kami?
Spoiler for screenshotan:


BAGAIMANA MASA DEPAN ANAK-ANAK BANGSA JIKA MASALAH SEKOLAH MEREKA TIDAK KUNJUNG SELESAI? APAKAH HARUS BELAJAR DI JALANAN?

Pertanyaan ini terlintas ketika sebuah Vidio, Delia lihat pagi ini,
Spoiler for Instagram:


betapa mirisnya anak-anak yang bersemangat untuk meraih cita-citanya harus belajar di jalanan, bersama debu trotoar dan bisingnya kendaraan yang lalu lalang. Akan tetapi semua itu tidak membuat semangat belajar menurun.

Spoiler for screenshot:


Dan masalah yang dihadapi semua sekolahan yang di segel ini adalah penggantian uang lahan, dari bangunan gedung sekolah yang belum di rampungkan. Seperti cuplikan yang Delia kutip berikut ini.

Quote:


Lalu kemanakah mereka mencari sebuah ilmu dengan tenang, bahagia dan penuh semangat, jika urusan lahan belum jua dirampungkan? Apakah ratusan murid-murid itu harus menjadi anak-anak yang putus sekolah pada akhirnya, jika kondisi ini tidak segera di selesaikan.

Bukankah ada kemungkinan para siswa akan menjadi malas bersekolah?

Karena belajar di jalanan itu akan membuat ribuan murid tidak fokus belajar, para guru pun pasti kesulitan untuk mengontrol ribuan murid. Sehingga jika ada seorang atau dua orang siswa yang melarikan diri alias membolos sekolah, mungkin tidak ketahuan. Karena jalanan itu sendiri, bisa memotivasi para siswa untuk melakukan hal-hal yang tidak baik juga tidak disangka-sangka oleh para guru.

Sedangkan kita tau sendiri pada zaman now, adanya sebuah sekolahan saja para siswa bisa membolos, apalagi jika di jalanan, apapun bisa terjadi. Guru tidak akan bisa menjamin para siswa untuk mengikuti peraturan. Kecuali memang dasarnya para siswa itu sendiri yang ingin sekali menimba ilmu.

Bagaimana menurut agan dan sista untuk tulisan Delia kali ini? Apakah bisa bertahan lama, ketika mendidik para siswa yang berjumlah ribuan di jalanan, untuk menjadi tunas bangsa yang penuh kredibilitas?

Delia bisa membayangkan bagaimana perasaan guru ketika para siswa mulai jenuh dan tidak fokus dalam belajar. Karena jalanan adalah objek terbesar sebuah pemikiran lain yang akan berakibat buruk, ya memang jika hanya belajar sambil seolah-olah berrekreasi, kemungkinan besar bisa di Tanggulangin semangat para siswa. Tetapi yang menjadi pertanyaan adalah seberapa lama mereka mampu bertahan belajar di jalanan? Dan apakah bisa pembelajaran ini berakhir dengan keberhasilan sebuah pengajaran?

Entahlah! Semoga tidak berlanjut lama. Dan semoga pemerintah bisa menyelesaikan masalah para siswa dengan kebijakan yang paling bijaksana.

SELAMAT BELAJAR PARA SISWA!

Asli opini ts.

Diubah oleh delia.adel 27-07-2019 02:34
Rapunzel.icious
istijabah
swiitdebby
swiitdebby dan 14 lainnya memberi reputasi
15
4.7K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.