madL99Avatar border
TS
madL99
Gerindra: Pulau Reklamasi Milik Kita, Tak Masalah Jadi Tempat Upacara


Jakarta - Partai Gerindra DKI tak mempermasalahkan bila nanti Gubernur Jakarta Anies Baswedan memutuskan menggelar upacara HUT ke-74 RI di pulau reklamasi. Soalnya, pulau reklamasi adalah milik warga Jakarta.

"Dengan diadakan upacara 17 Agustus di situ, diharapkan masyarakat bisa memahami bahwa pulau ini adalah milik kita bersama. Kita bukan orang asing di situ," kata Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI, Abdul Ghoni, kepada wartawan, Sabtu (27/7/2019).

Dia berharap, bila pertimbangan Anies memilih lokasi upacara jatuh di pulau reklamasi, maka nelayan-nelayan di sekitar pulau bisa menyadari bahwa kawasan itu juga milik bersama.

"Selama ini nelayan terisolir dari Pulau D. Insyaallah dengan diselenggarakannya upacara 17 Agustus, melayan bisa beraktivitas sekitar Pulau D," kata Ghoni.

Soal kontroversi reklamasi yang terkait status pulau reklamasi, Ghoni menjelaskan itu hanya berkisar pada masalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Adapun soal reklamasinya sendiri, dia menegaskan aktivitas itu sudah dihentikan. Tak ada aturan yang dilanggar bila pulau reklamasi dijadikan tempat upacara peringatan kemerdekaan RI.

"Tidak ada aturan yang dilanggar. Pendaki gunung saja bisa upacara 17 Agustus di puncak gunung," ujar Ghoni.

Sebelumnya, Anies menyatakan rencana pelaksanaan upacara 17 Agustus di Pulau D reklamasi masih dalam pengkajian. Anies mengatakan masih mencari tempat yang pas.

"Semua itu masih dalam pertimbangan. Tahun lalu kita berupacara di Lapangan Banteng. Kemudian tahun ini kita lagi mencari tempat yang pas untuk upacara besok. Salah satunya dipertimbangkan itu," kata Anies kepada wartawan di SMA Kolose Kanisius, Jakarta Pusat, Jumat (26/7) kemarin.

Jakpro mengatakan Pantai Maju atau Pulau D hasil reklamasi menjadi lokasi upacara HUT ke-74 RI. Jakpro menyebut upacara digelar untuk mencitrakan Pantai Maju bisa diakses oleh publik.

"Ada dua tempat sebelumnya, baru Selasa (22/7) kemarin, diputuskan tempat di Pantai Maju, awalnya di Pantai Kita," kata Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Hani Sumarno, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (24/7) kemarin.

https://news.detik.com/berita/464136...box=1564185621

qavir
qavir memberi reputasi
1
2.8K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.