wxrdana28
TS
wxrdana28
10 ISTILAH FILOSOFI MASYARAKAT JAWA
Assalamualaikum agan dan sista. Selamat datang di thread amatir ane. Kali ini ane akan membahas tentang filosofi-filosofi jawa yang memiliki makna bijak untuk dijadikan pedoman hidup sehari hari.

Berikut filosofi filosofi masyarakat jawa tentang kehidupan beserta penjelasannya:

1). SURO DIRO JOYODININGRAT, LEBUR DENING PANGESTUTI.

Artinya, segala sifat angkara murka, dengki, keras hati, licik hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, rendah hati, dan sabar.

2). NERIMO ING PANGDUM

Artinya menunjukkan pada sikap jujur, ikhlas, tidak mudah mengeluh. Pada intinya, kita sebagai manusia harus Ikhas menerima segala sesuatu hasil usaha telah kita kerjakan dan tidak menyalakan Tuhan sebagai Dzat yang telah memberi apa yang kita butuhkan.

3). DATAN SERIK LAMUN KETAMAN, DATAN SUSAH LAMUN KELANGAN.

Yang berarti kita jangan mudah untuk sakit hati ketika ditimpa musibah dan jangan sedih ketika kehilangan sesuatu.

4). MEMAYU HAYUNING BAWANA, AMBRASTA DUR HANGKARA

Artinya, manusia didunia ini harus selalu berhati-hati (menjaga keselamatan), kebahagiaan & kesejahteraan, serta menghilangkan sifat buruk seperti angkara murka, serakah, sombong dari diri kita.

5). OJO GUMUNAN, OJO GETUNAN, OJO KAGETAN, OJO ALEMAN

Pepatah tersebut berarti, jangan mudah heran, jangan mudah menyesal (kecewa), jangan mudah terkejut, dan jangan manja. Intinya, kita sebagai manusia harus menyikapi segala sesuatu dengan bijak. Seperti ketika kamu mendapat rezeki yang banyak, kamu jangan langsung bangga, kegirangan atau jangan lebay. & ketika menghadapi segala masalah, jangan mudah kaget, hadapi dengan santai, dengan kepala dingin.

6). JER BASUKI MOWO BEO

Istilah tersebut berarti, Untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, maka kita harus rela berkorban. Segala Sesuatu tersebut dapat berwujud kebahagiaan, kesejateraan, kesehatan, pendidikan, jabatan & sebagainya.

7). OJO MILIK BARANG KANG MELOK. OJO MANGRO MUNDAK KENDO.

Yang artinya, jangan mudah tergiur oleh hal hal yang terlihat mewah nan indah. Jangan berpikiran serakah dalam melakukan sesuatu hal, karena dapat membuat niat menjadi kendor dan melunturkan semangat.

8). OJO KUMINTER MUNDAK KEBLINGER. OJO CIDRO MUNDAK CILOKO

Artinya, jangan sok pintar atau merasa paling pandai agar tidak salah arah atau tersesat dalam hidup. Jangan suka berbuat curang atau bermain kotor agar tidak celaka.

9). BALILU TAU PINTER DURUNG NGELAKONI

Yang berarti, Orang bodoh tetapi sering mempraktekan suatu hal atau pekerjaan akan lebih dihargai dari pada orang pintar tetapi belum pernah atau bahkan malas mempraktekan pekerjaan tersebut.

10). OJO KETUNGKUL MARANG KALUNGGUHAN, KADONYAN, LAN KEMAREMAN

Artinya kita sebagai manusia jangan mudah tergiur atau terobsesi oleh nafsu keinginan duniawi untuk memperoleh kedudukan, hidup kaya raya, dan puas akan hal hal duniawi.


Semoga bermanfaat 😁. Sampai jumpa di thread amatir ane berikutnya.
blunarjonwongndesobahrotul
bahrotul dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.4K
15
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
Buku
icon
7.7KThread4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.