zhipy2000
TS
zhipy2000
Mahasiswa Pro Hongkong Bentrok Dengan Mahasiswa Pro China Di Australia
Sejumlah mahasiswa asal China di Universitas Queensland, Brisbane terlibat bentrok pada Rabu (24/7/2019) karena berbeda pandangan tentang China dan aksi unjuk rasa pro-demokrasi di Hong Kong.

Bentrok mahasiswa pro-China dan Pro Demokrasi Hong Kong
Bentrok mahasiswa pro-China dan pro-Hong Kong di kampus UQ:

Mahasiswa pro-demokrasi bentrok dengan mahasiswa pro-Cina di Universitas Queensland

Bentrokan itu berubah menjadi kekerasan tetapi polisi tidak melakukan penangkapan

Presiden Serikat Mahasiswa Georgia Milroy menggambarkan bentrokan itu sebagai kondisi yang "menakutkan"

Informasi yang diperoleh ABC mengungkapkan bentrokan ini terjadi ketika sejumlah aktivis pro-China mendatangi aksi unjuk rasa yang digelar oleh rekan-rekan mereka sesama mahasiswa asal China yang sedang menunjukkan solidaritas mereka terhadap kaum minoritas yang teraniaya di tanah air mereka.

Ratusan mahasiswa dari kedua kelompok itu berkumpul di luar Gedung Pengadilan Agung Universitas Queensland (UQ) di Brisbane, Queensland untuk mengekspresikan pandangan mereka.

Bentrokan antara kedua kubu mahasiswa ini tidak terhindarkan ketika kelompok mahasiswa pro-China memainkan lagu-lagu nasionalis dan meneriakkan yel-yel "China itu hebat".

Sejumlah Video yang diunggah di media sosial menunjukkan teriakan dan pelecehan yang dilontarkan mahasiswa di kedua kubu itu kemudian memuncak dan berubah menjadi kekerasan.

Kedua kelompok mahasiswa asal China itu bersitegang di posisi saling berhadapan selama empat jam di lokasi bentrok dan baru berakhir ketika polisi berhasil meyakinkan kedua kelompok untuk pulang.

Tidak ada penangkapan yang dilakukan.

Tetapi untuk beberapa waktu, aktivis pro-China terus bertahan di pengadilan UQ bahkan ketika rekan mahasiswa yang lain meninggalkan area itu.


Mahasiswa pro-China berkumpul di Universitas Queensland (UQ) setelah terlibat adu fisik dengan pendukung Hong Kong. (ABC News: Lexy Hamilton-Smith)

Presiden Serikat Mahasiswa UQ, Georgia Milroy mengatakan bentrok yang terjadi cukup menakutkan.

"Saya pikir ada banyak mahasiswa yang bersikeras di kedua kelompok ... jujur saja situasinya saat itu cukup menakutkan," katanya.

"Ada beberapa kekerasan yang terjadi.

"Saya pikir mahasiswa yang memulainya adalah mahasiswa Hong Kong - mereka tidak melakukan kekerasan ... mahasiswa Hong Kong itu mulai melakukan aksi unjuk rasa damai yang dalam waktu singkat memicu eskalasi.

"Dan kemudian situasinya menjadi semakin sengit dan terjadi garis pemisah yang kuat ketika mahasiswa pro-China mulai menyanyikan lagu kebangsaan dan saat itulah bentrok kemudian tidak terhindarkan.

"Ini sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya di UQ, tingkat nasionalisme semacam ini, dan saya pikir ada sedikit kekhawatiran dari para mahasiswa asal China dan mengapa mereka diizinkan melakukan aksi unjuk rasa.

"Saya pikir kita berada di masa yang belum pernah terjadi sebelumnya, jujur saja."

Dalam sebuah pernyataan, UQ mengatakan mereka mengharapkan staf dan mahasiswa untuk "mengekspresikan pandangan mereka dengan cara yang sah dan penuh hormat, dan sesuai dengan kebijakan dan nilai-nilai universitas".

"Sebelumnya hari ini, menanggapi kekhawatiran soal keselamatan dan keamanan yang diakibatkan oleh sebuah aksi unjuk rasa yang diprakarsai mahasiswa di kampus, pihak Universitas Queensland meminta dukungan polisi," demikian bunyi pernyataan pihak UQ.

"Atas saran polisi, mahasiswa yang terlibat aksi unjuk rasa diminta untuk membubarkan diri. Keselamatan semua mahasiswa adalah yang terpenting bagi universitas."


Unjuk rasa pendukung pro demokrasi di Hong Kong.ABC News


Pengunjuk rasa Hong Kong terluka

Aksi unjuk rasa mahasiswa China di Brisbane ini terjadi merupakan respon atas aksi unjuk rasa yang telah berlangsung selama berminggu-minggu di Hong Kong, yang bermula dari aksi penentangan terhadap RUU ekstradisi China dan meluas ke isu keprihatinan tentang masa depan kebebasan demokrasi di Hong Kong.

Para pengunjuk rasa pro-demokrasi di Hong Kong telah diserang oleh kelompok-kelompok bersenjata pada akhir pekan lalu, situasi ini mendorong beberapa orang mengecam kepolisian Hong Kong yang dinilai telah gagal melindungi mereka.

Kepolisian Hong Kong mengatakan mereka telah menangkap sejumlah orang, beberapa di antaranya memiliki kaitan dengan geng mafia.

Simak beritanya dalam bahasa Inggris disini.

Sumur
https://news.detik.com/abc-australia...ok-di-brisbane

Merembet kemana-mana ya jadinya,,
riansantoso4776sebelahbloganasabila
anasabila dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
21
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.7KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.