Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
130
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2f5bdafacb956bc60a3279/deretan-lagu-pengiring-permainan-masa-kecil-dulu-masih-ingat-ga-gan
Cerita dewasa kali ini saat nongkrong di warung kopi tak luput dari kenangan-kenangan masa kecil dahulu, kebanyakan orang dewasa tidak pernah melupakan kejadian masa lalu karena memang waktu tidak bisa di kembalikan ke dahulu kala. Maka da
Lapor Hansip
18-07-2019 00:33

Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?

Selamat pagi menjelang siang ngobrol malam
emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai

Quote:
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?

Bagaimana kalian semua ini kabarnya? Sehat dong? Pasti sudah pada dewasa ya? Atau tua juga?

Cerita dewasa kali ini saat nongkrong di warung kopi tak luput dari kenangan-kenangan masa kecil dahulu, kebanyakan orang dewasa tidak pernah melupakan kejadian masa lalu karena memang waktu tidak bisa di kembalikan ke dahulu kala. Maka dari itu mereka menyimpannya dengan baik di memori kepalanya yang tersimpan tanpa batas ruang, agar semua itu dapat di unggah kembali ketika sedang bercengkrama dengan kawan-kawan lama.

Permainan apa sih yang kalian ingat saat masa kecil dahulu? Banyak sekali kan? Yups, karena masing-masing daerah di indonesia memiliki keanekaragaman budaya sehingga permainan jaman dahulu itu banyak sekali jika di jabarkan.

Nah, untuk membangkitkan dunia alam bawah sadar kalian saat masa kecil dahulu, boleh dong di putar lagu yang ane kasih ini.

lagu


Gimana gansist udah diputar lagunya? Kepalanya jangan goyang-goyang ya emoticon-Embarrassment.

Seperti yang ane jabarkan dibawah ini merupakan lagu-lagu masa kecil dahulu dalam setiap permainan kalian. Masih pada ingat ga ketika kalian bermain-main saat kecil dulu? Lagu apa sih yang biasa kalian bawa saat memeriahkan permainan kalian waktu kecil?

Biar kalian ga penasaran, yuk simak dibawah ini.

Quote:

Cublak-Cublak suweng
cublak-cublak suweng

"cublak-cublak suweng, suwenge ting gelenter, mampu ketundung gudel, pak empo lirak-lirik, sapa ngguyu ndelikake, sir-sir pong dele kopong, sir-sir pong dele kopong"

Permainan masa kecil dahulu yaitu Cublak-Cublak Suweng, merupakan permainan masa kecil dari tanah jawa, permainan satu ini cukup mudah dimainkan dan diiringi nyanyian lagu. Nama Lagunya sendiri merupakan pengiring permainan ini untuk menebak siapakah yang memegang kerikil di genggamannya saat si Empo yang jaga. Jika ketahuan siapa yang ditebak oleh si Empo maka teman kalian gantian yang jadi si Empo, namun jika salah maka jadi si Empo lagi. Permainan ini biasanya sering dilakukan oleh kaum hawa.

Faktanya Cublak-Cublak Suweng merupakan salah satu karya dari Sunan Giri dalam memberikan arti filsafat hidup bagi anak-anak di tanah jawa.


Quote:
Wak-Wak Gong
wak wak gong

"Wak wak gung nasinye nasi jagung alapnye lalap putat
sarang goak dipoon jagung
gang ging gung
Tam-tambuku
Seleret daon delime
Pato klembing pate paku
Tarik belimbing
Tangkep satu
Pit ala’ipit
Kuda lari kejepit-sipit"


Wak Wak Gung merupakan lagu pengiring dari permainan anak-anak di tanah betawi. Wak wak gung juga bisa disebut ular naga dalam permainannya, sedangkan ular naga memiliki lirik lainnya dalam pengiringan permainan tersebut.

Permainan inipun harus dilakukan minimal 6 orang, nah jika lagi kumpul sama teman-teman permainan ini pas untuk menyatukan kalian semua tanpa harus khawatir tidak ada yang kebagian jatah main. Jadi ga ada tuh istilah rebutan buat main permainan satu ini.


Quote:
Ampar-Ampar Pisang
ampar ampar pisang


Lagu pengiring permainan selanjutnya yaitu ampar ampar pisang. Ampar ampar pisang sendiri merupakan salah satu lagu daerah berasal dari tanah kalimantan. Sebutan ampar ampar pisang merupakan salah satu makanan khas kalimantan awal mulanya Lagu ini dinyanyikan orangtua yang sedang membuat Rimpi untuk menakut-nakuti anak-anak yang suka mencuri Rimpi selagi pisang dijemur. Rimpi adalah nama asli makanan dari ampar ampar pisang.

Nah, biasanya lagu ini digunakan dalam berbagai permainan anak-anak pada masa dahulu loh, entah yang mainannya menggunakan tangan atau juga menggunakan kaki. Banyak jenis permainan anak-anak yang tercipta dari lagu ini. Kira-kira kalian masih ingat ga permainan yang seperti apa yang menggunakan lagu ampar ampar pisang?


Quote:
Orang Kaya, Orang Miskin
orang kaya orang miskin

sumber video
Lagu pengiring permainan anak jaman dahulu selanjutnya yaitu Orang Kaya Orang Miskin. Permainan ini bisa dimainkan sekitar 6-10 orang loh, sama dengan wak wak gung bisa dimainkan ramai-ramai. Permainan ini dibagi menjadi dua kelompok antara si kaya dan si miskin. Entah dari mana terciptanya permainan ini, banyak versi yang tercipta dari orang kaya orang miskin, setelah si miskin ditinggal anak-anaknya, nanti si miskin akan mengambil kembali anaknya dari orang kaya seperti akhir permainan dari wak wak gung rebutannya.


Quote:
Nah, ituloh beberapa lagu pengiring dalam permainan anak-anak dahulu, sekarang masih ada ga ya? Kira-kira kalian masih ingat ga lagu-lagu lainnya yang sering di jadikan pengiring permainan tempo dahulu?

Kalau masih ingat, bagi-bagi dong sama kita kita dimari, obrolin kenangan masa kecil kalian yuk



Sumber : tulisan TS, video terselip dalam kata
Diubah oleh o.best
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tata604 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 09:02
Aku taunya ular naga doang di siniemoticon-Shakehand2
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 09:11
ane kok ga inget yang orang kaya-orang miskin ya? emoticon-Hammer
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 09:52
nyil unyil unyil usrok..... emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 09:55
Quote:Original Posted By evywahyuni
Aku taunya ular naga doang di siniemoticon-Shakehand2

Kkalau cewe sih mainnya apa ya waktu kecil, kan komplotannya beda...paling masak2n ya
Quote:Original Posted By angelkawaii
ane kok ga inget yang orang kaya-orang miskin ya? emoticon-Hammer

Coba diinget deh pernah mainin ga?
Quote:Original Posted By primawidhie
nyil unyil unyil usrok..... emoticon-Kaskus Radio

Jdi bahan ledekan ini gan
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 09:56
Serasa balik ke 30thn lalu emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 10:02
Quote:Original Posted By kojojotojo
trit penangkaran kaskuser tuwir
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-Ngacir2

survey terselubung.... mendata kaskuser tuwek...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 10:09
Quote:Original Posted By surya889
Serasa balik ke 30thn lalu emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)


Keliatan tuanya dah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 10:24
Quote:Original Posted By o.best
Kkalau cewe sih mainnya apa ya waktu kecil, kan komplotannya beda...paling masak2n ya


Belum kunjungi trit ku, ya? Pantesemoticon-Cape deeehh
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 10:30
Quote:Original Posted By evywahyuni
Belum kunjungi trit ku, ya? Pantesemoticon-Cape deeehh


Udah ko...tp tu jg permainan laki2 bisa...
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 10:39
Quote:Original Posted By o.best
Udah ko...tp tu jg permainan laki2 bisa...

Main masak-masak kalo ada temen ciwik yang ngajak main sekalian main pasar-pasaran
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 10:51
Quote:Original Posted By evywahyuni
Main masak-masak kalo ada temen ciwik yang ngajak main sekalian main pasar-pasaran


Ga main boneka2n dri jerami itu?
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 11:01
Quote:Original Posted By o.best
Ga main boneka2n dri jerami itu?


Gak, ane malah main boneka-bonekaan dari pelepah pisang
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 11:41
Quote:Original Posted By evywahyuni
Gak, ane malah main boneka-bonekaan dari pelepah pisang


Wah iya yg main tembakan2 jg itu pakai batang daun pisang...
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 12:16
Quote:Original Posted By o.best
Wah iya yg main tembakan2 jg itu pakai batang daun pisang...

Iya, kebetulan belakang rumah kakekku ada kebun pisangnya, jadi kalo pas udah tebang pisang, pelepahnya kita ambil, buat senjata-senjataan, kuda-kudaan, bahkan boneka-bonekaan
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 12:38
Quote:Original Posted By evywahyuni
Iya, kebetulan belakang rumah kakekku ada kebun pisangnya, jadi kalo pas udah tebang pisang, pelepahnya kita ambil, buat senjata-senjataan, kuda-kudaan, bahkan boneka-bonekaan


Wah ingat aku tuh, kadang dibuat mobil2n sama prosotan ya
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 12:48
Quote:Original Posted By o.best
Wah ingat aku tuh, kadang dibuat mobil2n sama prosotan ya


Gak pernah kedua-duanyaemoticon-Jempol
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 14:54
lagu pemersatu anak emoticon-Matabelo
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 15:18
Sudah lupa nih gan emoticon-Malu (S)
0 0
0
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 15:18


Quote:Original Posted By evywahyuni
Gak pernah kedua-duanyaemoticon-Jempol

Jadi pernah nya ap aja emoticon-Embarrassment
profile-picture
o.best memberi reputasi
0 1
-1
Deretan Lagu Pengiring Permainan Masa Kecil Dulu, Masih Ingat Ga Gan?
26-07-2019 15:29
Quote:Original Posted By indako
Jadi pernah nya ap aja emoticon-Embarrassment


Selain yang TS sebutin tadi lah, ini siapa yaak
profile-picture
o.best memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia