• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Ingin Kendaraan Anda Maksimal Lalu Isi Bensin Dengan RON Tinggi, Benarkah ?

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Ingin Kendaraan Anda Maksimal Lalu Isi Bensin Dengan RON Tinggi, Benarkah ?





Masyarakat saat ini memang sedang senang-senangnya bergaya, apalagi melihat trending youtube dari kalangan orang-orang kaya yang memamerkan hartanya terutama di dunia otomotif. Bukan rahasia lagi kalau vlog dari para youtuber saat ini sering bersinggungan dengan dunia otomotif baik itu motor sport dengan cc besar atau juga mobil mewah atau sport dari pabrikan ternama. Kontent mereka pun memang bervariatif tapi yang sering booming biasanya, mereka para youtuber yang banyak gaya dan aksi ala anak muda.

Tentu saja mereka akan mengisi bahan bakar kendaraannya dengan research octane number (RON) yang cukup tinggi, di dalam benak masyarakat pun tertanam apabila RON tinggi pastinya mesin akan sempurna, tapi apa benar semua kendaraan bila memakai RON tinggi akan membuat power juga meningkat dan pembakaran pun sempurna ? Jawabannya bisa benar bisa juga tidak !! Loh kenapa ?



Sebelum menjelaskan lebih lanjut sebenarnya ada beberapa nilai oktan dari 88, 90, 92, 95, 98 hingga 100 ke atas Biasanya untuk yang nilai oktannya 100 ke atas akan di pakai oleh mobil atau motor yang beradu kencang di arena balap. Untuk konsumsi publik di sediakan RON 88 hingga 98, semakin tinggi nilai oktan maka akan semakin besar tekanan yang dibutuhkan bahan bakar untuk terbakar. Untuk itu hati-hati bila pembakaran tak sempurna akan terjadi knocking, hal tersebutlah yang membuat mesin cepat rusak.

Maka solusinya kenalilah kendaraan anda dengan rasio kompresi mesin pada kendaraan, sebagai contoh bila kita menggunakan nilai oktan 88 tetapi ternyata rasio kompresi kendaraan ada di nilai 10-11 maka yang cocok adalah RON 92 seperti Shell Super atau bila ada rasio kompresi mesin kendaraan berada di nilai 11-12 lebih baik pakai RON 95 seperti Shell V-Power. Sedangkan untuk RON 90 untuk kendaraan berasio kompresi 9-10 lalu untuk yang kompresi 9 kebawah biasanya memakai RON 88.




Untuk itu kenalilah mesin kendaraan anda berada di nilai kompresi yang mana dan cocoknya menggunakan RON yang mana !! Bila kamu memiliki kendaraan dengan kompresi mesin tinggi lalu di paksa memakai RON 88 otomatis yang terjadi hal ini akan mengganggu performa kendaraan anda yang juga berakibat pada usia dari kendaraan anda, sebab bahan bakar dalam ruang mesin akan terbakar sebelum waktunya ( pre-ignition).

Bila agan dan sista mempunyai mobil atau motor sport mewah, atau kendaraan dari pabrikan khas eropa biasanya mereka mempunyai kompresi mesin yang disesuaikan dengan RON 98, nah bila standard kendaraan anda kompresi mesinnya rendah namun di paksa menggunakan RON tinggi apa yang terjadi ? Bukannya lebih baik ya gan, walau tak merusak mesin tapi yang terjadi adalah "pemborosan". Yup karena bahan bakar tidak terbakar optimal, bisa dibilang tenaga minimal bahkan polusi bisa maksimal. Ini disebabkan karena saat proses pembakaran, bahan bakar tersebut tidak terbakar dengan baik tentu saja hal tersebut berakibat pada rendahnya tenaga yang dihasilkan (lost power). Dampak lainnya juga adalah tingginya polutan yang dihasilkan oleh gas buang kendaraan.




Bahkan bila kendaraan agan dan sista masih menggunakan karburator bukan injeksi, bukan tak mungkin kendaraan anda tak bisa di starter karena kompresi dan suhu mesin tidak cukup untuk membakar bensin yang nilai oktannya lebih tinggi dari kompresi mesin agan.

Jadi kenalilah kompresi mesin kendaraan agan ya !! Agar menggunakan oktan yang pas agar mesin anda tidak rusak, biasanya kalau kendaraan baru saat ini berada di kompresi mesin dengan oktan 92 dan 95 bahkan diatasnya, tapi buat kendaraan lawas ya harus hati-hati. Bahkan untuk kalian yang harusnya menggunakan bensin beroktan tinggi malah sering mengisi dengan oktan rendah, bisa berbahaya loh !! Tadinya mau irit malah umur mesin cepat rusak, malah rugi kan gan.

Referensi

Disini, Disinidan Disini

Nah bagaimana nih pendapat agan dan sista semua, silahkan komentar, beri TS cendol, follow, rate bintang 5, dan tentu juga jangan lupa share and like karena semua itu gratis !! 

emoticon-Wagelaseh

c4punk@2019

Gambar google






Diubah oleh c4punk1950... 26-07-2019 22:48
danQe
yunda.me
riansantoso4776
riansantoso4776 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
10.4K
105
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.