alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
209
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d38fd2709b5ca0da714c88b/beli-rumah-kok-kpr
Tak dapat dipungkiri, kebutuhan akan rumah tinggal setiap tahunnya semakin meningkat, seiring dengan semakin bertambahnya rumah tangga baru. Seperti jamaknya pasangan baru, biasanya mereka ingin memiliki dan tinggal di rumah sendiri. Namun karena harga rum
Lapor Hansip
25-07-2019 07:51

Beli Rumah Kok KPR?

Past Hot Thread
Beli Rumah Kok KPR?Beli Rumah Kok KPR?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Beli Rumah Kok KPR?

Tak dapat dipungkiri, kebutuhan akan rumah tinggal setiap tahunnya semakin meningkat, seiring dengan semakin bertambahnya rumah tangga baru. Seperti jamaknya pasangan baru, biasanya mereka ingin memiliki dan tinggal di rumah sendiri. Namun karena harga rumah yang tak murah, tentu mereka harus membuat pilihan, menabung agar bisa membelinya secara tunai, atau membeli dengan cara kredit melalui pembiayaan bank, atau yang biasa disebut dengan KPR.

Beli Rumah Kok KPR?Beli Rumah Kok KPR?
Kalau boleh memilih sih rasa - rasanya semua orang memilih pilihan pertama. Selain karena proses membeli rumah secara tunai lebih mudah, juga uang yang dikeluarkan tak sebesar jika membelinya secara kredit. Cukup menyiapkan uang senilai rumah yang akan kita beli ditambah biaya pengurusan balik nama di notaris yang jelas lebih rendah ketimbang kita membeli rumah dengan cara kredit. Biaya pengurusan KPR, BPHTB, AJB, SKPT, APHT, dan berbagai komponen biaya lain harus kita siapkan jika kita membeli rumah melalui KPR.

Belum lagi besaran bunga yang harus kita bayar. Semakin lama tenor pinjaman kita, semakin besar pula bunga yang harus kita bayar. Bahkan terkadang besarnya bunga yang dibebankan kepada kita lebih besar dari pada pokok pinjamannya. Bagaimana dengan bank syariah yang katanya tidak berbunga? Jangan salah. Banyak orang terjebak dengan kalimat "tanpa bunga" tanpa tahu maksud dari kalimat tersebut. Coba bayangkan, bagaimana bank bisa beroperasi jika tidak memungut keuntungan dari usahanya.

Beli Rumah Kok KPR?Beli Rumah Kok KPR?
Secara garis besar, keduanya (bank konvensional dan syariah) sama - sama memungut keuntungan dari proses kredit ini. Bedanya, jika pada bank konvensional menggunakan skema bunga, dalam artian pokok pinjaman yang kita pinjam akan ditambah bunga (ada yang bunga fixed, dan ada pula bunga floating/ mengambang mengikuti suku bunga) sedangkan pada bank syariah mereka mengambil keuntungan dengan skema margin, yang marginnya sudah ditentukan diawal sebelum proses akad kredit, sehingga besaran cicilan yang akan kita bayar nilainya lebih jelas dan pasti.

Lalu, kenapa masih banyak orang yang memilih KPR?

Jawabannya adalah rata - rata karena mereka tak mampu membeli rumah secara tunai. Makanya biarpun dikenakan bunga yang tinggi dan proses yang panjang, tetap saja mereka memilih cara ini untuk memiliki rumah. Belum lagi, dengan memiliki cicilan seolah kita "dipaksa" menabung setiap bulannya. Berbeda halnya kalau kita menabung tanpa memiliki cicilan. Terkadang niat kita menabung terhambat karena uang yang harusnya kita tabung justru kita gunakan untuk keperluan lain yang kurang penting.

Beli Rumah Kok KPR?Beli Rumah Kok KPR?
Atau dengan kata lain, memiliki cicilan membuat kita disiplin dalam menabung, meski ada nilai yang harus kita bayar untuk mendisiplinkan kita, yaitu bunga/margin kredit yang lumayan besar. Tapi jika kita lihat kenaikan rata - rata harga properti yang cukup tinggi, rasa - rasanya bunga yang kita bayar masih tertutupi dengan kenaikan tersebut. Contoh ilustrasinya begini, seseorang membeli rumah seharga Rp. 110 juta pada tahun 2016, lalu ia meng-KPR kan rumah tersebut dengan cicilan flat selama 10 tahun. Total pinjaman ditambah bunga selama 10 tahun adalah Rp. 190 juta. Pada tahun ketiga (2019) orang tersebut menjual rumah tersebut dengan harga Rp. 270 juta.

Ilustrasi tersebut bukan hanya sekedar ilustrasi namun benar - benar dialami oleh kerabat TS. Jadi selama kurun 3 tahun saja, properti tersebut sudah mengalami kenaikan harga Rp. 160 juta atau lebih dari 100%. Luar biasa bukan? Bukankah bunga yang dibayar selama kredit sudah tertutupi dengan kenaikan harga rumah yang kita beli? Belum lagi kalau misalkan rumah tersebut digunakan untuk berusaha atau disewakan misalnya, maka keuntungan yang kita dapat akan bisa jauh lebih besar.

So, kenapa kita musti takut untuk membeli rumah secara KPR? Meski kita juga tetap harus mempertimbangkan kemampuan kita dalam mencicilnya jika tidak ingin rumah yang kita beli di sita oleh pihak bank. Tapi, kalau kita merasa mampu menabung untuk akhirnya membeli rumah secara tunai justru itu lebih baik ketimbang membelinya secara kredit. Meski, sekali lagi kita harus mampu me-manage keuangan kita, jangan sampai tabungan habis untuk membeli hal yang kurang penting.

Beli Rumah Kok KPR?

Beli Rumah Kok KPR?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google




Beli Rumah Kok KPR?

profile-picture
profile-picture
profile-picture
eShopSulis dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 11
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 07:09
ngapain KPR? yg 4LDK aja ditawarin gak sampe 150jt dimari! udah dapat sertifikat HGB, HMT, dll.
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 07:33
Quote:Original Posted By filusufkentang
Kredit haram breh... emoticon-Cool

Riba yg haram.

Quote:Original Posted By regulus12
jauh lebih baik kan daripada terus2an ngontrak.
KPR bayar dan memiliki. ngontrak bayar dan dimiliki pemilik kontrakan.

Tipe KPR dan banknya senyaman agan aja.
pilihan membludak kok

Idem pemikiran dulu, setelah tahu riba, over riba, beli cash.

Quote:Original Posted By silveria92
ngapain KPR? yg 4LDK aja ditawarin gak sampe 150jt dimari! udah dapat sertifikat HGB, HMT, dll.

LDK itu apa? HGB gk jd milik donk?
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 07:34
Alhamdulillah...
Ane sudah ada rumah bre meskipun bekas orang...
Bayar tunai ngabisin tabungan tapi overall seneng lah udah melaksanakan sebagian kewajiban bt keluarga.
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 07:34
Gimana kita memutar otak ya gan
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 07:40
buat nyicil aja gaji nggak cukup wkwkwk apalagi beli cash
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 07:41
alhamdulillah ane baru awal juli ini beli rumah secara tunai, sekarang baru proses pembangunan. setiap sore ane cek di tkp, sudah seberapa progressnya.. rasanya seneng banget emoticon-Big Grin

ane takut mau KPR, karena jangka waktu yang panjang dan jatuhnya jadi mahal banget harga rumahnya.
kebiasaan KPR itulah sepertinya yang membuat harga rumah semakin mahal, disamping memang kebutuhan manusia akan tempat tinggal juga semakin banyak.
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 07:42
Klo lokasi nya di ujung bgt kadang biaya transportasi nya gede juga gan
Blm waktu di jalan nya
Maklum kerjaan masih harus ada di tengah
Mau nyicil rumah yg di gg kecil kata tapi bank nya gak mau 😂
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 07:50
ane sendiri ngumpulin uang sendiri, nanti klo udah rezeki tambahannya nanti beliin rumah sama isinya langsung.
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 07:55
kalo bisa gak usah kredit deh, mending rajin² nabung, sama rajin² berdoa pasti ada jalan kok
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 07:59
Nice info gan, menurut agan2 enakan beli tanah dan bangun rumah sendiri apa beli perumahan ya gan? Dilingkungan ane tanah masih murah kalo perumahan type 36 300 jt 😂
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
Lapor Hansip
26-07-2019 07:59
Balasan post sam7teen
Perumahan subsidi Gak bisa dibeli cash ya teman

Beli secara kredit aja, ketat banget surveinya

Gaji kegedean Gak bisa
Gaji dibawah standar Gak bisa
Gaji standar kalu punya kreditan lain Gak bisa
Punya riwayat kredit macet Gak bisa

Jadi paling disaranin beli rumah yg jenis komersil 😂
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
Lapor Hansip
26-07-2019 07:59
Balasan post 8319801
rumah apa 15 juta terima kunci gan??
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 08:01
Harapannya bisa beli secara cash namun dengan kondisi ekonomi seperti sekarang ini, KPR tetap menjadi pilihan dari pada nungguin uang terkumpul dan harga rumah semakin naik, ntar ujung-ujungnya malah nggak akan kebeli.
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 08:02
langsung cash aja berarti gan ?
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 08:06
mangstappp
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 08:06
Kalo beli yang subsidi cicilan 800rb ditempat ane ga ada dapurnya gan, dan mau ga mau harus nyiapin budget lagi buat bikin dapur emoticon-Ngakak
Pinjem ke bank lagi daaaaaannnn......tadaa angsuran besar emoticon-Traveller

Sebenernya pengen sih ambil KPR, cuma ya itu jadi karyawan swasta walaupun udah karyawan tetap, tetep aja waswas sewaktu-waktu perusahaan bisa aja kolaps emoticon-Leh Uga
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 08:11
ane pribadi anti ama yang namanya kredit, tapi kalo kredit rumah lain cerita karena belum mampu untuk bayar tunai.
profile-picture
awangusti memberi reputasi
1 0
1
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 08:14
mau bayar cash duitnya kurang gan emoticon-Frown
Diubah oleh jangan.mangut
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
Lapor Hansip
26-07-2019 08:18
Balasan post 8319801
@sidewinder11 googling aja gan perumahan subsidi gitu.. kebanyakan murah2 kok..kan program pemerintah..kalo perumahan ane didaerah gabus bekasi perbatasan dengan jakarta timur gan..
0 0
0
Beli Rumah Kok KPR?
26-07-2019 08:19
gimana agan dan sista melenial ya emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Halaman 3 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.