alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d38e31a9a972e46a534415b/bekerja-itu-bukan-soal-gaji-semata-namun-tentang-kontribusi-dan-juga-loyalitas
Lapor Hansip
25-07-2019 06:00
Bekerja Itu Bukan Soal Gaji Semata, Namun Tentang Kontribusi dan Juga Loyalitas
Past Hot Thread
Akhir-akhir ini dunia maya di hebohkan dengan cuitan keluhan seseorang yang viral di media sosial yang isi keluhannya karena hanya di tawari gaji 8 juta untuk fresh graduate dan dia sendiri menolaknya karena dirinya merupakan lulusan dari universitas ternama dan tak mau gajinya di samakan dengan lulusan kampus lain. Sontak cuitan tersebut heboh di dunia maya dan menimbulkan beragam komentar dan pada umumnya menyayangkan hal itu di keluhkan karena masih banyak orang lain yang fresh graduate yang gajinya di bawah itu. Mulai dari komentar serius hingga bercanda pun muncul mengomentari status tersebut.
Bekerja Itu Bukan Soal Gaji Semata, Namun Tentang Kontribusi dan Juga Loyalitas

Credit : cdn.akurat.co

Tak dapat dipungkiri bahwa gaji adalah salah satu motivasi bagi seseorang dalam bekerja, setiap orang pasti tak akan mengelak bahwa tujuan bekerja salah satunya adalah uang atau gaji. Gaji yang besar dan menggiurkan seringkali menjadi dambaan setiap orang sehingga tak jarang orang pilih-pilih pekerjaan demi gaji yang tinggi yang bisa memuaskan dirinya. Kebutuhan hidup yang tak sedikit dan keinginan diri seringkali berharap dapat pekerjaan yang bagus dan bisa mendapat gaji yang besar. Namun harapan tinggal lah harapan karena tak selamanya harapan bisa dapat pekerjaan enak dan gajinya besar bisa di dapatkan.

Bekerja itu bukan hanya sekedar gaji, itulah yang harus dipahami oleh setiap orang yang bekerja. Meskipun gaji merupakan tujuan untuk bekerja namun jangan lantas gaji diutamakan dan yang lain dilupakan begitu saja. Bekerja itu tak sekedar gaji belaka namun juga kontribusi dan juga loyalitas. Mau apapun pekerjaanya tentu harus seimbang, semakin tinggi gaji yang di dapat maka semakin tinggi pula beban yang di dapat karena setiap perusahaan atau lembaga tempat kerja di manapun yang dibutuhkan adalah kontribusinya. Untuk itulah gaji seringkali dinilai dari kontribusi seseorang dalam bekerja, semakin bagus kontribusinya maka gajinya juga mungkin akan meningkat. Untuk itulah di awal pekerjaan jangan terlalu berharap gaji karena pihak perusahaan atau lembaga apapun akan melihat dulu kinerja kita apakah baik atau tidak. Perusahaan atau sebuah lembaga ingin maju dan bisa bertahan dalam persaingan sehingga mereka butuh SDM yang bersiap kontribusi di dalamnya dengan maksimal agar bisa membawa perusahaan atau lembaga lebih maju lagi. Inovasi dan kreativitas sangatlah diperlukan untuk bertahan di setiap persaingan.
Bekerja Itu Bukan Soal Gaji Semata, Namun Tentang Kontribusi dan Juga Loyalitas

Credit : lipi.go.id

Bukan sekedar kontribusi semata, bekerja juga berkaitan dengan loyalitas. Ingin gaji yang lebih baik? Tak ada salahnya tunjukan loyalitas dalam bekerja. Perusahaan akan berpikir dua kali jika seseorang yang akan bekerja punya rekam jejak kurang loyal dan sering jadi kutu loncat dalam pekerjaan. Untuk itulah bekerja itu bukan hanya soal gaji belaka, namun juga kontribusi dan juga loyalitas. Jangan keluhkan gaji yang di dapat jika memang kontribusi dan loyalitas kita kurang atau masih belum maksimal. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan diolah dari berbagai sumber (via google)
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liramarlinda dan 19 lainnya memberi reputasi
16
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 8
26-07-2019 07:57
ntuuulllll
0
26-07-2019 07:57
Loyal2 eh stroke emoticon-Ngakak
profile-picture
Wongdan0297 memberi reputasi
1
26-07-2019 07:58
mari jual diri ST 1jt 1x crut
0
26-07-2019 07:59
Kalo loyal beprestasi ya jadi aset bagi perusahaan dan pasti gaji dan jabatan ngikutin, tapi kalo loyal tidak berprestasi ya gak jadi apa2 cuma kerja biasa aja. Makanya jalan tengah nya ya kalo kerja profesional aja, menurut ane gt sih.
0
26-07-2019 08:02
Ya menurut ane justru dari besaran gaji/benefit itu baru bs dituntut kontribusi n loyalitas yg sesuai..selama blm sesuai ya company jgn nuntut lebih..menurut ane justru bagus menjadi kutu loncat dgn alasan mencari penghasilan yg lebih bagus drpd sok2an loyal terima2 aja gaji segitu eh taunya bermain di belakang karena dpt celah
0
26-07-2019 08:05
Memang tidak bisa dipungkiri output dari bekerja adalah uang, dalam bekerja bisa berupa gaji, bonus dan insentif, dalam berusaha berupa profit dan capital gain...

tapi pastikan dulu diri anda layak untuk mendapatkan hasil tersebut, tunjukkan etos kerja dan performa yang baik sebelum meminta payout yang baik.

jadi permasalahnya bukan besar atau kecil... tapi layak atau tidak layak, pantas atau tidak pantas...

--- be cooperatif ---
0
Lihat 1 balasan
26-07-2019 08:07
karmany evadhikaras te
ma phalesu kadacana
ma karma-phala-hetur bhur
ma te sango 'stv akarmani


Engkau berhak melakukan tugas kewajibanmu yang telah ditetapkan, tetapi engkau tidak berhak atas hasil perbuatan. Jangan menganggap dirimu penyebab hasil kegiatanmu, dan jangan terikat pada kebiasaan tidak melakukan kewajibanmu.


emoticon-Cool
Diubah oleh djinggo88
0
26-07-2019 08:21
Intinya kontribusi & loyalitas berbanding lurus dgn gaji. Kalau gaji rendah jangan harap kontribusi & loyal terhadap perusahaan jg tinggi emoticon-Big Grin
0
26-07-2019 08:23
kembali ke pribadi masing2, menurut ane wajar sih kalo mematok harga mahal kalo sesuai dg skill yg dimiliki,
Sesuai dg pengalaman kerja,
Tapi utk seukuran fresh graduate dg pengalaman kerja minim, kayaknya terlalu naif jika meminta bayaran mahal, kayak elu jual gorengan dg harga 50rb satu biji, lu jual segitu karena elu murid chef juna, padahal rasa dari gorengan itu belum tentu diakui kenikmatan nya emoticon-Betty
0
26-07-2019 08:23
OK ane setuju masalah kontribusi dan loyalitas...karena dalam bekerja memang harus begitu itulah salah dua aspek yang bisa ngebedain kualitas dan nilai seorang pekerja.

Tapiii....tiap perusahaan juga punya kebijakan yang berbeda-beda. Terlepas dari kebijakan perusahaan..bisa juga terjadi person/atasan anda tidak bisa melihat/tidak merasa puas dengan kontribusi dan loyalitas anda. Malah kerap terjadi yang kualitasnya mungkin di bawah anda tapi karirnya lebih aduhai ketimbang anda. Nah kalau sudah terjadi seperti itu keputusan tetap ada di tangan anda untuk lanjut/resign...kalau mau lanjut tetap jaga kualitas diri dengan tetap berkontribusi penuh dan loyal untuk perusahaan jangan ngedumel lalu menurunkan kualitas diri karena akan merugikan diri anda. Bertahan beberapa tahun sambil menambah pengalaman dan mengembangkan diri lalu resign adalah pilihan bijak jika kontribusi dan loyalitas anda kurang dihargai.

Pengalaman kerja, skill dan kualitas anda akan jadi modal saat anda coba mencari penghidupan di perusahaan lain...apapun latar belakang pendidikan anda. Jaga diri dengan tidak pernah bermasalah di perusahaan tempat anda bekerja meski sulit tapi usahakanlah demikian karena rekam jejak anda selama bekerja juga akan jadi pertimbangan di perusahaan selanjutnya.

*ane lulusan STM drop out kuliah, mulai bekerja formil tahun 2009 keluar masuk perusahaan yang bidang kerjanya gak sesuai dengan jurusan. Pendapatan rata2 tahun ini perbulannya....alhamdulillah gross 8,3 juta dari perusahaan+gross 7,5 juta dari usaha sampingan.

0
Lapor Hansip
26-07-2019 08:24
Balasan post flyingclown
Jaminannya apa kl karyawan berkontribusi besar & loyal maka perusahaan akan otomatis mengapresiasi secara setimpal? Kalau si karyawan sdh berkontribusi & loyal sementara perusahaan ga mengapresiasi ya si karyawan ga bisa apa2. Tp kalau perusahaan sudah kasih gaji tinggi & si karyawan minim kontribusi maka perusahaan bisa tinggal pecat saja kan.
Diubah oleh Echizen.Ryoma
0
26-07-2019 08:28
Ane sih males rekrut anak PT ternama seleksi HRD ane. Kalo gak songong, ya bentar2 resign. Capek ngajarin. Mending yang biasa2 tapi mau belajar, mau kerja & jujur.
emoticon-Traveller
0
Lihat 2 balasan
26-07-2019 08:29
Lingkungan kerja yg nyaman, suasana kerja, teman2 kerja jg penting gan. Kalau kerja gaji gede dan kita loyal, tapi lingkunga kerjanya rese, kdg suka kesel dan capek pikiran gan.
0
26-07-2019 08:31
I work for money and appreciation. If you want loyalty, hire a dog
profile-picture
Echizen.Ryoma memberi reputasi
1
26-07-2019 08:35
kerja yang ikhlas gan emoticon-Wowcantik
0
Lapor Hansip
26-07-2019 08:40
Balasan post Cooldrips
Intinya cari yg pekerja keras tp mau dibayar murah ya gan?
0
26-07-2019 08:47
Quote:Original Posted By elsabiq
Ya menurut ane justru dari besaran gaji/benefit itu baru bs dituntut kontribusi n loyalitas yg sesuai..selama blm sesuai ya company jgn nuntut lebih..menurut ane justru bagus menjadi kutu loncat dgn alasan mencari penghasilan yg lebih bagus drpd sok2an loyal terima2 aja gaji segitu eh taunya bermain di belakang karena dpt celah


betul,kalo ada perusahaan lain yang menawarkan gaji dan posisi yg lebih dari perusahaan yg sebelum nya,gak ada salah nya buat pindah.


0
26-07-2019 08:56
gaji gw gak pikirin malahan pas pertama kerja, gmna mau mikirin gaji. dapet kerja aja udah syukur bgt waktu itu...
0
26-07-2019 08:58
karena ada gudpren di kantor
0
26-07-2019 09:01
Quote:Original Posted By Echizen.Ryoma
Jaminannya apa kl karyawan berkontribusi besar & loyal maka perusahaan akan otomatis mengapresiasi secara setimpal? Kalau si karyawan sdh berkontribusi & loyal sementara perusahaan ga mengapresiasi ya si karyawan ga bisa apa2. Tp kalau perusahaan sudah kasih gaji tinggi & si karyawan minim kontribusi maka perusahaan bisa tinggal pecat saja kan.


Ane setuju... biasanya diterapkan masa probation untuk karyawan... dalam konteks ini si pencari kerja kan masih fresh grad... jadi mesti lihat secara case by case

dalam hal ini ane di pihak netral, jd jangan salah tangkap gan emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0
Halaman 4 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.