alexa-tracking
Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.67 stars - based on 12 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2e9bf78012ae0b3c5dfa1b/true-story-dijamin-ngakak-5-permainan-jadul-yang-dapat-mengundang-jiwa-baku-hantam
Lapor Hansip
17-07-2019 10:54
[TRUE STORY] Dijamin Ngakak, 5 Permainan Jadul yang Dapat Mengundang Jiwa Baku Hantam
Past Hot Thread
#AmdarGanteng

[TRUE STORY] Dijamin Ngakak, 5 Permainan Jadul yang Dapat Mengundang Jiwa Baku Hantam


emoticon-Bangga Pake Batikemoticon-Bangga Pake Batik emoticon-Bangga Pake Batik
Halo agan dan sista, sekarang lambat-laun permainan tradisional sudah mulai dilupakan karena kebanyakan anak-anak lebih suka bermain dengan smartphone-nya. Jadinya anak jaman sekarang kurang berinteraksi secara langsung dengan keadaan sekitarnya. Jika ditelusuri lebih jauh, permainan tradisional dulu bisa dibilang sangat seru dan menyenangkan. Apalagi kalau dimainkan dengan teman-teman sebaya pasti akan ada rasa untuk berjumpa lagi dengan mereka keesokan harinya.

Ane salah satu generasi 90-an dan sudah pasti sangat lekat dengan permainan tradisional, belum ada tuh namanya hape-hape miring emoticon-Hammer (S). Nah biasanya tuh kan, ada aja permainan yang memantik emosi seperti diledekin teman sampai dengan jatuh saat bermain. Dari pengalaman pribadi ane, ada beberapa permainan tradisional yang bisa mengundang jiwa baku hantam. Langsung simak saja dibawah.


1. Kejar-Kejaran (Dolip-Dolipan)
Quote:
[TRUE STORY] Dijamin Ngakak, 5 Permainan Jadul yang Dapat Mengundang Jiwa Baku Hantam
sumber: moondoggiesmusic.com
Dolip-dolipan atau yang lebih akrabnya disebut kejar-kejaran merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia. Permainan ini biasanya dominan dimainkan oleh anak laki-laki dan sampai sekarang pun permainan ini masih menjadi favorit dikalangan anak-anak. Siapapun yang pernah memainkannya pasti akan merasa senang dan letih.

Cara Bermainnya
1. Dibutuhkan minimal tiga orang untuk bermain.
2. Gunakan "hompimpa halayum gambreng" untuk menentukan siapa yang mengejar atau jadinya.
3. Ada satu orang yang bertugas untuk mengejar dan sisanya yang dikejar.
4. Ketika pengejar menyentuh tubuh yang dikejar, maka mereka diwajibkan ganti peran.
5. Untuk yang dikejar bisa menyelamatkan diri dengan cara menaruh jari telunjuk dibibir, tapi tidak boleh bergerak sampai ada sentuhan dari teman lainnya.

Kenapa Bisa Mengundang Baku Hantam?
Dari pengalaman ane, dulu pernah menjadi peran yang mengejar belasan teman. Biasanya ada segelintir teman yang sengaja mengolok-ngolok apalagi jika kita sudah kelamaan menjadi seorang pengejar. Permainan tradisional ini memang sangat dekat dengan rasa baku hantam tapi tetap ingat pertemanan nomor satu.


2. Ketapel
Quote:
[TRUE STORY] Dijamin Ngakak, 5 Permainan Jadul yang Dapat Mengundang Jiwa Baku Hantam
sumber: wikimedia.org
Ketapel adalah permainan tradisional tembak-menembak yang biasa terbuat dari kayu. Permainan ini bukan cuma dikenal di Indonesia tapi hampir di seluruh dunia. Nah yang bikin seru bermain ketapel yaitu membidik target dan mengenainya.

Cara Bermainnya
1. Buat dulu ketapel dari potongan kayu yang berbentuk huruf Y.
2. Siapkan semua alat dan bahan seperti karet, sepotong kain berukuruan 2x4 cm, dan pisau lipat.
3. Jika sudah selesai, ketapel siap gunakan dengan membidik benda tertentu, contohnya kaleng, gelas, dan benda mati lainnya.

Kenapa Bisa Mengundang Baku Hantam?
Sebenarnya jelas banget ini gansist, jika sasaran kalian teman sendiri maka akan menimbulkan perang dunia ketiga emoticon-Ngakak (S). Begitupun yang terjadi waktu ane kelas 4 SD, dulu kan setiap bulan emak-emak dari keluarga dekat pada arisan tuh. Nah anak-anaknya pada ikut, kami segerombolan anak 90-an juga arisan perang ketapel. Menembak satu sama lain, tapi peluru yang kami gunakan waktu itu adalah koran basah dengan potongan kecil-kecil. Sakitnya memang gak berasa, tapi ledekan teman itu membuat jiwa baku hantam meronta.


3. Hadang (Gobak Sodor)
Quote:
[TRUE STORY] Dijamin Ngakak, 5 Permainan Jadul yang Dapat Mengundang Jiwa Baku Hantam
sumber: 3bp image
Permainan hadang atau gobak sodor sangat populer di Indonesia dan hebatnya sekarang permainan tradisional ini sudah ada perlombaan resminya diberbagai belahan dunia. Butuh kecepatan dan strategi memainkan permainan ini, jangan sampai dilewati atau ditangkap oleh musuh.

Cara Bermainnya
1. Buatlah dua regu, masing-masing regu beranggotakan 3-5 orang.
2. Regu terbagi atas dua tugas, ada yang menjaga dan ada pula yang bermain.
3. Tugas regu yang menjaga adalah menghalau laju musuh digaris yang sudah ditentukan, sedangkan yang bermain bertugas untuk melewati hadangan tim penjaga.
4. Permainan ini dilakukan secara bergantian dan pemenang sendiri ditentukan oleh jumlah poin terbanyak.

Kenapa Bisa Mengundang Baku Hantam?
Hahahah ane kok kek berdosa banget yaa pakai ada acara penjelasan baku hantam lagi emoticon-Ngakak (S).
Lagi lagi dari pengalaman, permainan ini juga sebenarnya melatih kejujuran. Ane dalam posisi regu penjaga dan ketika sedang dilewati oleh tim yang bermain secara tidak sengaja tangan ane sudah menyentuh bagian tubuhnya walaupun tipis banget. Tapi alhasil, orang yang ane sentuh katanya gak berasa dibadannya. Daripada menimbulkan rasa baku hantam, lebih baik ane berhenti aja main waktu itu.


4. Layang-layang
Quote:
[TRUE STORY] Dijamin Ngakak, 5 Permainan Jadul yang Dapat Mengundang Jiwa Baku Hantam
sumber: vovworld.vn
Layang-layang merupakan salah satu permainan tradisional yang sangat dinanti oleh banyak anak-anak terutama bagi yang tinggal di pedesaan. Untuk bermain layang-layang sendiri ada waktu yang tepat loh, antara bulan Juli sampai Desember (tergantung musimnya). Perlu lapangan yang luas dan angin yang cukup untuk memainkan permainan seru ini.

Cara Bermainnya
1. Buat dulu layangan, terserah mau terbuat dari plastik ataupun kertas.
2. Bentuk umum layangan adalah ketupat dan usahakan memakai benang yang gak terlalu berat dan gak terlalu ringan.
3. Cari tempat bermain yang luas seperti lapangan, ladang sawah, dan yang terpenting jangan ada kabel listrik yang menghalangi benang layangan.
4. Tentukan waktu yang pas untuk menerbangkan layangan dan cari tahu arah angin yang bagus.
5. Setelah layangan terbang tinggi, coba adu dengan layangan teman yang lain agar permainan makin seru.

Kenapa Bisa Mengundang Baku Hantam?
Dari pengalaman ane, ketika layangan sudah terbang tinggi. Kami memang sengaja mengadu layangan yang terbang sampai putus. Nahh jiwa baku hantamnya bergejolak disini, biasanya layangan yang putus langsung dikejar oleh gerombolan bocah, dikejar sama-sama dan diperebutkan. Intinya kayak ngejar maling dah emoticon-Ngakak (S). Dari hasil pengejaran layangan akan ada beberapa orang yang sedih seperti layangannya diambil orang, sudah capek lari tapi gak dapat, sampai ada yang keinjek karena kebrutalan teman sendiri.


5. Boneka Kertas
Quote:
[TRUE STORY] Dijamin Ngakak, 5 Permainan Jadul yang Dapat Mengundang Jiwa Baku Hantam
sumber: fimela.com
Boneka kertas adalah jenis permainan yang sangat disukai oleh anak perempuan. Disamping lucu, permainan ini juga dapat melatih kreatifitas anak karena beraneka ragam kostum yang bisa dipasangkan pada boneka.

Cara Bermainnya
1. Beli dulu boneka kertasnya, biasanya dijual dibeberapa toko mainan.
2. Tinggal cabut satu per satu boneka kertas dan pasangkan sesuai selera.
3. Kalau mau tambah seru, berimajinasi dan buatlah cerita sendiri dengan boneka kertas itu.
4. Ada baiknya dimainkan oleh 2-3 orang.

Kenapa Bisa Mengundang Baku Hantam?
Pasti kalian berpikir, kok bisa permainan ini mengundang rasa baku hantam? Secara garis besar boneka kertas ini malah bersahabat banget buat para anak-anak. Perlu ane tekankan, pertama permainan ini lebih dikhususkan untuk anak perempuan dan kedua karena ada pengalaman pahit dari ane. Langsung ane ceritain aja, dulu pernah dipaksa main boneka kertas sama gerombolan sepupu yang berjenis kelamin perempuan. Coba aja deh bayangkan, gimana rasanya anak cowok main boneka kertas dan dipaksa lagi. Ane gak bisa apa-apa waktu itu, secara mereka ada 8 orang perempuan dan usianya beda 2-4 tahun dengan ane. Momen yang paling ane ingat waktu itu ketika mereka ngomong sendiri pakai boneka kertas, "adek Amdar cepat mandi, terus sarapan, nanti diantar sama kakak yaa" gilee kalau diingat-ingat gelinya minta ampun jaman itu emoticon-Ngakak (S).


emoticon-Games              
Ane dah tunggu momen-momen kreator ini
Soalnya bisa sambil meluapkan kegelisahan permainan jadul jaman dulu emoticon-Ngakak (S)
Ingat tidak ada pembenaran soal baku hantam yeee emoticon-Hammer (S)
Tetap junjung tinggi persaudaraan, see you next thread gansist


Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
rezkiey dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 9
25-07-2019 12:30
baku hantam anak bocah jaman old paling memar memar, baku hantam jaman now adanya didunia maya
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 12:36
diane sekarang lagi musim layangan nih,, biasanya kalo rebutan layangan yg putus suka dirobek biar adil emoticon-Ngakak
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 12:46
Petak umpet bray. Teman yang jadi tinggal pulang aja
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 12:52
Quote:Original Posted By ommoeza
Djiwa bar bar sejak dini. emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By azid12353
Ketapel nih gan yang bisa mengundang baku hantam yang intens wkkwkw. banyak yang jail, kita lagi diem tiba2 jadi target mereka. Auto rage mode on sampe nguber2 ntu pelaku kwkwkw emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Ketapel sebenarnya terlalu anarkis gan

Quote:Original Posted By dalivan
Hayooo siapa yg main boneka kertas emoticon-Cool
ane gan, tp keknya lu jg dah

Quote:Original Posted By ecommercebikers
baku hantam anak bocah jaman old paling memar memar, baku hantam jaman now adanya didunia maya
memar dan berbekas gan

Quote:Original Posted By eriksa
diane sekarang lagi musim layangan nih,, biasanya kalo rebutan layangan yg putus suka dirobek biar adil emoticon-Ngakak
the real layangan barbar, wkwk

Quote:Original Posted By corpcopsld.
Petak umpet bray. Teman yang jadi tinggal pulang aja
wkwk kemarin baru kejadian, anak kecil di perumahan ane nangis krn gak ad yg cari emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
dalivan memberi reputasi
1
25-07-2019 13:07
[TRUE STORY] Dijamin Ngakak, 5 Permainan Jadul yang Dapat Mengundang Jiwa Baku Hantam

Ini maianan ane gan.. Capek motongnya gak kayak sekarang yang udah sachetan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
tangguyooh dan amdar07 memberi reputasi
2
25-07-2019 13:09
Ane pernah baku hantam sama temen gara2 main petak umpet, main PES sama banting2an ala smackdown emoticon-Ngakak
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 13:09
kuda reot mana
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 13:13
Quote:Original Posted By dalivan
[TRUE STORY] Dijamin Ngakak, 5 Permainan Jadul yang Dapat Mengundang Jiwa Baku Hantam

Ini maianan ane gan.. Capek motongnya gak kayak sekarang yang udah sachetan emoticon-Ngakak
wkwkwk ini kalau di tempat ane namanya wayang tepuk

Quote:Original Posted By minersky
Ane pernah baku hantam sama temen gara2 main petak umpet, main PES sama banting2an ala smackdown emoticon-Ngakak
knp gak masuk MMA gan? emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By pisa.purp
kuda reot mana
cuma 5 gan
Kalau tmbah satu jadi enam donk, wkwkwk
0
25-07-2019 13:14
Quote:Original Posted By amdar07
wkwkwk ini kalau di tempat ane namanya wayang tepuk

knp gak masuk MMA gan? emoticon-Ngakak (S)

cuma 5 gan
Kalau tmbah satu jadi enam donk, wkwkwk


Yang seru itu main smackdown gan..kebetulan lawan ane temen yg nyebelin, ane angkat ala undertaker trus ane banting di lantai..nangis2 dia karena ane kuat banget bantingnya emoticon-Ngakak
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
Lapor Hansip
25-07-2019 13:23
Balasan post amdar07
pasti doong wkwkwkwk
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 13:26
klo dulu Namanya dolip dolipan... zaman now dzolim dzoliman emoticon-Cool
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 13:31
Dolip-dolipan? kayaknya agan dari salah satu kota di Jawa Timur? soalnya di tempat ane namanya gitu
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 13:31
maen game juga bisa bikin gebuk2an

jaman gw kuliah dulu, ada yg main CS, ga sengaja nembak temen... berantem loh asli jotos2an di warnet emoticon-Ngakak
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 13:34
tawuran pas tarawih nggak ada iniemoticon-Cool
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 14:14
Yang ketapel sama boneka kertas ane blm pernah. Sadis jug ya yg ketapel emoticon-Frown
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 14:24
yg layangan tuh pas ane kalah benang ane ditarik orang..
ane sengajain aja lepas kalengnya sambil lari ke depan nyusurin benang ane. dan ternyata lagi digulung sama bocah rt tetangga.
dah berkelahi lah kita sampe sama2 benjut. kalo ngga dipisahin bapak2 bisa tambah benjut hahaha... emoticon-Hammer (S)
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 14:38
Sensasinya..
Dapet layangan putus serasa dapet lotre 1M emoticon-Ngakak
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
25-07-2019 14:52
kelereng seru gan
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
25-07-2019 14:56
Main batu 7 secara tidak langsung mengajarkan bullying sejak dini emoticon-Ngakak
profile-picture
amdar07 memberi reputasi
1
Halaman 5 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.