alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d34ecec88b3cb29650e823e/harga-seragam-sekolah-dan-ongkos-jahit-total-rp-3-juta-wajarkah
Lapor Hansip
22-07-2019 05:53
Harga Seragam Sekolah dan Ongkos Jahit Total Rp 3 juta, Wajarkah ?
Past Hot Thread
Harga Seragam Sekolah dan Ongkos Jahit Total Rp 3 juta, Wajarkah ?

jpnn.com, SURABAYA- Harga seragam yang dijual di koperasi sekolah negeri dinilai sangat tak wajar. Ada yang harus membayar Rp 2,1 juta untuk menebus lima setel kain seragam tersebut.


Itu belum termasuk ongkos jahit yang bisa menembus Rp 1 juta. Padahal, jika beli seragam jadi, harganya Rp 120 ribu-Rp 200 ribu.

Anggota Badan Anggaran Reni Astuti mempertanyakan tingginya harga seragam tersebut dalam rapat badan anggaran baru - baru ini.

Saat itu pemkot dan dewan sedang membahas perubahan APBD 2019. "Saya juga tanya ke tim anggaran pemkot mengapa siswa mitra warga tahun ini tak dapat baju jadi," kata Reni setelah rapat yang digelar tertutup itu.

BACA JUGA : Setelah Pusing Urus PPDB, Kini Orang Tua Syok Beli Seragam Anak Senilai Rp 2,1 Juta

Saat pembahasan APBD 2019 murni tahun lalu, banggar sudah menyetujui pembelian seragam untuk siswa mitra warga.

Baik yang diterima di sekolah swasta maupun negeri. Namun, Reni mendapati banyak wali murid mitra warga yang memperoleh kain. 



Selain itu, Reni meminta dinas pendidikan (dispendik) dan inspektorat pemkot turun tangan.
Menurut dia, harga kain seragam tak semahal itu. Jika ada oknum yang sengaja mencari keuntungan, akan ada sanksi yang bisa diterapkan.


Hal tersebut sebenarnya sudah tercantum pada surat edaran dinas pendidikan. Ada tiga poin dari surat yang diedarkan 8 Juli lalu. Intinya, sekolah tidak boleh membebani wali murid melalui pembelian seragam. 

Karena sudah ada surat edaran tersebut, Reni meminta sekolah yang terbukti membebani siswa untuk mengembalikan uang yang sudah dibayarkan wali murid.

Untuk membuktikan itu, pemkot tentu perlu menentukan standar harga kain. Jika melebihi standar tersebut, pihak sekolah harus mau mengembalikan uang itu.

"Ini pelayanan publik. Apalagi urusan pendidikan," kata dia.

Hal tersebut sama dengan proses restitusi pelanggan PDAM. Jika ada pelanggan yang merasa tarif yang dibayarkan tak sesuai, mereka bisa mengajukan restitusi untuk mendapatkan uang mereka kembali. 

Novi Yulianti adalah wali murid mitra warga yang anaknya diterima di salah satu SMPN di Surabaya Utara. Dia mengaku hanya mendapat kain. Bukan seragam jadi seperti yang dijanjikan.



Itu pun tak semuanya gratis. "Ada seragam khusus dari sekolah, mau tidak mau ya harus punya," ujar Novi. 

Baju khusus itu terdiri atas dua jenis. Yakni, kain batik dan kemeja motif kotak-kotak. Novi harus membayar Rp 460 ribu untuk dua setel seragam tambahan itu. Sedangkan kain seragam lainnya digratiskan. 


Dia mengatakan, siswa mitra warga sebenarnya tidak dipaksa membeli kain seragam khusus itu. Baju bekas kakak kelas bisa digunakan.

Hanya, tidak semua wali murid mitra warga bisa mendapat baju tersebut. Mau tidak mau mereka tetap membeli kain. 

Meski begitu, Novi tetap bersyukur. Meski harus mengeluarkan sejumlah uang, dia tetap merasa terbantu.

"Kalau saya tidak masalah sebenarnya. Sudah syukur dibantu pemkot," jelasnya.
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya Eri Cahyadi menegaskan bahwa seragam mitra warga tetap ditanggung pemkot.

Memang ada perubahan anggaran sehingga seragam yang diberikan bukan dalam bentuk jadi.
"Anggaran kami berikan ke sekolah dalam bentuk hibah," kata mantan kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya itu.


Sekolah diminta menalangi dulu biaya pembelian seragam tersebut. Setelah itu, pemkot bakal mengganti biaya yang sudah dikeluarkan. Dia menegaskan bahwa seluruh beban biaya siswa mitra warga ditanggung pemkot.


Lantas, bagaimana dengan harga kain seragam yang dianggap tak wajar? Eri mengaku tak mengetahui detail harga seragam yang disodorkan.

Sebab, hal tersebut ditentukan sendiri sekolah masing-masing. "Yang lebih paham dinas pendidikan. Kalau soal detailnya, aku enggak mudeng," tambahnya.



Eri juga menegaskan bahwa wali murid tidak dipaksa untuk membeli kain dari koperasi sekolah. Mereka diberi kebebasan untuk membeli seragam di toko.

(sal/gal/c10/git/jpnn) 







Pemerintah Bangun 2 SMA Baru Demi Tampung Siswa yang Tak Tertampung di PPDB 2019




profile-picture
profile-picture
imba.ruiner dan dsturridge15 memberi reputasi
2
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 4
Lapor Hansip
23-07-2019 18:55
Balasan post segitiga.biru
@segitiga.biru yah gitu sih tradisi markup anggaran udah dari zaman dulu.
0
24-07-2019 06:17
yg menjadi pertanyaan kemana dana bos nya..koq musim sekolah begini dijadikan lahan obyekan bagi sekumpulan oknum..memang sih kayaknya pemerintah harus tangan terkait masalah ini..setidaknya buatkan aturan atau ketentuan ttg penggunaan seragam sekolah..
0
24-07-2019 06:54
Quote:Original Posted By wonxintinxxx
biasa buat gaji yg honoreremoticon-Big Grin


gaji honorer dari dana Bantuan Operasional Sekolah sumber dari APBD.
0
24-07-2019 07:05
Quote:Original Posted By segitiga.biru
Itungan kasar aja, harga kain buat seragam di toko2 belinya eceran 40.000 per meter, buat seragam biasanya butuh 4 meter buat 1 stel. Dikali 5, jadi buat kain aja 800.000, trus tukang jahit, rata2 150rb per stel trus dikali 5, 750000. Total 1550000. Itu kalo beli kain eceran + jahitnya satuan, kalo beli kainnya grosir + jaihitnya partai besar, harganya bisa turun dibawah sejuta.


40rb/meter harga pait lah ya, bahan kualitas tinggi macam japan drill 33-35rb/meter rata2 cuma untuk celananya aja. yg gw liat seragam sekarang kualitas buluk.
0
24-07-2019 19:40
Kirain di jkt..ah lanjut berenang ajalah
0
29-07-2019 05:23
kenapa mahal banget yaa.. Gimana nasib murid yang kurang mampu, apakah mereka peduli..
0
29-07-2019 07:28
Quote:Original Posted By wonxintinxxx
biasa buat gaji yg honoreremoticon-Big Grin


Rejeki honor setahun sekali tiap ppdb

emoticon-Shakehand2
0
Halaman 4 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Sejarah & Xenology
sosialis-kelakuan-borjuis
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.