alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
183
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3652cd82d4957bd87ed84f/sampah-plastik-membahayakan-dan-juga-bisa-membunuh-waspadalah--waspadalah
Waspada Bencana Sampah Plastik Sumber : Foto Baru-baru ini ditayangkan di televisi, negara Indonesia sudah masuk peringkat kedua penyumbang sampah plastik terbesar sedunia. Whaat? Kok bisa, ya? Akhirnya ane mencoba mengulik sisi berita yang satu ini, bukankah di hadapan kita sudah sering kali ditemui produk-produk sampah yang terbuat dari bahan plastik?
Lapor Hansip
23-07-2019 07:20

Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!

Past Hot Thread
Waspada Bencana Sampah Plastik

Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
Sumber : Foto

Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!

Baru-baru ini ditayangkan di televisi, negara Indonesia sudah masuk peringkat kedua penyumbang sampah plastik terbesar sedunia. Whaat? Kok bisa, ya? Akhirnya ane mencoba mengulik sisi berita yang satu ini, bukankah di hadapan kita sudah sering kali ditemui produk-produk sampah yang terbuat dari bahan plastik?

Menurut berita yang dilansir CNN Indonesia, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 KLHK Tuti Hendrawati menyebut total sampah di Indonesia akan mencapai 68 juta ton di tahun 2019. Sampah plastik sendiri akan mencapai 9,52 juta ton atau sebanyak 14 persen dari total sampah yang ada.

Membaca kata 'ton' saja sudah membuat nalar berpikir, kok bisa sebanyak itu? Ini sudah tahun 2019, berarti? Fakta di atas sudah terjadi dong, kalau begitu?Naudzubillah min dzalik!emoticon-Frown

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam kegiatan pawai menolak plastik sekali pakai di Taman Aspirasi Monas, Jakarta, Minggu, 21 Juli 2019 mengatakan bahwa pembuang sampah plastik ke lautan juga "harus kita tenggelamkan".

"Pencuri ikan kita tenggelamkan. Nah, sekarang pencuri ikan pergi, datanglah plastik. Pembuang sampah plastik ke lautan juga harus kita tenggelamkan."

Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
Sumber : Di sini

Wah ... sudah separah itukah sampah plastik mencemari daratan dan lautan kita? Apalagi sejak ditemukannya bangkai ikan paus yang terdampar di perairan Desa Kapota, Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (19/11/2018). Ikan paus itu diperkirakan memakan sampah plastik seberat 5,9 kg. Sampah yang ditemukan botol, penutup galon, sandal, botol parfum, bungkus mi instan, gelas minuman, tali rafia, karung terpal, kantong kresek, dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya bisa agan klik sumber foto di bawah ini.

Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
Sumber : Di sini

Setelah melihat fenomena di atas, perlulah kiranya hal ini menjadi perhatian kita saat ini, setidaknya dengan membaca dampak sampah plastik di bawah ini setidaknya kita bisa mengetahui tindakan apa-apa saja yang harus dilakukan mulai saat ini.

Apa saja dampak sampah plastik bagi lingkungan?

● Plastik baru bisa diuraikan oleh tanah setidaknya setelah tertimbun selama 200 hingga 400 tahun.  Plastik akan menimbulkan zat kimia yang dapat mencemari air tanah dan tanah sehingga tingkat kesuburannya menurun.

● Plastik telah membunuh hingga 1 juta burung laut, 100.000 mamalia laut, dan juga ikan-ikan yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya dalam setiap tahunnya. Banyak hewan penyu di kepulauan Seribu yang mati hanya karena memakan plastik yang dikiranya sebuah ubur-ubur, salah satu makanan kesukaan penyu.

● Pembuangan sampah plastik secara sembarangan di sungai-sungai akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan alirannya sehingga menyebabkan banjir.

● Sampah plastik yang dibakar akan membuat polusi udara karena ketika plastik dibakar bahan kimia yang menjadi racun akan menyebar ke udara dan atmosfer menjadi terkontaminasi.

Tak hanya itu, bahaya sampah plastik juga membahayakan tubuh, diantaranya: 

● Sampah plastik yang dibakar akan mencemari lingkungan karena dalam asap tersebut terkandung zat dioksin dan zat karsinogenik yang apabila dihirup oleh manusia dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan sistem pernapasan, kanker, dan gangguan sistem syaraf.

● Kemasan plastik yang dipakai untuk membungkus makanan atau minuman panas juga dapat menimbulkan pembengkakan hati.

● Bahan kimia tambahan yang ada dalam plastik juga dapat menyebabkan gangguan reproduksi.

Bahaya plastik menurut Global Healing Center adalah sebagai berikut :

1. Merusak keseimbangan hormon

2. Botol minuman atau wadah mengandung senyawa yang bisa merusak hormon endokrin.

2. Senyawa kimia masuk ke makanan
Senyawa kimia Phtalate yang masuk ke makanan dapat menyebabkan kanker dan perkembangan reproduksi.

3. Turunnya libido wanita
Senyawa kimia Phtalate juga bisa membuat libido wanita menjadi rendah.

4. Meningkatnya risiko asma
Bayi dalam kandungan berisiko terkena asma jika ibu hamil terkena Phtalate tinggi.
Memengaruhi organ vital bayi laki-laki.

5. Ibu hamil yang terkena senyawa kimia Di-isononyl phtalate dapat berpengaruh buruk terhadap perkembangan alat vital bayi laki-laki.

Quote:Phtalate adalah senyawa kimia agar plastik menjadi lentur. Di-isononyl phtalate ditemukan pada plastik yang terbikin dari bahan vinyl.

Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (Adupi) menyatakan, pengelolaan limbah merupakan solusi dalam penanganan sampah plastik. Salah satunya melalui daur ulang sampah plastik menjadi produk baru yang bernilai tambah tinggi.

Ketua Umum Adupi, Christine Halim mengatakan, pengelolaan sampah plastik merupakan langkah yang tepat. Sementara pencemaran lingkungan yang terjadi akibat sampah plastik seiring kebiasaan masyarakat yang membuang sampah plastik sembarangan dan tidak mengelolanya secara baik.

Quote:Diperlukan program edukasi dan budaya di masyarakat untuk pengumpulan, pemilahan dan pembuangan sampah plastik pada tempatnya.

Sementara Ketua Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) Pris Polly Lengkong mengatakan saat ini ada 3,7 juta orang di 25 provinsi bergantung pada sampah plastik dan sampah daur ulang lain dalam mencari nafkah.
"Pengurangan atau pelarangan plastik sudah pasti akan mengurangi pendapatan pemulung. IPI mengharapkan adanya sirkulasi ekonomi daur ulang ditingkatkan, khususnya pada kantong plastik kresek agar ada peningkatan pendapatan pemulung," ujarnya.

Upaya mengantisipasi sampah plastik

Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
Sumber : Di sini

Ada beberapa langkah alternatif untuk mengatasi permasalahan sampah plastik yang ada di Indonesia yaitu :

1. Menghimbau masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan ke laut

2. Mengurangi penggunaan plastik contohnya seperti sedotan plastik/kantong plastik sekali pakai dan bahan yang terbuat dari plastik lainnya.

3. Jika berbelanja ke supermarket atau ke tempat lainnya disarankan tidak memakai kantong plastik, tetapi membawa wadah sendiri yang bisa digunakan lagi.

4. Dengan mendaur ulang sampah plastik tersebut menjadi berbagai benda yang bermanfaat seperti kerajinan yang berbahan sampah adalah dompet, tas, dan tikar.
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
Sumber : Di sini

Quote:Jagalah daratan dan lautan kita dari dampak sampah plastik yang kini dengan mudah dijumpai di mana-mana, bijaklah menggunakan plastik agar kelak di kemudian hari rumah kita tidak tertimbun oleh sampah plastik ini.

Tak dipungkiri, sebagian produk jajanan anak-anak pun menggunakan plastik sebagai wadah. Dilema memang bila kita tidak mengetahui cara mendaur ulang, tetapi setidaknya dengan tulisan ane di atas sedikit banyak bisa membantu menginspirasi dan mengedukasi serta memberi manfaat di kemudian hari tentang pengolahan limbah plastik, setidaknya untuk lingkup lingkungan dan rumah kita sendiri

Sumber analisa dan inspirasi ada
Di sini, di sini, sini, dan di sini.
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
Diubah oleh evywahyuni
profile-picture
profile-picture
profile-picture
trifatoyah dan 27 lainnya memberi reputasi
28
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 10
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 18:12
Quote:Original Posted By ceuhetty
Ck bubun gak percayaan dehemoticon-Baby Girl

Iyaaemoticon-Leh Uga lucu aja bacanya, ceuemoticon-Cape d...
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 18:15
Quote:Original Posted By evywahyuni
Iyaaemoticon-Leh Uga lucu aja bacanya, ceuemoticon-Cape d...


Lucu kek akyu ya bunemoticon-Angelemoticon-Wakaka
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 18:30
Quote:Original Posted By ceuhetty
Lucu kek akyu ya bunemoticon-Angelemoticon-Wakaka

Masa sih? Coba mana lucunya?emoticon-Leh Uga
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 18:30
budaya kita banyak yg harus dibenahi terkait hal ini, terutama buang sampah sembarangan. Hampir semua orang buang sampah tuh asal lempar yg akhirnya pasti menemari lingkungan
Trus habis itu memilah sampah, sampah dipisah organik non organik, selain yg buang yg ngolah sampah juga harus dipisah. soalnya banyak yg protes sampah udah dipisah eh disatuin lagi sama petugas kebersihan hmm
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan evywahyuni memberi reputasi
2 0
2
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 18:31
Quote:Original Posted By evywahyuni
Masa sih? Coba mana lucunya?emoticon-Leh Uga


Aish bundaaemoticon-Mewekemoticon-Mewek
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 18:45
Quote:Original Posted By ceuhetty
Aish bundaaemoticon-Mewekemoticon-Mewek


Wkwkwk, iya .. iyaa lucu kayak marmutemoticon-Ultah jangan mewek, ntar ane kasih permen yaak yang bungkusnya bukan plastik tapiemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
ceuhetty dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 19:34
benerrr niiiiih ayo gansis mulai biasakan bawa botol minum sendiri sama kantong belanja sendiri. ane biasa kalo naik motor taroh aja kantong belanja di jok, jadi sewaktu-waktu kalo mampir belanja udah sedia wadahnya
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 19:34
nice info, Kak. Semoga tak ada lagi yg membuang sampah sembarangan. kasian para penghuni laut.
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 20:24
astaga kebiasaan paling buruk manusia bumi nih masih sembarangan membuang sampah, apa salahnya beberapa detik/menit utk buang dikotak sampah terdekat emoticon-Shakehand2
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 20:30
Sungai ana ngarepanku wes kebek sampah e rekemoticon-Sorry
Diubah oleh jonwongndeso
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 20:36
Quote:Original Posted By evywahyuni
Klik gambar di atas☝️ untuk melihat trit ane lainnya
emoticon-Monggoemoticon-Monggoemoticon-Monggo


Kerennnnnnbunda mah
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 20:47
nah loh, mari kurangi penggunaan sampah. Mulai eco lifestyle dengan membawa kantong tas sendiri saat berbelanja, ngga make sedotan, dan pake botol minum yg dipakai berulang kaliemoticon-Big Grin
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 20:50
Quote:Original Posted By jonwongndeso
Sungai ana ngarepanku wes kebek sampah e rekemoticon-Sorry


Quote:Original Posted By delia.adel
Kerennnnnnbunda mah

Ma kasih ya, Delemoticon-Shakehand2
0 0
0
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 20:51
serem amat dampaknya sampah😨😨😨
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 21:07
Quote:Original Posted By kardusadi
budaya kita banyak yg harus dibenahi terkait hal ini, terutama buang sampah sembarangan. Hampir semua orang buang sampah tuh asal lempar yg akhirnya pasti mencemari lingkungan.
Trus habis itu memilah sampah, sampah dipisah organik non organik, selain yg buang yg ngolah sampah juga harus dipisah. soalnya banyak yg protes sampah udah dipisah eh disatuin lagi sama petugas kebersihan hmm

Kalo gitu petugas pengambil sampah kudu diberikan arahan dan perlengkapan yang memungkinkan. Agar sampah organik dan non-organik tidak akan tercampur bauremoticon-Shakehand2Budaya suka melempar/membuang sampah di sembarang tempat juga harus diminimalisir oleh sebagian orang yang suka bersikap masa bodo, bantulah para pemungut sampah dengan menahan diri dan membuang sampah di tempat yang disediakanemoticon-Cendol Gan

Quote:Original Posted By farinamany
benerrr niiiiih ayo gansis mulai biasakan bawa botol minum sendiri sama kantong belanja sendiri. ane biasa kalo naik motor taroh aja kantong belanja di jok, jadi sewaktu-waktu kalo mampir belanja udah sedia wadahnya

Wah, sama nih kita emoticon-Shakehand2 ane ke mana-mana selalu bawa botol minuman sendiri, kantongan sendiri plus kotak makanan. Setidaknya disiplin dimulai dari diri sendiri, sehingga bisa menjadi contoh bagi yang lainemoticon-Jempol

Quote:Original Posted By darmawati040
nice info, Kak. Semoga tak ada lagi yg membuang sampah sembarangan. kasian para penghuni laut.

Ma kasihemoticon-Shakehand2 biasa sampah di laut itu datangnya dari hulu sungai, yang menghanyutkan sampah buangan warga yang tinggal di daerah pinggiran sungaiemoticon-pencetJuga adanya penumpukan sampah di laut dikarenakan beberapa penumpang kapal laut yang semena-mena membuang sampah berupa botol minuman, kantong makanan/kresek, pembungkus camilan dll ke lautemoticon-Cape d...Padahal di tiap armada kapal laut selalu di sediakan tong sampah/tempat pembuangan sampah di tiap-tiap titik tertentuemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
farinamany dan darmawati040 memberi reputasi
2 0
2
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 21:14
Quote:Original Posted By evywahyuni
Kalo gitu petugas pengambil sampah kudu diberikan arahan dan perlengkapan yang memungkinkan. Agar sampah organik dan non-organik tidak akan tercampur bauremoticon-Shakehand2Budaya suka melempar/membuang sampah di sembarang tempat juga harus diminimalisir oleh sebagian orang yang suka bersikap masa bodo, bantulah para pemungut sampah dengan menahan diri dan membuang sampah di tempat yang disediakanemoticon-Cendol Gan


Wah, sama nih kita emoticon-Shakehand2 ane ke mana-mana selalu bawa botol minuman sendiri, kantongan sendiri plus kotak makanan. Setidaknya disiplin dimulai dari diri sendiri, sehingga bisa menjadi contoh bagi yang lainemoticon-Jempol


Ma kasihemoticon-Shakehand2 biasa sampah di laut itu datangnya dari hulu sungai, yang menghanyutkan sampah buangan warga yang tinggal di daerah pinggiran sungaiemoticon-Stick Out TongueencetJuga adanya penumpukan sampah di laut dikarenakan beberapa penumpang kapal laut yang semena-mena membuang sampah berupa botol minuman, kantong makanan/kresek, pembungkus camilan dll ke lautemoticon-Cape d...Padahal di tiap armada kapal laut selalu di sediakan tong sampah/tempat pembuangan sampah di tiap-tiap titik tertentuemoticon-Jempol


Iya, Mbak. Tapi kebanyakkan dari kita tidak punya kesadaran diri. Bahkan sengaja abai akan kebersihan lingkungan.
profile-picture
evywahyuni memberi reputasi
1 0
1
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 21:35
Quote:Original Posted By yyudhasaputra
astaga kebiasaan paling buruk manusia bumi nih masih sembarangan membuang sampah, apa salahnya beberapa detik/menit utk buang di kotak sampah terdekat emoticon-Shakehand2

Itulah tipe manusia masa bodo, ganemoticon-Cape d... Tak bisa menahan diri untuk membuang sampah-sampah mereka di tempat pembuangan sampah yang disediakan, maunya langsung beres aja. Giliran kena bencana malah menyalahkan pihak lainemoticon-Tepar

Quote:Original Posted By jonwongndeso
Sungai ana ngarepanku wes kebek sampah e rekemoticon-Sorry

Sebenarnya harus ada tindak tegas untuk para pembuang sampah di sungai, selain merusak keindahan sungai juga mencemari sungai dengan beraneka macam sampahemoticon-Cape d...
0 0
0
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 21:35
Iya setuju banget. Dari jaman dulu isu plastik ini selalu jadi isu utama masalah lingkungan emang. Yaaa perlu diapresiasi sih masyarakat kita udah mulai sadar lingkungan walaupun pelan pelan kaya penggunaan straw sebagainya kan.
0 0
0
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 21:38
Cuma yaaa ane rasa masih terlalu lambat aja pergerakannya. Kaya ini tuh udah urgent. Dan bukan hanya ramai ramai yang harus sadar tapi juga ramai dan cepat untuk melakukannya. Ramai tapi lambat ane rasa udah gak tepat buat kondisi lingkungan skrg. Udah kritis gan.
0 0
0
Sampah Plastik, Membahayakan Dan Juga Bisa Membunuh, Waspadalah ... Waspadalah!
23-07-2019 21:40
Quote:Original Posted By orgbekasi67
nah loh, mari kurangi penggunaan sampah. Mulai eco lifestyle dengan membawa kantong tas sendiri saat berbelanja, ngga make sedotan, dan pake botol minum yg dipakai berulang kaliemoticon-Big Grin

Mantap!emoticon-2 Jempolsaran yang sangat menarik dan bagus untuk diterapkanemoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By iissuwandi
serem amat dampaknya sampah😨😨😨

Ini baru membahas dampak dari sampah plastik saja, tetapi seperti sudah meliputi jenis sampah lainnyaemoticon-Jempol

Quote:Original Posted By darmawati040
Iya, Mbak. Tapi kebanyakkan dari kita tidak punya kesadaran diri. Bahkan sengaja abai akan kebersihan lingkungan.

Bukan sengaja abai, tetapi mental masa bodo yang telah tertanam itu kudu dihilangkan, bak benalu yang membuat malas bergerakemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan iissuwandi memberi reputasi
2 0
2
Halaman 4 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.