alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d36c9162f568d360b517431/awas--kaum-sumbu-pendek-terus-kobarkan-provokasi-berbasis-rasial
Lapor Hansip
23-07-2019 15:45
Awas ! Kaum Sumbu Pendek Terus Kobarkan Provokasi Berbasis Rasial
Awas ! Kaum Sumbu Pendek Terus Kobarkan Provokasi Berbasis RasialMeski telah merdeka sejak 74 tahun lalu, persoalan diskriminasi berbasiskan rasial di Indonesia belum hilang 100 persen. Penyebabnya karena sebagian orang masih suka mengobarkan kebencian kepada minoritas tertentu, salah satunya etnis tionghoa.

Baru-baru ini, kebencian berbasiskan rasial itu semakin kuat seiring dengan menguatnya politik identitas yang dimainkan oleh sebagian kelompok. Mereka terus saja menghadap-hadapkan umat Islam seolah bermusuhan dengan etnis Tionghoa atau China.

Seperti yang pernah dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta yang menyindir kaum pribumi dan non pribumi saat pelantikannya. Kemudian belakangan dia juga menyindir soal impor besi dari China, dan lain sebaginya.

Bahkan, baru-baru ini ada pengajian yang menyebutkan bahwa etnis Tionghoa bukan warga negara Indonesia. Pesan yang bisa menyulut permusuhan berbasiskan identitas itu disebarluaskan di media sosial.

Dalam rekaman pengajian yang tampaknya digelar di Masjid Jogokariyan Yogyakarta itu disebutkan bahwa etnis Tionghoa menolak menjadi warga negara Indonesia sejak negara ini berdiri. Bahkan mereka meminta dua kewarganegaraan, yaitu Indonesia dan China.

Apa yang diungkapkan itu jelas tidak benar. Karena berdasarkan UU No. 12/2006 tentang Kewarganegaraan RI pasal 2 menyebutkan secara tegas bahwa WNI adalah orang-orang asli Indonesia dan bangsa lain yang disahkan UU sebagai warga negara.

Pasal tersebut jelas memasukkan keturunan Tionghoa dalam kategori yang juga bisa diberikan status WNI.

Oleh karena itu, narasi penyesatan publik yang sering disampaikan oleh kaum sumbu pendek seperti dalam video itu jelas tidak benar. Hal itu bisa dipastikan sebagai upaya untuk memprovokasi dan membenturkan umat Islam dengan Tionghoa.

Kaum sumbu pendek terlihat memang ingin menumbuhkan kebencian masyarakat terhadap etnis Tionghoa hanya karena mayoritas berbeda agama dengan mereka.

Isu-isu komunisme, China akan menjajah Indonesia, serbuan TKA dari China dan apapun yang berkaitan dengan China selalu dinarasikan secara negatif. Semua itu adalah propaganda negatif yang tidak benar.

Penyebutan pribumi dan non pribumi pun sebenarnya sudah tidak diperbolehkan sejak era reformasi dengan diterbitkannya Inpres No. 26/1998 yang ditandatangani mantan Presiden BJ Habibie.

Dengan demikian, keturunan Tionghoa, Arab maupun bangsa asing lainnya jika sudah berstatus WNI tidak boleh disebut non-pribumi. Sebab istilah pribumi dan non pribumi hanya akan menciptakan diskriminasi berbasiskan identitas rasial.

Terkait dwi kewarganegaraan warga etnis tionghoa juga sudah tak ada lagi. Beleid UU No. 12/2006 memperbolehkan dwi kewarganegaraan atau bipatriade, namun secara terbatas yaitu hanya untuk anak yang berusia sampai 18 tahun dan belum kimpoi sampai usia tersebut.

Oleh karena itu, tidak benar jika keturunan Tionghoa memiliki dua kewarganegaraan. Itu hanyalah fitnah yang tidak jelas juntrungannya kecuali untuk mendiskriminasi kelompok minoritas di negara ini.

Fenomena keturunan Tionghoa menganut dua kewarganegaaraan terjadi ketika Pemerintah Cina di era terdahulu menetapkan aturan jika semua orang Cina di seluruh dunia, termasuk di Indonesia harus berkewarganegaraan Cina. Hal itu karena Cina menganut isu sanguinas (warga negara berdasarkan keturunan dari ayah/ibu).

Namun, perselisihan tentang WN Tionghoa tersebut telah selesai, tidak adal lagi warga etnis tionghoa di Indonesia yang berkewarganegaraan ganda.

Sekarang dengan adanya UU 12/2006 maka keturunan Tionghoa mutlak menjadi WNI sepanjang sesuai dengan UU. Inilah yang harus dipahami bersama.

Jangan mau diprovokasi oleh kaum sumbu pendek berpakaian peci dan jubah seolah islami, tetapi kelakuannya suka mengumbar perpecahan dan adu domba. Itulah mulut-mulut Abu Lahab dan Abu Jahal berpakaian Islam.

Bagaimanapun, kita adalah bangsa Indonesia yang menghargai perbedaan etnis, suku dan bangsa. Kita hidup bersama dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan damai dan saling menghargai.
Diubah oleh freedomzz
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendhaljepit dan 5 lainnya memberi reputasi
4
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
23-07-2019 15:46
akibat sering baca majalah cara perang sih emoticon-Leh Uga
0
23-07-2019 15:50
Awas ! Kaum Sumbu Pendek Terus Kobarkan Provokasi Berbasis Rasial
profile-picture
Werewolfvez memberi reputasi
1
23-07-2019 15:53
Non pribumi disebutkan hanya utk tionghoa. Janda detected

lah situ kira kita itu asli indonesia semua????
profile-picture
qisatria memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
23-07-2019 15:55
cina bukan pribumi tp arab dan sekitarnya pribumi....

gmn ceritanya ?? emoticon-Gila
profile-picture
qisatria memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
23-07-2019 15:55
Jgn sampai negara kita terpecah belah karena berbeda suku bangsa
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan qisatria memberi reputasi
2
23-07-2019 15:57
komentar rasis dipersilahkan
0
Lapor Hansip
23-07-2019 16:00
Balasan post prayformysky
Quote:Original Posted By prayformysky
Non pribumi disebutkan hanya utk tionghoa. Janda detected

lah situ kira kita itu asli indonesia semua????


pada lupa baca sejarah keknya apa baca sejarahnya mulai dari abad 14, abad 10 - 13 nya dilupakan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
qisatria dan prayformysky memberi reputasi
2
23-07-2019 16:00
Ga usah jauh2, di kaskus aja banyak xenophobe dan sinophobeemoticon-Leh Uga
0
23-07-2019 16:19
kalau dilihat fenomena ini terjadi salah satunya karena banyaknya keturunan tionghoa yang ngebela2 negara tiongkok atau hanya orang yang satu keturunan.

racism = prejudice, discrimination, or antagonism directed against someone of a different race based on the belief that one's own race is superior.

tuh arti rasis. ngerti kan ? jadinya orang2 yang menganggap bahwa rasnya lebih unggul dari ras lainnya, ya itu dia orang yang rasis.

dan di kaskus lu bisa liat orang2 kayak gitu banyak banget. jadi yah wajar ras2 lain ke-triggered.

lucunya kita lagi bahas & kritik negara cina, eh mereka malah ke-triggered. lu ngga liat KTP lu apa yah ? heran gue.







profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1
23-07-2019 16:21
Awas ! Kaum Sumbu Pendek Terus Kobarkan Provokasi Berbasis Rasial

Awas ! Kaum Sumbu Pendek Terus Kobarkan Provokasi Berbasis Rasial

Awas ! Kaum Sumbu Pendek Terus Kobarkan Provokasi Berbasis Rasial

hasilnya :

Awas ! Kaum Sumbu Pendek Terus Kobarkan Provokasi Berbasis Rasial

cocok !
0
23-07-2019 16:23
Berbeda beda tetapi tetap satu itulah INDONESIA
Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,

jangan ngaku2 nasionalis kalo masih mainin isu sara, buat tukang provokator silahkan pergi dari indonesia, jika tidak bisa menerima adanya perbedaan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Lapor Hansip
23-07-2019 16:31
Balasan post heisennberg
intinya sih hanya mewek
karena kalah di bidang perekonomian

iri dan dengki berubah jadi benci
profile-picture
prasty.95 memberi reputasi
1
23-07-2019 16:52
Trit orang orang putus asa

emoticon-Wakaka
0
23-07-2019 16:57
Nasbung kampret benci cokin. Tp kalo liat amoy mulus pada ngaceng trs colik.
Awas ! Kaum Sumbu Pendek Terus Kobarkan Provokasi Berbasis Rasial
profile-picture
natsuzaki48 memberi reputasi
1
23-07-2019 17:12
Seperti kata ,om gatotkaca "we are unity in diversity" harusnya..emoticon-Cool
Diubah oleh adriol43
0
23-07-2019 17:46
Kita semua bersaudara satu negeri, satu bangsa, satu tanah air dan satu bahasa, Indonesia 🇲🇨
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1
23-07-2019 17:51
ada golongan yg mati2an membuat indonesia maju.
ada golongan yg ingin agar indonesia diam ditempat dan ga maju2.
ada pula golongan yg ingin kelak ga ada nama negara indonesia.
kamu masuk golongan mana?
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan qisatria memberi reputasi
2
23-07-2019 18:01
pada lupa yang sering teriak sara di kaskus siapa ? klo di lingkungan yunowhu lah
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1
23-07-2019 18:06
ane setuju nih, karena ane sendiri capek sama orang yg hobinya menyindir sara. Jadi emang karena susah membasmi gituan, kitanya yg harus cerdas dan bijak menanggapi provokasi orang
profile-picture
raafirastania26 memberi reputasi
1
23-07-2019 18:18
Awas ! Kaum Sumbu Pendek Terus Kobarkan Provokasi Berbasis Rasial
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.