romeorabunAvatar border
TS
romeorabun
Variasi Emoji Baru di 2019, dari "Solat" hingga "Menstruasi"





Kamu tahu nggak sih kalau emoji sudah ada dan digunakan di keyboard Jepang sejak sekitar penghujung tahun 90-an?

Memang jenis-jenisnya lebih tradisional dan nggak sebanyak sekarang. Penggunaaan emoji sendiri jadi mainstrem ke seluruh dunia sekitar tahun 2010 lewat Unicode 6.0. Sampai akhirnya sekarang emoji jadi sebuah bahasa tersendiri dalam grup chat ataupun media sosial. Unicode Consortium, organisasi yang "memayungi" emoji-emoji ini kini selalu memberi update dengan emoji baru setiap tahunnya. Termasuk 2019 ini, akan ada beberapa variasi emoji yang akan dirilis.

Emoji yang akan dirilis 2019 ini adalah Emoji 12.0. Unicode sudah ketok palu akan merilis lebih banyak emoji yang menampilkan keberagaman orang-orang, tempat, dan benda-benda. Ada 59 emoji individual yang akan dirilis tahun ini. Kalau dihitung berdasarkan perbedaan gender dan variasi warna kulit yang ada, total akan ada 230 emoji baru di Emoji 12.0.

Emoji 12.0 terbilang istimewa


 

Perilisan emoji versi baru ini bisa dikatakan istimewa dan penting karena emoji-emoji baru yang ditambahkan ke dalam daftar yang sudah ada mengedepankan 'representation' alias keterwakilan dari orang-orang yang beragam di seluruh dunia, termasuk di dalamnya mereka yang difabel juga (seperti tunanetra dan tunarungu). Juga Emoji 12.0 ini akan kedatangan hewan-hewan yang menggemaskan di planet bumi seperti Flamingo (LIKE FINALLY!) dan Sloth (kungkang). Salah satu yang penting nggak penting juga adalah hadirnya emoji celana dalam.

Emoji-emoji baru ini akan datang dalam waktu yang bervariasi di device yang berbeda. Mengingat masing-masing smartphone punya jenis emoji mereka sendiri sehingga dibutuhkan waktu untuk mendesain semuanya sehingga punya karakter yang khas, kan? Kemungkinan semuanya akan tersedia di berbagai device hingga akhir 2019 ini.

Tampilan emoji-emoji baru

Beberapa emoji yang akan dirilis tahun ini sudah bisa dilihat penampilannya nih. Berikut bocoran-bocorannya:

Flamingo




Tampil dalam warna pink dengan leher bengkok dan satu kaku yang ditekuk seperti kebiasaan mereka ketika sedang berada di atas air. Sedikit fakta soal Flamingo: hewan-hewan ini punya warna pink natural yang berasal dari bakteri dan beta-karoten dari makanan mereka termasuk udang. Semakin cerah warna seekor flamingo, semakin sehat kondisinya.

Sloth (Kungkang)




Sloth dikenal sebagai hewan dengan gerakan sangat lambat. Pernah muncul sebagai salah satu karakter dalam film Zootopia juga. Dalam Bahasa Inggris, kata 'sloth' sendiri punya arti 'kemalasan'. Dalam bentuk emoji, Sloth digambarkan dengan mata besar mereka. Posisinya sedang bergelantungan di batang pohon.

Skunk (Sigung)




Kalau kamu pecinta kartun Looney Tunes pasti tahu deh ada karakter sigung yang suka tebar pesona tapi menebarkan bau busuk. Baru sadar juga kalau di daftar emoji binatang yang sudah ada, hewan ini nggak termasuk di dalam daftar. Emoji skunk atau sigung ini hadir dalam warna natural mereka yaitu hitam/putih dengan ekor yang bengkok.

Emoji tetesan darah




Emoji 12.0 juga menambahkan emoji tetesan darah dalam daftar emoji terbaru 2019 ini. Emoji ini bisa berarti banyak hal mulai dari darah secara umum atau pun menstruasi. Munculnya emoji ini menjadi salah satu usaha Unicode untuk menghadirkan keberagaman dalam emoji. Tapi tentu saja ini bisa juga berarti donor darah dan segala hal terkait darah. Tampilannya mirip seperti tetesan air namun dalam warna merah.

Orang dengan tongkat bantu berjalan




Seperti yang sudah disinggung di pembukaan Thread ini, Unicode juga menghadirkan emoji untuk penyandang disabilitas. Salah satunya adalah emoji orang dengan tongkat bantu berjalan yang merepresentasikan penyandang tunanetra. Dalam bahasa Inggris emoji ini punya nama resmi 'person with probing cane'. Emoji ini akan hadir dalam berbagai variasi warna kulit dan warna rambut, serta variasi gender.

Orang sedang berlutut




'Kneeling person' jadi salah satu emoji baru di versi 12.0. Emoji ini menampilkan seseorang (laki-laki dan perempuan dalam varian yang berbeda) yang sedang duduk berlutut. Hadir juga dalam variasi warna kulit dan rambut, emoji ini dibuat untuk melambangkan kegiatan berdoa/solat kali ya, memberikan penghormatan, atau sekedar beristirahat.

Es batu




Banyaknya jenis makanan dan minuman dalam emoji yang sudah ada akan ditambah dengan kehadiran emoji es batu. Nama dan tampilannya sudah cukup menjelaskan, berbentuk kubus dalam warna biru dan aksen putih.

Kerang mutiara




'Oyster' atau kerang mutiara hadir juga dalam bentuk emoji. Biota laut ini hadir dalam bentuk cangkang yang terbuka dan sebutir mutiara putih di dalamnya. Belum resmi dirilis, namun banyak yang sudah memprediksi bahwa orang-orang akan menyalahgunakan emoji ini. Seperti halnya emoji terong yang sering melambangkan penis, banyak yang memprediksi kalau emoji oyster akan melambangkan vagina.

Parasut/terjun payung




Deretan emoji juga banyak menampilkan kegiatan olahraga. Untuk memperluas "cabang olahraga" dalam list emoji yang sudah ada, ditambahkanlah emoji terjun payung (parachute). Sam Holmes adalah orang yang meyakinkan Unicode bahwa emoji ini harus ada dalam daftar Emoji 12.0. Dalam penjelasannya, emoji parachute bisa mewakili banyak hal seperti paragliding, skydiving, parasailing, dan sebagainya. Namun secara metafora, kita akan bisa menggunakan emoji ini sebagai simbol untuk "kabur dari situasi yang tidak menyenangkan" kata Sam.

Planet cincin




Emoji planet cincin hadir untuk mewakili Saturnus. Meski sebenarnya tidak hanya Saturnus satu-satunya planet dengan cincin di galaksi. Emoji ini dibuat untuk mewakili astronomi dan luar angkasa secara umum. Hadir dalam nuansa warna oranye dan kuning.

Sejauh ini, mana yang jadi favorit kamu? Anyway ini belum semuanya kok. Hanya beberapa yang menarik dikutip dari sumber ini.


123lalalolo
andrabedy
4iinch
4iinch dan 9 lainnya memberi reputasi
8
15.5K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.