• Beranda
  • ...
  • Photography
  • Apa Itu ISO Pada Kamera DSLR? Kupas Tuntas Artinya, Mari Belajar Bersama!

indriketarenAvatar border
TS
indriketaren
Apa Itu ISO Pada Kamera DSLR? Kupas Tuntas Artinya, Mari Belajar Bersama!

Hallo agan dan sista semuanya.........!!!!!!!!
Kembali lagi pada kesempatan thread ini saya masih ingin membahas dan membagikan beberpa informasi kepada agan sista semua dan tentunya masih dalam hal yang berbau Photograpy.
Kali ini saya ingin membahas tentang :
Apa itu ISO........????????

Tentunya nama tersebut sering agan dan sista semua dengar bukan......???????????
Dan juga pada thread-thread saya yang sebelumnya juga sering ada kata ISO Pada thread yang berjudul :
Quote:
untuk itu agan dan sista perlu ketahui apa itu ISO............??????????????????????????
Okay,,,,,, langsung aja yuk mari kita bahas.........!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

ISOadalah istilah dalam photograpy yang di gunakan untuk mengukur tingkat sensitifas sensor atau film kamera terhadap cahaya. ISO sering di sebut juga dengan istilah ASA. ISO dan ASA adalah kedua hal yang sama. Bedanya adalah ISO di gunakan dalam "Kamera Digital" seperti sekarang ini (DSLR Analog), sedangkan ASA dulu di gunakan dalam "Photogfapy Film" (Analog Film).

Semakin tinggi nilai ISO maka Sensor akan semakin sensitif terhadap cahaya. Secara umum kita mengenal Nilai ISO dari :

100, 200, 400, 800, 1600, 3200, 6400, 12800

Jika di era Kamera Digitalseperti sekarang ini, Nilai ISO bisa kita atur sesuai dengan yang kita inginkan hanya dengan merubah menu settingan kamera kita. Tetapi jika di era Kamera Film, ISO sudah otomatis ter-setting pada film yang kita beli. Maka di setiap film memiliki ISO yang berbeda-beda, di mana ada yang 200, 400, 800, 1600 dan seterusnya.


"Lalu efek apa yang di dapat dengan merubah nilai ISO pada kamera.......????????"

Okay,,,,,,, Mari agan dan sista perhatikan sebuah contoh berikut ini :
Kita akan memotret objek di dalam ruangan yang minim cahaya dengan menggunakan nilai Shutter Speedyang sama tapi kita akan merubah nilai ISO pada kamera kita.

Foto pertama menggunakan ISO yang rendah yaitu 400.

Dengan menggunakan ISO rendah sensitifas sensor terhadap cahaya akan menurun sehingga gambar akan terlihat gelap.

Lalu kita akan coba menaikkan ISO pada foto berikutnya. Foto kedua menggunakan ISO 800 kemudian jadi 1600 dan berikutnya menjadi 3200 dan yang terakhir menggunakan nilai ISO 6400.


Dengan menggunakan nilai ISO 6400, kesan sensitifitas sensor terhadap cahaya akan bertambah, sehingga gambar akan terlihat lebih terang tetapi efeknya kita akan mendapatkan titik-titik di dalam gambar. Titik-titik ini lah yang sering di sebut dengan "Noise".


Jadi kesimpulannya adalah jika kita mengambil gambar di tempat yang minim cahaya maka semakin tinggi nilai ISO-nya maka gambar akan terlihat semakin "Noise".

Coba agan sista bandingkan ke 5 foto di bawah ini :

Tentunya sangat terlihat perubahan dan perbedaannya bukan gan sist.........!!!!!!!!!

emoticon-Bingung
"Lalu bagaimana kita mengatur nilai ISO pada kamera kita supaya mendapatkan settingan yang pas untuk foto yang akan kita buat....................?????????????????????"

emoticon-Imlek
Pengaturan ISOtidak terlepas dari pengaturan Shutter Speed dan pengaturan Aperture. ISO, Shutter Speed dan Aperture adalah 3 komponen dasar photograpy yang sering kita sebut dengan Segitiga Exposure. Di thread sebelumnya kita sudah membahas tentang Segitiga Exposure. Bagi agan sista yang belum tahu apa itu Segitiga Exposure, silahkan di baca pada thread saya sebelumnya.
emoticon-Bingung
"Jadi manakah yang lebih baik menggunakan nilai ISO yang Besar/Tinggi atau nilai ISO yang Kecil/Rendah........S E N S O R??"

emoticon-Imlek
Jawabannya adalah semua tergantung kebutuhan kita, mau seperti apa foto yang akan kita buat. Terkadang beberapa Fotographer menggunakan nilai ISO yang rendah, tapi ada beberapa juga yang menggunakan nilai ISO yang tinggi untuk menghasilkan Noise. Karena Noiseitu sendiri di dalam photograpy kadang sering di perlihatkan untuk menambah keunikan foto.

Seiring dengan kemajuan teknologi pada saat ini, maka beberapa kamera sekarang bisa menghasilkan gambar yang tidak Noise meskipun menggunakan nilai ISO yang tinggi. Jadi setiap Kamera memiliki karakteristik tersendiri.

Cobalah agan sista ambil gambar dengan Kamera agan sista dan cobalah agan dan sista semua pahami karakteristiknya.......

Nb : "Kamera Film" adalah kamera yang sering di gunakan pada masa tahun sekitar 2000-an dahulu. Di mana saya masih ingat sekali dengan kamera jenis ini sewaktu saya masih dalam masa kanak-kanak dahulu. Kamera ini menggunakan "film" sebagai media penyimpanan fotonya, tidak seperti sekarang di mana jenis kamera saat ini rata-rata sudah menggunakan "memory card" sebagai penyimpanannya. Biasanya itu memory card jenis SDHC.


Okay agan sista semuanya..... demikianlah informasi tentang ISOyang dapat saya bagikan kepada agan sista semua. Jika agan sista ada tambahan tentang ISO ini maka silahkan agan sista dapat menambahkannya di kolom komentar/qoute post pada bawah thread ini. Terimakasih...........

=================================
Selamat Belajar & Berkreatifitas
=================================
Diubah oleh indriketaren 08-10-2019 10:37
red.wangyi
obfustat
jimygautama
jimygautama dan 29 lainnya memberi reputasi
30
11.7K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
PhotographyKASKUS Official
14.2KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.