Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
281
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3569578012ae0b9f29ce9c/pt-pos-indonesia-nasibmu-kini
Bukannya menggebrak publik dengan strategi bisnis yang menarik minat masyarakat untuk memakai jasanya, baru-baru ini PT Pos Indonesia malah muncul dan menjadi pembahasan netizen mengenai kondisinya yang menuju arah kebangkrutan.
Lapor Hansip
22-07-2019 14:44

PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..

Past Hot Thread
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..

Di era masyarakat modern seperti sekarang ini nampaknya kebiasaan untuk membeli suatu barang atau jasa melalui online adalah suatu kebiasaan. Bahkan dengan era yang sudah serba digital membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam membeli apapun yang dibutuhkan hanya bermodalkan smartphone.

Melihat kebiasaan masyarakat yang berubah tersebut, sudah sewajarnya perusahaan logistik yang menjadi perantara antara pembeli dan penjual mengambil peranan penting. Kehadiran jasa logistik sangat dibutuhkan karena memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin berbelanja.

Namun, hal tersebut berbeda dengan yang dialami oleh BUMN perusahaan logistik bernama PT Pos Indonesia. Entah mengapa perusahaan ini tidak dapat menunjukan eksistensinya kepada publik. Padahal tingginya demand untuk kebutuhan jasa antar barang sangat diperlukan kehadirannya.

Bukannya menggebrak publik dengan strategi bisnis yang menarik minat masyarakat untuk memakai jasanya, baru-baru ini PT Pos Indonesia malah muncul dan menjadi pembahasan netizen mengenai kondisinya yang menuju arah kebangkrutan.

PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..

Di jagat media sosial, banyak netizen yang mencuit di Twitter mengenai berita tentang teguran anggota DPR Komisi IX terhadap Kementerian BUMN.

Netizen pun semakin miris karena disebut-sebut PT Pos Indonesia yang nyaris bangkrut tersebut bahkan sampai meminjam uang hanya untuk membayar tunggakan gaji karyawannya saja.

Setelah ramai dibicarakan bangkrut di medsos, PT Pos Indonesia menegaskan bahwa perseroan belum bangkrut.

"Ya kalau bangkrut sih nggak lah. Mudah-mudahan nggak," kata SVP Kerjasama Strategis dan Kelembagaan Pos Indonesia, Pupung Purnama kepada detikFinance, Minggu (21/7/2019).

Pupung juga meminta doa semua pihak agar perseroan masih bisa berdiri. "Harus didoakan jangan (bangkrut) lah," tambahnya

Pos Indonesia juga mengakui bahwa pihaknya sempat meminjam uang untuk membayar tunggakan gaji para karyawannya seperti yang diceritakan oleh salah satu Anggota Komisi IX DPR RI.

"Benar kita meminjam uang ke bank, itu benar adanya ya, ya memang ada (pinjaman uang untuk bayar gaji karyawan)," kata Pupung.

Alasannya, menurut Pupung adalah memang situasinya sedang menyusahkan perseroan dan memaksa mereka untuk meminjam uang "Memang situasinya ya, situasinya lagi susah," ujarnya.

Perlu Rombak Direksi?
Peneliti Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan ada masalah yang terjadi di kubu direksi PT Pos Indonesia sehingga membuat kinerja perseroan terhambat.

Bhima menyebut ada kesalahan manajemen dalam kubu direksi yang terlalu lama dibiarkan tidak selesai. Hal ini membuat strategi bisnis Pos Indonesia bermasalah.

"Ada miss management yang sudah terlanjur fatal bertahun-tahun tapi dibiarkan. Pegawai kan hanya ikut perintah direksi. Tidak bisa salahkan pegawainya, tapi masalah strategi bisnis ada di tangan direksi," kata Bhima kepada detikFinance, Senin (22/7/2019).

PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..


Masalah tersebut menurut Bhima adalah adanya inefisensi yang membuat harga jasa yang ditawarkan PT Pos lebih mahal dibanding pesaingnya dari perusahaan swasta.

"Ada inefisiensi juga di tubuh BUMN sehingga harga yang ditawarkan ke konsumen relatif mahal dibandingkan pesaing swasta semisal JNE, Ninja Express, TIKI, dan lain-lain," kata Bhima.

Bhima menyarankan agar PT Pos Indonesia melakukan perombakan direksi. Dia juga mengingatkan agar pemerintah mengurangi intervensi politik dalam kinerja perusahaan BUMN.

"Terakhir lakukan perombakan direksi dan kurangi intervensi politik dari Pemerintah, biarkan berjalan profesional bisnisnya," kata Bhima.

PT Pos Indonesia disebut kalah saing, bahkan beberapa hari ini ramai dikabarkan di media sosial Pos Indonesia mau bangkrut. Bhima mengatakan masalah pada direksi Pos Indonesia menjadi penyebab PT Pos Indonesia kalah saing.

"(Pos Indonesia) kurang melakukan antisipasi terhadap perubahan model bisnis logistik. Perusahaan BUMN gagal bersaing dengan pemain-pemain swasta baru yang lincah dan inovatif," kata Bhima.

Padahal kata Bhima, pertumbuhan bisnis logistik cukup tinggi. "Bisnis logistik sendiri pertumbuhannya masih cukup tinggi yakni 8,28% per triwulan I 2019 itu data BPS (Badan Pusat Statistik)," ungkapnya.

PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..

Menurut kalian apakah PT Pos Indonesia bisa kembali meraih kejayaannya seperti dahulu? Mampukah perseoran tersebut bersaing dan mampu menjadi pilihan utama masyarakat kembali? Atau malah tetap menjadi perseroan yang kolot dan menutup mata dalam berinovasi?

Sertakan komentar terbaik kalian mengenai topik ini di thread ini ya Gan!


REFERENSI
>> 1
>> 2
Diubah oleh VolkswagenPutih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dheroize dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 11 dari 15
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 02:25
ane masih sering pake loh
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 06:05
dengsn sdm dan infrastruktur yang baik, ane yakin pak pos bisa bangkit kek dulu lagi
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 06:26
ya mau gimana ketergantungan masyarakat ke pos udah g ada dulu sih buat kirim surat sama paket sekarang?
klo kirim barang jarak dekat ada ojol, jarak jauh byk jasa pengiriman sama kirim pesan udah lewat medsos emoticon-Big Grin
tipikal bumn g bisa berubah mengikuti perkembangan zaman kebiasaan dimanja g mampu bersaing ujung2nya cuma bebanin apbn aja emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 06:43
Quote:Original Posted By anita.sutanty
Pos juga melakukan itu di spanduk mereka (jemput paket tanpa minimal), cuma ana sendiri blm jajal.


Beneran itu, bagai pohon yg terlihat kokoh luarnya tp keropos dimakan rayap dalamnya.


Gak ush heran Gan, ana sbg seller juga gk make jasa pos, karena jauh agennya, bisa sih dijangkau, tp gk worthed (untung gopek, bensin brp?) & ada jg sebagian agen pos yg punya spanduk bahwa bisa jemput paket tanpa minimal order, tertera nopenya, tp ana ragu, yg swasta ja kdng lelet jemputnya pdhl ad bbrp orderan paket, ini BUMN, jemput cuma 1 paket? Mau? Gk yakin. Gk ad omongan dari pak pos jg (kl kurir swasta, mereka promo2in ngomong bisa lho jemput paket walau cuma 1, tanpa syarat, langsung hr itu, bla bla bla, jd ad ajakan disitu). Ini pos bikin spanduk, tp diem2 bae orang2e.


Rahasia umum bahwa BUMN (PNS) itu kerja sekedar rutinitas (berangkat, terlihat kerja, pulang tepat waktu), kasarnya kerja keras atau kerja lemas, tetap dpt gaji, dan gajinya tetap segitu. Beda sama swasta. Yg hrs dirombak ya sistem secara keseluruhannya. Cmiiw.


Ohhh....gitu ya dri pihak seller... baru tau ane. Soalnya klo dr pihak konsumen sih oke bgt, trs kecepatan pngirimanx jg sama kyk jasa kirim lainnya. Tp yg plg cepet j*t sih...
profile-picture
anita.sutanty memberi reputasi
1 0
1
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 07:08
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..

Hati2 banyak berita Hoax
0 0
0
Lihat 1 balasan
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 07:46
kurang pegawai muda yg kreatifnya sih menurut gue, secara ini bumn dan banyak asal comot aja di direksi yg penting ada koneksi... intinya terlalu kolot gabisa ngikutin fluktuasi jaman skrg
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 08:06
pake jasa pos malah lebih mahal
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 08:10
yang bikin malas ke kantor pos ada tukang parkirnya 🤦🏻‍♂️
biasa pake jne, jnt, wahana bebas jukir 🤭
profile-picture
PlanetSonata memberi reputasi
1 0
1
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 09:01
Itulah teknologi , teknologi bakal menggantikan semua peran ...
Ini baru pos
Besok kemungkinan udah gak ada Lagi uang kertas
Gantinya uang digital semua...
Jalan satu2 nya pos bikin platform provider email dgn syarat fitur template surat yg kompleks + layanan antar kirim barang di satu web atau apps...
Diubah oleh ueki19
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 09:51
saya sering ngirim barang lewat pos sering ditolak dengan berbagai alasan akhirnya kirim lewat jne jnt tiki dan semuanya diterima.
alasan kirim lewat pos karena dekat dengan rumah.
klo menurut saya karyawan nya tuh ngga butuh pelanggan karena meraka udah dapat gaji emoticon-Marah
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 10:19
wahahaha pos indonesia .
jajaran direksinya gak mawas diri
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 11:04
POS Indonesia kurang mengedepankan teknologi dan informasi, kalah dgn swasta.
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 11:05
di toko onlin saja jasa pengiriman pos indonesia jarang digunakan
di toko ijo sama ungu kebanyakan pk jasa pengiriman dedi botak
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 11:51
Quote:Original Posted By ncielisaac
SEKEDAR SOLUSI

  1. Pen-danaan
  2. Observasi
  3. Pelajari Perilaku Pasar
  4. Perbaiki Kualitas SDM terutama dalam Pelayanan
  5. Dengar baik baik keluhan pelanggan dan mencoba memperbaikinya
  6. Promosi
  7. Inovasi pastinya
  8. Kerja sama dengan Ecommerce ternama
  9. Kerja Sama dengan Multi Payment / Online Payment


Niscaya POS Indonesia Bisa Tumbuh dan berkembang di Era Saat ini.


padahal sebagai BUMN punya kelebihan yg swasta ga punya (jaringan yg luas smp pelosok, birokrasi yg lebih mudah dll)

kita tunggu aja deh move dr pos indonesia menyikapi hal ini. Jd inget KAI yg sempet krisis tapi bs berbenah jd hebat lg skrg emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 12:32
kalo BUMN dikasi longgar kayak swasta, ane yakin bisa bersaing. klo investasi sistem harus fs dlu, trus nunggu respon pemegang saham, harus berpedoman gcg dan peraturan, blom klo audit sana sini ama bepeka. klo investasi rugi malah terancam dipenjara, ngeri2 ngga sedap sih.
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 13:04
yah saatnya pengambil keputusan ada campur tangan swasta, berikan pada anak2 muda yg lbh kreatif, maka niscaya akan maju, birokrasi memble ya begini ini, perlu regenerasi
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 13:15
BUMN pailit? duh
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
23-07-2019 14:00
walopun ada paket pingirimannya juga, pos indonesia masih sepi ketimbang pesaing swasta yg lain..

paket kilatnya juga kalah daripada swasta, tidak ada yg 1 hari sampai.

memang benar2 perlu perombakan direksi
0 0
0
PT Pos Indonesia, Nasibmu Kini..
Lapor Hansip
23-07-2019 14:04
Balasan post truesight
@nemanjaharic
bukan gitu, gan. Yang mau ane soroting pengelolaan dana pensiunya, parah bener. Kacau deh
0 0
0
Halaman 11 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia