alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
204
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d3582ae65b24d523a140540/jokowi-batal-memberikan-gaji-untuk-pengangguran-melalui-kartu-pra-kerja
Baru-baru ini jagat media sosial ramai memperbincangkan narasi bahwa Jokowi batal memberikan gaji untuk pengangguran melalui program Kartu Pra Kerja. Informasi mengenai Jokowi yang batal menggaji pengangguran tersebut berawal dari unggahan akun Facebook bernama Benny Bebeb yang mengunggah gabungan video liputan televisi INews, TVOne, dan SCTV.
Lapor Hansip
22-07-2019 16:32

Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?

Past Hot Thread
Quote:
Dengarkan berita klarifikasi informasi hoaks ini melalui program HansipHoax hanya di KASKUS Podcast!
emoticon-Request



Baru-baru ini jagat media sosial ramai memperbincangkan narasi bahwa Jokowi batal memberikan gaji untuk pengangguran melalui program Kartu Pra Kerja. Informasi mengenai Jokowi yang batal menggaji pengangguran tersebut berawal dari unggahan akun Facebook bernama Benny Bebeb yang mengunggah gabungan video liputan televisi INews, TVOne, dan SCTV.

Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?


Video yang berdurasi 59 detik tersebut berisi klarifikasi Jokowi mengenai mekanisme Kartu Pra Kerja. Berikut cuplikan video yang diunggah Benny Bebeb tersebut:



Selain mengunggah video, Benny Bebeb juga memuat narasi dalam postingannya yang menyebut:

“Ketipu lagi gak jdi dpt gaji si cebong…”


Hingga kini video tersebut telah mendapatkan 156 komentar dan dibagikan sebanyak 16 ribu kali.

Lantas, bagaimana kebenaran informasi dari narasi yang dibagikan Benny Bebeb tersebut?

PEMERIKSAAN FAKTA
Melansir dari Tempo.co, Hansip Hoax mendapatkan informasi bahwa video liputan Jokowi mengenai kartu prakerja itu benar adanya dan pernah dipublikasikan sejumlah televisi.

Keterangan Jokowi dalam wawancara itu, menjelaskan, bahwa lulusan SMK yang menganggur akan mendapatkan kartu prakerja dan memperoleh pelatihan. Sehingga mereka bisa terserap oleh industri.

Mengutip dari BBC Indonesia pada 12 Maret 2019, Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arya Sinulingga, menjelaskan bahwa Kartu Prakerja akan menyasar dua golongan, yaitu pekerja yang kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan perguruan tinggi yang belum bekerja.
Arya mengatakan pelatihan keterampilan akan dilakukan di Balai Latihan Kerja (BLK) selama dua sampai tiga bulan, di mana dalam proses itu peserta akan diberi tunjangan. Untuk mantan pekerja yang kena PHK, mereka akan tetap diberi tunjangan maksimal tiga bulan setelah proses pelatihan selesai.

Sementara itu, lanjutnya, lulusan sekolah menengah atau perguruan tinggi akan menerima tunjangan maksimal selama setahun setelah memulai pelatihan, selama mereka belum mendapat pekerjaan.

Saat ini, Pemerintah berencana menganggarkan tunjangan pengangguran sebesar Rp10 triliun yang direalisasikan berupa Kartu Prakerja. Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, mengatakan untuk Kartu Prakerja, pemerintah mengalokasikan anggaran Rp10 triliun untuk 2 juta penerima kartu Prakerja.

“Kita juga akan mendesain Rp10,3 triliun untuk Kartu Prakerja yaitu, 1 juta (penerima) melalui pelatihan digital dan 1 juta (penerima) pelatihan reguler. Saat ini, desain program masih dibahas antar menteri terkait di bawah koordinator Menko Perekonomian,” ungkapnya.

Dana ini untuk tunjangan pengangguran atau unemployment benefit (UB) dan dana pelatihan atau skill development fund (SDF). Program unemployment benefit merupakan tunjangan yang diberikan bagi korban PHK untuk pemenuhan biaya hidup selama masa pencarian kerja kembali. Sementara itu, program skill development fund akan diberikan retraining dan reskilling melalui balai latihan kerja (BLK) yang dimiliki baik oleh pemerintah maupun swasta.


KESIMPULAN
JADI GAN, BERDASARKAN PEMERIKSAAN FAKTA YANG DILAKUKAN HANSIP HOAX DARI BERBAGAI SUMBER YANG VALID, DISIMPULKAN BAHWA PADA MARET 2019, JOKOWI BESERTA TIM KAMPANYENYA TELAH MEMBERIKAN PENJELASAN MENGENAI MEKANISME DAN SASARAN KARTU PRAKERJA YANG BUKAN MENGGAJI SELURUH PENGANGGURAN DI INDONESIA. DAN, PROGRAM INI BARU AKAN DIANGGARKAN PADA RAPBN 2020. JADI NARASI YANG DIBANGUN PADA UNGGAHAN PENGGUNA FACEBOOK BERNAMA BENNY BEBEB TERSEBUT ADALAH MENYESATKAN.

SEBARKAN YA INFORMASI KLARIFIKASI INI KE REKAN DAN KELUARGA KALIAN AGAR TERHINDAR DARI HOAKS YANG MENYESATKAN.



SUMBER
Tempo.co

Diubah oleh hansiphoax
profile-picture
profile-picture
profile-picture
izzy713 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 11
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 20:52
Imho
Di Indonesia. Harus kita akui, rawan fraud
Mungkin bukan dlm bentuk cash. Tp program2 latihan kerja saja, dan ditanggung akomodasinya, makan, inap, dll. Lebih less fraud lah
Cmiw
Atau bs buat nalangin defisit BPJS yang memang diperlukan masyarakat
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 20:53
maklum. banyak orang dungu yang berpikiran kalo program kartu pra kerja itu buat ngegaji seluruh pengangguran emoticon-Leh Uga

#RIPAkalSehat


mau gaji ya kerja lah emoticon-Big Grin
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:00
Yang terbaik buat negara Indonesia tidak usah cebong dan kampret. Berikanlah yang terbaik untuk negara tercinta ini 😊
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:03
sebenernya rada blunder jg sih petahana janjiin nyerempet2 urusan ngisi perut gini, krn kalo ga sesuai ekspektasi bakal jadi gorengan yg dahsyat.. apalagi kalo bener nyedot apbn ampe 10 T
Diubah oleh elefana
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:09
Quote:Original Posted By manthug.thok


"Yang penting masuk kerja dulu" emoticon-Ngakak (S)
Bangun tidur dulu makanya jangan ngimpi terus... Kalo mau gitu mending lewat agensi aja, tapi bayar sekian juta dulu... lah ini udah dikasih duit sama skill masih ngelunjak otomatis dapat kerja apa namanya kalo bukan otak ga dipake trus apa... SMK/SMA sama blk itu sama aja program pemerintah, sama" dapat dana dari APBN... Masih tanya modal?? Yg dari dasar pemberian Tuhan yaitu "otak" aja ga dipake buat mikir emoticon-Ngakak (S), koperasi sama bank masih banyak yg buka... emoticon-Ngacir


Hahay... Ya otak kyak gini yg gak bisa bikin maju bangsa ini. Beda program pemerintah SMK dll ama ini yg pengangguran. Ini kan program baru. Seharusnya bisa membawa kemajuan. Gak seperti otak yg selalu senang ama proyek2 baru, tinggal ngucurin dana, lalu dibuang gak jelas.
Beda coy ama yg usaha ngelamar sendiri, bersaing, itu bukan proyek2 korup.
Ngelunjak gimane? Katanya mau maju, dikata ngelunjak, otak negara berbunga emang susah diajak maju kali yak? Maklumlah... emoticon-Big Grin



Mikiiirrr rr..... emoticon-Big Grin
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:17
Intinya itu memudahkan yg nganggur buat dapat kerja. Enak banget dong nganggur tapi digaji.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:20
Quote:Original Posted By jackqueeno
Yang gak 100% nganggur itu contohnya gimana? 😂. Kan dah jelas kalo dah beres pelatihan sambil nyari kerja artinya masih nganggur kan? Betul gak?


Ya ga ngapa²in, ngampleh doang tanpa kegiatan produktif apapun emoticon-Embarrassment

Lepas pelatihan sih ga tau masih dibayar atau engga pake kartu itu emoticon-Embarrassment wong juga masih sebatas wacana emoticon-linux2


Ane perhatiin juga yang ribet & nagih janji kampanye malah dari yang ga milih doi, aneh emoticon-Ngakak
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:20
Yaaa intinya, buka usaha sendiri jauh lebih baik. Banyak tuh pengusaha sukses diluar sana udah jadi miliarder loh GanSist
profile-picture
citrachoirunisa memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:22
Ya semoga aja bener ter realisasi, biar para kampret tak bersayap dapet duit walau sepi job demo...
Okay...!!!
profile-picture
citrachoirunisa memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:24


Quote:Original Posted By fauzex
saran aja nih...tanah indonesia kan masih luas dan banyak yg kosong...suruh aja bertani yg pengangguran....jadi kerjanya bertani tp statusnya honorer dan bisa pengangkatan jadi pns...mgkin banyak yg mau...😁


nah programnya sama persis sama program nurhadi aldo dulu. petani diangkat jadi pns wkwkkw
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:35
semoga yang menerima kartu pra kerja adalah orang2 yang tepat sehingga dapat melakukan training atau pelatihan dengan benar dan akan bermanfaat untuk dirinya. jangan sampai negara udah ngeluarin uang triliunan rupiah tapi ga ada hasilnya
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:36
Trus kalo abis pelatihan gak dapet kerja juga gmn gan? Misalnya pengen kerja di NASA, tapi gak lolos seleksi
emoticon-Hammer2
0 0
0
Lihat 3 balasan
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
Lapor Hansip
22-07-2019 21:39
Balasan post eggnostick
setuju gan. semua kembali ke orangnya masing2. gausah kerja dan cuma berharap dapet gaji dari pemerintah sama aja nyusahin diri sendiri. emang apa enaknya hidup bergantung sama negara? bukannya jadi malah ngerasa berhutang ya?
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1 0
1
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:39
Suka suka doi bangcatt eehh emoticon-Ngakak
Diubah oleh bramhiphip
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:40
oalah sekalinya dgaji batasnya maximal setahun ( bukan selamanya ) emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
Lapor Hansip
22-07-2019 21:42
Balasan post haf2
emang negara ngadain pelatihan untuk kerja di NASA gan? kan yang negara harapkan adalah orang2 yang ikut pelatihan minimal akan dapet kerjaan yang sesuai dengan bekal yang dia terima saat ikut pelatihan gaan. syukur2 bisa lebiiihhhh. misalnya di BLK diajarin ngejahit, nanti kerjanya bisa jadi designer hiwwhiwemoticon-Ultah
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:43
dasar penipu
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:48
Namanya juga kampanye gan, semua indah pada waktunya. Ga ini dan itu pasti ada munanya, nanti pas kmpanye dikasih topik yg manis, pas udah jadi ada poin2 terntentu dgn alasan apa aja
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
Lapor Hansip
22-07-2019 21:50
Balasan post durexz
asal dana yang di dapat digunakan dengan porsinya masing2 ya gaan
0 0
0
Jokowi Batal Memberikan Gaji untuk Pengangguran Melalui Kartu Pra Kerja?
22-07-2019 21:51
Intinya dapet pelatihan utk mendapat skill yg cukup utk bekerja di berbagai bidang kan?
jd pas dpt kerjaan punya sertifikasi tertentu yg jadi nilai tambah?

bagus kok kalau oke. Soalnya kebanyakan lulusan kuliah atau sma (kecuali smk) seringkali belom ngeh kebutuhan dunia kerja sesungguhnya dan nggak tahu spesifikasi yg tepat utk bidang pekerjaan yg di mau.
profile-picture
cipokan.yuk memberi reputasi
1 0
1
Halaman 7 dari 11
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.