alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.2 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d34bb1709b5ca646d4f7941/hati-hati-kalo-agan-ke-pantai-populasi-ubur-ubur-sedang-meledak
Lapor Hansip
22-07-2019 02:20
Hati-Hati Kalo Agan Ke Pantai, Populasi Ubur-Ubur sedang meledak
Past Hot Thread
Hati-Hati Kalo Agan Ke Pantai, Populasi Ubur-Ubur sedang meledak

Ubur-ubur akhir-akhir ini tidak menjadi sorotan dunia. Namun dengan demikian adanya, ternyata ubur-ubur mengalami blooming populasi yang meledak dari tahun ketahun. Lalu apa yang menyebabkan populasinya meledak? Yups agan benar ternyata global warming!. Berikut dibawah ini adalah dampak-dampak yang dihasilkan dari meledaknya populasi ubur-ubur di dunia

Quote:Menyengat manusia secara membabi-buta
Hati-Hati Kalo Agan Ke Pantai, Populasi Ubur-Ubur sedang meledak

Di Queensland, Australia tercatat 13,000 kasus sengatan ubur-ubur telah terjadi hanya dalam satu minggu. Pengaruh pemanasan global terjadi di sini, yakni menyebabkan ubur-ubur terlempar karena pemanasan global berpartisipasi dalam menyebabkan hembusan angin kencang ke arah pantai-pantai rekreasi yang populer. Selain itu pemanasan global membuat suhu permukaan air laut menjadi hangat sehingga menjadi daerah-daerah untuk ubur-ubur berkoloni.

Pada bulan juni lalu 1000 kasus juga telah terjadi pada perairan pantai Volusia County - Florida, Amerika serikat yang menurut beberapa orang di sana sangat tidak umum. Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata benar ada blooming ubur-ubur yang terjadi tak jauh dari perairan tersebut.


Quote:Menyebabkan degradasi alam
Hati-Hati Kalo Agan Ke Pantai, Populasi Ubur-Ubur sedang meledak

Blooming ubur-ubur bukan hanya menyebabkan sengatan kepada manusia semata tetapi bisa menyebabkan degradasi alam karena berperan dalam pembentukan kondisi anoxic pada perairan. Anoxic sendiri ialah kondisi dimana kadar oksigen menjadi sangat sedikit pada perairan. Dalam kondisi ini hampir semua organisme dapat mati kecuali spesies-spesies unggul tertentu.


Quote:Menyebabkan kerusakan pada infrastruktur
Hati-Hati Kalo Agan Ke Pantai, Populasi Ubur-Ubur sedang meledak

Dari tahun 2011 sejak pemanasan global mulai terasa, pembangkit listrik tenaga nuklir di Scotland yang bernama Torness menjadi langganan pengerusakan oleh sekelompok ubur-ubur. Dua tahun kemudian ubur-ubur kembali datang dan memporak-porandakan cooling system dari pembangkit listrik tersebut. Oskarsham nuclear reactor di Skotlandia juga dirusak sehingga ditutup padahal pembangkit listrik tersebut merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Hati-Hati Kalo Agan Ke Pantai, Populasi Ubur-Ubur sedang meledak

Sejak tahun 1999 juga ubur-ubur menyebabkan kepanikan massal di pulau Luzon, Filipina. Ubur-ubur beracun secara bersama-sama mengepung pemukiman warga di pulau tersebut sehingga menyebabkan chaos.

Hati-Hati Kalo Agan Ke Pantai, Populasi Ubur-Ubur sedang meledak

Di tahun 2006 kemudian kapal induk bertenaga nuklir USS Ronald Reagan dirusak secara paksa oleh sekelompok ubur-ubur yang mengepung setiap sudut kapal induk tersebut. Kapal terpaksa terhenti dan dilakukan investigasi yang mendapatkan hasil bahwa ubur-ubur semakin besar ukurannya dan populasinya semakin melimpah menyebabkan kapal induk ini tersumbat pada bagian nuclear cooling systemnya.


Quote:Menyukai sesuatu yang hangat
Hati-Hati Kalo Agan Ke Pantai, Populasi Ubur-Ubur sedang meledak

Sejak 100 tahun terakhir suhu permukaan rata-rata lautan telah meningkat sebesar 0,9 derajat celsius. Kadar oksigen di lautan juga menurun sebesar 2% selama 50 tahun terakhir. Peningkatan suhu tersebut menyebabkan populasi ubur-ubur kian meningkat ditambah kemampuan ubur-ubur bertahan pada kondisi anoksik.

Hati-Hati Kalo Agan Ke Pantai, Populasi Ubur-Ubur sedang meledak

Tingginya tingkat penangkapan ikan tuna, ikan teri, dan ikan todak yang merupakan predator alami dari ubur-ubur juga diduga menjadi faktor lain penyebab meningkatnya populasi ubur-ubur. Dengan sumber makanan yang melimpah dan tidak adanya ancaman predator, ubur-ubur dapat hidup dengan sukses.

Hati-Hati Kalo Agan Ke Pantai, Populasi Ubur-Ubur sedang meledak

Pada Laut Hitam, Eropa. Tidak adanya pengecekan populasi ubur-ubur tiap tahunnya membuat Ubur-ubur jenis Warty Comb Jelly menjadi penguasa lautan, sejak terbawanya spesies tersebut pada tahun 1900-an dari amerika lewat air balas kapal. Spesies tersebut akhirnya invasif dan menekan populasi hewan-hewan asli disana. Disini peran ikan teri diperlukan. Tetapi melihat statistik penangkapat ikan teri yang tinggi menyebabkan popolasi Warty Comb Jelly tidak bisa terkontrol hingga sekarang. Menyebabkan puluhan ribu kasus penyengatan.


Wah ternyata populasi ubur-ubur di lautan sedang meledak ya gan. Kira ane ubur-ubur ya sekedar ubur-ubur yang mana mungkin merusak dan menyebabkan degradasi alam. Tetapi setelah melihat informasi terbaru, semua mahkluk hidup ternyata berpotensi merusak jika populasinya melewati ambang batas dan kurangnya predator.

Kira-kira di Indonesia sudah ada blom ya? Kasus-kasus pengerusakan infrastruktur oleh ubur-ubur? Atau ubur-ubur justru enggan menjadikan Indonesia menjadi habitatnya karena harus bersaing dengan jutaan sampah plastik yang berpura-pura menjadi ubur-ubur? Bwahahahah. Tuliskan komentar agan di bawah!

Sumber : disini
Sumber gambar : google.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kingoftki dan 23 lainnya memberi reputasi
22
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 9
22-07-2019 20:17
Baru tau ubur2 bisa meruntuhkan kapal gitu... emoticon-Ngakak

Tapi iya, apa ubur2 ngga bisa dijadikan makanan buat manusia, selain selai ubur2? emoticon-Ngakak
profile-picture
seperduaratus memberi reputasi
1
22-07-2019 20:18
ubur ubur mutan ciptaan rusia emoticon-Ngakak
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
22-07-2019 20:19
Diubah oleh MorlyaHanada10
0
22-07-2019 20:19
Ada hubungannya dengan Kerajaan ubur-ubur gak ya???
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
22-07-2019 20:21
hell no ubur2 bisa ya nginvasi ampe ngerusak peralatan gitu?
ane kira mereka lembek dan ringkih
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
22-07-2019 20:21
bisa jualan ubur ubur nih hehehhehe
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
22-07-2019 20:24
wah perlu di basmi juga nih ubur² nya..
dampak posotif nya setau ane kagak ada gan..melainkan banyak negatif nya emoticon-Bingung
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
22-07-2019 20:25
bodo bale
0
22-07-2019 20:25
Quote:Original Posted By 1stroland
Bae bae gan... sementara berjemur dlu di pinggir pantai sambil minum kelapa muda liat ciwik2 emoticon-2 Jempol


Wih seger luar dalam emoticon-Matabelo
0
22-07-2019 20:31
"Dari tahun 2011 sejak pemanasan global mulai terasa, pembangkit listrik tenaga nuklir di Scotland yang bernama Torness menjadi langganan pengerusakan oleh sekelompok ubur-ubur. Dua tahun kemudian ubur-ubur kembali datang dan memporak-porandakan cooling system dari pembangkit listrik tersebut"
mungkin mereka marah sama manusia karena manusia adalah penyebab dari global warming, makanya mereka demo dan datengin tuh pembangkit listrik terus di rusak-rusakin. serem banget yah kalo alam sudah bertindak emoticon-Takut
0
22-07-2019 20:32
waduh selain ada bulu babi sekarang ada ancaman dari ubur - ubur kalo ga hati-hati main di pantainya
0
22-07-2019 20:33
di pantai,ane lebih takut sama ular laut ganemoticon-Turut Berduka
0
22-07-2019 20:35
buset seriusan itu bisa ngerusak kapal induk. bisa dikembangin jadi senjata biologis dong emoticon-Big Grin
0
22-07-2019 20:35
iihh seereemm juga yaaaa bisa sampe berentiin kapal induk
0
22-07-2019 20:38
jadi inget trio ubur-ubur gan "munaroh bang ocit datang"
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
22-07-2019 20:40
Ubur2 militan
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
22-07-2019 20:40
ngeri kalo kesengat ubur",, btw udah sampai sini blomm gan?? niat mau main ke pantai
0
22-07-2019 20:42
Jadi inget dulu pernah ke parangtritis waktu banyak ubur ubur, jadi banyak yg kena gatal gatal gitu..
Tapi ubur2 cantik juga ya hahaha
0
22-07-2019 20:44


Quote:Original Posted By jessshi
Baru tau ubur2 bisa meruntuhkan kapal gitu... emoticon-Ngakak

Tapi iya, apa ubur2 ngga bisa dijadikan makanan buat manusia, selain selai ubur2? emoticon-Ngakak

Iya ya gan... Berarti kuat banget ya ubur ubur.
Mungkin agan mau nyoba bikin sate ubur ubur atau penyetan ubur ubur gan hahaha emoticon-Ngakak
0
22-07-2019 20:46
Waduh serem amat gan gileeeeee itu sampe bisa ngerusak kapal loh. Kapal kan dari besi tuh. Besonya besi baja lagi kan masa sampe bisa oleng mau jatoh gitu, sampe rusak lho astagaaaa itu saking gede gedenya apa saking banyaknya tu ubur ubur?
profile-picture
dompetjadipeci memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Rp 15.000.000
Rp 30.000.000
takdir-dan-tanda-tangan
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.