alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d351426d439720fef38645f/mahfud-md-khilafah-bukan-dari-alquran-khilafah-ciptaan-ulama
Lapor Hansip
22-07-2019 08:40
Mahfud MD: Khilafah Bukan dari Alquran, Khilafah Ciptaan Ulama

Quote:Salatiga - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menantang siapa saja yang mampu menunjukkan sistem pemerintahan khilafah ada di dalam Alquran dan hadis. Perubahan sistem pemerintahan yang ada di Indonesia tidak bisa dilakukan secara radikal.

"Saya nantang siapa saja, di mana saja, di dalam forum yang terbuka. Yang bisa menunjukkan kepada saya, tentang adanya kholifah atau khilafah tentang adanya khilafah sebagai sistem pemerintahan, ya di dalam Alquran dan hadis. Saya katakan kalau khilafah banyak, tapi bukan dari Alquran dan alhadis. Itu adalah ciptaan para ulama berdasar kebutuhan, waktu, dan tempat masing-masing," kata Mahfud.

Hal itu ia sampaikan setelah menjadi pembicara dalam seminar nasional 'Tantangan NKRI di Tengah Penetrasi Ideologi Transnasional' di Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, Kamis (7/12/2017). Hadir sebagai pembicara dalam seminar itu Prof KH Yudian Wahyudi (Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Prof Muh Zuhri (guru besar Fakultas Syariah IAIN Salatiga).

Mahfud mengatakan 57 negara Islam yang tergabung dalam OKI menganut sistem khilafah, tapi berbeda-beda. Hal tersebut bisa berbeda karena, dalam Alquran dan hadis, sistemnya tidak diajarkan.

"Kenapa beda? Ya karena memang Alquran dan alhadis tidak mengajarkan sistemnya. Prinsipnya nilainya mengajarkan bahwa khilafah harus berkeadilan. Tapi kalau sistemnya seperti apa, tidak ada," ujar Mahfud, yang menjabat anggota Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden untuk Pembinaan Ideologi Pancasila.

Mahfud lebih jauh menyebutkan khilafah berasal dari bahasa Arab dari kata 'sistem pemerintahan'.

"Jadi jangan berpikir mau mengganti sistem yang radikal karena tidak ada di dalam Alquran dan hadis sistem yang betul-betul menurut Islam seperti apa? Tidak ada. Arab Saudi yang dikatakan negara Islam di sana banyak korupsi juga sehingga sekarang terjadi pemecatan-pemecatan di kalangan elite, katanya islam itu khilafah. Mau niru Brunei? Di Brunei mau disebut sebagai contoh kita nggak suka, di sana nggak ada parlemen. Mau niru Malaysia? Mau niru Pakistan? Jadi semua buat sendiri-sendiri," katanya.

Adapun Indonesia telah membuat sistem pemerintahan sendiri, kata Mahfud. Menurut KH Ahmad Asan Basir dan Kiai Ahmad Sidik serta Abdurrahman Wahid dari NU dan Muhammadiyah, sistem pemerintahan di Indonesia sudah kompatibel dan cocok dengan ajaran Islam.

"Bahwa banyak konflik bukan karena sistemnya, tapi orangnya. Sama di Arab Saudi korupsinya banyak, di Malaysia sama, di Pakistan sama, di negara-negara yang disebut Islam, korupsinya juga banyak, pencurinya juga banyak, kan bukan karena sistem, orang miskinnya juga banyak itu lho," tuturnya.


https://news.detik.com/berita/d-3759...-ciptaan-ulama


emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 30 lainnya memberi reputasi
31
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 8
22-07-2019 09:13
Emang harus nantang gini kok
Biar g Ada yg ngoceh lagi dibelakang ngibul pake reference g jelas emoticon-Leh Uga
profile-picture
gh20 memberi reputasi
1
22-07-2019 09:13
Nahh ini

Ane yg kata emak,sejak lahir langsung di adzani ndak pernah mendengar Khilafah sebagai rukun Islam
So...kalau ada yg bilang sebagai syariat Islam pengen ane getok jidatnya pakai palu...biar ndak cuman item tapi benjol..

Sedikit serius....khilafah dalam berbagai literatur banyak terjadi penyimpangan2,menjadi dinasti2 yg membunuh esensi Islam yakni "bumi adalah milik Tuhan" dan "di mata Tuhan derajat manusia sama" menjadi milik segelintir aristokrat berkedok agama...

Dan menurut sohib ane yg kebetulan sarjana agama
Kebanyakan penganut faham khilafah adalah islam tekstual,dgn kata lain yg memahami makna Quran dan Hadits hanya dari terjemahan...dan rata2 mereka itu memakai Arabiyah sebagai kiblat modelnya... melupakan konteks Islam sebagai jalan (panduan) hidup sosial dst...dst....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 7 lainnya memberi reputasi
8
22-07-2019 09:15
Kalau gak suka hukum buatan manusia di dunia atau bentuk negara buatan manusia dunia, ya udah pada mati aja sana biar gak ngikutin lagi hukum buatan manusia. Terserah kalau dah mati mau ngikutin hukum Tuhan apa hukum setan.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
4
22-07-2019 09:16
Prof Mahmud sangat dapat dipercaya komen nya.
Jelas beliau mumpuni ilmu agama dan tata negara nya
0
22-07-2019 09:17
Quote:Original Posted By dr.anonymous
gw yakin di forum si MMD itu juga ada yg bersimpangan, head shot sih itu pernyataan


iya pasti
yang dalam kepalanya isinya:
DEMOKRASI PRODUK BARAT DAN LAIN"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
4
22-07-2019 09:17
Quote:Original Posted By KangPri
Emang harus nantang gini kok
Biar g Ada yg ngoceh lagi dibelakang ngibul pake reference g jelas emoticon-Leh Uga


Halah... paling yg nolak khilafah walau pakai dalil2 yg jelas di cap KAPIR...
0
22-07-2019 09:18
Dari semua negara di dunia, sebutkan satu aja yg sudah pake khilafah dan menjadi makmur adanya, ada ? emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 4 lainnya memberi reputasi
5
22-07-2019 09:20
Quote:Original Posted By KangPri
Emang harus nantang gini kok
Biar g Ada yg ngoceh lagi dibelakang ngibul pake reference g jelas emoticon-Leh Uga


pakde gak mau gebuk apa kang emoticon-Embarrassment , padahal jelas banget kelompok ini nunggangin wowo kemarin emoticon-Big Grin
0
22-07-2019 09:21
gak ada video mia yg baru kah?
atau dah pensiun emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
3
22-07-2019 09:22
Ane jadi mikir kalo misal ada ulama yg kontak dengan The Grey kira2 bakal di kasih dakwah gak ya itu makhluk?
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1
22-07-2019 09:23
Noh Mr. Mahfud MD the professor sudah nantangin nih....tinggal tunggu onta2 gurun pendamba khilafah doyan poligami demi nafsu untuk datang....gua sih ragu pada berani ngadepin Mr. Professor ini....secara mereka kan pakainya nafsu doang dan gak pakai otax pakai X emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 4 lainnya memberi reputasi
5
22-07-2019 09:25
Quote:Original Posted By tanah.liat


Halah... paling yg nolak khilafah walau pakai dalil2 yg jelas di cap KAPIR...

Ndak papa
Yg ngecap kafir paling level Sudra
Level yg tololnya gak ketolong
Yg penting bosnya diajak lobsteran dulu , dibikin enak asal Mereka mau lepas piaranya, gak masalah.

Abis itu tinggal yg dibawah nya kaya orang ilang, injek satu satue. Idenya gitu kayanya, biar ntar Gak usah pemerintah, ente ente sendiri juga bisa kok nginjek gituan emoticon-Leh Uga


Quote:Original Posted By killergodnana


pakde gak mau gebuk apa kang emoticon-Embarrassment , padahal jelas banget kelompok ini nunggangin wowo kemarin emoticon-Big Grin


profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 3 lainnya memberi reputasi
4
22-07-2019 09:27
Mungkin Khalifah yang dimaksud itu adalah sistem pemerintahan Theocracy, yang mana pemerintahan dipimpin oleh ulama. Seperti di Iran. Cuma kalo kita lihat Iran juga ngak maju-maju amat. Ekonominya ancur, cuma ngandalin minyak dan negaranya perang terus. demi supremasi Syiah.
Diubah oleh Yuwen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 5 lainnya memberi reputasi
6
22-07-2019 09:28
Aku cinta khilafah
Aku cinta hizbut tahrir
Aku cinta felix siauw

Aku benci sistem demokrasi
Aku benci pemerintah
Aku benci NU dan Muhammadiyah

Ayo hijrah teman teman, banyak video YouTube mengajarkan islam
emoticon-Ngakak
profile-picture
tim2one memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
22-07-2019 09:31
Balasan post areszzjay
Hehehe, kelak beliau akan turun dari langit mengikuti risalah dari Nabi terakhir kok gan, sholat dibelakang Imam Mahdi, memimpin langsung perburuan Dajjal dan akhirnya akan memimpin dunia dengan syariat islam selama 40 tahun... itulah khilafah terakhir..
profile-picture
profile-picture
aeroholic dan areszzjay memberi reputasi
0
Lapor Hansip
22-07-2019 09:32
Balasan post salonPlusPluss
Quote:Original Posted By salonPlusPluss
usah ada yang ajakin debat blom??

kalau poligami itu ciptaan sape?


Ciptaan agama abrahamik

orang yahudi awal2ny memperbolehkan poligami
bahkan katanya nabi Musa as. punya 2 istri
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
3
22-07-2019 09:34
Paham usang yang hanya menimbulkan chaos dan civil war.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
3
22-07-2019 09:35
Pokoknya PANCASILA!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manutdloyalist dan 2 lainnya memberi reputasi
3
22-07-2019 09:38
ke Antartika aja kampretos
khalifah dengan Pinguin
karna kalo ke alien, bangsa maju aja masih dianggap primitif palagi manusia yang ke onta2an.

kali aja bisa dilatih

hiya hiya hiya

Memang Mahmud MD ini selalu jitu membahas sesuatu.
0
22-07-2019 09:39
debat sama felix entiaw bakal rame nih
profile-picture
greedaon memberi reputasi
1
Halaman 2 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.