alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2efb702f568d1607359d90/beberapa-buah-yang-bisa-agan-tanam-dengan-cara-hidroponik
Lapor Hansip
17-07-2019 17:41
Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik
Past Hot Thread

Penggemar tanaman pun sekarang bisa menanam tanaman di lahan yang terbatas Gan Sis. Bahkan kita pun bisa menanam tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Misalnya saja dengan membuat hidroponik, yaitu bercocok tanam tanpa menggunakan tanah tapi menggunakan air sebagai media tanamnya.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Hal ini pun memungkinkan Agan Sista untuk bisa bercocok tanam di rumah tanpa harus memiliki lahan yang besar. Nggak sedikit tanaman yang bisa Gan Sis tanam dengan hidroponik, terutama jenis tanaman yang bisa dikonsumsi misalnya aja buah-buahan.

Jika Agan Sista galau dengan jenis buah apa aja yang ingin kalian tanam, coba deh cek referensinya berikut ini. Siapa tahu bisa menginspirasi. Cekidot Gan Sis!

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena kandungan vitamin yang dimilikinya. Bahkan tomat memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit lho Gan Sis. Konon, tomat yang ditanam dengan hidroponik pun biasanya akan menghasilkan vitamin yang lebih baik dan rasanya pun akan lebih manis.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Stroberi

Buah satu ini pun dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Stroberi pun dapat dimanfaatkan menjadi berbagai jenis makanan, misalnya aja seperti selai, jus, kue, dan lain sebagainya. Buah stroberi memang dikenal sebagai buah yang dapat hidup di dataran tinggi. Namun jika Agan Sista menggunakan cara hidroponik, stroberi ini bisa juga ditanam di dataran rendah lho. Selain itu, tanaman stroberi hidroponik pun biasanya akan menghasilkan buah yang lebih banyak.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Semangka

Di tengah cuaca yang panas, kayaknya seger banget ya Gan Sis menikmati semangka saat matahari sedang terik-teriknya. Namun menanam semangka dengan cara hidroponik ini memerlukan perhatian khusus Gan Sis. Semangka ini pun memiliki masa panen sekitar 2-3 bulan setelah ditanam.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Blueberry

Buah satu ini masih berkeluarga dengan stroberi yang termasuk jenis buah beri. Namun jika stroberi memiliki biji-biji di luar, buah satu ini justru memiliki tekstur luar yang halus. Biasanya, untuk menanam buah satu ini memerlukan tanah dengan kondisi asam yang tinggi. Karenanya, menanam blueberry dengan cara hidroponik akan terasa lebih mudah Gan Sis.Tentunya dengan mengawasi kadar keasaman dan kecukupan air yang rutin, blueberry yang Agan Sista tanam dengan cara hidroponik akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang besar.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Melon

Buah satu ini pun rasanya segar sekali untuk dinikmati di siang hari yang terik. Sama seperti menanam semangka secara hidroponik, menanam melon dengan cara ini pun agaknya membutuhkan tempat yang cukup luas Gan Sis. Karena mengingat buat ini memiliki ukuran yang cukup besar, jadi rasanya kurang memungkinkan untuk menanamnya di tempat yang sempit.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Anggur

Anggur merupakan jenis pohon yang tumbuh secara merambat. Karena pohon dari buah ini juga termasuk cantik, anggur pun sering dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Agan Sista pun dapat menanamnya secara hidroponik. Namun untuk menanam buah anggur secara hidroponik Agan harus memastikannya agar tetap terkena sinar matahari yang cukup ya.

 

Mungkin masih banyak lagi jenis-jenis tumbuhan lain yang bisa Agan Sista tanam secara hidroponik. Misalnya aja jenis sayur-sayuran. Lumayan banget kan Gan Sis karena kita bisa mengkonsumsi sendiri apa yang sudah kita tanam. Dan hasilnya pun akan lebih terjamin karena kita mengerti seperti apa treatment yang kita lakukan saat menanam makanan kita.

Nah kalau menurut Agan Sista gimana nih, apakah ada ide lain tentang rekomendasi tanaman hidroponik ini? Atau mungkin boleh banget kalau mau sharing pengalaman saat membuat tanaman hidroponik. Komeng!





profile-picture
profile-picture
profile-picture
rifaye dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
21-07-2019 23:38
Setau ane selada bisa kok di tanam di hidroponik. Praktis bgt sih, gaperlu lahan gede kita udh bisa punya perkebunan di halaman rumah. Apalagi klo di berdayakan dgn bagus, bisa dijual jd penghasilan. Tp sayang nya media tanam hidroponik msh mahal sih harganya, jd modalnya emg cukup gede dibanding kan sm media tanam konvensional
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
22-07-2019 05:20
wah luar biasa
0
22-07-2019 08:38
mantul gan
0
22-07-2019 09:27
pengen sih buat start up nya mahal buat nanem semangka
0
22-07-2019 11:46
Mantap bre, tomat kesukaan ane emoticon-Cool sabi nih nyokap nanem disamping rumah emoticon-Toastemoticon-2 Jempol
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
22-07-2019 14:29
gemes gemes banget sama tanamannya ini
hahahaha
pengen deh punya tanaman ini semuaaaa
hehhehee
cuzz ah
0
22-07-2019 19:46
Ternyata semua itu ada ilmunya dan harus dipelajari. Kelihatanya begitu mudah untuk bercocok tanam secara hidroponik, namun ternyata banya sekali proses yang dilakukan hingga bisa menghasilkan tanaman dan juga buah yang bagus. Ane pernah bikin tempat hidroponik dari pipa paralon, setelah jadi malah nggak kepakai dan akhirnya dipakai buat gantungan bunga anggrek emoticon-Big Grin
0
23-07-2019 09:13
Dari dulu pengen banget bikin ini di teras rumah
0
23-07-2019 13:25
menarik emang make hidro gan, tapi hidro juga lumayan untuk startnya emoticon-Malu
0
23-07-2019 22:31
Wah mantaaap threadnya TS. Ane seneng bgt liatin ginian. Bikin fresh dimata gitu yakan
0
23-07-2019 22:32
Cuma hidroponik tu mahal gasih gan. Paralon dan sebagainya itu kan modalnya lumayan gede ya
0
23-07-2019 22:33
Ibu ane nih seneng banget beginian. Liat kebun dikit, liat tukang taneman pasti mampir. Pengen kalo ada duit bikinin hidroponik dah
0
24-07-2019 17:59

Quote:Original Posted By blunar
iya gan buahnya buah-buah yang imut-imut dan enak-enak emoticon-Big Grin bisa dimakan sendiri atau dijual ke tetangga jadi ga perlu ke pasar atau supermarket kalo mau makan buah ini, udah langsung ada di halaman rumah

Haha iya bener juga, tempatnya juga ga repot kan... Bisa tuh gan idenya, malah jadi penghasilan yg menguntungkan ya hehehe
0
24-07-2019 22:20
Quote:Original Posted By scoria07
Haha iya bener juga, tempatnya juga ga repot kan... Bisa tuh gan idenya, malah jadi penghasilan yg menguntungkan ya hehehe


dari sekedar hobi nih gan kalo kita cermat bisa menguntungkan
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1
27-07-2019 09:51

Quote:Original Posted By blunar
dari sekedar hobi nih gan kalo kita cermat bisa menguntungkan

Pasti gan, harus cermat, konsisten dan serius pasti jadi menguntungkan asal itu positif
profile-picture
blunar memberi reputasi
1
27-07-2019 21:46
Quote:Original Posted By scoria07
Pasti gan, harus cermat, konsisten dan serius pasti jadi menguntungkan asal itu positif


betulll... kegiatan dan usaha apapun kalo dilakuin kayak yang agan bilang pasti berbuah positive emoticon-Jempol
0
29-07-2019 22:16
makasih infonya gan! btw kalo melon bisa kira2 semangka memungkinkan juga ngga? penasaran gitu heheemoticon-Big Grin
0
29-07-2019 22:17
Quote:Original Posted By uzunyzter
Kasih tutorial cara bikinya dong?


Iyanih, jadi penasaran juga gimana bikinnya. Sama rekomendasi bahan2nya secara detail kalo bisa, biar langsung gitu hehe
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.