evywahyuni
TS
evywahyuni 
Beberapa Tips Untuk Mengantisipasi Kanker Serviks Sejak Dini, Kepoin Yuk!
Mengantisipasi Sejak Dini, Langkah Awal Menuju Sehat






Happy Reading😎

Hai ... hai, para agan dan sista sekalian. Jumpa lagi nih ma ane, oh iya ... udah lama juga ya ane gak ngetrit. Gak ada yang cariin juga sih, hehehehemoticon-Big Grinupps oot dah!

Oke kembali ke laptop! Kali ini ane mo bahas soal kanker serviks atau biasa dikenal dengan kanker leher rahim. Penderita kanker ini khusus sista lho, jadi kalo ada agan yang tertarik membacanya ane kasih jempol dah emoticon-2 Jempol soalnya tak banyak lho laki-laki yang mau tau apa itu kanker serviks, alasannya ... karena bukan penyakit buat kaum pria. Whaat?emoticon-Wow


Eeits, jangan sampai salah persepsi yaa, penyakit ini bisa saja di derita oleh wanita-wanita di sekitar kita. Bisa jadi ibu, istri, atau keluarga lainnya. So? Kita kudu lakukan tindakan preventif, untuk mencegah secara dini sebelum terjadi.

Sebelumnya ane mo ngajak agan dan sista untuk mengenal lebih jauh, kanker serviks itu modelnya yang kek gimana sih?

emoticon-Bingungemoticon-Bingung emoticon-Bingung

Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Kanker ini terjadi saat ada sel-sel di leher rahim alias serviks yang tidak normal dan berkembang terus dengan tidak terkendali. Sel-sel abnormal tersebut bisa berkembang dengan cepat sehingga mengakibatkan tumor pada serviks. Tumor yang ganas nantinya berkembang jadi penyebab kanker serviks.

Nah, baca penjelasannya udah bikin ngeri kan? Apalagi menurut data Kementrian Kesehatan paling sedikitnya ada 15000 penderita kanker jenis ini yang tersebar di seluruh Indonesia, ini yang sempat terdata lho, gimana coba dengan yang belum terdata?

Ada sekian persen wanita yang masih enggan memeriksakan dirinya ke pusat layanan kesehatan di daerahnya masing-masing. Entah takut dibilang penyakitan atau takut penyakitnya nanti akan diketahui keluarga atau orang lain. Padahal dengan melakukan tindakan pencegahan sedari dini kita bisa mengetahui dan mengambil langkah-langkah pengobatan selanjutnya, iya kan?

emoticon-nulisahemoticon-nulisahemoticon-nulisah

Ada beberapa kebiasaan-kebiasaan yang diyakini bisa mempercepat resiko terkena kanker serviks, antara lain:
- Merokok
- Hubungan seks yang dilakukan dengan berganti-ganti pasangan
- Imunosupresi, seperti HIV AIDS
- Terkena infeksi Klamidia (penyakit menular seksual)
- Kurangnya mengonsumsi makanan sehar seperti buah dan sayur
- Obesitas
- Kebiasaan menggunakan alat kontrasepsi minum atau pil KB dalam jangka waktu panjang
- Wanita yang sudah hamil dan melahirkan lebih dari 3 kali
- Hamil dan melahirkan di usia muda
- Faktor kemiskinan
- Faktor keturunan
- Usia
- Penggunaan obat Diethylstillbestrol(obat anti keguguran)

emoticon-roseemoticon-roseemoticon-roseemoticon-roseemoticon-roseemoticon-roseemoticon-roseemoticon-rose

Setelah kita mengetahui faktor-faktor penyebabnya maka untuk mengantisipasinya, ada beberapa langkah mudah yang bisa kita lakukan, yaitu :
- Melakukan pemeriksaan dini ke pusat layanan kesehatan.
- Melakukan tindakan pemeriksaan Pap Smear
- Jika Rumah sakit terlalu jauh dari lokasi tempat tinggal maka ada pula tes pemeriksaan yg sangat mudah dilakukan, namanya tes IVA (inspeksi visual dengan asam asetat), yang lebih murah dan mudah dilakukan. Tes pemeriksaan ini sedang digalakkan di setiap pelosok untuk memudahkan para wanita untuk memeriksakan kesehatan.

-Untuk yang masih berusia di bawah 26 tahun, maka bisa melakukan vaksin HPV untuk melindungi dari serangan virus HPV 16 dan HPV 18 yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel serviks secara abnormal.
- Hindari terjadinya penularan virus HPV, yaitu dengan melakukan hubungan seks yang lebih aman, misalnya tidak berganti-ganti pasangan atau bisa juga dengan menggunakan alat kontrasepsi kondom.

Quote:

emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol

Mudah kan? Jangan berkata susah sebelum melakukannya, ingat! Kesehatan jauh lebih penting dibanding dengan kekayaan, apalagi bagi kaum hawa. Kesehatan organ intim dan reproduksi harus diperhatikan baik-baik agar tidak terjadi malapetaka di kemudian hari.

Sekian dulu pembahasan soal kanker serviks ini, jangan lupa ya gansis akan satu hal, menjaga kesehatan jauh lebih penting dari mengobati jika sudah terkena.

emoticon-Angelemoticon-Angel emoticon-Angel

Quote:





Jangan lupa ini👇👇👇👇

Diubah oleh evywahyuni 01-07-2019 10:18
friya1mbak.fariissuwandi
iissuwandi dan 27 lainnya memberi reputasi
28
6K
173
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Women’s Health
Women’s Health
icon
1.4KThread•4.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.