kabar.kaburAvatar border
TS
kabar.kabur
Pangeran Charles: Ibu Risma dan Surabaya Bisa Jadi Contoh Dunia

[Suara.com/kolase]


Suara.com - Putra mahkota Inggris Pangeran Charles mengakui sistem pengelolaan sampah plastik yang dinisiasi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bisa menjadi contoh dunia.

Hal tersebut diungkapkan Pangeran Charles ketika mengundang Risma—sapaan akrab sang wali kota-- ke acara Simposium Internasional ke-9 PPI-Dunia dan Indonesian Scholars International Convention (ISIC) 2017.

Acara itu sendiri digelar para mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) cabang Britania Raya di Warwick Arts Centre, University of Warwick, Senin hingga Kamis (24-27/7/2017).

"Sistem pengelolaan sampah plastik di Surabaya bisa jadi contoh dunia," ujar Pangeran Charles kepada Risma yang diminta mempresentasikan sistem tersebut.

Risma, dalam acara tersebut, menjelaskan keberhasilannya mengubah “paras” Kota Surabaya yang dulu semerawut menjadi asri karena mereformasi pengelolaan sampah plastik.

Surabaya di bawah kepemimpinannya berhasil menjadi Kota Terbaik Se-Asia-Pasifik versi Citynet pada tahun 2012.
Kota itu juga meraih Penghargaan Kota Berkelanjutan ASEAN, dan Enviromentally Award 2012. Risma sendiri masuk Nominasi 10 wanita paling inspiratif 2013 versi Majalah Forbes pada tahun 2013.

Selain itu, Surabaya juga meraih dua kategori penghargaan tingkat Asia-Pasifik dalam ajang FutureGov Award 2013, yakni data center melalui Data Center Pemerintah Kota Surabaya dan Data Inclusion melalui Broadband Learning Center (BLC). Menyingkirkan 800 kota di Asia-Pasifik.

Sementara Taman Bungkul Surabaya, mendapatkan penghargaan tahun 2013 The Asian Townscape Award dari PBB. Sedangkan Risma mendapatkan penghargaan Mayor of the Month sebagai wali kota terbaik pada Februari 2014.

Ia juga mendapatkan penghargaan Socrates Award kategori Future City dari European Business Assembly (EBA) pada April 2014.



https://m.suara.com/news/2017/07/25/...i-contoh-dunia


davecchio
rizaradri
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.1K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.