red1302
TS
red1302
FaceApp, Aplikasi Viral yang Mengandung Bahaya

Beberapa hari belakangan ini muncul sebuah tren dengan hastag #AgeChallenge yang membuat timeline media sosial penuh dengan orang-orang tua.

Ternyata penyebab dari banyaknya orang tua di timeline kita adalah sebuah aplikasi bernama FaceApp yang memungkinkan penggunanya mengubah wajahnya dengan berbagai macam filter yang tersedia di aplikasi ini.

Sekilas hal tersebut terdengar menyenangkan dan tidak memiliki masalah sama sekali. Padahal, ternyata ada hal berbahaya yang ada dibalik aplikasi ini.

Kenapa dibilang berbahaya?

Ternyata aplikasi FaceApp dapat menyebarkan dan bahkan menjual foto penggunanya untuk tujuan komersil meskipun foto tersebut telah dihapus dari ponsel kita dan kita telah menguninstall aplikasi ini.

Hal ini telah dituliskan pada bagian terms and condition yang biasanya jarang dibaca oleh para pengguna smartphone.

Ada sebuah bagian yang menyatakan bahwa dengan menginstall FaceApp artinya kalian telah setuju untuk menyerahkan foto yang kalian buat lewat aplikasi tersebut kepada developernya.

Tidak hanya sampai menyimpan saja, ternyata FaceApp juga berhak melakukan apapun kepada foto kalian bahkan untuk kebutuhan komersial sekalipun tanpa perlu persetujuan kalian sebagai orang yang ada di foto.

Berita ini baru diketahui setelah maraknya orang menggunakan aplikasi yang satu ini dan mengupload foto mereka di media sosial untuk meramaikan #AgeChallenge.

Tentunya hal ini membuat banyak orang khawatir data pribadi mereka berupa foto bisa disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Kasus ini mengajarkan kita para pengguna untuk selalu mengecek apa saja izin yang diminta oleh aplikasi sebelum kita memasangnya sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti pada kasus yang sedang ramai diperbincangkan ini.

Jadi selalu cek ya izin yang diminta sebelum menyesal.

Sekian artikel dari ane kalau kalian suka dengan artikel ini jangan lupa kasi ane cendol emoticon-Toast dan rate 5emoticon-Rate 5 Star.

Share juga artikel ini ke temen-temen kalian biar mereka tau bahaya menggunakan aplikasi secara sembarangan.


jokoariyanto
jokoariyanto memberi reputasi
1
1.7K
17
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.