alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2efb702f568d1607359d90/beberapa-buah-yang-bisa-agan-tanam-dengan-cara-hidroponik
Lapor Hansip
17-07-2019 17:41
Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik
Past Hot Thread

Penggemar tanaman pun sekarang bisa menanam tanaman di lahan yang terbatas Gan Sis. Bahkan kita pun bisa menanam tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Misalnya saja dengan membuat hidroponik, yaitu bercocok tanam tanpa menggunakan tanah tapi menggunakan air sebagai media tanamnya.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Hal ini pun memungkinkan Agan Sista untuk bisa bercocok tanam di rumah tanpa harus memiliki lahan yang besar. Nggak sedikit tanaman yang bisa Gan Sis tanam dengan hidroponik, terutama jenis tanaman yang bisa dikonsumsi misalnya aja buah-buahan.

Jika Agan Sista galau dengan jenis buah apa aja yang ingin kalian tanam, coba deh cek referensinya berikut ini. Siapa tahu bisa menginspirasi. Cekidot Gan Sis!

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena kandungan vitamin yang dimilikinya. Bahkan tomat memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit lho Gan Sis. Konon, tomat yang ditanam dengan hidroponik pun biasanya akan menghasilkan vitamin yang lebih baik dan rasanya pun akan lebih manis.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Stroberi

Buah satu ini pun dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Stroberi pun dapat dimanfaatkan menjadi berbagai jenis makanan, misalnya aja seperti selai, jus, kue, dan lain sebagainya. Buah stroberi memang dikenal sebagai buah yang dapat hidup di dataran tinggi. Namun jika Agan Sista menggunakan cara hidroponik, stroberi ini bisa juga ditanam di dataran rendah lho. Selain itu, tanaman stroberi hidroponik pun biasanya akan menghasilkan buah yang lebih banyak.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Semangka

Di tengah cuaca yang panas, kayaknya seger banget ya Gan Sis menikmati semangka saat matahari sedang terik-teriknya. Namun menanam semangka dengan cara hidroponik ini memerlukan perhatian khusus Gan Sis. Semangka ini pun memiliki masa panen sekitar 2-3 bulan setelah ditanam.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Blueberry

Buah satu ini masih berkeluarga dengan stroberi yang termasuk jenis buah beri. Namun jika stroberi memiliki biji-biji di luar, buah satu ini justru memiliki tekstur luar yang halus. Biasanya, untuk menanam buah satu ini memerlukan tanah dengan kondisi asam yang tinggi. Karenanya, menanam blueberry dengan cara hidroponik akan terasa lebih mudah Gan Sis.Tentunya dengan mengawasi kadar keasaman dan kecukupan air yang rutin, blueberry yang Agan Sista tanam dengan cara hidroponik akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang besar.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Melon

Buah satu ini pun rasanya segar sekali untuk dinikmati di siang hari yang terik. Sama seperti menanam semangka secara hidroponik, menanam melon dengan cara ini pun agaknya membutuhkan tempat yang cukup luas Gan Sis. Karena mengingat buat ini memiliki ukuran yang cukup besar, jadi rasanya kurang memungkinkan untuk menanamnya di tempat yang sempit.

Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Anggur

Anggur merupakan jenis pohon yang tumbuh secara merambat. Karena pohon dari buah ini juga termasuk cantik, anggur pun sering dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Agan Sista pun dapat menanamnya secara hidroponik. Namun untuk menanam buah anggur secara hidroponik Agan harus memastikannya agar tetap terkena sinar matahari yang cukup ya.

 

Mungkin masih banyak lagi jenis-jenis tumbuhan lain yang bisa Agan Sista tanam secara hidroponik. Misalnya aja jenis sayur-sayuran. Lumayan banget kan Gan Sis karena kita bisa mengkonsumsi sendiri apa yang sudah kita tanam. Dan hasilnya pun akan lebih terjamin karena kita mengerti seperti apa treatment yang kita lakukan saat menanam makanan kita.

Nah kalau menurut Agan Sista gimana nih, apakah ada ide lain tentang rekomendasi tanaman hidroponik ini? Atau mungkin boleh banget kalau mau sharing pengalaman saat membuat tanaman hidroponik. Komeng!





profile-picture
profile-picture
profile-picture
rifaye dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 6
20-07-2019 17:33
Quote:Original Posted By nazua
Durian bisa pake cara hydroponik gak?


kalo bisa mah ane mau sist, nanem di dalem rumah biar wangi duren rumahnya emoticon-Embarrassment
0
20-07-2019 17:34
ane baru tau sih kalo nanem dengan cara hidroponik bisa buat tanaman buah-buahan juga, kalo kayak gini mah enak dong ya bisa berkebun di rumah sendiri tanpa perlu banyak lahan

kalo taneman biasa ane udah sering liat
profile-picture
scoria07 memberi reputasi
1
20-07-2019 18:38
mari berkebun....urban farming...
0
20-07-2019 18:53
jadi tertarik u mencoba..kira2 buat belajar apa yg baik u ditanam yg ga bakal gagal u dirumah gan
0
20-07-2019 19:28
pohon jengkol bisa, gan??
0
20-07-2019 19:29
ane dan istri skr ini sedang menggalakkan program menanam di rumah gan.
jd konsepnya adalah, bagian depan (yang terekspos) khusus tanaman hias, sementara hidden areas (samping dan belakang) adalah tanaman2 konsumsi sehari-hari : cabe, tomat, seledri, bayam, dan tanaman herbal lainnya.

keunggulan melakukan gerakan menanam adalah, selain lebih terjamin kualitas pangan, dan juga rumah jadi lebih adem, harum dan asri.
0
20-07-2019 19:35
nenek ane yang punya hobi ini depan rumah penuh dengan berbagai tanaman sampai cahaya matahari sulit untuk masuk.
0
20-07-2019 20:25
pengen sih..tapi belum sempet belajar/beli bukunya emoticon-Matabelo
0
20-07-2019 20:34
Quote:Original Posted By nazua
Durian bisa pake cara hydroponik gak?


Bisa. Bikin ngambang di kali
0
20-07-2019 20:56
Kebetulan rumah ane baru tumbuh anggur ,bisa di coba nih emoticon-Shakehand2
0
20-07-2019 21:44
ditambahin tips2 cara penanaman ma peraeatan dong gan.
0
20-07-2019 21:48
Nice info gan... Wah enak ya hydroponik stroberi, tapi bisa bisa abis dimakan sendiri sih haha emoticon-Ngakak
0
20-07-2019 21:50

Quote:Original Posted By blunar
ane baru tau sih kalo nanem dengan cara hidroponik bisa buat tanaman buah-buahan juga, kalo kayak gini mah enak dong ya bisa berkebun di rumah sendiri tanpa perlu banyak lahan

kalo taneman biasa ane udah sering liat

Iya sama gan... Biasanya cuma taneman ya gan, baru tau kalau buah2an juga,bisa buah yg enak lagi kyk stroberi hahaha
0
20-07-2019 21:52


Quote:Original Posted By achmad526
melon sama semangka kalo ditanam secara hidroponik apa bisa rasa manis nya seperti ditanam pada lahan sawah gan ?? secara kalo panen semangka atau melon pas musim hujan,, kecenderungan buah nya gak bisa kesat,, buah nya berair dan kurang begitu maniss

Nah iya ya, kalai hidroponik bakal ngaruh ke rasa ga ya gan? Atau mungkin sama aja rasanya
0
20-07-2019 21:54
kreatif memanfaatkan lahan
0
20-07-2019 22:05
Quote:Original Posted By nazua
Durian bisa pake cara hydroponik gak?


Nanti tak coba, kali bisa
0
20-07-2019 22:24
berapa sih modalnya buat bikin kebun hydro? ane suka banged nih nanem cabe sejenisnya gitu,ane sih mamfaatin pekarangam rumah aja walopun sempit,di teras samping tiba2 numbuh pohon terong,truz tiba2 juga ada labu numbuh diantara tanaman jahe,truz juga ada anakan jeruk numbuh sendiri juga,gak tw itu jeruk apa,dan juga bayem. Perasaan ane gak pernah nanem tw2 numbuh aja. Mint ane sudah kembali numbuh batangnya menjalar panjang,setelah sebelumnya di roundup sama landlord dia kira rumput liar,syukur ada yg luput karena nyempil tumbuh diantara lengkuas dan masih bisa di selamatkan.
0
20-07-2019 22:31
kalau kacang, bisa kagak gan? #seriusnanyajangandibully
0
20-07-2019 22:39
Blueberry sama gowok tu sama apa beda ya?
0
20-07-2019 22:42
BuAhmad
0
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.