moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
Game-game Android yang Lo Nggak Tahu Ternyata Lo Butuhkan



Ada orang-orang yang main Mobile Legend, ada orang-orang yang main PUBG. Tapi gue nggak seperti orang-orang itu, gue nggak suka main game-game itu di handphone. Buat gue, game kayak Mobile Legend dan PUBG terlalu ribet. Memang gue basically bukan orang yang hobi main game sih. Entah itu game konsol ataupun game mobile. Tapi bukan berarti gue nggak suka main. Tentu saja kadang-kadang main game di handphone menjadi salah satu hiburan juga buat gue. Ketika seluruh dunia terasa sangat membosankan dan media sosial isinya orang-orang yang pamer pencapaian dalam kehidupan mereka, game mobile gini salah satu cara untuk lari dari kenyataan.

Karena gue bukan tipe orang yang hobi main game mobile, nggak terlalu banyak aplikasi game yang gue instal di handphone gue. Tapi ada satu momen ketika gue akhirnya memutuskan untuk download Candy Crush dan addict banget sama game ini. Wah ini sih game tipe gue banget. Game yang nggak usah mikir dan nggak seribet kayak main Mobile Legend dan PUBG.

(Ribet menurut gue ya jadi simpan dulu argumenmu itu).

Dari situ gue kemudian mulai browsing-browsing game ringan setipe yang mungkin juga akan cocok gue mainkan. Sampai akhirnya malah jadi nggak cuma nemu game Android saja, tapi malah nemu emulator game-game NES (Nintendo Entertainment System) dan SNES (Super Nintendo Entertainment System) yang menyediakan permainan-permainan jadul yang pernah gue mainkan pas masih bocah dulu.

Ini gue kasih beberapa daftar game yang awalnya gue pikir gue nggak butuh, tapi ternyata beneran gue butuh game-game kayak gini (dan mungkin lo juga butuh) (semua game ini free di Google PlayStore):

1. Superstar SMTOWN



Buat yang nggak suka KPop terlebih lagi nggak suka artis-artis dari manajemen SM Entertainment mungkin nggak akan tertarik untuk main game ini. Tapi karena gue memang anaknya suka KPop dan suka banget sama artis-artis dari SM Entertainment kayak SNSD, SHINee, EXO, f(x), Super Junior, Red Velvet, NCT, BoA, dan TVXQ, jadi ini adalah game yang nggak cuma bisa menyalurkan hasrat ingin bermain game gue, tapi juga sambil spazzing dan fanboying.

Superstar SMTOWN ini cara mainnya sangat sederhana. Lo hanya tinggal memilih lagu yang ingin lo mainkan (lagu-lagunya dari artis-artis yang gue sebutkan di atas), lalu mengikuti ritme tap yang muncul di layar. Tombol biru untuk di tap satu kali, tombol kuning untuk di tap dan ditahan mengikuti garis dan polanya. Kurang lebih kayak main Guitar Heroes gitulah.



Gue udah main ini sejak 2014 dan sekarang sudah makin banyak koleksi lagunya. Di awal main kita akan dimodalin kartu-kartu per artis. Kartu-kartu ini ada levelnya dari C, B, A, S, dan R. C paling rendah dan R paling tinggi. Kartu-kartunya bisa di-upgrade dengan cara dikimpoikan satu sama lain. Yang nyebelin dari game Superstar SMTOWN ini adalah sistem kartunya sih. Karena terlalu banyak jenis dan tipe jadi ribet untuk mengumpulkan satu tipe kartu. Mengingat skor kita akan jadi lebih banyak setiap kali main kalau kartu kita setipe.

Selain lagu-lagu dari SMTOWN, game dari developer Dalcom Soft. ini juga punya variasi lain seperti Superstar BTS, Superstar JYP, dan Superstar Pledis.

2. ClassicGames



Gue nggak sengaja melihat teman kantor sedang main SuperMario Bros di Android-nya suatu hari dan gue kepoin ternyata dia main dari aplikasi Android bernama ClassicGames ini. Aplikasi ini semacam emulator untuk permainan-permainan yang dulu biasa kita mainkan di konsol seperti NES dan SNES. Tapi nggak cuma itu, emulator ini juga punya koleksi game dari GameBoy Advance, Nintendo64, sampai PSP. Tapi yang bikin gue tertarik untuk instal aplikasi ini sebenarnya cuma SuperMario Bros.



Seru aja gitu rasanya memainkan game ini setelah sekian lama nggak pernah pegang konsol NES yang dulu pernah punya. Sekalian nostalgia dengan easter egg yang ada di setiap level juga. Karena gue nggak jago mainnya, gue jadi suka cepat mati gitu. Untungnya ClassicGames punya fitur saving game di titik di mana pun dan setiap kali mati kita bisa load game yang sudah di-save di titik itu jadi nyawa akan aman terus sampai akhir. HEHE.

3. Solitaire

Kalau lo pernah hidup di zaman Windows 98 dan Windows XP lo pasti suatu kali pernah main game kartu remi bernama Solitaire. Game ini selalu ada di bagian Accessories di Start Menu. Solitaire adalah game puzzle solving di mana kita harus mengurutkan kartu remi dari 2 hingga As. Kalau di Windows game ini punya aplikasi sendiri, tapi versi Android-nya di satu aplikasi kita bisa memainkan banyak jenis game dari kartu remi.



Microsoft merilis versi Android dari Solitaire yang di dalamnya kita bisa main Freecell dan Spider Solitaire. Konsep game-nya masih sama sih puzzle solving gitu. Tapi masing-masing punya cara main dan berbeda juga tantangan yang berbeda juga.

Gue dulu suka banget main ini di Windows dan ternyata memainkan versi Android-nya sama-sama adiktif! Game ini paling enak dimainkan pas lagi di pesawat atau lagi dalam perjalanan karena bisa dimainkan offline tanpa internet. Tapi kalau tersambung koneksi internet, kita bisa menyimpan status permainan dan statistik permainan kita.

4. 2048



Gue nggak pernah tahu ada game bernama 2048 sampai salah satu member grup KPop kesukaan gue main ini dan posting hasil game-nya ke Instagram. Gue pun ikut instal dan ikutan main. Walaupun kelihatannya mudah, tapi game ini butuh strategi juga. Cara mainnya gampang, kita disediakan kotak-kotak dengan angka kecil mulai dari 2 hingga 4. Kita diharuskan menggeser kotak itu dan "menabrakkannya" ke kotak dengan angka yang sama, yang kemudian akan berubah jadi angka lebih besar (dikali dua).

Jadi kalau 2 ditabrakin ke 2 akan jadi 4, dan begitu seterusnya.

Misinya adalah kita harus menabrakkan kotak-kotak itu satu sama lain sampai kita mendapatkan angka 2048. Di situlah game berakhir dan loe keluar sebagai pemenang.

Sekarang ada versi yang berbeda dari 2048. Kita bisa memilih ukuran kotak puzzle mulai dari yang kecil (3 x 3), klasik/reguler (4 x 4), sampai yang besar (8 x 8). Kotak 8 x 8 menawarkan permainan unlimited jadi misinya bukan lagi mencari angka 2048 tapi angka sebesar-besarnya.

5. Tetris

Dari zaman main gimbot sampai main di NES, game ini nggak pernah membosankan buat gue. Ini adalah salah satu game klasik yang kapanpun lo mainkan, lo akan tetap bisa menikmatinya dan pada akhirnya addict. Sekarang Tetris keluar dalam banyak banget versi (namanya pun beda-beda karena Tetris sendiri adalah trademark jadi kadang namanya jadi Block game atau apa gitu).



Belum lama ini gue instal game Tetris yang dikeluarkan oleh EA Games. Walaupun gue lebih suka grafis sederhana (yang kayak di gimbot itu) dan nggak perlu mode-mode berlebihan kayak yang ditawarkan oleh versi EA Games ini, tapi gue tetap bisa menikmati mainnya dan malah sekarang ketagihan.

Kalau lo gimana GanSis? Ada game-game yang lo awalnya nggak kepikiran lo akan  butuh, eh malah main terus, gitu nggak? Nanti gue masukin ke Thread rekomendasi kalian.

Jangan rekomendasiin AOV, ML sama PUBG ya tapi. HAHAHAHAHAHHA.
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
3.1K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.