alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d32bf08a7276804ff34ea00/puluhan-rumah-sakit-di-medan-diduga-selewengkan-dana-bpjs-kesehatan
Lapor Hansip
20-07-2019 14:13
Puluhan Rumah Sakit di Medan Diduga Selewengkan Dana BPJS Kesehatan
Puluhan Rumah Sakit di Medan Diduga Selewengkan Dana BPJS Kesehatan
ilustrasi rumah sakit. Shutterstock/sfam_photo


PERISTIWA | 20 Juli 2019 06:27
Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara mengusut dugaan terjadinya penyimpangan yang dilakukan rumah sakit swasta dan klinik di Medan melalui klaim dana BPJS Kesehatan bagi masyarakat.

"Tim Intelijen Kejati Sumut tahun 2019 ini telah menemukan permainan yang dilakukan salah satu rumah sakit swasta di Medan dan kasus tersebut sedang diselidiki Aspidsus Kejati Sumut," kata Asintel Kejati Sumut, Leo Simanjuntak di sela-sela memperingati Hari Bakti Adhyaksa ke-59 di Kejati Sumut, Jumat (19/7) seperti dilansir Antara.

Penyimpangan dana BPJS tersebut, menurut dia, diduga melibatkan puluhan rumah sakit swasta. Namun yang baru terbongkar baru satu rumah sakit yang beroperasi di Kota Medan, Ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

"Padahal rumah sakit di Medan diperkirakan ada puluhan unit. Jika satu rumah sakit saja merugikan keuangan miliaran rupiah dan berapa puluh miliar rupiah kebocoran uang negara," ujarnya .

Ia menyebutkan, penyimpangan klaim dana BPJS Kesehatan itu berupa klaim biaya menginap di rumah sakit, biaya obat, biaya perawatan dokter, pemeriksaan dan lainnya.

"Saat ini, Tim Aspidsus Kejati Sumut tengah melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus yang merugikan masyarakat dan negara," kata dia.

Ia menjelaskan, temuan Intelijen Kejati Sumut, dari tahun 2014 sampai 2018 potensi kerugian negara mencapai Rp5 miliar untuk satu rumah sakit.

"Saya minta kepada rumah sakit maupun klinik agar tertib dan jangan melakukan penyimpangan," katanya.

(mdk/eko)

https://www.merdeka.com/peristiwa/pu...bpjs-kesehatan
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
20-07-2019 14:25
gak heran
0
20-07-2019 14:28
Quote:Original Posted By ssdestroyer
gak heran


emoticon-Matabelo
0
20-07-2019 14:30
emoticon-2 Jempol
0
20-07-2019 14:31
pasien fiktif gt ya?
profile-picture
winner4016 memberi reputasi
1
Lihat 2 balasan
20-07-2019 14:48
Woiii BPLN masih satu pengkolan.
0
Lapor Hansip
20-07-2019 14:51
Balasan post putrie.tidoer
Quote:Original Posted By putrie.tidoer
pasien fiktif gt ya?


iya gan, banyak admin di RS seluruh indonesia bahkan sampai klinik mainan data pasien, yang datang 10 orang dimasukan 20 karena tidak ada system yang mengawasi. coba kartu BPJS difungsikan sepenuhnya sampai riwayat pasien tentu agak mengurangi kebocoran BPJS.

ane aja ogah ikutan BPJS, mending ane punya kartu pajak
profile-picture
profile-picture
anaklayangan23 dan wen12691 memberi reputasi
2
Lapor Hansip
20-07-2019 14:56
Balasan post pgcililitan
weleh.. lha ini baru satu.. kalau seluruh indonesia??
ane pake bpjs gan.. soalnya emak bapak udah lansia. kalau sakit2 bisa dicover. udah berkali2 ketolong lah ma bpjs. yg agak mubazir bpjs tk. entah ga jelas tuh sistem
profile-picture
profile-picture
profile-picture
winner4016 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
20-07-2019 15:00
Quote:Original Posted By pgcililitan


iya gan, banyak admin di RS seluruh indonesia bahkan sampai klinik mainan data pasien, yang datang 10 orang dimasukan 20 karena tidak ada system yang mengawasi. coba kartu BPJS difungsikan sepenuhnya sampai riwayat pasien tentu agak mengurangi kebocoran BPJS.

ane aja ogah ikutan BPJS, mending ane punya kartu pajak


sekarang pakai scan sidik jari gan,belum semuanya begitu kedepannya moga semuanya.

moga nanti peluang main-main bisa makin ditutup.
profile-picture
pgcililitan memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
20-07-2019 15:00
gotham emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai
0
Lapor Hansip
20-07-2019 15:10
Balasan post sukhoivsf22
Quote:Original Posted By sukhoivsf22


sekarang pakai scan sidik jari gan,belum semuanya begitu kedepannya moga semuanya.

moga nanti peluang main-main bisa makin ditutup.


syukur kalau begitu, lebih mantaf lagi kalau disertakan riwayat pasien termasuk obat2nya sehingga penanganan medis selanjutnya bisa lebih detil dan mengurangi malpraktek, karena tim medis ada yang mengawasi secara tidak langsung dan lebih berhati-hati dalam penanganannya
0
20-07-2019 15:12
BPJS biasanya disalahin mulu karena tekor..
Padahal Faskes2nya yg nyolong uang negara
beuhh
0
20-07-2019 15:14
Usut tuntas
0
20-07-2019 15:53
Medan lagi
Gx pernah denger berita positif
emoticon-Nohope
0
20-07-2019 15:56
Ada celah nya kah buat manfaat in dana bpjs. Kecolongan lagi nih
0
20-07-2019 15:59
Sekarang perpanjang ijin usaha di tempat ane wajib ikut BPJS kesehatan untuk semua karyawan. Jd jengkel juga klo dananya d selewengin kyk gini
profile-picture
anaklayangan23 memberi reputasi
1
20-07-2019 16:47
Lumrah ini mah. Ane pernah nemenin bokap cabut gigi pake bpjs eh nyampe sana malah disuruh nginep dulu 3 hari dengan alasan supaya lebih steril giginya setelah itu baru dicabut.Kebayang ga gan biaya klaim cabut gigi bokap ane yg dilaporkan dokternya ke bpjs brpa? padahal kan biasanya cabut gigi itu cuma disuntii bius habis itu cabut lah ini malah disuruh nginep haha
0
20-07-2019 16:48
Gw lebih suka bayar bpjs, gak mau make nya emoticon-Big Grin
0
20-07-2019 17:02
oOo, coba angkat, apa sebabnya bisa begitu?
0
20-07-2019 19:02
Biasanya itu mainnya di durasi rawat inap
0
20-07-2019 19:17
Ada asuransi kesehatan lain selain bpjs gak, yg recomended?
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.