• Beranda
  • ...
  • Tanaman
  • Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

msa0404Avatar border
TS
msa0404
Beberapa Buah yang Bisa Agan Tanam dengan Cara Hidroponik

Penggemar tanaman pun sekarang bisa menanam tanaman di lahan yang terbatas Gan Sis. Bahkan kita pun bisa menanam tanaman tanpa menggunakan tanah sebagai media tanam. Misalnya saja dengan membuat hidroponik, yaitu bercocok tanam tanpa menggunakan tanah tapi menggunakan air sebagai media tanamnya.





Hal ini pun memungkinkan Agan Sista untuk bisa bercocok tanam di rumah tanpa harus memiliki lahan yang besar. Nggak sedikit tanaman yang bisa Gan Sis tanam dengan hidroponik, terutama jenis tanaman yang bisa dikonsumsi misalnya aja buah-buahan.

Jika Agan Sista galau dengan jenis buah apa aja yang ingin kalian tanam, coba deh cek referensinya berikut ini. Siapa tahu bisa menginspirasi. Cekidot Gan Sis!


Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena kandungan vitamin yang dimilikinya. Bahkan tomat memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit lho Gan Sis. Konon, tomat yang ditanam dengan hidroponik pun biasanya akan menghasilkan vitamin yang lebih baik dan rasanya pun akan lebih manis.


Stroberi

Buah satu ini pun dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Stroberi pun dapat dimanfaatkan menjadi berbagai jenis makanan, misalnya aja seperti selai, jus, kue, dan lain sebagainya. Buah stroberi memang dikenal sebagai buah yang dapat hidup di dataran tinggi. Namun jika Agan Sista menggunakan cara hidroponik, stroberi ini bisa juga ditanam di dataran rendah lho. Selain itu, tanaman stroberi hidroponik pun biasanya akan menghasilkan buah yang lebih banyak.


Semangka

Di tengah cuaca yang panas, kayaknya seger banget ya Gan Sis menikmati semangka saat matahari sedang terik-teriknya. Namun menanam semangka dengan cara hidroponik ini memerlukan perhatian khusus Gan Sis. Semangka ini pun memiliki masa panen sekitar 2-3 bulan setelah ditanam.


Blueberry

Buah satu ini masih berkeluarga dengan stroberi yang termasuk jenis buah beri. Namun jika stroberi memiliki biji-biji di luar, buah satu ini justru memiliki tekstur luar yang halus. Biasanya, untuk menanam buah satu ini memerlukan tanah dengan kondisi asam yang tinggi. Karenanya, menanam blueberry dengan cara hidroponik akan terasa lebih mudah Gan Sis.Tentunya dengan mengawasi kadar keasaman dan kecukupan air yang rutin, blueberry yang Agan Sista tanam dengan cara hidroponik akan tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang besar.


Melon

Buah satu ini pun rasanya segar sekali untuk dinikmati di siang hari yang terik. Sama seperti menanam semangka secara hidroponik, menanam melon dengan cara ini pun agaknya membutuhkan tempat yang cukup luas Gan Sis. Karena mengingat buat ini memiliki ukuran yang cukup besar, jadi rasanya kurang memungkinkan untuk menanamnya di tempat yang sempit.


Anggur

Anggur merupakan jenis pohon yang tumbuh secara merambat. Karena pohon dari buah ini juga termasuk cantik, anggur pun sering dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Agan Sista pun dapat menanamnya secara hidroponik. Namun untuk menanam buah anggur secara hidroponik Agan harus memastikannya agar tetap terkena sinar matahari yang cukup ya.

 

Mungkin masih banyak lagi jenis-jenis tumbuhan lain yang bisa Agan Sista tanam secara hidroponik. Misalnya aja jenis sayur-sayuran. Lumayan banget kan Gan Sis karena kita bisa mengkonsumsi sendiri apa yang sudah kita tanam. Dan hasilnya pun akan lebih terjamin karena kita mengerti seperti apa treatment yang kita lakukan saat menanam makanan kita.

Nah kalau menurut Agan Sista gimana nih, apakah ada ide lain tentang rekomendasi tanaman hidroponik ini? Atau mungkin boleh banget kalau mau sharing pengalaman saat membuat tanaman hidroponik. Komeng!


Spoiler for sumber:



ceuhetty
lubangkaca
bejosegerwaras
bejosegerwaras dan 25 lainnya memberi reputasi
26
18.3K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tanaman
TanamanKASKUS Official
3.9KThread2.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.