alexa-tracking
Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.71 stars - based on 14 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d315017c820842ad454978e/menolak-lupa-permainan-anak-90an-yang-bikin-kangen
Lapor Hansip
19-07-2019 12:07
Menolak Lupa Permainan Anak 90'an Yang Bikin Kangen
Past Hot Thread
Menolak Lupa Permainan Anak 90'an Yang Bikin Kangen
Selamat siang agan sista Kaskuser yang terkeren, terkece dan ter smart. Terimakasih telah nongkrongin thread ane.

Sebelum lanjut baca, jangan ragu untuk follow mamaproduktif agar agan dan sista semua tidak ketinggalan update thread dari ane.

Agan dan sista siang ini ane pengen share tentang Menolak Lupa Permainan Anak 90'an Yang Bikin Kangen.

Buat anak 90'an pasti kangen sama permainan tradisional yang bakalan ane bahas dibawah ini. Kuy langsung ajah

Quote:
1. Boi-boian
foto

Permainan ini biasanya menggunakan pecahan genteng kecil-kecil atau batu berbentuk pipih dan bola kasti, jika tak punya bola kasti biasanya menggunakan kertas di gulung-gulung yang diikat dengan karet.

Permainan ini biasanya 10 orang dibagi dua kelompok. Kelompok pertama penyusun genteng piramida dan yang lain kelompok penembak bola.

Awal permainan ini dengan merobohkan susunan piramida genteng lalu kelompok penembak bola langsung mengambil bola untuk dikenai ke penyusun, jika bola mengenai ke salah satu orang kelompok penyusun piramida maka ia tidak boleh ikut main menyusun genteng lagi. Ia hanya sebagai penonton yang menyemangati saja.

Ane inget tuh, saking gugupnya mau menata kenteng agar tersusun rapi lihat teman kena lempar bola lawan akhirnya roboh lagi tuh susunan gentengnya.

Jika berhasil menyusun genteng maka kelompok yang berhasil akan berkata "boi-boi".

Dengan melakukan permainan ini bisa saling mensupport satu sama lain, saling mengerti dan yang pasti bisa berolahraga karena lari menghindar dari lawan dan lari cepat buat nyusun genteng.

2. Damdas
foto

Damdas 16 batu ini biasanya menggunakan batu atau kerikil yang berbeda dengan lawan. Inti permainan ini adalah siapa yang bisa sampai di gunungan dialah pemenangnya serta pihak lawan tidak memiliki batu atau kerikil untuk dijalankan.

Para pemain bisa menjalankan batu nya maju ke depan, ke belakang, ke kiri dan kanan. Kalau menurut ane awal permulaan buat mengenal catur ya dari damdas 16 batu ini hehehehe, walaupun emang beda sih letaknya.

3. Benteng-bentengan


Permainan ini dimainkan berkelompok, salah satu anggotanya mempunyai tugas berbeda, ada yang bertugas menyerang, menyelamatkan teman yang disandera kelompok lawan, dan menjaga benteng agar tidak direbut lawan.

Tiap kelompok diwakili satu pemain maju ke depan yaitu menyerang kelompok lain. Jika sang penyerang kalah atau kena ditangkap lawan maka ia akan menjadi tahanan dengan di sandera lawan.

Pemain yang lain harus bisa menyelamatkan teman yang disandera tersebut. Disisi lain teman satu kelompok harus menjaga benteng agar tidak direbut oleh lawan, semakin banyak teman yang kena sandera maka semakin sedikit peluang untuk menang karena tidak ada yang jaga benteng.
Nah, jika benteng berhasil direbut itulah kelompok yang menang.

Permainan ini tidak dibatasi waktu bahkan sampai mau maghrib ajah belum kelar ampe dipanggilin si emak suruh pulang.

4. Kartu Gambar

foto
Masih ingat gak dengan kartu gambar seperti ini? Permainan dengan menggunakan kartu gambar ini banyak jenisnya ada yang bandaran, tepuk gambar, kiyu-kiyu, main pasang atau pasang roti dan selebaran.

Ane kasih contoh permainan 'bandaran', di daerah lain mungkin berbeda lagi nama permainan ini.

Biasanya terdiri dari bandar 1 orang (istilah untuk yang mempunyai kartu gambar terbanyak) dan peserta yang lain tergantung ada yang 5 orang bahkan lebih.

Nah, cara mainnya adalah si pemain memasang kartu gambar relatif tergantung pemain mau pasang berapa, lalu bandar mengocok kartunya untuk dibagikan ke bagian bandar dan bagian pemain.

Jika kartu nya nomer yang keluar bagus lebih besar nomer kartu dari bandar maka pemain akan mendapatkan tambahan kartu gambar dari bandar sesuai jumlah kartu yang dipasang dari awal.

Dan jika pemain mendapatkan nilai kartu yang diputar dua kali lebih kecil dibandingkan bandar maka kartu gambar pemain akan diambil atau ditarik oleh bandar jadi milik bandar.

Istilah yang terkenal saat main kartu gambar ' bandaran' ini adalah:
Angka 10 sama dengan 0 (kosong) : angka jebot atau apes, angka 9 itu Kiyu nomer paling hoki dan angka 8 itu Phe.
Sisa angka yang lain tidak ada istilah yang begitu berarti.

5. Bongkar Pasang
foto

Bongkar pasang kalau di tempat ane namanya BP-BPan atau orang-orangan.
Ini mainan paling favorit saat itu sebagai cewek. Secara kalau saat hujan gak bisa keluar rumah jadi mainnya itu ajah.
Ane koleksi bongkar pasang ini ampe banyak banget entah berapa puluh. Harga satu bongkar pasang ini Rp. 50,-.

Kadang, sampai pernah beli jauh dari mamang jualan mainan anak di ujung desa tempat ane tinggal. Untuk mendukung properti main bongkar pasang ini biasanya pakai tempat bekas rokok untuk tempat tidurnya dan bekas korek api kayu untuk kursinya.

Sebenarnya masih banyak permainan yang dulu sering ane mainkan bersama teman-teman. Namun, ane ringkas menjadi 5 permainan favorit.



Sekian thread ane kali ini tentang permainan nostalgia anak era 90'an dari yang pernah ane alami, saudara dan teman-teman ane saat kecil dulu.

Apapun aktivitas agan dan sista, tetep terus nongkrong di thread ane yah. Biar ane semangat terus ngethread jangan lupa tinggalin jejak cendol, komentar dan ratenya, boleh banget dishare ke temen-temen gansis semua.

Kaskuser bijak selalu ninggalin jejak. Terimakasih telah membaca dan belajar bersama bisa.

Sumber: opini dan pengalaman pribadi
Penulis: mamaproduktif
Referensi: disini,disini
GIF
Diubah oleh mamaproduktif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Alexa.Clarisa dan 28 lainnya memberi reputasi
29
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 9
20-07-2019 09:07
Quote:Original Posted By zarata221
Jadi bandar gara-gara menang terus sis, yang kalah kan harus kasih kartu


Iyaaah yang punya kartu paling banyak..
Biasanya ditunggu lagi suruh besok main buat jadi bandar lagiemoticon-Ultah
0
20-07-2019 09:07
Itu bukan taun 90 tapi taun 80 an juga ada beginian
Diubah oleh afo.mikami
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:08
Quote:Original Posted By Dyzack
Namanya beda di daerah ane...

1. Jojontengan
2. Dam-daman
3. Sodor/sisodoran
4. (Kagak maen, soalnya anak cwe yg maen)
5. Adu gambar/ maen gambar pake nebak nama kartunya

Yg lainnya...
- Éngklék
- Lompat tali
- Adu pinci/kelereng
dll (lupa lg namanya)



Jojontengan anu kumaha sih? Hilap deui
Engklek ditempat abi mah dampu namina kang..
Enya adu pinci.. aya apollo tea ning..
0
20-07-2019 09:13
Quote:Original Posted By mamaproduktif
Apone bre?


Mau malik page one bre,,,
emoticon-Ngacir2
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:16


Quote:Original Posted By mamaproduktif


Iyah bre..
Sekarang permainan tradisional ini suka di adakan lagi di sekolah saat pas olahraga


Mantap lah kalau ditu gan emoticon-Jempol
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:16
yg main genteng loncat2 itu apa ya sonlah kah lupa wkwkwk
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:16
aku suka main benteng 😀
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:21
Quote:Original Posted By mamaproduktif
Jadi bandar ye bre? emoticon-Jempol



Iyaah bener berasa super hero..
Secara mainnya juga pakai strategi yak bre

Yoi sis, strategi nya lawan yang gk konsen diplorotin tuh kolornyaemoticon-Ngacir
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:21
Ada yang pernah main bola gebok? Dulu sering banget main bergerombol bisa sampe 30 orang dibagi 2 kelompok emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:22
kelereng, layangan, klungsu, kasti

khusus kelereng, gw uda level mythic emoticon-Cool
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:39
game yg tak lekang oleh waktu..sekarang era gadged ibarat orang lg bertapa banyak mikir tapi ga gerak, tersadar di dunia nyata pas kuota abisemoticon-Cape d...
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:41
anak jaman sekarang mana mau mainan kayak gitu lagi.
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:48
Dikit amat, masih banyak gan permainan tradisional zadul, macem Dompu, galasin, patil lele, lompat tali/karet, bekeel, ghatco, klo permainan karet gelang ada banyak jenisnya cuma ane lupa nama permainnya.
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:51
bentengan seru bgt itu mah. dulu waktu sma saja masih mainan itu. ditambah hujan hujan di lapangan sekolah. pdahal banyak guru yang tahu kita mainan betengan ujan", tapi gk ada yang marahi wkwkw. mungkin mereka membeiarkan kita melepas penat sejenak setelah banyak tugas dan ulangan wkwk
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
20-07-2019 09:52
Quote:Original Posted By afo.mikami
Itu bukan taun 90 tapi taun 80 an juga ada beginian


Sama juga bre permainan nya
0
20-07-2019 09:53


Quote:Original Posted By ajahhawari
Jadi inget maen bentengan ampe lari ke kampung sebelah emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Toast


haha iya gan, ampe muterin kampung biar bisa nyelametin temen yg kena emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
20-07-2019 09:54
Quote:Original Posted By ari.n
Mau malik page one bre,,,
emoticon-Ngacir2


emoticon-Ngacir2
0
20-07-2019 09:57
Quote:Original Posted By wdfshare
Mantap lah kalau ditu gan emoticon-Jempol


emoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By jetsu
yg main genteng loncat2 itu apa ya sonlah kah lupa wkwkwk


Engklek /dampu kali yaaak

Quote:Original Posted By DeYudi69
aku suka main benteng 😀


Sama gan😅

Quote:Original Posted By yonozuyono
Yoi sis, strategi nya lawan yang gk konsen diplorotin tuh kolornyaemoticon-Ngacir


Hahahaemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By ideotlogi
Ada yang pernah main bola gebok? Dulu sering banget main bergerombol bisa sampe 30 orang dibagi 2 kelompok emoticon-Ngacir Tubrukan


Bola gebok= boi-boian itu x bre yaak
0
20-07-2019 09:57
cublak cublak suweng
tambahan gan
itu lagu syarat makna gan
hihi
0
20-07-2019 09:58
Kartu gambar ane masi punya nii, menang hasil dari umbul (kalo orang jawa nyebutnya)
Menolak Lupa Permainan Anak 90'an Yang Bikin Kangen
profile-picture
mamaproduktif memberi reputasi
1
Halaman 4 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.