alexa-tracking
Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2871a6e83c727378284f17/minuman-segar-yang-kembar-tapi-tak-sama-tentukan-pilihanmu
Lapor Hansip
12-07-2019 18:40
Minuman Segar Yang Kembar Tapi Tak Sama, Tentukan Pilihanmu!
Past Hot Thread
Minuman Segar Yang Kembar Tapi Tak Sama, Tentukan Pilihanmu!



Hai! Holla kaskuser lovers! Panas-panas gini enaknya disegerin sama minuman dingin, ya!?

Berbicara mengenai minuman dingin, Indonesia negeri tercinta memiliki banyak minuman khas yang melegenda dan sudah ada sejak dahulu kala.

Ada dua jenis minuman yang nyaris sama bentuk, warna dan penyajiannya. Adalah Es Cendol dan Es Dawet, Ini dia! Minuman segar yang kembar tapi tak sama.

Yang membedakan antara Es Cendol dan Es Dawet Ayu adalah asal usul keduanya.

Jika Es Cendol berasal dari tanah Pasundan, maka Es Dawet Ayu merupakan minuman dari tanah Jawa. Dan merupakan minuman kesukaan Raden Ajeng Kartini, sang pelopor emansipasi wanita.

Selain itu, bahan dasar keduanya juga ternyata tak sama. Jika Es Cendol terbuat dari tepung hunkue alias tepung yang terbuat dari kacang hijau. Maka Es Dawet terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan.

Lalu bahan pewarna yang dipakai juga meski sama-sama hijau namun ternyata diklaim tak sama. Jika Es Cendol diberikan tambahan pewarna makanan, maka Es Dawet lebih alami lagi karena menggunakan daun suji.

Kemudian alat yang digunakan juga berbeda. Es Cendol cenderung lebih modern karena menggunakan cetakan khusus. Sedangkan Es Dawet lebih tradisional karena menggunakan alat seadanya. Misalkan memakai Ayakan , atau perabotan rumah tangga yang lainnya.

Kendati begitu, cara-cara membuat dan bahan pelengkap yang lainnya semua sama. Baik Es Cendol maupun Es Dawet, keduanya dikasih campuran air santan dan gula merah(Original)

Dewasa ini, Es Cendol dan Es Dawet memilik banyak varian rasa yang berbeda. Kreasi anak bangsa ini semakin membuat Es Cendol dan Es Dawet kaya akan citarasa.

Misalnya saja, deretan aneka rasa Es Cendol dan Es Dawet dibawah ini.

1. Es Dawet Nangka

Es dawet nangka


Sesuai dengan namanya, maka yang menjadi pembedanya adalah dikarenakan Es ini dikasih campuran buah Nangka yang sudah dipotong-potong.



2. Es Cendol Kelapa

es cendol kelapa


Meskipun namanya Es Cendol Kelapa tetapi campurannya tak hanya kelapa muda melainkan ada juga ketan hitamnya.



3. Es Dawet Cincau

es dawet cincau


Dilihat dari namanya saja kita sudah bisa menebak ya Gansist! Es Dawet ini tentu saja tidak sendirian, karena ia juga ditemani cincau hitam dan sagu mutiara.



4. Es Cendol Campur

es cendol campur


Es Cendol ini yang paling komplit, karena terdiri dari bahan yang banyak. Seperti, sagu mutiara, cincau hitam, ketan hitam, kelapa, nangka, biji kemangi, tape singkong, dan pacar cina. Inget! Jangan pake pacar orang yakk 🤭




Saya tidak berniat merekomendasikan tempat jualan Es yang paling enak disini. Karena menurut saya Es Cendol yang terenak itu ya buatan saya.emoticon-Cool.

Eits! tapi daripada ngayal minta dibikinin, silahkan kalian bikin sendiri atau segera beli di warung-warung terdekat.

Yang terpenting sih, Sekarang Agan dan Sista sudah tidak merasa bingung lagi buat ngebedain yang mana Es Cendol dan yang mana Es Dawet. Dua-duanya enak menggoyang lidah plus menyegarkan.

Baiklah pembahasan Es Cendol dan Es Dawet saya cukupkan sampai disini. Insyaallah lain kali kita sambung lagi, di thread berbeda dan ulasan yang sudah pasti tak sama.

Selamat berakhir pekan Gansist! Selamat menikmati hari dan jangan lupa bahagia.
See you ....





Minuman Segar Yang Kembar Tapi Tak Sama, Tentukan Pilihanmu!






Sumber : Oppri
Referensi : Disini
Pict. : Pinterest


Minuman Segar Yang Kembar Tapi Tak Sama, Tentukan Pilihanmu!
Diubah oleh ceuhetty
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adnanami dan 16 lainnya memberi reputasi
17
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 6
16-07-2019 21:09
Quote:Original Posted By ceuhetty
Minuman Segar Yang Kembar Tapi Tak Sama, Tentukan Pilihanmu!



Hai! Holla kaskuser lovers! Panas-panas gini enaknya disegerin sama minuman dingin, ya!?

Berbicara mengenai minuman dingin, Indonesia negeri tercinta memiliki banyak minuman khas yang melegenda dan sudah ada sejak dahulu kala.

Ada dua jenis minuman yang nyaris sama bentuk, warna dan penyajiannya. Adalah Es Cendol dan Es Dawet, Ini dia! Minuman segar yang kembar tapi tak sama.

Yang membedakan antara Es Cendol dan Es Dawet Ayu adalah asal usul keduanya.

Jika Es Cendol berasal dari tanah Pasundan, maka Es Dawet Ayu merupakan minuman dari tanah Jawa. Dan merupakan minuman kesukaan Raden Ajeng Kartini, sang pelopor emansipasi wanita.

Selain itu, bahan dasar keduanya juga ternyata tak sama. Jika Es Cendol terbuat dari tepung hunkue alias tepung yang terbuat dari kacang hijau. Maka Es Dawet terbuat dari tepung beras atau tepung beras ketan.

Lalu bahan pewarna yang dipakai juga meski sama-sama hijau namun ternyata diklaim tak sama. Jika Es Cendol diberikan tambahan pewarna makanan, maka Es Dawet lebih alami lagi karena menggunakan daun suji.

Kemudian alat yang digunakan juga berbeda. Es Cendol cenderung lebih modern karena menggunakan cetakan khusus. Sedangkan Es Dawet lebih tradisional karena menggunakan alat seadanya. Misalkan memakai Ayakan , atau perabotan rumah tangga yang lainnya.

Kendati begitu, cara-cara membuat dan bahan pelengkap yang lainnya semua sama. Baik Es Cendol maupun Es Dawet, keduanya dikasih campuran air santan dan gula merah(Original)

Dewasa ini, Es Cendol dan Es Dawet memilik banyak varian rasa yang berbeda. Kreasi anak bangsa ini semakin membuat Es Cendol dan Es Dawet kaya akan citarasa.

Misalnya saja, deretan aneka rasa Es Cendol dan Es Dawet dibawah ini.

1. Es Dawet Nangka

Es dawet nangka


Sesuai dengan namanya, maka yang menjadi pembedanya adalah dikarenakan Es ini dikasih campuran buah Nangka yang sudah dipotong-potong.



2. Es Cendol Kelapa

es cendol kelapa


Meskipun namanya Es Cendol Kelapa tetapi campurannya tak hanya kelapa muda melainkan ada juga ketan hitamnya.



3. Es Dawet Cincau

es dawet cincau


Dilihat dari namanya saja kita sudah bisa menebak ya Gansist! Es Dawet ini tentu saja tidak sendirian, karena ia juga ditemani cincau hitam dan sagu mutiara.



4. Es Cendol Campur

es cendol campur


Es Cendol ini yang paling komplit, karena terdiri dari bahan yang banyak. Seperti, sagu mutiara, cincau hitam, ketan hitam, kelapa, nangka, biji kemangi, tape singkong, dan pacar cina. Inget! Jangan pake pacar orang yakk 🤭




Saya tidak berniat merekomendasikan tempat jualan Es yang paling enak disini. Karena menurut saya Es Cendol yang terenak itu ya buatan saya.emoticon-Cool.

Eits! tapi daripada ngayal minta dibikinin, silahkan kalian bikin sendiri atau segera beli di warung-warung terdekat.

Yang terpenting sih, Sekarang Agan dan Sista sudah tidak merasa bingung lagi buat ngebedain yang mana Es Cendol dan yang mana Es Dawet. Dua-duanya enak menggoyang lidah plus menyegarkan.

Baiklah pembahasan Es Cendol dan Es Dawet saya cukupkan sampai disini. Insyaallah lain kali kita sambung lagi, di thread berbeda dan ulasan yang sudah pasti tak sama.

Selamat berakhir pekan Gansist! Selamat menikmati hari dan jangan lupa bahagia.
See you ....





Minuman Segar Yang Kembar Tapi Tak Sama, Tentukan Pilihanmu!






Sumber : Oppri
Referensi : Disini
Pict. : Pinterest


Minuman Segar Yang Kembar Tapi Tak Sama, Tentukan Pilihanmu!


#17

dari sekian banyak jenis dawet-dawetan, es cendol campur yang paling ane sukai...mana sih yang menjadi favortimu gan??
berbagai macam cendol-cendol dan dawet yang serba serbi serupa tapi tak sama kan?

yuk coblos pilihan dawet dan cendolmu gan sekarang haha
emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1
16-07-2019 22:32
Quote:Original Posted By azid12353
Wah, ngeliat ini malem malem jadi pengen minum beginian sist emoticon-Wakaka emoticon-Toast


Ya udah cuss nyendol, eh udah pada tutup kali yaa
0
16-07-2019 22:33
Quote:Original Posted By b4perman
mantap nih gannn... baru tau ane...
lanjutkan thread2 yg berfaedah gini dan memberi inspirasi buat yg lain...
emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol


Ok Thenkyu ganemoticon-Jempol
0
16-07-2019 22:34
Quote:Original Posted By bedypop
#17

dari sekian banyak jenis dawet-dawetan, es cendol campur yang paling ane sukai...mana sih yang menjadi favortimu gan??
berbagai macam cendol-cendol dan dawet yang serba serbi serupa tapi tak sama kan?

yuk coblos pilihan dawet dan cendolmu gan sekarang haha
emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan


Ane suka dua2nya gan
0
16-07-2019 23:07
Quote:Original Posted By ceuhetty
Sajian nasi bukhari yang menawan hati


Ini cendol macem macem gini yak? Baru ngeh ane
Btw yg ikut event mana mbak yg jajanan seger, minta linknya dong
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1
16-07-2019 23:07
Quote:Original Posted By adnanami
Ini cendol macem macem gini yak? Baru ngeh ane
Btw yg ikut event mana mbak yg jajanan seger, minta linknya dong


Aku gak ikutan sist,
0
16-07-2019 23:08
Quote:Original Posted By ceuhetty
Aku gak ikutan sist,


Lhoh? Kenapa ?
Kan eceu suka nulis ttg makanan
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1
16-07-2019 23:12
Quote:Original Posted By adnanami
Lhoh? Kenapa ?
Kan eceu suka nulis ttg makanan


Humz, ada kendalanya sist, event kan beda
0
18-07-2019 02:56
cocok banget nih di jadikan menu wajib buka puasa bareng temen dan keluarga
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1
18-07-2019 03:44
Quote:Original Posted By raliakbarrr
cocok banget nih di jadikan menu wajib buka puasa bareng temen dan keluarga


Nah bener banget gan, sangat cocok buat dijadiin takzil
0
18-07-2019 20:49
Quote:Original Posted By ceuhetty
Ya begitulah campur aduk semua ada ganemoticon-Jempolemoticon-Leh Uga


Iya bener gan wkwkwkwkwk yg penting manis pake es adem diminum panas2 jos
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1
18-07-2019 20:55
Quote:Original Posted By lintanghaef
Iya bener gan wkwkwkwkwk yg penting manis pake es adem diminum panas2 jos


Betul gan, diminum buat nemenin nongki juga oke ganemoticon-Jempol
profile-picture
lintanghaef memberi reputasi
1
18-07-2019 22:22
Quote:Original Posted By ceuhetty
Betul gan, diminum buat nemenin nongki juga oke ganemoticon-Jempol


Iya bener... soalnya packagingnya gaul gitu kan jadi kayanya ngga ndeso gitu tampilannyaaa
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1
18-07-2019 23:05
Quote:Original Posted By lintanghaef
Iya bener... soalnya packagingnya gaul gitu kan jadi kayanya ngga ndeso gitu tampilannyaaa


Yess banget, itulah salah satu tujuan dari variasi terbaru biar tetap kekinian meski jenisnya udah jadul
profile-picture
lintanghaef memberi reputasi
1
19-07-2019 22:40
kurang suka kalau santannya diganti susu, jadi aneh perasaan
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1
19-07-2019 23:29


Quote:Original Posted By ceuhetty
Yess banget, itulah salah satu tujuan dari variasi terbaru biar tetap kekinian meski jenisnya udah jadul


Bener banget sist. Jadi mau sedinamis apapun jaman, minuman tradisional ini gak kalah karena juga ikut berbenah kan hehe
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1
19-07-2019 23:37
Quote:Original Posted By simucil
kurang suka kalau santannya diganti susu, jadi aneh perasaan


Tapi katanya lebih sehat gan
0
19-07-2019 23:39
Quote:Original Posted By lintanghaef
Bener banget sist. Jadi mau sedinamis apapun jaman, minuman tradisional ini gak kalah karena juga ikut berbenah kan hehe


Ya begitulah, biar tidak tergerus waktu makanya harus terus disesuaikan
profile-picture
lintanghaef memberi reputasi
1
20-07-2019 06:28


Quote:Original Posted By ceuhetty
Ya begitulah, biar tidak tergerus waktu makanya harus terus disesuaikan


Iyaaa setuju sistt mantap deh pokoknya threadnya sista sangat informatifff hehehe
profile-picture
ceuhetty memberi reputasi
1
20-07-2019 11:49
Quote:Original Posted By lintanghaef
Iyaaa setuju sistt mantap deh pokoknya threadnya sista sangat informatifff hehehe


Wah iyekah? Thenkyu ya 😊
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.