alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2fa5aea2d1951d9b777886/masuk-sd-harus-bisa-baca-tulis-situ-sehat
Lapor Hansip
18-07-2019 05:48
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Past Hot Thread
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Penerimaan siswa baru yang diwarnai dengan pro kontra sistem zonasi baru saja usai. Kini anak - anak sekolah saatnya memulai tahun ajaran baru kembali. Namun, sebenarnya masih ada hal lain yang cukup mengganjal dari sistem penerimaan siswa baru khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD) yakni adanya keharusan calon siswa baru untuk menguasai calistung (baca, tulis, dan berhitung) sebagai salah satu syarat masuk Sekolah Dasar.

Meski sebenarnya aturan ini sudah lama diterapkan dan tahun ini juga bukan merupakan pertama kali aturan ini diterapkan, tetap saja hal ini cukup mengganggu. Kenapa begitu? Karena kalau dimaknai secara harfiah saja, yang namanya sekolah dasar ya memang tempat seorang anak untuk mempelajari hal - hal dasar, termasuk dalam hal calistung. Jadi, jika calistung jadi salah satu syarat wajib seorang calon siswa untuk masuk sekolah dasar kok rasanya aneh ya. Bagaimana bisa tempat untuk mempelajari hal - hal dasar tapi syarat masuknya harus sudah menguasai hal dasar tersebut.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Mungkin sebagian diantara kita menganggap hal ini biasa saja. Karena bagi mereka makin cepat seorang anak menguasai hal dasar (calistung), makin baik, karena sang anak bisa mempelajari hal lain yang lebih tinggi tingkatannya. Toh, calistung sudah dipelajari saat anak duduk dibangku playgroup/ TK. Tapi kita lupa, play group/ Taman Kanak - Kanak sebenarnya bukanlah tempat bagi anak untuk mempelajari hal - hal seperti itu. TK/playgroup sejatinya hanya tempat bagi anak untuk bermain dan membiasakan berkumpul bersama orang lain pra sekolah, selain untuk melatih pendidikan karakter sang anak.

Tak mengapa sih kalau memang ada TK/ playgroup yang ingin mengajarkan anak belajar membaca maupun menulis sebagai tahap pengenalan saja. Tapi bukan berarti saat masuk jenjang SD, anak tersebut wajib harus sudah bisa membaca, menulis, maupun berhitung. Pemerintah sendiri juga mengatur tentang aturan penerimaan calon peserta didik baru tingkat sekolah dasar. Disana ditegaskan bahwa sekolah tidak boleh melakukan tes calistung bagi calon peserta didiknya untuk mengukur kemampuan calon siswa tersebut. Aturan ini juga tertuang dalam Permendikbud No. 51 Tahun 2018.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Dalam peraturan menteri tersebut juga disebutkan bahwa syarat penerimaan siswa baru tingkat sekolah dasar adalah usia calon peserta didik, selain juga zonasi. Peserta didik harus berusia tujuh tahun atau sekurang - kurangnya enam tahun pada 1 Juli tahun berjalan. Tidak ada sama sekali aturan yang mengharuskan seorang calon siswa harus menguasai calistung sebelum masuk SD. Bahkan, sesuai dengan PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, pada Pasal 69 ayat (5) hal tersebut justru dilarang.

Sebagaimana ane tulis diawal, bahwa di TK/PAUD/ Playgroup sebenarnya anak tidak untuk diajarkan calistung, pemerintah meminta agar di tempat ini anak lebih diutamakan pendidikan karakternya, tentang kejujuran, kemandirian, budaya antri dan sejenisnya. Yang pada intinya, bukan untuk dipaksa belajar calistung. Finlandia, negara dengan tingkat pendidikan terbaik didunia juga tidak mengajarkan calistung untuk anak usia dini. Disana anak - anak justru didorong untuk bermain dan bersosialisasi ditahun - tahun pertama sekolahnya.
Sekolah pun baru mengijinkan seorang anak sekolah setelah ia berumur tujuh tahun.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Jangan di scan


Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 14 dari 17
19-07-2019 15:06
Gw punya bari, baru umur sebulan udh khatam fisika kimia emoticon-Hammer2
0
Lapor Hansip
19-07-2019 15:11
Balasan post ibianconeri404
Hahah coba baca2 lagi gan
Memang aneh, yang lagi dipermasalahkan di thread ini adalah wajibnya kemampuan calistung sebagai syarat masuk SD padahal anak kecil itu...dst dst
Tapi yang komen pada ngeributin betapa biasanya anak2 umur 3 - 7 tahun seperti dia dan keluarganya yang uda bisa macem2 di umur segitu
Atau Betapa dia dan keluarganya yang juga susah dan miskin bisa2 aja calistung di umur segitu
Sempat2 aja orang tuanya ngajarin walaupun miskin
Pokonya karena dia dan keluarganya bisa2 aja ya kita kamu dan kalian harus bisa juga dong
Standarnya ya standar dia2
Lalu orangtua yang memilih untuk mendidik anaknya dengan cara lain gimana? Kalau saya sebagai ortu mau anak saya menikmati masa kecilnya tanpa banyak kewajiban bagaimana? Kalau saya memilih untuk menikmati kebersamaan dengan anak2 saya yang masih kecil dan lucu2 nya, yang masih bisa saya gendong2, peluk2, bagaimana?
Toh nanti pas masuk SD di umur 6 atau 7 tahun juga masih sempat aja belajar calistung umur 10 atau 20 tahun masih sempat aja belajar bahasa inggris
Toh nanti juga anak2 ini jadi dewasa dan semakin sibuk sendiri
Tapi itu standar saya
Standar mereka yang katanya para pemenang dengan segala kecerdasannya tentu beda, buat apa dekat2 ortu kalo bodoh, buat apa kebersamaan kalau tidak membanggakan ortu, dll
Gw juga uda risau dengan masalah ini, di lingkungan gw juga maunya anak2 cepet pinter cepet jago hitung2 an cepet jago ini itu
Gw juga sempat terpengaruh, gw marahin anak gw karena lelet nangkep ajaran
Gw risau sendiri, kok anak gw tolol amat ya
Alhamdulillah gw cepat sadar ngapain juga anak umur 4 tahun gw paksa2 sampe stress, tega amat ya gw 😄

profile-picture
Justika1118 memberi reputasi
1
19-07-2019 15:17
sebenernya gak masalah sih nkong TS kalo di tes baca tulis . asal jangan dites urine aja anak SD ntr pusing pala newbieemoticon-Mewekemoticon-Salam Kenalemoticon-Coolemoticon-Rate 5 Star
0
19-07-2019 15:36
Quote:Original Posted By oretart
Saya setuju kalau dikenalkan, tapi kalau diharuskan bisa dan digunakan sebagai tes masuk yang kurang setuju gan.


Ane juga gak setuju kalau ada tes segala, cuman judulnya dari TS itu lho. Bikin gregetan, masa iya SD gak kenal huruf atau seenggaknya tau ini huruf A atau B. Bukan artinya membaca itu harus bener2 bisa baca kaya buku novel gitu lho.
profile-picture
profile-picture
online.addict dan Justika1118 memberi reputasi
2
19-07-2019 15:42
Quote:Original Posted By ricbun
Hahah coba baca2 lagi gan
Memang aneh, yang lagi dipermasalahkan di thread ini adalah wajibnya kemampuan calistung sebagai syarat masuk SD padahal anak kecil itu...dst dst
Tapi yang komen pada ngeributin betapa biasanya anak2 umur 3 - 7 tahun seperti dia dan keluarganya yang uda bisa macem2 di umur segitu
Atau Betapa dia dan keluarganya yang juga susah dan miskin bisa2 aja calistung di umur segitu
Sempat2 aja orang tuanya ngajarin walaupun miskin
Pokonya karena dia dan keluarganya bisa2 aja ya kita kamu dan kalian harus bisa juga dong
Standarnya ya standar dia2
Lalu orangtua yang memilih untuk mendidik anaknya dengan cara lain gimana? Kalau saya sebagai ortu mau anak saya menikmati masa kecilnya tanpa banyak kewajiban bagaimana? Kalau saya memilih untuk menikmati kebersamaan dengan anak2 saya yang masih kecil dan lucu2 nya, yang masih bisa saya gendong2, peluk2, bagaimana?
Toh nanti pas masuk SD di umur 6 atau 7 tahun juga masih sempat aja belajar calistung umur 10 atau 20 tahun masih sempat aja belajar bahasa inggris
Toh nanti juga anak2 ini jadi dewasa dan semakin sibuk sendiri
Tapi itu standar saya
Standar mereka yang katanya para pemenang dengan segala kecerdasannya tentu beda, buat apa dekat2 ortu kalo bodoh, buat apa kebersamaan kalau tidak membanggakan ortu, dll
Gw juga uda risau dengan masalah ini, di lingkungan gw juga maunya anak2 cepet pinter cepet jago hitung2 an cepet jago ini itu
Gw juga sempat terpengaruh, gw marahin anak gw karena lelet nangkep ajaran
Gw risau sendiri, kok anak gw tolol amat ya
Alhamdulillah gw cepat sadar ngapain juga anak umur 4 tahun gw paksa2 sampe stress, tega amat ya gw 😄


Cuman judulnya itu lho kontrovesi banget. Lagipula kan adanya TK/PG pastinya di TK juga akan di ajarkan cara membaca walaupun gak bener2 membaca seluruh cuman memgenal huruf dan angka dan juga memperkenal benda2 ini sebutannya apa. Itu lho. Sebenarnya emank ribet juga kalau tes segala di SD cuman kata2 TS itu kayanya agak2 kontrovesi gitu jadi banyak pro kontra emoticon-Hammer (S)
profile-picture
profile-picture
online.addict dan Justika1118 memberi reputasi
2
19-07-2019 15:45
Pas tahun 2005 gw masuk SD lupa dah pake tes calistung apa nggak. Tapi 2 tahun kemudian pas adek gw masuk SD pake tes, dan begitu juga beberapa tahun lagi adek gw yg ke 2 masuk SD pake tes calistung.

Mengecewakan sih, ibu gw dulu bilang kalau pas dia kecil itu justru hal-hal dasar kayak calistung itu di SD. Untungnya adek2 gw gak ada yang perlu TK untuk bisa calistung. Semua diajari di rumah sama emak dan gw langsung :v
0
Lapor Hansip
19-07-2019 15:50
Balasan post sisitmae
Di Indonesia masyarakatnya masih menganggap anak2 pinter itu dari sisi nilai akademis. Melupakan bakat anak2 yang bisa digali dan dikembangkan. Sayang banget dimana2 masih gini. Meski ganti kurikulum jg gw liat gk ada bedanya cuma mata pelajaran aja yang beda sama dulu. Praktek dan mengolah bakat belum terlalu menonjol di sekolah
profile-picture
sisitmae memberi reputasi
1
19-07-2019 15:50
Quote:Original Posted By aeroholic
@online.addict iya agan soalnya ibu juga waktu ane teka itu dengan sabar ajarin baca juga.....ibunya old school anaknya old school juga lah....lagian jaman dulu kan gak ada pintarphone jadi bisa lebih fokus....main juga yang bikin gerak badan bikin sehat...layangan, main yoyo, gasing, jangwe jangan lupa wkwkkw....jadi i very sangat happy lah masa kecil nya

wo hooh2 benerrrrr, sama Gaaan. Ane juga masa kecilnya bahagia sekali wkwkwkkw. Ane mah alm. bapak yang ngajarin. Sampe SMP malah ane diajarin bapak emoticon-Cool
btw jangwe apaan Gan? emoticon-Bingung (S)

0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
19-07-2019 15:52
Balasan post huddin
Bener gan, meski adek2 gw sempet ditanya bisa baca apa nggak dan di tes terus diem aja eh tetep aja bisa sekolah tuh yang penting udah 7 tahun kata gurunya emoticon-Big Grin
0
19-07-2019 15:58
ada batasan umur jg
0
19-07-2019 15:59
anak jaman now aja dah paham koq baca ama ngitung
lha wong jaman now aja dah banyak anak kecil pada maen game,
maen game kadang bagus untuk latihan membaca apalagi kalo bahasany pake inggris. kalo ga mudeng tinggal nanya ama ortuny.
emoticon-Jempol
profile-picture
online.addict memberi reputasi
1
19-07-2019 16:01
untuk masuk kesekolah2 swasta favorit memang tes nya calistung karena ketatnya kompetisi
tp kalau untuk masuk SD negeri ga kok gan...dilihat dari usia...makij tua usia semisal 7thn lebih bisa digeser sm anak yg usianya 8thn

apalagi usia kurang dari 7 thn..meskipun sdh bisa calistung tetap akan kalah dgn yg lebih tua meskipun yg lbh tha blm bisa calistung ( ini fakta)
Diubah oleh luluvi
profile-picture
Justika1118 memberi reputasi
1
Lihat 1 balasan
19-07-2019 16:02
Menurut gue sih ga masalah ga tau calistung, yang yang penting dia tau siapa bapak dan emaknya. sesungguhnya dia anak hasil pernikahan emoticon-Wakaka
0
Lihat 1 balasan
19-07-2019 16:03
Percuma udh bisa calistung sblm masuk SD, GA BERGUNA JUGA.

Berdasarkan pengamatan pribadi, setelah lulus SMP/SMA kebanyakan juga kaga bisa matematika dasar. Gw berani ngomong gini krn udah nerima karyawan banyak tp hanya 10-20% yg bisa perkalian 10x10, konversi meter ke centimeter, konversi kg ke gram. Padahal itu hal2 umum yg mustinya sudah harus tau untuk bisa survive di dunia kerja
Heran jg ga bisa matematika dasar tp bisa lulus SMP/SMA.
0
19-07-2019 16:07
Quote:Original Posted By rechtmasta
Pengen ketawa aja kalo nemu SD di Indonesia yg tes masuknya calistung. Ada ngaruhnya ke masa depan anak gitu? Di Indonesia iya, tapi di Dunia tetep aja tuh SDM Indonesia diliat sebelah mata. Walopun kelas 2 SD Indonesia udah perkalian sedangkan kelas 2 SD di Eropa masih belajar huruf dan tambah2an...ujung2nya pas di dunia profesional lebih diliat yg mana?

Karena harusnya pas di SD lah pembentukan karakter itu jadi prioritas utama, bukan malah hard skill kyk calistung duluan. Sampe ngeliat ada anak TK yg di lesin calistung buat persiapan masuk SD...sungguh aneh...


Untuk kulaitas SDM negara kita memangbga kalah sm negara2 maju...sdh berapa banyaka anak bangsa yg jd juara lomba olimpiade matematika..fisika dll...tp sayangnya tidak dibarengin dgn pendidikan karakter...orh kita bukan nya ga bs maju gan...tp mental korupsi yg bikin negara kita jd ga maju2..korupsi sdh terlalu mengguta di semua lini
0
19-07-2019 16:24
Alhamdulilah blom sd ana gw udah bisa baca ama nulis. Kewajiban orang tua ngajarin anak.
Anak itu cerminan orang tua kalo menurut gw.
0
19-07-2019 16:26
Quote:Original Posted By online.addict
tuntutan zaman Gannn

guru-guru juga pasti mikirnya gini : anak sekarang balita udah jago main game di gadget, udah ngerti basa Inggris dikit2 dari acara TV, ya wajar lah ekspektasi mereka jadi tinggi. Playgroup emang taman bermain, tapi TK dari jaman dulu pun udah tempat belajar calistung kan.
Di situ lah pentingnya peran orang tua buat ngajarin sejak dini, pake cara yang menyenangkan tanpa membebani, ortu kan sekolah pertama anak Gan,

Btw ane sebagai anak jadul yang baru kenal gadget jaman SMP, dan dikasi buku dari kecil, udah bisa baca dari umur 3 taun. Pokoknya TK kenaikan kelas 0 kecil ke 0 besar ane yang jadi MC, soalnya ane doang yang udah lancar baca emoticon-Cool
masa anak jaman sekarang kalah, kan ga asyik emoticon-Hammer emoticon-Ngakak (S)




emoticon-Request


Usia 3 thn itu masuk kategori playgroup...masuknya kelas nursery. .ga ada TK yg akan masukin anak usia 3 thn dikelas TK B...apalagi TK A....dan FYI anak usia 3 thn itu baru diajarin caranya duduk sama temen2...caranya mewarnai dengan benar ( bukan cm pegang krayon terus coret2)....baru diajarin caranya pegang pensil...dan untuk akademisnya baru diajarin alphabet ...itu pun bertahap...misal ..a i..u o n..untk semester 1 dst....boro2 jd MC....ngobrol2 aja ksh jawabannya msh ngelantur ada bbrapa anak super pinter yg ane temuin tp ga ada yg sampai lancar baca apalagi sampai jd MC....kenapa seperti itu. .ya memang tahap tumbuh kembang anak berproses seperti itu...kenapa ane tau .karena ane praktisi anak usia dini1-5 thn .selama 9 thn.

Ini ente yg membual atau memang ente diceritain hal2 yg ga sesuai fakta2nya
Diubah oleh luluvi
0
19-07-2019 16:28
pelajar Indonesia,
belajar sex aja pada jago tanpa diajar guru atau ortu emoticon-I Love Indonesia
0
19-07-2019 16:31
Quote:Original Posted By javans
pengen niru singapore biar pelajarnya pada stress


Sekolah2 swasta nasional plus..memang banyak yg mengadopsi kurikulum.singapur..ane ga bs sebutin . Hampir rata2..makanya pelajarannya ga sesuai ama usia anak
0
Lihat 1 balasan
19-07-2019 16:32
ane baru tau kalo ada peraturannya,
kalo udah ada aturannya knapa gak di tertibkan ya?
ato kita bisa laporkan?
atau bijimane ini gan?
0
Halaman 14 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.