alexa-tracking
Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ba517cac1d77035358b4573/forum-tv-ultra-hd-4k----part-1
Lapor Hansip
21-09-2018 23:09
Forum TV Ultra HD 4K
=================================================================
Info Hot Deal : FAQ
Info Hot Deal TV –TV Ultra HD 4K LG 55UH650T - CLOSED
=================================================================

Forum TV Ultra HD 4K - Part 1

Dear Bro and Sis
saat ini kita sering menemukan banyak sekali iklan maupun demo produk TV UHD 4K di mall ataupun di toko elektronik. Bila kita perhatikan ternyata harga jual dari TV UHD 4K semakin terjangkau dan mendekati harga TV HD yang telah umum beredar. Untuk itu perlu kita cermati dengan lebih detail mengenai TV UHD 4K.

Thread ini dibuat dengan tujuan sebagai tempat untuk diskusi maupun berbagi informasi tentang macam-macam TV UHD 4K yang beredar di Indonesia, terutama untuk bertanya bagi yang berminat untuk membeli TV UHD 4K baru atau masalah lain yang terkait dengan TV UHD 4K.

Tujuan utama dari thread ini adalah :
  • Berbagi informasi tentang pengetahuan umum dasar tentang TV UHD 4K yang diharapkan bermanfaat bagi yang ingin membeli dan tidak punya pengalaman sebelumnya tentang TV UHD 4K.
  • Memberikan informasi yang bermanfaat bagi yang ingin membeli TV UHD 4K tentang kelebihan dan kekurangannya serta informasi yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pembelian.
  • Berbagi informasi mengenai pengoperasian, setup yang tepat maupun diskusi masalah bagi yang telah membeli TV UHD 4K sehingga dapat digunakan secara optimal.
  • Perkembangan teknologi maupun tentang industri TV UHD 4K juga akan diinformasikan secara umum.

Semoga thread ini bisa bermanfaat bagi kita semua - Salam 4K emoticon-shakehand emoticon-I Love Indonesia (S)
Polling
456 Suara
Apa Merk TV Ultra HD 4K Favorit Agan (baik yang sudah dipunya atau yang ingin dibeli) 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ohfadhil dan 32 lainnya memberi reputasi
31
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 417 dari 501
19-07-2019 12:19
Quote:Original Posted By zephyreuz


Kpikiran ambil yg 6540 krn agan sering post, tp kmrn ambil yg 7300 krn beda 700rb di cak tono. Pgnnya sih daleman 7300, bajunya 6540. Modelnya lebih cakep 6540 emoticon-2 Jempol


Oom zephyreuz, kalo tv um7300 nya udah dateng boleh minta bantu pastiin nda di menu picture option udah ada opsi tru motion lalu de-judder belom?

Thank you oom buat bantuannya.
0
Lihat 1 balasan
19-07-2019 12:23
Quote:Original Posted By StiLLinLove
Penghuni sini klo nongton .mkv blueray 1080p/4k quality film make apaan sih ? lgs colok hdd/flashdisk atau media player ? Ane denger dgn pc yg cukup mumpuni software media player MPC-HC + Mad Vr upscaling lewat gpu nya bagus ya ?


Nah idem ane juga penasaran ini berhubung pc ane saat ini ga kuat madvr.
Oom klenz ama rokeztheone pake madvr ndaa di pcnya.

Kalo mpc hc standar non madvr ditandingin ama internal player mah masih menang internal player kayanya yaa.
Soalnya ane juga pakenya begitu beres download, pindahin ke fd lalu colok tv. Much better daripada mpc hc standard di ane.
0
19-07-2019 12:25
Quote:Original Posted By StiLLinLove
Penghuni sini klo nongton .mkv blueray 1080p/4k quality film make apaan sih ? lgs colok hdd/flashdisk atau media player ? Ane denger dgn pc yg cukup mumpuni software media player MPC-HC + Mad Vr upscaling lewat gpu nya bagus ya ?


FHD pake PC, 4K pake media player/colok USB langsung
0
19-07-2019 12:29
Quote:Original Posted By Cramius


Oom zephyreuz, kalo tv um7300 nya udah dateng boleh minta bantu pastiin nda di menu picture option udah ada opsi tru motion lalu de-judder belom?

Thank you oom buat bantuannya.


Oke siap gan, tp msh minggu dpn yah. emoticon-Hammer (S)
Terimakasih bgt gan buat panduan kbutuhan dan pengklasifikasian tier TV nya. Ini harusnya ada di page one sih. Buat newbie 4K kaya ane kebantu bgt sama tips ini. emoticon-2 Jempol
0
19-07-2019 12:35
Quote:Original Posted By zephyreuz
Kpikiran ambil yg 6540 krn agan sering post, tp kmrn ambil yg 7300 krn beda 700rb di cak tono. Pgnnya sih daleman 7300, bajunya 6540. Modelnya lebih cakep 6540 emoticon-2 Jempol


Tapi btw kalo ane liat liat kok si LG uk6540 itu kok malah sama persis kaya si LG um7600 paling cuman web os nya doang yg beda dah sm mungkin procesor nya, soalnya dari bentuk bezel sampe semua jumlah port nya sama, fitur fitur nya pun sama persis sih emoticon-Ngakak
0
19-07-2019 12:52
Quote:Original Posted By RokezTheOne


Tapi btw kalo ane liat liat kok si LG uk6540 itu kok malah sama persis kaya si LG um7600 paling cuman web os nya doang yg beda dah sm mungkin procesor nya, soalnya dari bentuk bezel sampe semua jumlah port nya sama, fitur fitur nya pun sama persis sih emoticon-Ngakak


nah jadi mending 50uk6540 ato 50um7300? saya juga sedang berada di 2 pilihan itu
sayangnya 50uk6540 gak ada displaynya di hartono
0
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
19-07-2019 12:56
Balasan post rahargo
C8 emoticon-Malu (S)
0
19-07-2019 12:58
Quote:Original Posted By rahargo
nah jadi mending 50uk6540 ato 50um7300? saya juga sedang berada di 2 pilihan itu
sayangnya 50uk6540 gak ada displaynya di hartono


Bebas menurut hati si om aja emoticon-Jempol
Buat referensi model uk6540 liat si um7600 aja om, serius deh sama persis
Dari bentuk jumlah hdmi segala macem nya si uk6540 sm um7600 persis sis,
Kalo menurut pengamatan ane yg nubi si um7600 itu seri 2019 dari si uk6540 tapi gak tau juga sih, itu cmn tebak tebakan ane aja sih emoticon-Ngakak
0
19-07-2019 12:59
@eugol Wogh, mantaabb. Nice info om emoticon-thumbsup

Quote:Original Posted By StiLLinLove
Penghuni sini klo nongton .mkv blueray 1080p/4k quality film make apaan sih ? lgs colok hdd/flashdisk atau media player ? Ane denger dgn pc yg cukup mumpuni software media player MPC-HC + Mad Vr upscaling lewat gpu nya bagus ya ?

Ane pake PC > Router via LAN > Mediaplayer via LAN > TV. Dari yg ane baca², upscale MPC-HC+madVR selalu lebih bagus daripada upscale internal TV. Tapi sayangnya madvr ini butuh GPU handal, minimal gtx 1660, kalo ada budget naik ke rtx 2660/2660 super atauuu...rtx2080ti emoticon-Peace
Quote:Original Posted By Cramius


Nah idem ane juga penasaran ini berhubung pc ane saat ini ga kuat madvr.
Oom klenz ama rokeztheone pake madvr ndaa di pcnya.

Kalo mpc hc standar non madvr ditandingin ama internal player mah masih menang internal player kayanya yaa.
Soalnya ane juga pakenya begitu beres download, pindahin ke fd lalu colok tv. Much better daripada mpc hc standard di ane.

Di PC yg baru belom pernah nyoba om, lg dipake buat test encode mulu. Jd blm ada waktu buat nyoba. Kalo PC lama mah udah ga bisa diungkapkan lagi dengan kata² alias terlalu cupu untuk untuk dipake buat ngetest madvr..wkwkwkwk
Diubah oleh Klenz
0
Lihat 3 balasan
19-07-2019 13:02
Quote:Original Posted By usack98
Forum TV Ultra HD 4K - Part 1@d3885u

Ini penampakannya gan


eh.. itu kira2 bekas burn in apa ya? ko kaya lecet ya di mata ane.. emoticon-Hammer

Quote:Original Posted By eugol


ya klo Q6FN secara pict quality better namun kalah di fitur karena X8500G punya eARC, DTS dan Dolby Vision
unless agan gamer, Q6FN punya bnyak gaming goodies seperti very low input lag, ALLM, VRR Freesync dan game interpolation


eARC kepake hanya kalau nyetel media pakai internal tv player yg file audio nya lossless kan.. atau tv nya dijadiin source central dan playback lossless hd audio macam true hd / dts x.. atmos sih ada yg lossy juga.. kalau AVR jadi source central harusnya sih ok ok aja. Belum lagi AVR harus support eARC juga...

tapi apa iya contrast ratio IPS dibawah 1000:1 bisa nampilin dolby vision dgn baik hmmmmmmmm

Quote:Original Posted By Klenz
Ya berarti emang masalah karena atmos. Tp untuk file netflix ini yg aneh. Audionya kan DDP, ane kurang tau deh tv si om support apa engga sama audio ini. Tp kalo iya, mungkin filenya yg bermasalah.


klo googling sih spek nya sih harusnya support DD+ ya, mungkin downloadnya aga corrupt?

Quote:Original Posted By d3885u
Ya entahlah tp emang menurut pengalaman saya pribadi jg muter hasil pak tani itu baik colok direct ke tv atau pake external source itu banyak halangan dan rintangannya sih emang... emoticon-Berduka (S)

Makanya skrg saya milih jalur legal... emoticon-Blue Guy Peace


legal yang bisa nyaingin pak tani itu cuman fisik bluray disk original IMO. legal nya netflix sih masih tergolong rendah kan bitratenya, 4K HDR under 15mbps. Bayangin klo pak tani yang high bitrate bisa 50-60mbps. Gue pun masih langganan netflix koq buat mengurangi merasa bersalah pake pak tani wakakakaka, lagian HDD2 gue udah mulai penuh gara2 kecanduan download file 50GB ++ emoticon-Hammer

Internal TV player biasanya struggle di high bitrate content (pengalaman gue sih).. gitu gue beli external media player (odroid N2) beuhhh joss banget.


Quote:Original Posted By StiLLinLove
Penghuni sini klo nongton .mkv blueray 1080p/4k quality film make apaan sih ? lgs colok hdd/flashdisk atau media player ? Ane denger dgn pc yg cukup mumpuni software media player MPC-HC + Mad Vr upscaling lewat gpu nya bagus ya ?


Sekarang pakai external media player (odroid n2 + plex). Sebelum nya pakai internal media playernya TV (file2 ditaruh di gaming pc diatas, trus gue stream pake internal player tv plex via LAN.. buat content low bitrate macam netflix rip sih aman, tapi gitu udah bluray rip yang high bitrate.. mulai bertingkah (struggling).

Gue sebelum beli juga kepikiran bikin HTPC buat playback bluray rip.. tapi gue udah ber experiment dgn mad VR dengan laptop gue dicolokin ke TV. ga bisa gue munculin logo HDR di tv emoticon-Hammer

SDR nya sih bagus, tp gitu force HDR, gambar di tv malah jadi washed out gitu... padahal sih harusnya laptopnya support (i7 8570H, 1050ti max q) disambungin ke tv samsung q6fn. Gitu gue pakai odroid n2 ga usah banyak setting langsung nongol HDR logo di TV.... (kalau nyetel film HDR) ntah lah mungkin gue ga paham cara setting yang benar. Mau gotong gaming pc kebawah males banget wahahahah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bestintheleague dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Lihat 1 balasan
Lapor Hansip
19-07-2019 13:10
Balasan post nobody
Gua penasaran apa itu odroid, abis googling, buka web nya, pala gua puyeng emoticon-Berduka (S)

Kaga paham gua itu apaan dan gmana make nya... emoticon-Hammer

Klo gua liat sekilas dia kyk modular system gt ya? PSU nya beli sendiri, trus bagian2 lain jg...
Bedanya ma PC atau dedicated MP brand cina yg pake android based gt apaan ya?
0
Lapor Hansip
19-07-2019 13:20
Balasan post Klenz
Salah reply emoticon-Hammer

@nobody Om kaga nyalain fitur passthrough HDR to display di madVR biar HDR di TVnya aktif?
Diubah oleh Klenz
0
Lapor Hansip
19-07-2019 13:28
Balasan post Klenz
@nobody @Klenz

Ini jg gua bingung... Asli gaptek parah yah gue...

Masalah upscale pake pc+madsolar... Eh salah... Madvr46... itu maksudnya bijisadiomane sih?

Emang klo di upscale external gt, di tv ga kena proses lg? Setau gue ga bs dimatiin kan image processing di tv? Apa ga jd double processing gt?

emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh d3885u
0
Lapor Hansip
19-07-2019 13:39
Balasan post d3885u
@nobody @Klenz @d3885u

Nah ane juga pengen tau nih.. hipotesis ane nih (sotoy mode) adalah sbb :
1080p konten input --> TV upscaler processing ---> 4k output --> display
1080p konten input ---> media player + madvr processing--- > 4k output --->display

So ndak ada tv upscale processing barangkali.
0
Lapor Hansip
19-07-2019 13:45
Balasan post RokezTheOne
thanks gan sarannya tapi terlalu gede gan, ruangan di ane sempit..hehehe kayak gede ane lihat di youtube
0
19-07-2019 13:45
Quote:Original Posted By d3885u
@nobody @Klenz

Ini jg gua bingung... Asli gaptek parah yah gue...

Masalah upscale pake pc+madsolar... Eh salah... Madvr46... itu maksudnya bijisadiomane sih?

Emang klo di upscale external gt, di tv ga kena proses lg? Setau gue ga bs dimatiin kan image processing di tv? Apa ga jd double processing gt?

emoticon-Bingung (S)


Quote:Original Posted By StiLLinLove
@nobody @Klenz @d3885u

Nah ane juga pengen tau nih.. hipotesis ane nih (sotoy mode) adalah sbb :
1080p konten input --> TV upscaler processing ---> 4k output --> display
1080p konten input ---> media player + madvr processing--- > 4k output --->display

So ndak ada tv upscale processing barangkali.

Bener kata om StiLLinLove emoticon-thumbsup
Kalo layarnya gede bgt, nanti kerja si TV/projektor cuma upscale hasil madvr yg udh res 2160p -> whatever deh emoticon-Ngakak (S)
Hasilnya lebih bagus dibanding upscale internal TV/projektor karena si TV ini mulai proses imagenya dari 2160p hasil madvr, bukan start dari konten 1080p nya.
Diubah oleh Klenz
profile-picture
d3885u memberi reputasi
1
19-07-2019 13:47
Quote:Original Posted By zephyreuz


Oke siap gan, tp msh minggu dpn yah. emoticon-Hammer (S)
Terimakasih bgt gan buat panduan kbutuhan dan pengklasifikasian tier TV nya. Ini harusnya ada di page one sih. Buat newbie 4K kaya ane kebantu bgt sama tips ini. emoticon-2 Jempol


Siaap gan, minggu depan ditunggu juga review dan foto2nya yaaa agaan.

Sama2 gaan, ane senang banget bisa membantu emoticon-thumbsup
0
19-07-2019 13:57
Quote:Original Posted By nobody



eARC kepake hanya kalau nyetel media pakai internal tv player yg file audio nya lossless kan.. atau tv nya dijadiin source central dan playback lossless hd audio macam true hd / dts x.. atmos sih ada yg lossy juga.. kalau AVR jadi source central harusnya sih ok ok aja. Belum lagi AVR harus support eARC juga...

tapi apa iya contrast ratio IPS dibawah 1000:1 bisa nampilin dolby vision dgn baik hmmmmmmmm





yup eARC berguna buat dari internal dan bila TV sebagai central
dan sangat berguna bagi orang2 kyak gw yg ga mau invest di AVR

baik apa nga nya HDR mau itu HDR10 or DV ya dari dimming nya sih mnrut gw
mau pakai panel VA klo ga punya local dimming or hanya edge-lit juga tetep ga akan maksimal DV nya
krena intinya HDR itu kan bisa nampilin dynamic range yg luas, dimana mampu namipilin secara maksimal titik tergelap dan titik terterang dalam satu scene yg sama. nah DV membantu interpretasiin HDR dengan mapping scene by scene bahkan frame by frame.

Quote:Original Posted By d3885u
@nobody @Klenz

Ini jg gua bingung... Asli gaptek parah yah gue...

Masalah upscale pake pc+madsolar... Eh salah... Madvr46... itu maksudnya bijisadiomane sih?

Emang klo di upscale external gt, di tv ga kena proses lg? Setau gue ga bs dimatiin kan image processing di tv? Apa ga jd double processing gt?



nimbrung dong
setau gw image processing TV termasuk upscaler ga bisa dimatiin deh
even in di game mode dan PC mode pun yg katanya sebagian besar image processing dimatikan ya tetep ada itu image processingnya walupun hanya sedikit terutama upscaler.

tapi misal klo dari pc dengan madvr udah diupscale tinggal output ke tv nya ngirim sinyalnya apa nih, klo yg dikirim sinyalnya itu native resolution ya tv ga akan upscale lagi. krena setau gw trigger si tv melakukan upscale kan bila sinyal yg diterima oleh tv itu under native resolution panel nya

cmiiiw
profile-picture
profile-picture
Klenz dan d3885u memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
19-07-2019 13:58
Quote:Original Posted By d3885u
Gua penasaran apa itu odroid, abis googling, buka web nya, pala gua puyeng emoticon-Berduka (S)

Kaga paham gua itu apaan dan gmana make nya... emoticon-Hammer

Klo gua liat sekilas dia kyk modular system gt ya? PSU nya beli sendiri, trus bagian2 lain jg...
Bedanya ma PC atau dedicated MP brand cina yg pake android based gt apaan ya?


Single board computer kayak Raspberry Pi, Asus Thinker Board, Latte Panda, Nvidia Jetson Nano, Banana Pi dsb
Diubah oleh huawei.h3c
profile-picture
d3885u memberi reputasi
1
Lapor Hansip
19-07-2019 14:02
Balasan post eugol
Oalahhhh...

Gua jg baru tau klo ternyata tv itu cm proses klo sinyal yg diterima itu dibawah 4k...
Nah tapi pertanyaan selanjutnya... Klo uda di proses diluar gt, termasuk HDR tone mapping, dll nya kan?
Nah bagusnya di tv fitur2 picture enhancements macem dynamic tone mapping dll itu dimatiin atau dibiarin nyala?
0
Halaman 417 dari 501
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.