alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.85 stars - based on 26 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2fa5aea2d1951d9b777886/masuk-sd-harus-bisa-baca-tulis-situ-sehat
Lapor Hansip
18-07-2019 05:48
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Past Hot Thread
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Penerimaan siswa baru yang diwarnai dengan pro kontra sistem zonasi baru saja usai. Kini anak - anak sekolah saatnya memulai tahun ajaran baru kembali. Namun, sebenarnya masih ada hal lain yang cukup mengganjal dari sistem penerimaan siswa baru khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD) yakni adanya keharusan calon siswa baru untuk menguasai calistung (baca, tulis, dan berhitung) sebagai salah satu syarat masuk Sekolah Dasar.

Meski sebenarnya aturan ini sudah lama diterapkan dan tahun ini juga bukan merupakan pertama kali aturan ini diterapkan, tetap saja hal ini cukup mengganggu. Kenapa begitu? Karena kalau dimaknai secara harfiah saja, yang namanya sekolah dasar ya memang tempat seorang anak untuk mempelajari hal - hal dasar, termasuk dalam hal calistung. Jadi, jika calistung jadi salah satu syarat wajib seorang calon siswa untuk masuk sekolah dasar kok rasanya aneh ya. Bagaimana bisa tempat untuk mempelajari hal - hal dasar tapi syarat masuknya harus sudah menguasai hal dasar tersebut.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Mungkin sebagian diantara kita menganggap hal ini biasa saja. Karena bagi mereka makin cepat seorang anak menguasai hal dasar (calistung), makin baik, karena sang anak bisa mempelajari hal lain yang lebih tinggi tingkatannya. Toh, calistung sudah dipelajari saat anak duduk dibangku playgroup/ TK. Tapi kita lupa, play group/ Taman Kanak - Kanak sebenarnya bukanlah tempat bagi anak untuk mempelajari hal - hal seperti itu. TK/playgroup sejatinya hanya tempat bagi anak untuk bermain dan membiasakan berkumpul bersama orang lain pra sekolah, selain untuk melatih pendidikan karakter sang anak.

Tak mengapa sih kalau memang ada TK/ playgroup yang ingin mengajarkan anak belajar membaca maupun menulis sebagai tahap pengenalan saja. Tapi bukan berarti saat masuk jenjang SD, anak tersebut wajib harus sudah bisa membaca, menulis, maupun berhitung. Pemerintah sendiri juga mengatur tentang aturan penerimaan calon peserta didik baru tingkat sekolah dasar. Disana ditegaskan bahwa sekolah tidak boleh melakukan tes calistung bagi calon peserta didiknya untuk mengukur kemampuan calon siswa tersebut. Aturan ini juga tertuang dalam Permendikbud No. 51 Tahun 2018.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Dalam peraturan menteri tersebut juga disebutkan bahwa syarat penerimaan siswa baru tingkat sekolah dasar adalah usia calon peserta didik, selain juga zonasi. Peserta didik harus berusia tujuh tahun atau sekurang - kurangnya enam tahun pada 1 Juli tahun berjalan. Tidak ada sama sekali aturan yang mengharuskan seorang calon siswa harus menguasai calistung sebelum masuk SD. Bahkan, sesuai dengan PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, pada Pasal 69 ayat (5) hal tersebut justru dilarang.

Sebagaimana ane tulis diawal, bahwa di TK/PAUD/ Playgroup sebenarnya anak tidak untuk diajarkan calistung, pemerintah meminta agar di tempat ini anak lebih diutamakan pendidikan karakternya, tentang kejujuran, kemandirian, budaya antri dan sejenisnya. Yang pada intinya, bukan untuk dipaksa belajar calistung. Finlandia, negara dengan tingkat pendidikan terbaik didunia juga tidak mengajarkan calistung untuk anak usia dini. Disana anak - anak justru didorong untuk bermain dan bersosialisasi ditahun - tahun pertama sekolahnya.
Sekolah pun baru mengijinkan seorang anak sekolah setelah ia berumur tujuh tahun.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Jangan di scan


Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 8 dari 17
19-07-2019 09:29
bener nih, sekarang karena pola asuh yang mulai berubah dari jaman dulu, jadi memunculkan kebutuhan untuk bikin playgroup. jadi anak semakin dini untuk masuk sekolah, dampaknya ya karena semakin dini, sekolah ga mau anak2 cuma main aja selama di tk/playgrup.
cuma yang disayangkan adalah mereka justru diajarkan baca tulis di tk sementara pendidikan karakter seharusnya yang ditanamkan.
calistung harusnya di SD, tapi sekarang SD udah nambah kurikulum juga. Solusinya ya cari sekolah swasta deh
0
19-07-2019 09:30
Quote:Original Posted By oretart
OPINI :
Saya kurang setuju gan, usia segitu belum saatnya untuk sebuay test, apalagi diharuskan untuk bisa calistung. Kalau pengenalan saya detuju, tapi kalau keharusan kurang setuju
Usia segitu saya lebih setuju apabila diajarkan pendidikan karakter, sosial, percaya diri,


Makanya itu sekolahan membuat adanya PG dan TK. PG ini artinya Play Group, anak2 yang masih usia 3/4 tahunan bisa masuk sini tujuan masuk PG yaitu mengajar anak untuk berinteraksi dan bagaimana rasanya dalam suasana sekolah (PG disini masih dibilang diajar buat main2). Nanti setelah PG adanya TK, dimana mengajarkan atau mengenalkan lebih dalam alphabet dan angka, cara menghitung yang dasar kaya 1+1, atau mengeja A B C. Baru deh tahap selanjut ke SD.
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
1
19-07-2019 09:33
Tuntutan jaman lbh tepat nya emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
0
19-07-2019 09:34
selalu begitu
orang goblok banyak ngeluhnya
situ sehat?
0
19-07-2019 09:35
asal gak diwajibkan saja, kasihan aja anak lepas balita harus tertekan untuk masuk SD emoticon-Cape deeehh
0
19-07-2019 09:35
ts nya gaje. goblok
0
19-07-2019 09:36
ya emang kek gitu lah gan, orang tua dirumah juga ngajarin anaknya. Belajar berhitung 1-10, mengenali huruf tidak harus hafal semuanya kan?
0
19-07-2019 09:39
kalo kata komentator bola
orang indonesia itu jago2 semua

TAPI, TIDAK PINTAR
0
19-07-2019 09:44
Waktu TK ane dilangganin majalah Bobo sama emak ane, dari situ ane mulai belajar baca, tulis dan hitung...

Dan pas masuk SD udah mahir calistung...
0
19-07-2019 09:45
Biar bisa cpt2 disuruh ikut lomba antar sekolah
Ntr nama sekolah bagus, spp naik gan emoticon-Big Grin
0
19-07-2019 09:45
sebaiknya bocil2 itu lebih ditekankan ke attitude-nya, itu akan terbawa hingga seumur hidup. soal calistung mah nggak penting2 banget buat bocah sebesar itu.
profile-picture
profile-picture
Romeo.Must.Die dan optimusman memberi reputasi
2
19-07-2019 09:55
Quote:
Sebagaimana ane tulis diawal, bahwa di TK/PAUD/ Playgroup sebenarnya anak tidak untuk diajarkan calistung, pemerintah meminta agar di tempat ini anak lebih diutamakan pendidikan karakternya, tentang kejujuran, kemandirian, budaya antri dan sejenisnya


Quote:Original Posted By indomerahputih
harusnya yg dikurangi porsi pelajaran agama perbanyak pelajaran disiplin, tenggang rasa, sama budaya tertib dan cinta tanah air. Agama harusnya urusan orang tua yang proaktif bawa anaknya ngaji di mesjid atau pendalaman alkitab di gereja atau berbasis agamanya masing2. biar anak2 ga nongkrong ga jelas sambil ngomong tad tod tad tod padahal masih pake baju koko.


emoticon-Shakehand2 Setuju gans..
Masa kanak-kanak ibarat rumah adalah pondasi. maka pembelajaran secara akhlak, adab, dan pengenalan budaya bangsa adalah lebih utama.

Menulis dan berhitung adalah interior..
0
19-07-2019 09:57
10th lagi...masuk kuliah harus bawa ijazah S-1 emoticon-Ngakak
0
19-07-2019 09:58
Ibu adalah guru pertama bagi anak
0
19-07-2019 09:58
Udah pasti sehat lah
0
19-07-2019 10:01
ya kalo soal masuk SD harus bisa calistung jaman sekarang emang perlu soalnya malu nanti sama temen2 nya , jadi harus ada peran juga sebagai orang tua untuk ngajarin dasar calistung , apalagi orang tua jaman sekarang udah dimasa milenial , jadi pemikirannya lebih maju . seenggaknya ngajarin anaknya calistung biar di SD lebih siap
profile-picture
goonerettekw memberi reputasi
1
19-07-2019 10:01
emg ortunya ga sambil ngajarin anaknya calistung meh?
gw setuju anak2 masuk SD harus udah bisa calistung.
ortu berperan penting lohh.. jgn mikir anaj di sekolahin dan ortu lepas tangan yaa
0
19-07-2019 10:02
kadang kan minat atau bakat anak beda2. ponakan gua baru masup esde, belom bisa baca tulis ngitung, tapi dia udah bisa mainin nada nada sederhana beberapa alat musik dan gambar/lukisnya bagus bet buat ukuran anak segitu. itu mah emang gurunye aje pade males-males ngajarin, lha wong emang tugasnye die kok. kalo belum bisa, ya dibantu, bukannya dibodoh-bodohin.

peraturan kek gini kan gak jauh beda ama peraturan macam UN. maonya disamaratakan dari Sabang sampai Merauke. Tapi untuk kualitas dan kuantitas fasilitas dan atau tenaga pengajar pendidikannye aje kagak ngerata. heran? udah kebal beginian mah.
0
19-07-2019 10:03
Quote:Original Posted By abory
ya kalo soal masuk SD harus bisa calistung jaman sekarang emang perlu soalnya malu nanti sama temen2 nya , jadi harus ada peran juga sebagai orang tua untuk ngajarin dasar calistung , apalagi orang tua jaman sekarang udah dimasa milenial , jadi pemikirannya lebih maju . seenggaknya ngajarin anaknya calistung biar di SD lebih siap


Setuju bgtt!!
Bukan hanya masalah malu yaa.. Sbg ortu ya perlu donj ngajarin anak2nya calistung jg sblm mreka masuk SD. Jd tar bisa ikutin pelajaran yg di kasih
0
19-07-2019 10:04

Imho, yang lebih penting ya itu.. pelajaran PKN, kebudayaan lokal, ekskul pramuka. Kurangin aja tu pelajaran Agama, dan sekolah" gaya pesantren.
Ngerii..
Pendampingan iman lebih efektif di keluarganya yg ngajarin.
0
Halaman 8 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.