alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.85 stars - based on 26 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2fa5aea2d1951d9b777886/masuk-sd-harus-bisa-baca-tulis-situ-sehat
Lapor Hansip
18-07-2019 05:48
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Past Hot Thread
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Penerimaan siswa baru yang diwarnai dengan pro kontra sistem zonasi baru saja usai. Kini anak - anak sekolah saatnya memulai tahun ajaran baru kembali. Namun, sebenarnya masih ada hal lain yang cukup mengganjal dari sistem penerimaan siswa baru khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD) yakni adanya keharusan calon siswa baru untuk menguasai calistung (baca, tulis, dan berhitung) sebagai salah satu syarat masuk Sekolah Dasar.

Meski sebenarnya aturan ini sudah lama diterapkan dan tahun ini juga bukan merupakan pertama kali aturan ini diterapkan, tetap saja hal ini cukup mengganggu. Kenapa begitu? Karena kalau dimaknai secara harfiah saja, yang namanya sekolah dasar ya memang tempat seorang anak untuk mempelajari hal - hal dasar, termasuk dalam hal calistung. Jadi, jika calistung jadi salah satu syarat wajib seorang calon siswa untuk masuk sekolah dasar kok rasanya aneh ya. Bagaimana bisa tempat untuk mempelajari hal - hal dasar tapi syarat masuknya harus sudah menguasai hal dasar tersebut.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Mungkin sebagian diantara kita menganggap hal ini biasa saja. Karena bagi mereka makin cepat seorang anak menguasai hal dasar (calistung), makin baik, karena sang anak bisa mempelajari hal lain yang lebih tinggi tingkatannya. Toh, calistung sudah dipelajari saat anak duduk dibangku playgroup/ TK. Tapi kita lupa, play group/ Taman Kanak - Kanak sebenarnya bukanlah tempat bagi anak untuk mempelajari hal - hal seperti itu. TK/playgroup sejatinya hanya tempat bagi anak untuk bermain dan membiasakan berkumpul bersama orang lain pra sekolah, selain untuk melatih pendidikan karakter sang anak.

Tak mengapa sih kalau memang ada TK/ playgroup yang ingin mengajarkan anak belajar membaca maupun menulis sebagai tahap pengenalan saja. Tapi bukan berarti saat masuk jenjang SD, anak tersebut wajib harus sudah bisa membaca, menulis, maupun berhitung. Pemerintah sendiri juga mengatur tentang aturan penerimaan calon peserta didik baru tingkat sekolah dasar. Disana ditegaskan bahwa sekolah tidak boleh melakukan tes calistung bagi calon peserta didiknya untuk mengukur kemampuan calon siswa tersebut. Aturan ini juga tertuang dalam Permendikbud No. 51 Tahun 2018.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Dalam peraturan menteri tersebut juga disebutkan bahwa syarat penerimaan siswa baru tingkat sekolah dasar adalah usia calon peserta didik, selain juga zonasi. Peserta didik harus berusia tujuh tahun atau sekurang - kurangnya enam tahun pada 1 Juli tahun berjalan. Tidak ada sama sekali aturan yang mengharuskan seorang calon siswa harus menguasai calistung sebelum masuk SD. Bahkan, sesuai dengan PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, pada Pasal 69 ayat (5) hal tersebut justru dilarang.

Sebagaimana ane tulis diawal, bahwa di TK/PAUD/ Playgroup sebenarnya anak tidak untuk diajarkan calistung, pemerintah meminta agar di tempat ini anak lebih diutamakan pendidikan karakternya, tentang kejujuran, kemandirian, budaya antri dan sejenisnya. Yang pada intinya, bukan untuk dipaksa belajar calistung. Finlandia, negara dengan tingkat pendidikan terbaik didunia juga tidak mengajarkan calistung untuk anak usia dini. Disana anak - anak justru didorong untuk bermain dan bersosialisasi ditahun - tahun pertama sekolahnya.
Sekolah pun baru mengijinkan seorang anak sekolah setelah ia berumur tujuh tahun.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Jangan di scan


Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 17
19-07-2019 08:57
heueu daripada ditest coding mending di test caslistung,
ane percaya tingkat kesulitannya jg sudah disesuaikan sama kemampuan anak2 SD lah...
0
19-07-2019 08:57
ane setuju aja. masa kelas 1 sd masih nggak bisa baca sama hitung? emoticon-Hammer (S)
0
19-07-2019 08:58
Dilema pendidikan anak.
disatu sisi, jaman sekarang ketika anak baru balita, sudah diajari pakai cara ini itu buat memacu pergerakan saraf motorik. Pas udah umur setahun, banyak yg di les2in buat bisa baca cepat nantinya. Pas umur 3th udah bisa minimal baca huruf dan angka. Ada juga yg umur 3th di les2in bahasa inggris atau hafal Al Qur'an. Umur 5th tinggal maen2. Umur 7th masuk SD.

diperkiraan harusnya udah bisa calistung walau sebatas pengenalan huruf dan angka ketika masuk SD.

berat amat ya jd anak sekarang emoticon-Nohope
0
19-07-2019 09:01
Yg ribet pasti orang tua malas.
Nyalahin sekolah dan guru kalo anaknya gagal.
Lah situ jadi orang tua ngapain aja.
Punya anak yg diajarin lah minimal tahu huruf dan angka.
0
19-07-2019 09:02
jaman ane dulu gan,,, baru bisa baca y kelas satu esde,,, emoticon-Ngakak
klo sekarang, esde bukan sekolah dasar "murni" deh, masuk dah harus bisa baca tulis,,,
emoticon-Cool
0
19-07-2019 09:07
orang tua jg harusnya ikut andil dalam mengajar calistung pada anak nya. supaya anak bisa lebih nyaman belajar nya ya dengan keluarga. emoticon-Big Grin
0
19-07-2019 09:07
mending pendidikan mental aja didahulukan. calistung mah bisa sambil jalan. ga baik juga anak masi kecil dijejelin calistung
0
19-07-2019 09:12
Ane ga inget persisnya kapan atau gimana ane bisa baca, kayaknya sekitar tk udah bisa baca tanpa ada paksaan. Dulu bokap ane langganan koran. tukang koran keliling juga suka jualan majalah kan, nah majalah bobo kurang lebih ngebantu ane buat belajar baca. Seneng aja tiap minggu nungguin cerita2 yg ada di sana. Sampe smp juga seneng baca cuma naik level jadi majalah teen dst wkwkwkw. Kalau zaman sekarang mungkin pendekatannya beda kali ya, bisa via gadget atau apalah yg kekinian tapi positif. Karena, selain anak dituntut bisa calistung terutama baca, penting juga supaya rasa suka buat bacanya tumbuh. Kalo dari awal udah dipaksa belajar calistung, anaknya emang bisa, tapi belum tentu dia suka dan bakal berkepanjangan gitu.
0
19-07-2019 09:12
mungkin banyak guru SD yang ngeluh pas ngajar dikelas 1.. maka timbullah gagasan kalo masuk SD Harus bisa calistung, kalo mau main2 ya di TK aja.... ane gak TK dan langsung SD beidewei emoticon-Ngacir
0
19-07-2019 09:15
Main mebel lejen bisa, masa cuman a i u e o kaga bisa

Jgn samain sama zaman bahoela dulu, zaman gw kecil kelas 1 SD baru diajarin "a i u e o" sama "Budi pergi sekolah"

emoticon-Leh Uga
0
19-07-2019 09:15
di Malang sudah tidak d berlakukan, kalau ada yang ketahuan penerimaaan siswa sd dengan tes calistung kalau di laporkan bisa dapat sanksi
0
19-07-2019 09:15
Namanya jg sekolah dasar, ya hrs ngerti dasar2nya dl, jgn ntar plonga plongo gak karuan masuk kelas, kan berabe
0
19-07-2019 09:17
ini peraturan yg memberatkan sih menurut ane gan emoticon-Toast emoticon-Traveller
0
19-07-2019 09:19
gw bisa baca tulis lancar kls 3 SD, skrng gw bisa mempekerjakan anak2 lulusan S2, gak ngaruh. emoticon-Cool

dl gw pra SD mulai dr TK / paud itu cuma diajarkan cara bermain yg benar, bersosialisasi sesama makluk ciptaanNYA, teman, hewan tumbuhan dll,., belajar cuci tangan, gosok gigi, makan sendiri, dan bernyanyi sambil berlari emoticon-Peluk

dl gw gak tega waktu anak ane mau masuk SD hrs bisa baca tulis, terpaksa ane lesin, kasian sebenernya, tp mau diapa dr pd gak bisa masuk SD emoticon-Traveller
0
19-07-2019 09:20
Makanya ada PG Play Group dimana anak2 di ajarkan atay merasakan gimana soch sekolah itu, setelah PG baru ke TK dimana mengajar anak membaca angka, mengeja dan menulia, kaya "INI IBU BUDI". Atau belajar alphabet. Pas itu baru deh SD belajar penambahan sama pengurangan (standard pelajaran). SMP baru belajar perhitungan lebih mendalam, setelah itu baru SMA dimana situ baru belajar lebih dalam tentang kimia, fisika, dll. Setelah itu ada namanya kuliah dimana tahap lebih mendalami bedasarkan pilihan jurusan yang diambil. Nantinya baru kerja deh tp sebelum kerja di tes apakah sesuai kiteria atau tidak. Lagian masa iya dah SD tapi gak bisa membaca bukan artinya harus bener bisa membaca tapi setidaknya tau ini tulisan "A" itu angka 4... TK harusnya dah diajarkan untuk mengeja atau membaca angka.
Diubah oleh wolfzmus
0
19-07-2019 09:20
Quote:Original Posted By dirtyweekend
Anak2 ane
Sblm masuk SD dan
Masuk SMP pun
Y di test calistung
Sesuai kurikulum dan usianya

Sblm masuk kerja jg toh
Pada umumnya ditest

Rewel sekali TS baru test level SD sj
Sudah mengeluh



emoticon-Blue Guy Bata (L)


OPINI :
Saya kurang setuju gan, usia segitu belum saatnya untuk sebuay test, apalagi diharuskan untuk bisa calistung. Kalau pengenalan saya detuju, tapi kalau keharusan kurang setuju
Usia segitu saya lebih setuju apabila diajarkan pendidikan karakter, sosial, percaya diri,
0
19-07-2019 09:21
Rezim skrg emang rezim konyol.... hidup makin sulit semua....
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat? Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat? Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat? Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat? Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
profile-picture
wolfzmus memberi reputasi
1
19-07-2019 09:22
di indonesia , serba harus bisa sesuatu kalo mau sesuatu . if you know what I mean
0
Lapor Hansip
19-07-2019 09:23
Balasan post cor7
@setyawinadi

Tapi kasihan juga anaknya kalau sudah masuk SD sampai belum bisa baca tulis...
0
19-07-2019 09:28
anak saiya masuk sd kagag bisa baca tulis ndak masalah bray
tetep diterima
tapi emang anaknya dah kenal angka sama huruf
meski cuman beberapa.
0
Halaman 7 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.