alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.85 stars - based on 26 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2fa5aea2d1951d9b777886/masuk-sd-harus-bisa-baca-tulis-situ-sehat
Lapor Hansip
18-07-2019 05:48
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Past Hot Thread
Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi


Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Penerimaan siswa baru yang diwarnai dengan pro kontra sistem zonasi baru saja usai. Kini anak - anak sekolah saatnya memulai tahun ajaran baru kembali. Namun, sebenarnya masih ada hal lain yang cukup mengganjal dari sistem penerimaan siswa baru khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD) yakni adanya keharusan calon siswa baru untuk menguasai calistung (baca, tulis, dan berhitung) sebagai salah satu syarat masuk Sekolah Dasar.

Meski sebenarnya aturan ini sudah lama diterapkan dan tahun ini juga bukan merupakan pertama kali aturan ini diterapkan, tetap saja hal ini cukup mengganggu. Kenapa begitu? Karena kalau dimaknai secara harfiah saja, yang namanya sekolah dasar ya memang tempat seorang anak untuk mempelajari hal - hal dasar, termasuk dalam hal calistung. Jadi, jika calistung jadi salah satu syarat wajib seorang calon siswa untuk masuk sekolah dasar kok rasanya aneh ya. Bagaimana bisa tempat untuk mempelajari hal - hal dasar tapi syarat masuknya harus sudah menguasai hal dasar tersebut.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Mungkin sebagian diantara kita menganggap hal ini biasa saja. Karena bagi mereka makin cepat seorang anak menguasai hal dasar (calistung), makin baik, karena sang anak bisa mempelajari hal lain yang lebih tinggi tingkatannya. Toh, calistung sudah dipelajari saat anak duduk dibangku playgroup/ TK. Tapi kita lupa, play group/ Taman Kanak - Kanak sebenarnya bukanlah tempat bagi anak untuk mempelajari hal - hal seperti itu. TK/playgroup sejatinya hanya tempat bagi anak untuk bermain dan membiasakan berkumpul bersama orang lain pra sekolah, selain untuk melatih pendidikan karakter sang anak.

Tak mengapa sih kalau memang ada TK/ playgroup yang ingin mengajarkan anak belajar membaca maupun menulis sebagai tahap pengenalan saja. Tapi bukan berarti saat masuk jenjang SD, anak tersebut wajib harus sudah bisa membaca, menulis, maupun berhitung. Pemerintah sendiri juga mengatur tentang aturan penerimaan calon peserta didik baru tingkat sekolah dasar. Disana ditegaskan bahwa sekolah tidak boleh melakukan tes calistung bagi calon peserta didiknya untuk mengukur kemampuan calon siswa tersebut. Aturan ini juga tertuang dalam Permendikbud No. 51 Tahun 2018.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?
Dalam peraturan menteri tersebut juga disebutkan bahwa syarat penerimaan siswa baru tingkat sekolah dasar adalah usia calon peserta didik, selain juga zonasi. Peserta didik harus berusia tujuh tahun atau sekurang - kurangnya enam tahun pada 1 Juli tahun berjalan. Tidak ada sama sekali aturan yang mengharuskan seorang calon siswa harus menguasai calistung sebelum masuk SD. Bahkan, sesuai dengan PP No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, pada Pasal 69 ayat (5) hal tersebut justru dilarang.

Sebagaimana ane tulis diawal, bahwa di TK/PAUD/ Playgroup sebenarnya anak tidak untuk diajarkan calistung, pemerintah meminta agar di tempat ini anak lebih diutamakan pendidikan karakternya, tentang kejujuran, kemandirian, budaya antri dan sejenisnya. Yang pada intinya, bukan untuk dipaksa belajar calistung. Finlandia, negara dengan tingkat pendidikan terbaik didunia juga tidak mengajarkan calistung untuk anak usia dini. Disana anak - anak justru didorong untuk bermain dan bersosialisasi ditahun - tahun pertama sekolahnya.
Sekolah pun baru mengijinkan seorang anak sekolah setelah ia berumur tujuh tahun.

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?

Disclaimer : Asli tulisan TS
Referensi : Ini dan Ini
Sumur Gambar : Om Google




Jangan di scan


Masuk SD Harus Bisa Baca Tulis, Situ Sehat?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
gruesome dan 40 lainnya memberi reputasi
39
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 17
19-07-2019 07:46
lama lama sekolah udah seperti lamar kerja aja kudu bisa gini gitu.. ya namanya aja sekolah mau belajar to emoticon-Ngakak
0
19-07-2019 07:46
Quote:Original Posted By chevfu
kalo g bisa minimal alfabet, tk ngapain aja, drumah ortunya ngurus g


Emg betul bree org tua harusnya jg punya peran penting yaa, tp alangkah baiknya sbg org tua jg harus mengerti usia perkembangan anak...trlalu cepat sang anak mmpelajari hal yg diatasnya jg kurang baik buat pertumbuhan sang anak
0
19-07-2019 07:48
Quote:Original Posted By semutcorp
aturan klo g ditegakkan y percuma. klo ane cuman ngikut anak. anaknya minat buku ya ane ajari sekalian.


Tjakepp gaann, anak jadi fokus utama yaa...biarkan anak menemukan passionnya sejak dini, dsini ane ngeliat peran org tua sbg fasilitator...tidak mnuntut kehendak tp mmberikan fasilitas yg dibutuhkan oleh sang anak dlm tumbuh kembangnya
0
19-07-2019 07:48
Saya dulu bisa baca tulis kelas 3 sd itu aja blm lancar, kelas 4 baru lancar, tapi klo hitung dari kelas 2 udh jago
0
19-07-2019 07:48
Jangan bikin anak stres lah, seusia anak2 masih suka main game
Jangan suruh belajar terus, ajarkan pengetahuan luar negri dulu seperti nama2 presiden dan wakil luar negri, skip aja bagian jongunemoticon-Leh Uga
Ajarkan nama2 negara dan ibukotanya, pokoknya pengetahuan yg ga ngebosenin duluemoticon-Cool

Klo awal2 diajarin bahasa indonesia, matematika, ips membosankan sekaliemoticon-Cape d...

Audrey yu diajarkan apa ya dulu? emoticon-Matabelo
profile-picture
cloudible8 memberi reputasi
1
19-07-2019 07:49
Quote:Original Posted By zanaf231
syarat itu ada karena kurikulum pemerintah, ts anak nya udh sekolah SD belom?coba liat pelajaran kelas 1 SD
Ane malah kasian kalo belum bisa baca masuk SD


Ya gapapa bree kan tugas skolah utk membimbing dan mendidik...klo skolah buat org yg sudah pintar calistung, lalu org yg belom pintar ato belom bisa calistung gabisa masuk sampe bisa gitu??? Skolah hadir utk anak pintar? Atau skolah hadir utk mndidik anak?
profile-picture
abk3304157 memberi reputasi
1
19-07-2019 07:50
ribet pendidkan skrg, apa guru sd'nya males untuk ngajarin dulu ane masuk sd gak masuk tk atau apalah namanya, kelas 1 baru belajar calistung... dan gurunya dengan telaten dan sabar. toh siswa semuanya bisa.
0
19-07-2019 07:51
Quote:Original Posted By indomerahputih
harusnya yg dikurangi porsi pelajaran agama perbanyak pelajaran disiplin, tenggang rasa, sama budaya tertib dan cinta tanah air. Agama harusnya urusan orang tua yang proaktif bawa anaknya ngaji di mesjid atau pendalaman alkitab di gereja atau berbasis agamanya masing2. biar anak2 ga nongkrong ga jelas sambil ngomong tad tod tad tod padahal masih pake baju koko.


Setuju sama kalimat terakhir agan

Jujur ane suka malu sendiri ngeliat bocah bocah pake baju koko tapi ngomong kata-kata ngga pantas kayak nggabisa ngendaliin diri
Malu asli lah emoticon-Cape d...
0
19-07-2019 07:51
mau lihat hasil pendidikan 10-20thn silam? ya itu orang dewasa skrng. Umumnya suka melanggar peraturan pemerintah, even yg utk melindungi diri sendiri, kayak lampu lalin. Trus kalo ada yg gk enak, nyalahin pemerintah. Nurut aja kagak, kok main nyalahin. Bahkan rasanya kata oknum, tidak bisa mewakilkan, krna ini memang berlaku dgn masiv. So, mustinya cara asuh berkembang, dan berhenti dari gaya lawas. Gk penting tes bisa baca apa enggak, anak gw dikasi hape, langsung bisa baca. Baca itu pekara super gampang, kcuali ortunya emng acuh sama anaknya, kasi hp langsung tinggal aja, kasi game, cuma suru liat gambar. Pdhl di game slalu ada instruksinya, yg bisa buat pancingan supaya anak mau baca
Diubah oleh caesarpratama
profile-picture
profile-picture
geninaruto dan cloudible8 memberi reputasi
2
19-07-2019 07:51
Quote:Original Posted By powerpunk
Ane mendukung kalau masuk SD itu bisa calistung..
Yg ane nggak setuju, kalau itu dijadikan sebagai salah satu syarat wajib..
Minimal tau dulu lah, nggak harus wajib..



Setubuh gan..
Ga harus wajib..
Kan fungsi sekolah buat tempat belajar..
IMHO
0
19-07-2019 07:51
Quote:Original Posted By maggotwalrus
Setubuh gan..
Ga harus wajib..
Kan fungsi sekolah buat tempat belajar..
IMHO


Ayok bersetubuh!
0
19-07-2019 07:51
iyaa nih skrg itu udh wajib bener, umur kurang 3 bulan dari yg seharusnya 7 tahun ge kaga bisa masuk negeri. wkwk
0
19-07-2019 07:51
Sorry nih cuma menyampaikan pandangan pribadi

1. SD negeri skrg udh jauh pergeseran paradigma guru ke murid..dulu era 1990an banyak anak kelas 1 tanpa TK bisa diterima, ga ada tes, dan guru senang hati mengajar

2. SD negeri sekarang khususnya DKI, masih ada oknum guru berpandangan "gue udh digaji ini ngapain cape2" dan sense nganggap murid sbg anaknya itu udh langka (oknum lho ya)

3. Ane prefer saat ini nyaranin SD swasta aja..terutama yang basis agama misal SD Islam, SD agama lain..ya ga harus yang mahal atau yang downgrade juga..setidaknya anak kelas 1 dididik basic tanpa harus dimarah2ib guru kalau belum paham..nanti kalau SMP dst baru dah ke negeri lagi.

Hanya opini ane di wilayah DKI..ga semua SD negeri DKI spti yg ane sebutin di atas..apalagi yang Favorit udh pasti oknum guru ada yg senang ngajar karena oknum Ortu ga segan2 ngasih seserahan atau parcel2an biar anaknya tau beres...inget ya "Oknum"
profile-picture
online.addict memberi reputasi
1
19-07-2019 07:53
ane dulu bisa nulis huruf krna belajar sama emak ane, trus pas SD kelas 1 cuma ngikutin cara penulisan yg benar aja
0
19-07-2019 07:54
Quote:Original Posted By servesiwi
ada baiknya ortu dirumah ngajarin anaknya calistung sebelum masup sd.
soalnya ane dulu tanpa tk langsung masup sd.
thanks to emak emoticon-Wink


ane malah masup tk umur 6 taon emoticon-Leh Uga

0
19-07-2019 07:54
Kasihan anaknya ya gan, seringkali harapan orangtua yg berlebih terhadap anak.
0
19-07-2019 07:55
Kalo bsa coding skalian emoticon-Big Grin
profile-picture
cloudible8 memberi reputasi
1
19-07-2019 07:55
ini pasti para orang tua yg males ngajarin anak dan ngarep diajarin calistung nya d sekolaan aja emoticon-Malu

Kenapa SD harus ud bisa calistung?
Supaya mrk ud bisa ngikut belajar
Tar yg lain uda bisa baca nulis anak lu planga plongo kan kasian
Diubah oleh white.d
0
19-07-2019 07:56
menuai pro dan kontra sih emoticon-Belo
intinya orangtua di rumah juga harus aktif ngajarin anaknya calistung dari usia dini, jangan cuma dibiarkan aja itu anak mainan gadget seharian sampe jereng matanya emoticon-Takut (S)
biar nggak kaget pas ada peraturan begini untuk anak anak yang baru mau masuk SD emoticon-Big Grin
btw masa iya sih sekian tahun di paud nggak bisa calistung? calistung dasar lho, bukan calistung lanjutan emoticon-Malu
kalo nggak bisa, apa gunanya masuk paud? Pendidikan Anak Usia Dini emoticon-Cool


emoticon-Shutupemoticon-Ngacir
0
19-07-2019 07:56
Quote:Original Posted By apefras11
Tjakepp gaann, anak jadi fokus utama yaa...biarkan anak menemukan passionnya sejak dini, dsini ane ngeliat peran org tua sbg fasilitator...tidak mnuntut kehendak tp mmberikan fasilitas yg dibutuhkan oleh sang anak dlm tumbuh kembangnya


betull. anak ane jg hobi mainan mobil2an. krn itu ane belikan dah aneka jenis mobil2an. sering jg ane ajak duduk pinggir jalan, ngamatin mobil dan kasih tau jenis dan merknya, sekarang malah apalan dia klo ada mobil lewat.trus berkembang jd semua kendaraan berat, traktor dll. lalu ane belikan buku tentang semua jenisnya, dr situ dia mengasah sendiri kemampuan bacanya. dl masih TK A sdh bisa baca lancar.trus berkembang dia menghitung banyaknya kendaraan proyek, akhirnya berkembang kemampuan menghitungnya, disertai menulis nama2 kendaraan, trus berkembang kemampuan menulisnya. trus ane coba ikutin lomba, cmn buat mengasah dan biar ketemu tantangan,tentu dengan menikmati tantangan itu, alhamdulillah sering dpt trophy akhirnya meski ane g nuntut. yg penting anaknya seneng. skrg masuk SD calistung sdh lancar tanpa sekalipun ane paksa belajar.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apefras11 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Halaman 4 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.