• Beranda
  • ...
  • Games
  • Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat Dan Cerdas

YulianAnggitaAvatar border
TS
YulianAnggita
Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat Dan Cerdas



Beberapa Permainan Jadul Ini Bikin Sehat dan Cerdas. Bagaimana Menurut Gansis?




Salam jadul GanSis!

Setelah lama mencari wangsit yang entah ke mana ia pergi, akhirnya saya kembali meramaikan dunia kaskus. 😊

Buat kalian yang mau melanjutkan baca tulisan ini, jangan lupa cendol, bintang juga subcribe ya. Kalau perlu bagikan ke semua teman Agan-Sista.

Kali ini saya mau membahas soal permainan jadul alias jaman dulu. Yang lahir dan besar di era '80 dan '90 an pasti masih ingat dengan beberapa permainan yang bikin gerah banget. Kok bisa?

Yuk kita bahas satu persatu ya ...

1. Gobak Sodor



Gambar : bukubiruku.com


Permainan di atas kalau di daerah saya namanya gobak sodor. Permainan ini lumayan membuat kita gerah alias berkeringat gansis. Bagaimana tidak, jika mainnya saja sambil setengah berlari dari satu blok ke blok selanjutnya. Tapi tetap main cerdas biar bisa mengelak dari lawan yang sedang menjaga pertahanan di tiap bloknya.

Walau biasanya kita main di sore hari, tapi tetap terasa panas. Karena sehabis bermain pasti kondisi badan sudah kumel karena keringat bercucuran. Seperti olah raga kan. Walau begitu, permainan ini tetap menjadi primadona di jamannya.


2. Engklek




Gambar : twitter.com


Nah, di daerah saya permainan ini namanya engklek. Cara mainnya gampang banget gansis. Permainan ini melatih kita untuk tetap seimbang meloncat dengan satu kaki dari satu kotak ke kotak selanjutnya. Tak lupa membungkuk untuk mengambil batu yang kita lempar di setiap kotaknya.

Wah, lumayan bikin gerah kan. Semacam olah raga ya. Karena selain melatih keseimbangan juga melatih kekuatan kaki kita. Jantung pun terpacu lho ... 😊


3. Main Tali



Gambar : matadunia.net


Permainan selanjutnya adalah main tali. Tali yang dipakai ini adalah karet gelang yang dironce atau dirangkai hingga panjang. Jadi lentur banget gansis. Cara mainnya memang tinggal lompat saja.

Akan tetapi, setiap lompatan punya tinggi yang berbeda-beda. Awalnya dari selutut. Tapi ada juga yang dimulai dari semata kaki. Lalu semakin naik hingga akhirnya posisi merdeka. Yaitu si pemegang tali memegang tali dengan posisi tangan ke atas. Lumayang tinggi untuk ukuran bocah waktu itu.


4. Main Masak-Masakan



Gambar : sebutik.com


Sebenarnya main masak-masakan ini tidak ada adu fisiknya. Bahkan dibilang cukup santai. Tapi, karena biasanya kita main di kebun atau halaman belakang rumah yang lumayan panas, jadilah permainan ini semacam spa alami waktu itu.

Dan tahukah kalian apa yang dijadikan bahan memasaknya?

Ini nih bahan-bahan yang dimasak kala itu.



Gambar : akhwatmuslimah.net

Semua bahan itu kita dapet dari kebun lho gansis. Kala itu masih banyak banget tanaman yang bisa dipetik sesukanya untuk mainan. Salah satunya adalah pelepah pisang juga jantung pisangnya. Padahal kalau dimasak beneran, jantung pisang itu rasanya enak. Tapi karena waktu itu jumlahnya bejibun, alhasil untuk yang ukurannya kecil cuma dibuang saja. Jadi bisa kita pakai mainan deh.

Selain kegiatan masak-memasak, biasanya akan terjadi transaksi jual beli. Ya semacam bermain dagang. Ada yang jadi penjual makanan dan ada yang jadi pembelinya. Di sini anak belajar sedikit matematika juga lho.


5. Main Rumah-Rumahan



Gambar : berita.baca.co.id


Ada yang pernah main rumah-rumahan seperti ini? Ya, waktu itu masih jarang sekali ada yang punya lego atau permainan barbie set yang ada rumahnya.

Jadi kala itu lebih banyak anak yang ngumpul bareng untuk main permainan ini. Membuat rumah-rumahan dari tanah yang dikeruk sehingga seperti yang ada pada gambar di atas.

Nah, untuk orang-orangnya memakai gambar bongkar pasang seperti ini gansis.



Gambar : idntimes.com

Permainan rumah-rumahan semacam ini juga melatih kita bermain peran. Jadi anak-anak terlatih bagaimana berkomunikasi dengan baik.


Gimana gansis? Seru sekali bukan permainan jaman dulu. Walau sekarang ada beberapa permainan yang masih dimainkan, tapi bukan menjadi primadona lagi.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya. Semoga bermafaat.

Mari kita ajak anak-anak kita untuk bermain sehat dan cerdas.



Oleh : Yulian Anggita
#belajarbersamabisa
DeYudi69
trifatoyah
tata604
tata604 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.8K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread•15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.