alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5d307228c0cad748fd45edab/sebut-akan-ada-gempa-magnitudo-9-arkeolog-asal-as-minta-maaf-ke-warga-ntb
Lapor Hansip
18-07-2019 20:20
Sebut Akan Ada Gempa Magnitudo 9, Arkeolog Asal AS Minta Maaf ke Warga NTB

Sebut Akan Ada Gempa Magnitudo 9, Arkeolog Asal AS Minta Maaf ke Warga NTBSuara.com - Ahli geologi dan kegempaan asal Amerika SerikatProf Ron A Harris meminta maaf kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat atas statemennya mengenai hasil penelitian potensi gempa di selatan Lombok, sehingga membuat rasa takut masyarakat.

"Saya meminta maaf atas rasa takut yang disebabkan presentasi saya terkait dengan hasil penelitian kami," ujar Ron dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Mataram, Kamis.

Ron Harris menjelaskan, berdasarkan penemuan mereka di lapangan, palung Jawa sampai saat ini belum melepaskan energi yang sudah terkumpul selama 500 tahun.

Sedikitnya gempa bumi besar selama kurun waktu tersebut menandakan bahwa ada kemungkinan munculnyagempa besar dengan magnitude 8 dan mungkin 9.

"Banyak yang bertanya 'kapan?, tapi itu adalah pertanyaan yang salah untuk gempa bumi karena tidak mungkin ada yang bisa mengetahui kapan pastinya," tegas Ron Harris.

"Kami hanya ingin memberi tahu potensi gempa bumi di palung Jawa dan perlu digarisbawahi bahwa palung ini memanjang dari Sumatera di Barat sampai Sumba di Timur, jadi belum tentu episenter gempa yang dimaksudkan akan terjadi di Lombok. Kami hanya bisa memperkirakan dimana (yakni palung Jawa sebagai sumber gempa yang potensial) dan seberapa besar magnitude gempanya berdasarkan catatan sejarah dan rekaman geologi yang pernah terjadi sebelumnya," sambungnya.

Karena itu, Ron berharap masyarakat Lombok lebih berfokus pada kesiapsiagaan.

"Sebenarnya itu lah maksud kedatangan kami ke Lombok, untuk membantu masyarakat memahami risiko dan mengajak untuk meningkatkan kesiapsiagaan," ucap Ron Harris yang juga bekerja sebagai dosen di Brigham Young Univesity, Utah, Amerika Serikat.

Menurutnya, ada dua hal yang bisa dilakukan sekarang, yakni menghentikan pembangunan bangunan dengan material yang tidak bagus. Gunakanlah kayu.

"Tidak satu pun atau sedikit bangunan yang berbahan dasar kayu rusak karena gempa-gempa tahun 2018 di Lombok. Amankan barang-barang yang kemungkinan dapat menimpa anda ketika terjadi gempa," pesan Ron Harris.

Sementara, bagi yang tinggal dekat dengan pantai, Ron Harris menganjurkan masyarakat untuk menerapkan prinsip 20-20-20.

"Ketika merasakan gempa selama lebih dari 20 detik, meskipun tidak besar gempanya, anda harus mengevakuasi diri setelah gempa berhenti. Kemungkinan besar tsunami akan tiba dalam waktu 20 menit setelah gempa dan kemungkinan ketinggian tsunami akan mencapai 20 meter. Jadi harus mengevakuasi diri ke tempat yang tinggi atau gedung tinggi yang minimal ketinggiannya 20 meter. Kalau masyarakat Aceh pada tahun 2004 memahami prinsip 20-20-20, mungkin ribuan nyawa dapat terselamatkan," jelasnya.

Selain itu, lanjut Ron, masih banyak tantangan bagi pemerintah untuk memberikan peringatan dalam waktu cepat. Oleh karena itu masyarakat harus dilatih cara untuk mengenali tanda-tanda alam agar bisa menentukan kapan untuk evakuasi mandiri.

"Saya harap kita dapat menjadi bagian dari solusi untuk pencegahan bencana. Ini adalah tanggung-jawab semua bersama. Potensi gempa bumi dan tsunami dari palung Jawa tidak lah baru. Saya meminta maaf sekali lagi kalau pemaparan saya mengejutkan banyak pihak, tetapi lebih baik masyarakat tahu sehingga bisa mempersiapkan diri. Mari tumbuhkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Kesiapsiagaan mengurangi rasa takut dan membuat kita semakin tangguh," katanya. (Antara)

Sumber:https://m.suara.com/news/2019/07/18/105637/sebut-akan-ada-gempa-magnitudo-9-arkeolog-asal-as-minta-maaf-ke-warga-ntb
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
18-07-2019 20:29
Akan ada gempa besar

Konsumen tolak angin: "mari kita ciptakan rumah tahan gempa dan menyusun menejemen evakuasi pasca bencana"

Warga entebe : "bencaNA SuDaH TaKdir oLOh!!! MaNusia hanyA pasaRah!! pakar aSiNG kapIr haruS mintA maaf SuDah mEnaKuT2i wARga !!!"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ustad.syam dan 2 lainnya memberi reputasi
3
18-07-2019 20:38
Bikin resah aja, siap siaga gaes
0
18-07-2019 20:40
Saya juatru heran
Kenapa kaum yg ngaku paling relijius saat ini
Justru adalah pihak yg sangat berlebihan menyikapi kematian dan kiamat
Seakan menjual "kabar buruk dan ketakutan" utk kepentingan tertentu
profile-picture
hantumasam memberi reputasi
1
18-07-2019 20:43
bodoh banget percaya sama omongan arkeolog

0
18-07-2019 20:47
nah ini baru bener, beri kabar berdasarkan hasil riset,
beserta bagaimana cara evakuasi diri kalau sampai terjadi, bukan sebar hoax, yang gak berfaedah dan cenderung menghasut
0
18-07-2019 20:53
Ini bukan asing.. emoticon-Marah emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga







0
18-07-2019 21:00
sdh ada gunung2 yg kokoh spy bumi tidak goncang

ane baca di buku sumber ilmu pengetahuan alam

emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
hamtonz memberi reputasi
1
18-07-2019 21:03
Jelas yg salah warganya emoticon-Mad

Bule itu kebhinekaan emoticon-Mad
0
18-07-2019 21:14
20 20 20 emoticon-Shakehand2
0
18-07-2019 21:41
Kasus Uril & Martha: Ingatkan Bahaya Gempa Malah Dituduh Sebar Hoax

Baca selengkapnya di artikel "Kasus Uril & Martha: Ingatkan Bahaya Gempa Malah Dituduh Sebar Hoax", https://tirto.id/c48Q.
0
18-07-2019 21:42
bukankah tidak ada alat yg bisa mendeteksi gempa? apakah ini adalah mbah mizon versi bule?
0
18-07-2019 21:48
Ron Harris menjelaskan, berdasarkan penemuan mereka di lapangan, palung Jawa sampai saat ini belum melepaskan energi yang sudah terkumpul selama 500 tahun.

Sedikitnya gempa bumi besar selama kurun waktu tersebut menandakan bahwa ada kemungkinan munculnyagempa besar dengan magnitude 8 dan mungkin 9.

"Banyak yang bertanya 'kapan?, tapi itu adalah pertanyaan yang salah untuk gempa bumi karena tidak mungkin ada yang bisa mengetahui kapan pastinya," tegas Ron Harris.


Warga ntb mau tau kapan?? Biar nanti udah deket waktunya (itu) mereka mau pindah sementara. Abis itu baru balik lagi ke lokasi itu emoticon-DP

Seperti di bekas lokasi gempa lainnya yg kembali dihuni.
0
18-07-2019 21:57
Kok bukan geolog?
0
19-07-2019 02:16
pokoknya klo suatu propinsi di indon mayoritas muslim.. semua salah..
-imigran- emoticon-Leh Uga
0
19-07-2019 02:17
Quote:Original Posted By biawak.pink
Kok bukan geolog?


yg penting tapir dan seiman.. emoticon-Leh Uga
0
19-07-2019 06:17
pegangan bro
0
19-07-2019 09:21
Quote:Original Posted By biawak.pink
Kok bukan geolog?


Arkeolog lebih ngerti umur lempeng bumi
0
19-07-2019 10:35
Dari jaman Nabi Adam sampai sekarang belum ada alat yang bisa memprediksi gempa secara akurat
Yang bisa dilakukan hanyalah bersiap sebaik mungkin untuk daerah daerah rawan gempa

contah paling bagus untuk urusan persiapan gempa lihatlah negara Jepang

Ah gw lupa... ini Indonesia, bukan Jepang
0
19-07-2019 10:40
Quote:Original Posted By hamtonz
Ron Harris menjelaskan, berdasarkan penemuan mereka di lapangan, palung Jawa sampai saat ini belum melepaskan energi yang sudah terkumpul selama 500 tahun.

Sedikitnya gempa bumi besar selama kurun waktu tersebut menandakan bahwa ada kemungkinan munculnyagempa besar dengan magnitude 8 dan mungkin 9.

"Banyak yang bertanya 'kapan?, tapi itu adalah pertanyaan yang salah untuk gempa bumi karena tidak mungkin ada yang bisa mengetahui kapan pastinya," tegas Ron Harris.


Warga ntb mau tau kapan?? Biar nanti udah deket waktunya (itu) mereka mau pindah sementara. Abis itu baru balik lagi ke lokasi itu emoticon-DP

Seperti di bekas lokasi gempa lainnya yg kembali dihuni.


Kalau gitu solusinya apa? Tiap ada gempa, semua warga pindah, gitu terus? Yaudah semua warga indonesia tampung di kalimantan saja mampu ga? Solusinya bukan pindah abis ada gempa, tapi gimana bikin fasilitas yang mampu meminimalisir kerusakan gempaemoticon-Cape d...
0
19-07-2019 13:00
Quote:Original Posted By ustad.syam
sdh ada gunung2 yg kokoh spy bumi tidak goncang

ane baca di buku sumber ilmu pengetahuan alam

emoticon-Ngakak (S)


Ilmu gaib kali itumah. Bisa gak akurat gitu emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By kazuraba


Kalau gitu solusinya apa? Tiap ada gempa, semua warga pindah, gitu terus? Yaudah semua warga indonesia tampung di kalimantan saja mampu ga? Solusinya bukan pindah abis ada gempa, tapi gimana bikin fasilitas yang mampu meminimalisir kerusakan gempaemoticon-Cape d...


Dr tulisan d artikel sih bangunan yg dr kayu malah yg rusak sedikit. Mgkn bener ya kudunya bikin rmh kaya jaman dlu
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.