alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2fbd638d9b172ffc3aef2c/ajukan-pertanyaan-ini-kepada-pasangan-anda-sebelum-menikah
Lapor Hansip
18-07-2019 07:29
Ajukan Pertanyaan Ini Kepada Pasangan Anda Sebelum Menikah
Past Hot Thread
Pertanyaan Yang Wajib Diajukan Sebelum Menikah

Selamat pagi agan dan sista ... semoga di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat dan bahagia.
Ajukan Pertanyaan Ini Kepada Pasangan Anda Sebelum Menikah

Ketika menginjak dewasa apa sih tujuan hidup kita? Sebagian besar pasti menjawab akan menikah, membangun rumah tangga bahagia dengan anak-anak yang lucu.

Siapa sih yang tidak mau menikah? Semua orang pasti ingin. Menikah adalah menyatukan dua kepribadian yang berbeda. Akan banyak aral rintangan dan batu kerikil yang menghadang di sana.
Ajukan Pertanyaan Ini Kepada Pasangan Anda Sebelum Menikah

Sebelum memutuskan untuk menikah. Ada baiknya untuk mengetahui sifat dan karakter calon pasangan kita. Bagi para jomlowati atau orang tua pihak perempuan ini adalah beberapa pertanyaan penting yang perlu diajukan untuk calon suami :

1. Agama dan pemahamannya.
Sebelum melangkah kehubungan yang lebih jauh, ada baiknya kita atau orang tua mengetahui sejauh mana pemahaman agama calon pasangan. Kita bisa mengujinya dengan mempersilakan dia menjadi imam saat shalat berjamaah magrib. Perhatikan setiap gerakan shalat dan pelafalan bacaan ayat Al Qurannya. Jika benar dan fasih, selamat, ia layak menjadi imam. Jika belepotan suruh belajar lagi. He ....

2. Asal usul keluarga.
Ini juga penting untuk kita ketahui. Jangan sampai kita menikah tanpa tahu asal usulnya. Seperti pepatah seperti membeli kucing dalam karung. He ....

3. Pekerjaan atau penghasilan.
Cinta saja tidak cukup untuk membangun rumah tangga. Setidaknya kita tahu kemampuan finansial calon. Pastikan juga kalau dia tidak pelit. Kan repot kalau punya pasangan pelit. He ...

4. Komitmen untuk setia.
Poin ini tak kalah pentingnya dari ketiga poin di atas. Pastikan calon pasangan kita berkomitmen untuk setia. Siapa sih wanita yang mau di madu? Jangan beranggapan pertanyaan ini terlalu dini diajukan. Disinilah kita menguji besarnya cinta calon kita. Tidak ada yang tahu yang akan terjadi kedepannya. Paling tidak kita sudah berusaha. Layaknya umu mukminin Siti Khadijah istri Nabi Muhammad SAW yang selama hidupnya menjadi satu-satunya istri Nabi. Uji dia dengan mengajukan pertanyaan mengenai poligami. Contoh :
"Bagaimana menurutmu tentang poligami? Apa saja syarat poligami?"
Melalui jawaban-jawabannya kita bisa mengetahui kecenderungan dia akan berpoligami atau tidak.

5. Cinta.
Kita perlu mengetahui alasan dia mencintai kita. Apakah karena fisik atau hati.

6. Tujuan menikah.
Ajukan pertanyaan apakah tujuan ingin menikah? Melalui jawabannya kita bisa mengetahui akhlak dan tujuan hidupnya.
Ajukan Pertanyaan Ini Kepada Pasangan Anda Sebelum Menikah

Sebenarnya masih banyak lagi pertanyaan untuk calon suami kita kelak. Namun, semua kembali kepada diri kita masing-masing. Apakah mau menerima apa adanya dengan segala konsekuensi di masa depan atau tidak.

Manusia memang tidak ada yang sempurna, paling tidak kita sudah berusaha mengenalnya dengan baik. Agar kita tidak terlalu kaget saat pasangan menunjukan sifat aslinya kelak ketika sudah menikah.

Poin yang di atas bisa dijadikan acuan untuk mengetahui sedikit karakter calon pasangan kita. Pernikahan tidaklah semudah menggelar pesta. Dengan mengetahui sifat masing-masing tentu akan mempermudah kita menjalani biduk rumah tangga yang bahagia.
Ajukan Pertanyaan Ini Kepada Pasangan Anda Sebelum Menikah

Silahkan berbagi tips di kolom komentar dengan sopan dan saling menghargai. Tulisan di atas hanya opini pribadi saja untuk dijadikan bahan pertanyaan kelak untuk calon suami adik dan anak ane.

Kadang kita abai akan pertanyaan yang ane tulis di atas ketika cinta atau harta telah di depan mata. Atau enggan bertanya karena takut terkesan pemilih. Pertanyaan di atas bisa dilakukan oleh orang tua atau si gadis itu sendiri. Tapi alangkah baikknya jika poin 1 sampai 3 diajukan oleh orang tua si gadis.

Sekian tips dari ane yang masih belajar arti sebuah kehidupan. Ambil positifnya saja dan terimakasih.

Sumber : opini pribadi
Pic by :
https://www.google.com/search?q=pert...obile&ie=UTF-8
Diubah oleh ymulyanig3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andrabedy dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 6
18-07-2019 20:36
Quote:Original Posted By bangb0
Gimana kalo cintanya sama calon orang lain emoticon-Ngakak boleh kagak ?


Atuh mending mundur
0
18-07-2019 20:37
Quote:Original Posted By shanino510
yg mau deket aja blm ada, lagi nikah


Save aja buat persiapan
0
18-07-2019 20:38
Quote:Original Posted By sriwijayapuisis
mantul nih


Makasih kakak😁
profile-picture
sriwijayapuisis memberi reputasi
1
18-07-2019 20:40
Quote:Original Posted By anungari49
ribet, banyak nanya, untung dulu gw cuma nanya 1 aja
"maukah kamu menemaniku berlayar untuk mengarungi bahtera kehidupan di dunia ini"
.
gw sih simple, gak mandang keyakinan, asal usul, pekerjaan,
yah namanya hidup kek lautan, kadang nemu ombak yg besar kadang nemu karang, walopun kapalnya karam dan hancur, kita bisa perbaiki bersama ya yg penting kita tetap bersama dan saling mencintai,
emoticon-Cool


Nah itu gan, gimana klo ombak besarnya malah memisahkan dan menghancurkan. Contoh ; orang ketiga ( pelakor atau pebinor)
0
18-07-2019 20:41
Quote:Original Posted By superdede101
Kasian ni yg jomblo, makin berat aja bebannya hehehe... cari jodoh aja sulit. Tanya2 lg yg kyk gitu, bikin illfeel. Hehehehe

Klo sudah cinta pertanyaan gitu terasa benar semua jawabannya.

mnrt ane dengan menanyakan itu gak ampuh untuk cari orang yg cocok dengan kita. Klo ane sih msh pke kriteria yg ane timbang sendiri :
1. Fisik
2. Bibit keluarga / Keturunan
3. Kaya/ Miskin
4. Agama

2 ampe 4 point cocok terus diterima lamarannya ya jalan. Gak terlalu muluk2 lah.


Ini kan cuma tips aja gan, jaga2 gituemoticon-Ngakak
0
18-07-2019 20:42
Quote:Original Posted By kamuhujat21
yah, udah terlanjur menikah emoticon-Hammer2


Sama, ane juga udah terlanjur nikahemoticon-Ngakak
0
18-07-2019 20:44
Quote:Original Posted By AirezZ
untuk point yg ini:



gmn kalau casenya adalah orang tsb seorang atheis atau agnostik? ga nikah2 donk tuh orang krn ga lolos 'seleksi'? emoticon-Big Grin


Ya cari yang seagama atau sepenahaman sama2 atheis gitu. Lagian di dalam islam setahu ane kita nggak boleh menikah sama yg beda agama
0
Lihat 1 balasan
18-07-2019 20:44
Quote:Original Posted By blezzernet
yang pasti gw tanyain, udah siap lo beibeh? kalo belum siap silahkan mundur gw pun begitu emoticon-Angkat Beer


Good, simple padat dan berisiemoticon-Ngakak
0
18-07-2019 20:46
Quote:Original Posted By 8319801
pertanyaan yang sangat bagus,
tidak memberatkan calon suami..


Itu adalah kriteria yang umum aja gan
profile-picture
8319801 memberi reputasi
1
18-07-2019 20:47
Quote:Original Posted By kljy
Satu tambahan dari ane: Makna keluarga bagi calon. Ini penting untuk mengetahui gambaran keluarga macam apa yang diinginkan pasangan.

Setiap keluarga memiliki budaya masing-masing. Saat anak dari keluarga menikah, pasti membawa budaya keluarga mereka. Jika ada yang memiliki budaya kekerasan dalam rumah tangga, nggak aneh jika nanti berkeluarga si anak akan melakukan kekerasan juga kepada keluarganya yang baru hasil budaya keluarga dia.

Dengan tau makna keluarga dari calon pasangan, kita bisa mengerti arah mau dibawa kemana keluarga mereka nanti. Apakah keluarga dengan kekerasan rumah tangga? Atau yang lainnya.

Kalau tidak bisa jawab, berarti dia belum siap menikah. Tolong ditunda dulu nikahnya lalu dibicarakan lebih dalam mau dibawa kemana keluarga mereka nanti.

Penyesalan selalu datang belakangan. Lebih baik ditunda daripada menyesal seumur hidup.


Nah itu dia pentingnya mengetahui latar belakan dan asal usul keluarganya. Biar kita juga tahu karakter mereka.
0
18-07-2019 20:52
Quote:Original Posted By brainymale
Yang point 1 apakah definisinya hanya sebatas hafal dan fasih?Bagaimana kalau orang tersebut hafal dan fasih ayat agama tapi dipakai untuk pembenaran tindakan yang kurang ajar?Mau contoh,silakan ubek artikel berita pilkada DKI 2017 dimana banyak spanduk bertebaran"Tidak akan mensholatkan mayat yang memilih penista agama sekalipun ia muslim"


Muslim yang biasa melaksanakan dan menjaga shalat 5 waktu tentunya dia adalah muslim yang baik. Di situ juga dapat mencerminkan kadar keimanannya. Muslim yang menjaga shalatnya pasti takut dg Allah dan insya Allah akan menjadi imam yang baik kelak.
0
18-07-2019 22:03
lumayan buat jadi bahan 😂
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1
18-07-2019 22:23
Quote:Original Posted By blezzernet
yang pasti gw tanyain, udah siap lo beibeh? kalo belum siap silahkan mundur gw pun begitu emoticon-Angkat Beer


Waah antusias sekali agan ini emoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
profile-picture
ymulyanig3 dan blezzernet memberi reputasi
2
18-07-2019 23:32
setuju banget sama poin2 diatas karena ketika hidup bersama perlu banget restu keluarga, pengetahuan kondisi pasangan mulai dari pribadi sampe pekerjaan dan segala2nya supaya bener2 siap hidup bersama susah dan senangemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
diandraps dan ymulyanig3 memberi reputasi
2
19-07-2019 03:10
ribet amat ya sis ini, cari anak pondokan sekalian deh sono, pake acara jadi iman sekalian harakat ma qolqolahnya sekalian panjang pendek tajwidnya sekalian emoticon-Cape d...
ribet kriteriamu ribet, ga ada org yg sama, satunya rajin shalat, satunya sedekah, ibadah dlm bentuk lain jg bisa emoticon-Toast
kalo udah nikah jelas udah komitmen seumur hidup, kalo ga komitmen itu artinya childish ga usah nikah karena akhirnya nyakitin salah satu pasangan emoticon-Toast emoticon-Traveller
mo nikah jgn seribet itulah yg penting baik, tulus, kalo udah tulus pasti jg mau mendampingi di saat suka dan duka emoticon-Kiss dari keluarga baik dan bertanggung jawab oh ya pastinya cowok/cewek tulen emoticon-Toast emoticon-Traveller
kebanyakan kriteria target, ga laku, kebanyakan nuntut ga ada yg mau emoticon-Toast emoticon-Traveller
Diubah oleh rutheme
profile-picture
profile-picture
navacuy dan ymulyanig3 memberi reputasi
2
19-07-2019 04:52
patut dipertimbangkan
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1
19-07-2019 05:30
mantap nih.. saya juga berfikir begitu..istilahnya tes dulu..karena kita kan gak tahu kedepannya gimana..
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1
19-07-2019 12:06
Tinggalin jejak dulu

Kalo udah pengen nikah, ane balik lagi emoticon-Cool
profile-picture
ymulyanig3 memberi reputasi
1
19-07-2019 13:09
Quote:Original Posted By nasikemarin
lumayan buat jadi bahan 😂


Allhamdulillah, semoga bermanfaat😁
0
19-07-2019 13:10
Quote:Original Posted By kardusadi
setuju banget sama poin2 diatas karena ketika hidup bersama perlu banget restu keluarga, pengetahuan kondisi pasangan mulai dari pribadi sampe pekerjaan dan segala2nya supaya bener2 siap hidup bersama susah dan senangemoticon-Big Grin


Iya sis, saling keterbukaan itu lebih nyaman untuk kedepannya
0
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.