alexa-tracking
Games
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! KASKUS mau ada event baru! Isi survey ini dan dapat badge!
1024
1024
KASKUS
51
244
5 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5d2deef28d9b177dfc73b066/dolanan-hits-arek-90-an
Lapor Hansip
16-07-2019 22:36
Dolanan Hits Arek 90-an!
Past Hot Thread
Dolanan Hits Arek 90-an!

Ingat masa kecil, rasanya ingin kembali lagi kesana. Dimana pikiran masih longgar, tak ada beban, yang dipikirkan hanya sekolah, mengerjakan PR dan bermain saja. Janjian dengan teman sepulang sekolah, bergiliran mengunjungi rumah teman - teman beramai - ramai lalu membuat keributan. Keseruan yang indah, memori yang tak lekang oleh waktu.

Permainan yang sering aku lakukan dulu ada banyak macamnya, seperti :

1. Bongkar pasang

Dolanan Hits Arek 90-an!


Permainan yang hanya bermodalkan kertas bergambar anak perempuan beserta baju - bajunya dengan harga Rp. 100 saja ini adalah permainan favoritku jaman dulu. Permainan murah meriah. Setiap Ibu membawakan bongkar pasang itu, aku selalu menggunting setiap sisi bajunya terlebih dahulu serta sedikit sisi kanan dan kiri leher si anak perempuan agar bisa digunakan untuk mengaitkan bajunya.

Pakaian yang terbuat dari kertas ini dibongkar dan dipasang, sehingga disebut sebagai bongkar pasang. Ada baju untuk sehari - hari bahkan untuk pergi ke pesta pun ada dengan beraneka warna dan beragam bentuk. Aku suka memainkannya bersama temanku. Seolah - olah boneka kertasku ini akan menghadiri pesta, jalan - jalan, hingga pergi ke sekolah. Sehingga mereka akan sering bergonta - ganti kostum.

2. Bekelan

Dolanan Hits Arek 90-an!



Koleksi warna bola bekel dengan ukuran yang berbeda - beda adalah kegemaranku jaman SD. Seringkali aku merendam bola bekel berukuran kecil ke dalam minyak tanah, kata teman - teman agar ukurannya membesar. Namun ternyata hal itu hanyalah mitos, dan konyolnya tetap aku lakukan. Permainan bekel inilah yang sering aku lakukan bersama teman - teman sekelasku. Baik perempuan maupun laki - laki, semuanya suka main bola bekel. Dimulai dengan mengambil biji bekel satu per satu, kemudian lanjut ke tingkat berikutnya yaitu mengambil dua - dua hingga habis. Aturan mainnya setiap salah mengambil, atau bola tidak berhasil ditangkap maka matilah si pemain dan harus berganti giliran main dengan pemain yang lain.

3. Paku Bayam

Dolanan Hits Arek 90-an!


Ini dia permainan unik yang lucu menurutku. Dulu aku suka memainkannya bersama kakakku, kami mengadu dua buah bunga tanaman bayam yang bentuknya mirip ulat bulu, ukurannya kecil, lonjong, ramping memanjang, warnanya hijau dan berambut. Caranya kami menyediakan dua buah paku yang ditancapkan ke tanah, lalu melingkarkan satu buah karet gelang yang digunakan sebagai "arena tanding" si ulat palsu dari bunga bayam itu kepada kedua sisi paku. Kemudian kami mencari batu atau bata untuk memukul paku, agar bunga bayam bergerak maju dan beradu dengan milik lawan. "Ulat" siapa yang jatuh terlebih dulu, maka dia lah yang kalah.

4. Pasar - pasaran

Dolanan Hits Arek 90-an!


Namanya juga anak perempuan, sukanya hal - hal yang berbau dapur. Sepulang sekolah aku biasanya janjian dengan teman sekomplek untuk main pasaran. Isinya adalah kegiatan seolah - olah memasak. Ada cangkir mini, wajan mini, kompor mini, dan beragam peralatan masak berukuran mini yang terbuat dari plastik untuk kami buat mainan. Bahan yang kami masak kadang - kadang hanyalah pasir, daun - daun hijau, bunga dan air. Tak jarang kami memasak bahan makanan yang sudah siap santap seperti telur dadar. Pada akhirnya kita akan makan bersama di rumah teman yang kita kunjungi.

Sungguh permainan yang seru dan membuatku terus mengingat indahnya masa kecilku.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muttou dan 21 lainnya memberi reputasi
22
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 9
18-07-2019 19:08
Quote:Original Posted By adnanami
ramaikan trit ini gaes!


Angkle, sonda (kaki angkat 1, ngelewatin kotak-kotak garis d tanah), lempar kreweng (pecahan genting/tegel).
profile-picture
profile-picture
makabhapeter dan jagotorpedo memberi reputasi
2
18-07-2019 19:35
Quote:Original Posted By itik.buruk.rupa
Sepertinya saya mencium bau bau dan aroma iklan. hmmm


Quote:Original Posted By itik.buruk.rupa
Sepertinya saya mencium bau bau dan aroma iklan. hmmm


Iklan goreng ya tik? Hahaha biasanya kan itik suka yang mentah
profile-picture
makabhapeter memberi reputasi
1
18-07-2019 19:51
kangen bangeeeet ane suka main semuanya wkwk inget banget awal-awal belajar puasa, abis sahur selalu sepedahan sama temen-temen sampe siang terus udahannya maen pasaran sampe sore emoticon-Big Grin bobo bentar dah maghrib jadi ga kerasa puasanya wkwkk
profile-picture
makabhapeter memberi reputasi
1
18-07-2019 19:52
Quote:Original Posted By adnanami
Dolanan Hits Arek 90-an!

Ingat masa kecil, rasanya ingin kembali lagi kesana. Dimana pikiran masih longgar, tak ada beban, yang dipikirkan hanya sekolah, mengerjakan PR dan bermain saja. Janjian dengan teman sepulang sekolah, bergiliran mengunjungi rumah teman - teman beramai - ramai lalu membuat keributan. Keseruan yang indah, memori yang tak lekang oleh waktu.

Permainan yang sering aku lakukan dulu ada banyak macamnya, seperti :

1. Bongkar pasang

Dolanan Hits Arek 90-an!


Permainan yang hanya bermodalkan kertas bergambar anak perempuan beserta baju - bajunya dengan harga Rp. 100 saja ini adalah permainan favoritku jaman dulu. Permainan murah meriah. Setiap Ibu membawakan bongkar pasang itu, aku selalu menggunting setiap sisi bajunya terlebih dahulu serta sedikit sisi kanan dan kiri leher si anak perempuan agar bisa digunakan untuk mengaitkan bajunya.

Pakaian yang terbuat dari kertas ini dibongkar dan dipasang, sehingga disebut sebagai bongkar pasang. Ada baju untuk sehari - hari bahkan untuk pergi ke pesta pun ada dengan beraneka warna dan beragam bentuk. Aku suka memainkannya bersama temanku. Seolah - olah boneka kertasku ini akan menghadiri pesta, jalan - jalan, hingga pergi ke sekolah. Sehingga mereka akan sering bergonta - ganti kostum.

2. Bekelan

Dolanan Hits Arek 90-an!



Koleksi warna bola bekel dengan ukuran yang berbeda - beda adalah kegemaranku jaman SD. Seringkali aku merendam bola bekel berukuran kecil ke dalam minyak tanah, kata teman - teman agar ukurannya membesar. Namun ternyata hal itu hanyalah mitos, dan konyolnya tetap aku lakukan. Permainan bekel inilah yang sering aku lakukan bersama teman - teman sekelasku. Baik perempuan maupun laki - laki, semuanya suka main bola bekel. Dimulai dengan mengambil biji bekel satu per satu, kemudian lanjut ke tingkat berikutnya yaitu mengambil dua - dua hingga habis. Aturan mainnya setiap salah mengambil, atau bola tidak berhasil ditangkap maka matilah si pemain dan harus berganti giliran main dengan pemain yang lain.

3. Paku Bayam

Dolanan Hits Arek 90-an!


Ini dia permainan unik yang lucu menurutku. Dulu aku suka memainkannya bersama kakakku, kami mengadu dua buah bunga tanaman bayam yang bentuknya mirip ulat bulu, ukurannya kecil, lonjong, ramping memanjang, warnanya hijau dan berambut. Caranya kami menyediakan dua buah paku yang ditancapkan ke tanah, lalu melingkarkan satu buah karet gelang yang digunakan sebagai "arena tanding" si ulat palsu dari bunga bayam itu kepada kedua sisi paku. Kemudian kami mencari batu atau bata untuk memukul paku, agar bunga bayam bergerak maju dan beradu dengan milik lawan. "Ulat" siapa yang jatuh terlebih dulu, maka dia lah yang kalah.

4. Pasar - pasaran

Dolanan Hits Arek 90-an!


Namanya juga anak perempuan, sukanya hal - hal yang berbau dapur. Sepulang sekolah aku biasanya janjian dengan teman sekomplek untuk main pasaran. Isinya adalah kegiatan seolah - olah memasak. Ada cangkir mini, wajan mini, kompor mini, dan beragam peralatan masak berukuran mini yang terbuat dari plastik untuk kami buat mainan. Bahan yang kami masak kadang - kadang hanyalah pasir, daun - daun hijau, bunga dan air. Tak jarang kami memasak bahan makanan yang sudah siap santap seperti telur dadar. Pada akhirnya kita akan makan bersama di rumah teman yang kita kunjungi.

Sungguh permainan yang seru dan membuatku terus mengingat indahnya masa kecilku.


Tambahan mbaksis, lompat tali
Imho
profile-picture
makabhapeter memberi reputasi
1
18-07-2019 19:52
bongkar pasang koleksi terooos kalo bekelan tanding terooos tiap hari di sekolah pas SD
profile-picture
profile-picture
makabhapeter dan adnanami memberi reputasi
2
18-07-2019 20:14
main layangan emoticon-Cool
main kelereng emoticon-Big Grin
petak umpet emoticon-Ngacir

pokoknya pantang pulang sebelum kulit jadi hitam legam karena kepanasan emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
makabhapeter dan adnanami memberi reputasi
2
18-07-2019 20:58
Megaloman
Dolanan Hits Arek 90-an!
profile-picture
makabhapeter memberi reputasi
1
18-07-2019 20:58
Sebagian besar kenal kecuali yang bayam, hm.. kangen aku melihat anak-anak pada seru main sambil menghayati banget kalau yang main pasar-pasaran atau bongkar pasang itu.

Hm.. emoticon-Traveller
profile-picture
makabhapeter memberi reputasi
1
18-07-2019 21:49


Quote:Original Posted By Weissar
patil lele gk ada gan ? hehehehe mainan ane dulu tuh.. sampe pada berantem klo maen wkwk emoticon-Wakaka

Sapu tetangga pernah ane mutilasi buat mainan patil lele emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan makabhapeter memberi reputasi
2
Lihat 1 balasan
18-07-2019 21:50
Dakon kok gak masuk?bagus juga itu permainan ngasah kemampuan berhitung
profile-picture
makabhapeter memberi reputasi
1
18-07-2019 22:16
ane biasanya main dokter-dokteran
0
18-07-2019 22:47
serasa deja vu emoticon-Thinking
0
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
19-07-2019 07:34
Quote:Original Posted By jagotorpedo
gak konsisten... targetnya berubah2...
emoticon-Ngakak


Percayalah gan, masa kecil dulu lebih kerasa "MABAR" nya emoticon-Shakehand2
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
1
19-07-2019 07:38
Quote:Original Posted By diko.sgn
Percayalah gan, masa kecil dulu lebih kerasa "MABAR" nya emoticon-Shakehand2

percaya... soalnya gw jg ngalamin rebutan layangan...emoticon-Big Grin

yg sering sih rebutan sampe sobek.,.. ya udah ketawa bareng aja...
..ngetawain kebodoan masing², ngapain jg lari2 ngejer, rebutan, sobek pula....emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
anson85 dan diko.sgn memberi reputasi
2
Lapor Hansip
19-07-2019 09:22
Balasan post ceuhetty
sama gan baru tau, ditempat ku yang polupler layangan, sama loncat tali emoticon-Leh Uga
0
19-07-2019 09:40
ane gak bisa main paku bayam pas jaman dulu emoticon-Mewek
0
19-07-2019 09:51
anak ane ane usahain juga main mainan selain gadget,
biar bisa sekalian nostalgila emoticon-Leh Uga
0
19-07-2019 10:18
yang no 3 aku dulu bilangnya main sabung ayam 😂😂😂
keren 😀
profile-picture
profile-picture
adnanami dan mamaproduktif memberi reputasi
2
19-07-2019 11:00
yg nomor 3 baru tau sekarang.
0
Halaman 6 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.