DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
Jangan Lupakan Permainan Analog!?



Kaskus DeYudi69 -Halo Agan and Sista. Apa kabar? Baca judul thread ane ada yang bingung nggak? Wkwkwk ... pasti nggak ya.

Itu cuma istilah yang ane buat sendiri. Zaman now kan semua permainan sudah beralih ke era digital, jadi lawan kata digital ya analog ntu, he he he he.

Ane sebagai generasi tuwir, eh tuwir nggak ya? Yang penting belum ubanan aje hi hi hi hi.

Kembali ke topik awal. Permainan tradisional yang ane sebut permainan analog ntu, kids zaman now udah jarang yang pade tahu. Vocah TK aje udah jago main tablet, tapi bukan tablet hisap ye! Wkwkwkwk ....

Padahal permainan tradisional dapat menyehatkan jasmani dan juga rohani kita.

Gan-Sis pernah dengar berita vocah yang koid gegara kesetrum kabel carger ndak? Atau yang matanya jadi perdarahan gegara mantengin game online mulu. Miris kan?

Ini link beritanye
DI SINI

DI SINI


Ane waktu masih vocah ingusan suka banget kalo pas liburan sekolah. Setiap hari cuma mainan sampai puas wkwkwk.

Nggak peduli dah ama kata orang yang bilang ane item kaya aspal, atau bau kohe sapi, soalnya dulu masih banyak ada tanah lapang, ane suka main layangan disana, suka ngejar layangan putus juga, lari sampai nggak sengajak nginjek kohe sapi. Wkwkwkwkwk. Main layangan sambil ngangon sapi orang. Hihihi.

Selain main layangan ane juga suka main petak umpet, masak-masakan, trus main dokter-dokteran. Kalo main dokter-dokteran, ane dah yang jadi pasiennye, temen ane yang ceue jadi dokternye. Takut ... die bawaanye terlalu menghayati. Ane di kejar sambil bawa lidi, katanye mau nyuntik ane biar cepet sembuh wkwkwk.

Dari semua permainal tradisional yang pernah ane mainin. Ada yang bikin ane sampai lupa waktu.


Upih Pinang



Sumber
DI SINI

DI SINI

Nenek moyang ane petani Gan, Sis. Jadi, ane sering ke kebon sama teman-teman ane buat nyari kayu bakar sekalian mainan. Upih, atau pelepah pohon pinang juga pohon kelapa yang sudah kering yang ane cari. Sebelum dibuat kayu bakar, kurang afdol lah rasanye kalo belum ane pake buat mainan.

Minimal perlu dua orang buat diajak mainan. Empat orang atau lebih juga boleh biar seru. Cari pasangan masing-masing, trus suit, yang menang duduk di atas upih, yang kalah narik upihnye. Wkwkwk asyik, berasa naik odong-odong. Bisa juga dibikin balapan narik upih sampai nyentuh garis finish. Cara bermain upih lainnya, kita bisa mencari bidang tanah yang agak miring, lalu kita meluncur kaya main prosotan tapi duduk di atas upih. Asyik dah pokoknya.


Main Tembing



Sumber DI SINI

Permainan ini juga nggak kalah seru Gan-Sis. Kita bermain menggunakan uang logam, uang kepeng, atau tutup botol minuman yang terbuat dari besi, trus kita pedelin pake palu. Supaya mirip kaya uang logam atau koin gitu.

Pada jamannya permainan ini pernah ngetren di Bali, pemainnya pun dari anak-anak sampai orang dewasa. Tidak ada perbedaan anatara yang kaya dengan yang miskin, atau antara yang jelek dan yang cakep kaya ane. Wkwkwk ... cakep dari hongkong deh kayanya. Hihi.

Nah, pertama kita garis berbentuk kotak dulu di tanah. Trus di tengah kotak ntu kita buat lubang seukuran uang logam dengan kedalaman kurang lebih 5 cm.

Permainan lebih seru kalo lebih dari dua orang. Setelah alat dan bahan siap. Semua pemain secara bersamaan melempar koin ke arah garis kotak dan lubang. Dari jarak tiga meter atau lebih.

Koin pemain yang berhasil jatuh di dalam garis kotak, yang mendekati lubang atau yang tepat jatuh di dalam lubang, akan mendapat kesempatan pertama untuk memainkannya.

Jadi, koin yang jatuh di luar kotak, dan yang jatuh jauh dari lubang, dikumpulkan kemudian ditaruh semua di dalam lubang itu. Kecuali koin pemain yang berhasil jatuh paling dekat atau tepat di lubang itu.

Bila pada lemparan selanjutnya, koin si pemain yang berhasil di putaran pertama tadi, tepat masuk dan mengenai koin lawannya yang berada di dalam lubang. Maka dia menjadi pemenangnya, dan berhak atas semua koin yang ada di dalam lubang itu.

Bila gagal, maka koin diambil oleh pemiliknya masing-masing, dan diulang lagi dari awal.

Dalam permainan ini bukan sebagai ajang untuk berjudi. Maka dari itu ada alternatif penggunaan uang kepeng atau tutup botol dari besi. Permainan ini melatih fokus dan juga sportifitas, mengajarkan rasa kebersamaan. Tidak ada perbedaan.


Perahu Rakit Dari Batang Pisang (Gedebong)



Sumber DI SINI

Ini mah permainan favorit ane sama teman-teman masa kecil, kalo ane lagi mandi di sungai. Caranya gampang, cuma merangkai beberapa batang gedebong pisang menjadi seperti perahu rakit. Dengan cara menusuknya menggunakan batang bambu.

Tapi hati-hati juga milih tempat buat mainin rakit gedebong. Biar kaga hanyut atau keleleb di sungai. Wkwkwkwk.


Meong-meongan



Sumber DI SINI

Nah, ini yang terakhir Gan, Sis. Permainan ini dari Bali, tempat tinggal ane. Di luar bali mungkin juga ada permainan yang serupa tapi nama permainannya yang berbeda. Permainan ini memadukan atara aktivitas gerak dan juga lagu dareh. Pemainnya semakin banyak semakin seru. Boleh di atas sepuluh orang.

Cara bermainnya, para pemainnya melakukan pengundian dulu, dengan melakukan hom pim pa alaeom gambreng, wkwkwkwk. Gan-Sis pasti ngerti kan caranya hom pim pa itu.

Setelah selesai menentukan siapa yang menjadi tikus dan siapa yang menjadi kucing, pemain yang lainnya membentuk lingkaran dengan saling berjabat tangan. Si tikus berada di tengah lingkaran, si kucing berada di luar lingkaran.

Kemudian pemain yang membentuk lingkaran menyanyikam lagu daerah Bali, yaitu Meong-Meong sambil bergerak melawan arah jarum jam, atau boleh juga searah jarum jam.

Lirik lagunya seperti ini :

Meong-meong, alih je bikule
Kucing-kucing, carilah tikusnya

Bikul gede-gede, buin mokoh-mokoh
Tikus besar-besar, juga gemuk-gemuk

Kereng pesan ngerusuhin
Sering kali merusuhi

Juk Meng! Juk Kul! Juk Meng! Juk Kul!
Lirik yang ini artinya menyuruh si meong untuk menangkap si bukul. Putaran lingkaran yang di buat pun dihentikan. Meong dan bikul saling kejar-kejaran.

Mereka berkejaran masuk ke dalam area lingkaran dan keluar lingkaran. Lagu pun terus diulang sampai si meong berhasil menangkap si tikus.

Hom pim pa diulang lagi, tapi yang sudah penah jadi meong dan tikus tidak ikut hom pim pa. Begitu seterusnya sampai semua pemain mendapat kesempatan menjadi meong dan juga tikus.

Gimane Agan and Sista? Permainan tradisional itu seru pake banget, kan?

Jangan lupa dicendolin sama dibintangin, ye .... Semoga bermanfaat.

Penulis : DeYudi69


18/07/2019
Diubah oleh DeYudi69 18-06-2020 03:26
hvzalf
blackrosest
tata604
tata604 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
3.6K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.